Jumat, 24 Juni 2016

AKPER FATIMA PAREPARE TINGKATKAN MUTU KERJA SAMA LUAR NEGERI

Baru-baru ini, Akademi Keperawatan Fatima Parepare yang bernaung di bawah Yayasan Sentosa Ibu Keuskupan Agung Makassar (KAMS), menerima kunjungan kerja PUM Netherlands Senior Experts, yang diwakili oleh Mrs. Corrie Versluijs, sebuah lembaga International yang menangani pembinaan bagi institusi pelayanan kesehatan di dunia dan berkedudukan di Belanda. Kunjungan kerja ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama antara AKPER Fatima Parepare dengan PUM Netherlands Senior Experts dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), khususnya dalam mendukung daya saing bangsa. Direktur AKPER Fatima Parepare, Ns. Yenny Djeny Randa, S.Kep.,M.Kes menyambut gembira dengan kehadiran salah satu lembaga internasional bergengsi tersebut. Harapannya, kunjungan tersebut berdampak pada peningkatan kualitas kinerja dan mutu penyelenggaraan pendidikan keperawatan AKPER Fatima Parepare.
Dalam kunjungan yang berlangsung kurang lebih 2 minggu tersebut, Mrs. Corrie Versluijs melaksanakan asesmen terhadap kinerja dan mutu penyelenggaraan pendidikan kesehatan AKPER Fatima Parepare. Hasil asesmen tersebut kemudian melahirkan sejumlah rekomendasi untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan AKPER Fatima parepare. Beberapa poin yang ditekankan dalam pengembangan mutu AKPER Fatima ialah perlunya peningkatan keseimbangan tata kelola pembiayaan (keuangan) penyelenggaraan AKPER Fatima Parepare, peningkatan  mutu  dan  jumlah  (SDM) tenaga pendidik-kependidikan  dan manajemen kurikulum yang mendukung visi dan misi institusi, peningkatan kompetensi ketrampilan laboratorium keperawatan baik bagi dosen maupun mahasiswa, peningkatan kualitas perpustakaan, peningkatan jejaring kerja sama dengan stakeholders, peningkatan status AKPER Fatima Parepare sebagai pusat pelatihan BTCLS bagi tenaga kesehatan. Di samping kegiatannya di AKPER Fatima Parepare, Mrs. Corrie juga melaksanakan     kunjungan ke Rumah Sakit Andi Makkasau Parepare dan Rumah Sakit Fatima Parepare dengan didampingi oleh Direktur AKPER Fatima Parepare dan rombongan. Dalam waktu yang berbeda, Mrs. Corrie juga menyempatkan diri memberikan pelatihan dalam workshop bagi tenaga Clinical Instructor bersama Ns. Yenny Djeny Randa, S.Kep.,M.Kes yang juga berperan sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.
Di akhir kunjungannya, Mrs. Corrie menyampaikan kesannya bahwa ia sungguh menikmati suasana akademik yang baik di AKPER Fatima Parepare. Ia berharap, ke depan AKPER Fatima Parepare semakin berkembang dan berkualitas menjadi perguruan tinggi kesehatan terbaik di kota Parepare. Mrs. Corrie juga menyampaikan dukungannya jika AKPER Fatima Parepare ingin melanjutkan  kerja sama dengan PUM Netherlands Senior Experts ke jenjang yang lebih intensif melalui MoU, bahkan ia berkenan untuk kembali mengunjungi “kampus hijau” AKPER Fatima Parepare dengan agenda kunjungan yang sama.
Hingga saat ini, AKPER Fatima Parepare terus berkembang dalam mutu dan prestasi di ranah publik. Perkembangan saat ini menunjukkan bahwa AKPER Fatima Parepare masih menjadi Kampus Favorit bagi calon mahasiswa baru. Penerimaan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru AKPER Fatima Parepare  telah  berlangsung  hingga akhir Agustus 2016 mendatang dengan target rata-rata 100 calon mahasiswa baru. Sementara itu, jumlah calon mahasiswa baru yang terdaftar telah mendekati porsi yang  ditargetkan. Perkembangan ini direspon secara positif oleh seluruh jajaran AKPER Fatima Parepare melalui peningkatan mutu di segala unit pengelolaan institusi dengan dukungan Yayasan Sentosa Ibu Makassar, sebagai Badan Hukum Penyelenggara AKPER Fatima Parepare.
Pada kesempatan kunjungannya ke AKPER Fatima Parepare, Ketua Yayasan Sentosa Ibu KAMS, Antonius Sudirman, SH.,M.Hum mengapresiasi kunjungan tim PUM Netherlands Senior Experts tersebut. Menurutnya, kunjungan tersebut mempertegas bahwa AKPER Fatima Parepare memiliki potensi sebagai perguruan tinggi kesehatan yang mampu bersaing di lingkup internasional yang dibuktikan dengan perhatian lembaga internasional terhadap AKPER Fatima Parepare. Antonius Sudirman menegaskan bahwa YSI  berharap dan berkomitmen untuk menjadikan AKPER Fatima sebagai “mercusuar” pendidikan kesehatan di Sulawesi. Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai program kerja dan perencanaan strategis yang dilakukan oleh Yayasan dalam mendorong pengembangan mutu penyelenggaraan pendidikan kesehatan AKPER Fatima Parepare.  *** (Penulis: Antonius Primus)

Tidak ada komentar: