Sabtu, 12 Oktober 2013

Perayaan Hari Keluarga KAMS IV

"Kalau keluarga kuat, Gereja pun menjadi kuat, demikian dengan masyarakat, bangsa dan dunia menjadi kuat,” demikian amanat mendiang Paus Yohanes Paulus II melalui Amanat Apostolik “Familiaris Consortio” atau Peranan Keluarga dalam masyarakat modern. Beliau menyerukan kepada keluarga-keluarga untuk bertahan dalam iman dan bekerja untuk mengevangelisasi dunia.

              Adapun tujuan kegiatan Hari Keluarga (Harga) KAMS ini sebagai sarana atau memberikan ruang gerak bagi keluarga-keluarga di KAMS, meskipun baru dilaksanakan di lingkup Kevikepan Makassar, untuk saling bertemu, berinteraksi, saling menguatkan melalui kegiatan sehari atau beberapa hari tergantung paroki penyelenggara. Harga KAMS I dan III diadakan di Paroki Fransiskus Asisi, Harga KAMS II di paroki Gotong-gotong pada tahuan 2011, dan terakhir Harga KAMS IV di Paroki Katedral. Harga KAMS III berlangsung tiga hari, diisi dengan Misa Keluarga, Sarasehan Keluarga, Adorasi dan permainan outdoor keluarga.

Harga KAMS IV tahun ini bertema: “Menjalin Kebersamaan Keluarga sebagai Persekutuan Kasih dalam Iman” dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2013 di Aula Keuskupan, disponsori oleh Paroki Katedral. Rangkaian acara dimulai dengan seremoni singkat dengan doa pembukaan oleh Ketua Komisi Keluarga KAMS, P. Ignatius Sudaryanto, CICM, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Pelaksana Sdr. Robert Santoso. Kuis Kitab Suci yang disaksikan oleh banyak umat semakin seru ketika pertanyaan berebut dimulai, sampai terkadang panita merasa kewalahan. Sorak-sorai terdengar  ketika peserta menjawab salah, dan sorak kegembiraan kelompok yang menjawab dengan benar. Kuis ini untuk kesekian kalinya dimenangkan oleh Paroki Tello yang diwakili oleh keluarga Yohanes Pakukala.

Lomba yang paling seru adalah lomba berebut kursi. Umumnya lomba ini untuk muda-mudi tetapi kali ini untuk kategori anak-anak dan orangtua. Peserta orangtua atau pasangan suami-istri ini pun mampu menimbulkan kehebohan. Tarik tambang keluarga mengambil tempat di pelataran berumput di samping Gereja Katedral. Peserta lomba ini cukup banyak yang berlangsung sampai sore hari.
Harga KAMS ditutup seremonia singkat dengan iringan “Vocal Group Saint Peter School of Music” Paroki Sungguminasa. Panitia menyerahan trophy serta hadiah lainnya termasuk doorprize. Juara umum lomba kali ini direbut oleh Paroki St Paulus Tello dengan memboyong piala bergilir setinggi 1½ meter. Pastor Paroki Sungguminasa melalui panitia menyampaikan harapannya untuk dapat menjadi tuan rumah Harga KAMS berikutnya di tahun 2014. Sampai bertemu di Harga KAMS berikutnya di Paroki Sungguminasa! See you friends. *** Penulis: Mariana Tamin, Komisi Keluarga

Tidak ada komentar: