Kamis, 27 Maret 2014

PERAYAAN SYUKUR ULTAH KE-14 PAROKI MANDONGA

JADIKAN PAROKI SANTO CLEMENS MANDONGA SEBAGAI SEBUAH GEREJA YANG MELAYANI, AGAR SEGALA-GALANYA MENJADI BAIK, BESAR DAN BANYAK”, demikian ungkapan Pastor John da Cunha Pr selaku Pastor Paroki yang baru di Paroki Santo Clemens Madonga, Kendari, dalam Perayaan Ekaristi  syukur atas  hari Ulang Tahun Paroki ke-14 pada 23 Februari 2014.
Pagi baru saja menjelang, Minggu 23 Februari 2014. Namun umat terus mengalir mengisi bangku-bangku kosong di Gereja Paroki Santo Clemens Mandonga yang terletak di jantung kota Kendari. Perayaan Ekaristi pada Minggu itu terasa lebih istimewa. Rasa syukur meliputi umat yang hadir untuk memperingati tahun ke-14 berdirinya paroki ini.
Perayaan ini dipimpin oleh Pastor Matheus Bakolu Pr, (Pastor Vikep Sultra)  dengan Konselebran Pastor John da Cunha, Pr (Pastor Paroki St. Clemens) dan Pastor Albert Maria Rua, Pr (Pastor Kategorial) .
Paroki ini resmi berdiri pada 22 Februari 2000 hasil pemekaran dari paroki induk Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa, Kendari. Santo Clemens I, Paus dan Martir adalah sebagai pelindung paroki ini. Dalam kotbahnya di hadapan ribuan umat yang hadir, Pastor Matheus Bakolu Pr mengharapkan partisipasi umat secara nyata dan semakin peduli dengan Parokinya serta berusaha untuk memberikan masukan-masukan terhadap Pastor paroki  dan program kerja Dewan Pastoralnya.

Pelantikan Pastor Paroki dan Dewan Pastoral St. Clemens
Dalam perayaan itu juga dilakukan Pelantikan Pastor John da Cunha Pr sebagai Pastor Paroki yang baru sesuai Surat Keputusan Uskup Agung KAMS, menggantikan pendahulunya Pastor Oct. Sam Bureny, Pr yang mendapat tugas baru di Paroki Tobadak, Sulawesi Barat. Selanjutnya Pastor Paroki melantik Dewan Pastoral Paroki St Clemens Mandonga untuk masa bakti 2014-2017, hasil penjaringan calon depas yang dilakukan melalui rukun dan stasi. Dalam kotbahnya Pastor Matheus Bakolu Pr juga berpesan kepada pastor Paroki dan dewan pastoralnya “agar lebih memperhatikan pelayanan kepada  mereka yang lemah dan tak berdaya di parokinya  dan umat diharapkan memberikan masukan dan informasi positif mengingat Pastor dan depasnya adalah juga manusia biasa yang tak lepas dari kelalaian dan kesalahan.”
Usai Perayaan diadakan acara ramah tamah dan pengumuman pemenang lomba-lomba pekan olah raga paroki di pelataran Gereja. Hadir pula dalam Perayaan Ekaristi dan ramah tamah tersebut Pengurus Depas Paroki St Fransiskus Xaverius Sodohoa, para Suster dari Kongregasi YMY dan Claretian, Frater-frater HHK,  serta sejumlah tokoh umat.
Felix Lomo selaku Ketua Panitia HUT Paroki ini mengagendakan berbagai perlombaan selama sepekan mengawali perayaan puncaknya. Lomba-lomba yang dipertandingkan bersifat kebersamaan dan menghibur antara lain: Lomba bola dangdut, bola gotong, bola voli keakraban, tenis meja, catur, domino, makan krupuk , dan aneka lomba lainnya.
Mengawali pekan olahraga, dilakukan defile seluruh kontingen, baik dari Rukun, Stasi dan kelompok-kelompok kategorial. Defile juga dimeriahkan Marching Band dari SMP Frater Kendari yang berarak mulai dari lapangan KODIM 1417 Kemaraya Kendari menuju halaman  Gereja Paroki St. Clemens Mandonga.
Pastor John dalam sambutannya mengharapkan kepada semua peserta lomba “agar tidak mengejar kemenangan semata, sebaliknya menumbuhkan semangat kebersamaan dan persaudaraan di antara umat yang ikut bertanding, sehingga semua merasakan kebahagiaan dalam Ulangtahun paroki kali ini “.
Usai defile, peserta kontingen langsung melakukan tarian masal poco-poco dan tarian daerah Lulo. Pastor Paroki dan Umat tampak larut dalam kegiatan ini .
Satu hari menjelang puncak acara, diadakan Pasar Kuliner yang disediakan dari umat dan untuk umat, sambil menyaksikan lomba-lomba final yang diadakan saat itu. Berbagai menu makanan dan minuman disajikan dan pembelinya tidak saja dari umat paroki setempat namun  juga dari paroki tetangga.
Rukun Santo Petrus tampil sebagai juara umum dan berhak atas piala bergilir, yang sebelumnya diraih oleh Rukun Santo Fransiskus Xaverius. Pemberian piala bergilir tersebut dilakukan oleh Pastor John da Cunha, Pr, didampingi Depas harian paroki yang baru. *** Penulis: Ir. Alexander Budhi Setia, Sekretaris Dewan Pastoral Paroki St. Clemens Mandonga

Tidak ada komentar: