Selasa, 20 Maret 2007

Perlunya Database Umat Katolik

Setelah memasuki era reformasi perubahan demi perubahan di tubuh pemerintah Republik Indonesia terus terjadi. Muncul berbagai perkembangan, baik positif maupun negatif. Namun yang pasti masyarakat sudah semakin dewasa dan pintar mengamati jalannya roda pemerintahan. Akibatnya, tuntutan agar pemerintah senantiasa dapat mewujudkan birokrasi yang yang akuntabel dan transparan senantiasa terus menguat.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, mewajibkan setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintah negara mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya serta kewenangan pengelolaan sumberdaya, pelaksanaan kebijakan, dan program dengan menyusun laporan akuntabilitas melalui proses penyusunan rencana strategis, rencana kinerja dan pengukuran kinerja.

Di sinilah pemerintah memerlukan data yang valid dan memadai, termasuk data keagamaan Katolik, bukan hanya data umat katolik tetapi juga data yang lainnya; seperti beberapa Pastor, Suster, Katekis, Pengantar, Pembina Sekolah Minggu, tempat ibadah dan lain sebagainya yang ada di suatu daerah Kabupaten/Kota, guna menentukan kebijakan yang mau diambil dalam membangun masyarakat dan daerahnya, khususnya dalam pembinaan dan pelayanan kehidupan beragama.

Perlu kita ketahui bahwa secara teritorial wilayah gerejawi berbeda dengan wilayah pemerintahan. Oleh karena itu, khususnya perihal data keagamaan umat Katolik, alangkah baiknya memakai “kategori sipil “ mis. jumlah umat Paroki X: Kelurahan/Desa/Lembang A … jiwa, Kelurahan B ... jiwa, Kelurahan C … jiwa, dst.
Data tersebut menjadi “data resmi” dan segera dikomunikasikan kepada instansi/lembaga terkait baik gerejawi (Keuskupan, kevikepan, arsip paroki setempat) maupun pemerintah setempat (Depag, Kabupaten/Kota, Kecamatan, FKUB/kota/kabupaten…).

Demi keakuratan data, data tersebut secara berkala dan teratur perlu dicek dan diperbaharui. ***
Antonius Untung
Pembimas Katolik, Departemen Agama Provinsi Sulawesi Selatan

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mungkin bisa gunakan program ini romo ? -- > http://databaseumatkatolikindonesia.blogspot.com/2012/09/iso-dvd-setup-program-database-umat.html

Anonim mengatakan...

mungkin bisa gunakan program ini romo -- http://databaseumatkatolikindonesia.blogspot.com/2012/09/iso-dvd-setup-program-database-umat.html