Kamis, 27 Maret 2014

RAT TB 2013 CU Mekar Kasih: Menuju Lembaga Pemberdayaan Sejati

"Menuju Lembaga Pemberdayaan Sejati.” Demikianlah tema yang diangkat oleh CUMK (Credit Union Mekar Kasih) pada RAT (Rapat Anggota Tahunan) Tahun Buku 2013 pada 31 Januari - 1 Februari 2014 yang  bertempat di ballroom Hotel Tree Jl. Pandang Raya No.12 Makassar.

              Pada forum tertinggi dalam struktur organisasi CU ini,  sejumlah pencapaian organisasi disampaikan secara resmi. Sampai Tahun Buku ketujuh sejak pendiriannya (29 Juli 2007) CUMK telah menghimpun 9.343 orang anggota secara konsolidasi. Jumlah anggota, dan sejumlah pencapaian organisasi lainnya merupakan hasil kerja keras bersama. Namun angka-angka dan statistik sebenarnya hanyalah indikator semata, ada nilai yang terus diperjuangkan agar gerakan Credit Union tidak berhenti sampai pada lembaga keuangan belaka, melainkan juga sungguh-sungguh memberi nilai pada kehidupan anggota-anggotanya. Dengan demikian segenap anggota memiliki kesadaran untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui pola pikir dan usaha produktif.  

Semangat pemberdayaan ini senantiasa ditanamkan kepada anggota melalui pendidikan yang sejak awal telah menjadi ciri khas gerakan Credit Union, baik melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan maupun melalui inovasi terhadap produk dan pelayanan yang ditawarkan kepada anggota. Pengembangan potensi dan kemandirian anggota melalui gerakan pendidikan dalam bingkai solidaritas merupakan karakteristik Credit Union.

Kegiatan RAT diawali dengan Misa pembukaan yang dirayakan secara konselebrasi oleh Pastor Fredy Rante Taruk, Pr, Pastor Linus Oge, Pr, Pastor Kosmas Kopong Boro, Pr, Pastor Bernard Cakra Arung Raya, Pr, Pastor Rony Dahua, MSC dan Pastor Ritan Yoakim, CICM. Kemudian kegiatan RAT dibuka dengan acara seremonial dan sejumlah kata sambutan. Kata sambutan pertama berasal dari Ketua Panitia bapak Agus Sale, S.Pd, kemudian diikuti oleh sambutan Ketua CUMK periode sebelumnya bapak Dominikus Renaldi Tanes. Setelah itu kata sambutan disampaikan oleh Pastor Fredy Rante Taruk, Pr selaku Wakil Ketua Pengurus Puskopdit BKCUK dan diteruskan oleh kata sambutan dari Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar mewakili ketua Dinas Koperasi UKM Kota Makassar, bapak Daniel Kato, SE, MM. Bapak Daniel Kato sekaligus didaulat membuka rangkaian kegiatan RAT secara resmi.

Penyelenggaraan RAT kali ini menjadi istimewa karena dirangkaikan dengan kegiatan Lokakarya Pembahasan AD-ART, Lokakarya Arah Strategis dan Pemilihan Pengurus Pengawas Periode 2014-2016. Oleh karena itu RAT kali ini dilaksanakan selama dua hari. Agenda hari pertama cukup padat yaitu: Lokakarya Pembahasan AD-ART, Lokakarya Arah Strategis dan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Hasil Pengawasan. Lokakarya pembahasan AD-ART berlangsung cukup alot karena banyak peserta yang memberikan kontribusi pemikiran untuk merumuskan AD-ART revisi. Untunglah Tim Perumus draft AD-ART yang sekaligus menjadi fasilitator lokakarya mampu memfasilitasi lalu lintas diskusi dengan baik.

Acara pun dilanjutkan dengan Lokakarya Arah Strategis yang difasilitasi oleh Pastor Fredy Rante Taruk, Pr, selaku Penasehat CU Mekar Kasih. Pastor Fredy memberikan review hasil-hasil penting Perencanaan Strategis CU Mekar Kasih yang dirumuskan akhir tahun 2013 lalu sekaligus menjadi panduan program kerja sekaligus orientasi arah organisasi selama lima tahun ke depan. Gambar besar cita-cita CU Mekar Kasih ini tersirat dari Visi CU Mekar Kasih yang baru yaitu “Menjadi Lembaga Pemberdayaan yang Aman, Unggul dan Terpercaya Berbasis Komunitas.” Tema RAT yang diangkat pun senada dengan Visi CU Mekar Kasih ini.

Menjelang sore, kegiatan dilanjutkan dengan agenda sidang Pertanggungjawaban Pengurus dan Laporan Pengawasan. Sidang dipimpin oleh perwakilan anggota yaitu: bapak Effendi Untung dari Kantor Pelayanan Makassar, bapak Yoris Emanuel dari Kantor Pelayanan Kasih Mulya Unaaha dan bapak Bernadus Dedu dari Kantor Pelayanan Tebar Kasih Baras. Pada sesi ini Pengurus dan Pengawas memberikan Laporan hasil kinerjanya di depan anggota. Pengurus memberikan laporan hasil pencapaian dari setiap aspek kerja lembaga yang meliputi bidang Keorganisasian, bidang Keuangan, bidang Perkreditan, bidang Pendidikan dan Pelatihan serta bidang Tata Usaha dan Perlindungan Anggota. Kemudian Pengawas memberikan Laporan hasil Pengawasan yang meliputi aspek Hukum, aspek Keuangan dan Aspek Manajemen. Setelah melalui sesi tanggapan yang cukup panjang, anggota yang hadir dapat menerima Laporan tersebut dengan beberapa catatan perbaikan.
Agenda hari kedua adalah Pemilihan Pengurus dan Pengawas Periode 2014-2016. Sesi ini dipandu oleh tim Pemilihan yang beranggotakan enam orang anggota yang berasal dari wilayah anggota Makassar, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Calon pengurus yang akan dipilih oleh forum berjumlah 9 orang dan calon Pengawas berjumlah 5 orang. Mereka telah melewati proses penjaringan dan klarifikasi berkas sebelumnya.

Sistem pemilihan Pengurus dan Pengawas mengacu pada AD-ART baru dilaksanakan dalam tiga tahap. Sebelum pemilihan dilangsungkan, panitia pemilihan menjelaskan mekanisme seluruh tahapan kepada peserta pemilih. Rasio peserta pemilih dibandingkan dengan jumlah anggota adalah 1:100. Pemilihan peserta pemilih ini telah lebih dahulu dikelola oleh Komite Kantor Pelayanan setiap kantor disesuaikan dengan sebaran anggota di wilayah-wilayah pengembangan. Setelah itu panitia mempersilakan penyampaian visi misi singkat oleh setiap kandidat Pengurus-Pengawas kepada forum.

Kurang lebih pukul 10.00 WITA proses pemilihan pun dimulai. Seluruh proses pemilihan dan penghitungan suara baru selesai pada pukul 17.00 WITA. Setelah seluruh tahapan selesai maka terpilihlah Pengurus dan Pengawas baru. Mereka akan mengawal jalannya organisasi CU Mekar Kasih selama tiga Tahun Buku ke depan. Struktur Kepengurusannya sebagai berikut:
Pengurus:
Ketua: P. Linus Oge, Pr
Wakil Ketua: M. Rappan Pagayang
Sekretaris: dr. M. Maya Khubani, M.Kes
Bendahara: Philipus Saji
Anggota: Agus Sale, S.Pd
Anggota: Kanisius K. Guntur
Anggota: Petrus Tantu
Pengawas:
Ketua: Hery Irbar Ramudya
Sekretaris: Dominikus Renaldi Tanes
Anggota: P. Albert Maria Rua, Pr

Acara pun dilanjutkan dengan pengambilan sumpah Pengurus-Pengawas terpilih. Upacara ini dipimpin oleh Pastor Samson Bureny, Pr. Setelah itu dilangsungkan Serah Terima dari Kepengurusan sebelumnya kepada Kepengurusan baru secara simbolis, Penyerahan cinderamata dan penghargaan kepada Pengurus-Pengawas sebelumnya yang tidak terpilih kembali serta penandatanganan sejumlah Konsideran dan Berita Acara RAT oleh beberapa wakil peserta.
Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan Doa Penutup oleh Pastor Bartholomeus Sire’pen, Pr dan pengundian doorprize sebagai kenang-kenangan untuk Peserta. 

RAT kali ini dihadiri oleh 207 orang peserta yang merupakan anggota-anggota perwakilan dari seluruh kantor pelayanan. Gerakan yang diawali oleh 102 orang saat Lokakarya Pendiriannya pada tanggal 29 Juli 2007 lalu kini telah menjelma menjadi gerakan yang cukup besar dengan lebih dari sembilan ribu anggota. Tantangan baru yang dihadapi CUMK adalah bagaimana sungguh-sungguh mewujudkan semangat pemberdayaan berbasis komunitas yang merupakan cita-cita luhur Mr. Raiffeisen, bapak Pendiri Gerakan Credit Union, melalui produk pelayanan dan gerakan pendidikan yang dikembangkan. Tantangan ini bertolak dari pertumbuhan anggota dan aset yang semakin besar. Tanpa semangat pemberdayaan, CUMK akan jatuh menjadi lembaga simpan pinjam belaka tanpa upaya berarti untuk peningkatan kualitas hidup anggota-anggotanya. Harapan kita bersama seiring waktu, organisasi CUMK menjadi semakin kuat, dan semakin menemukan jati dirinya sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat yang sesungguhnya. *** Penulis: Florianus Elly Pical Gadi, Aktivis CUMK

Tidak ada komentar: