Selasa, 20 Maret 2007

Kronik KAMS Desember 2006 - Februari 2007

3 Desember
Dalam kunjungan kanonik ke Sulawesi Tenggara, Mgr John-Liku Ada’ memberkati gereja Paroki Sadona. Acara ini dihadiri ratusan umat setempat. Selamat kepada umat di Sadona dan pastor parokinya, P. Martinus Pasomba.

6 Desember
Setelah beberapa bulan berlalu, para imam kevikepan Makassar mengadakan rapat untuk membahas hasil rapat Dewan Imam serta mengatur penempatan imam-imam yang melayani misa pada perayaaan Natal.

7 Desember
Universitas Atma Jaya mengadakan perayaan syukur atas kelulusan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik dan Pertanian. Pastor kampus, P. Ernesto Amigleo memimpin perayaan ekaristi.

8 Desember
Vikjen P. Ernesto mengadakan rapat dengan ketua dan staf Komisi Kateketik, Liturgi, dan KS, serta Komisi Kepemudaan bersama Bimas Katolik Departemen Agama sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya yang membahas mengenai pengajaran agama katolik di Perguruan Tinggi swasta dan negeri. Rapat ini dalam rangka persiapan pertemuan dengan semua dosen kuliah agama katolik pada bulan Januari 2007.

9 Desember
Universitas Atma Jaya menyelenggarakan Upacara Wisuda XIX di Panakukang Country Club bagi 177 wisudawan baru. Dalam sambutannya, Rektor membacakan laporan perkembangan universitas. Ketua Yayasan, Prof. Salombe juga memberikan kata sambutan. Vikjen, P. Ernesto mengucapkan selamat atas kelulusan mahasiswa kepada orangtua dan keluarga dan semua civitas academica.

P. Ignatius Sudaryanto cicm diundang oleh kelompok Domenica in Sabato untuk memberikan rekoleksi setengah hari di pondok pantai Tanjung Bayang. Tema rekoleksi: Meditasi Membuka Hati pada Tuhan. Sementara itu, P. Lasber Sinaga cicm memberikan rekoleksi kepada para pegawai RS Stella Maris dengan tema: Menjadi Manusia melalui Pelayanan kepada Sesama.

12 Desember
Setelah beberapa pecan mengunjungi paroki-paroki di Vikariat Sulawesi Tenggara, Uskup Agung kembali ke Makassar bersama P. Marcel Lolotandung.

22 Desember
Hari ini adalah ulangtahun ke 59 Mgr. John Liku Ada’ dan sekaligus pesta imamat ke-38 Vikjen P. Ernesto Amigleo cicm. Acara santap siang bersama diadakan di aula keuskupan dan dihadiri para imam, biarawan-biarawati dan pemimpin umat. Kepada Bapa Uskup: “Selamat ulangtahun. Ad multos annos. Semoga selalu diberkati dengan kesehatan yang baik”. Dan kepada Vikjen: “Selamat pesta imamat. Semoga senantiasa menjadi pastor yang baik dan misionaris bagi mereka yang dipercayakan Tuhan kepadamu”.

23 Desember
Kabar duka diterima mengenai meninggalnya ibunda P. Piet Timang, pastor paroki Katedral. Kabar ini diterima juga oleh paroki-paroki dan diharapkan doa untuk melepas kepergian mendiang. Semoga beristirahat dalam damai.

24 Desember
Selamat ulangtahun kepada P. Kamelus Kamus cicm. Perayaan malam Natal di paroki St. Paulus Tello dipimpin oleh P. Ernesto didampingi P. Kamelus dan P. Lasber Sinaga.

25 Desember
Selamat Natal! Sementara paroki-paroki dijaga oleh polisi dari kemungkinan serangan teror, Paroki Mamajang justru dijaga oleh masyarakat muslim setempat sepanjang perayaan liturgi berlangsung. Suatu contoh yang baik harmoni dan kerjasama umat beragama!

26 Desember
Masih dalam semangat dialog antar-umat beragama, Bapa Uskup mengadakan open house di aula keuskupan yang dihiasi pernak-pernik natal. Para pemimpin masyarakat dan agama berdatangan dan memberi salam hangat kepada Bapa Uskup. Sementara kesempatan ini juga digunakan oleh para imam, biarawan dan pemimpin umat untuk mengucapkan selamat natal kepada Bapa Uskup. Santapan siang disediakan bagi semua tamu. Turut meramaikan acara ini, enam frater HHK dan beberapa umat menyanyikan lagu-lagu natal.

Pada saat yang sama, Paroki Mamajang yang dipimpin oleh P. Mateus Bakolu didampingi P. Fransiskus Pontoh msc dan P. Paulus Tongli juga menggelar open house dengan mengundang para tetangga muslim untuk santap siang bersama. Ini tentu suatu contoh yang baik bagi dialog antar-umat beragama

27 Desember
Pagi hari, diadakan rapat Kuria untuk membahas hal-hal personalia.

Malam hari, Pukat mengadakan perayaan Natal dan pelantikan pengurus baru di hotel Yasmin Makassar. Vikjen mengawali perayaan dengan doa, dilanjutkan renungan oleh moderator Pukat, P. Hendrik Njiolah. Setelah itu, Sekretaris KAMS P. Frans Nipa membacakan SK para pengurus Pukat periode 2006-2009. Mgr. John Liku-Ada’ kemudian melantik para pengurus baru. Bapak Hendrono serta keluarga dari Malang, Jawa Timur, menyanyikan lagu-lagu pujian dan memberi kesaksian mengenai Cinta Tuhan dalam keluarganya secara khusus pada masa-masa sulit ketika usahanya jatuh bangkrut. Namun iman kepada Tuhan telah menolong mereka bangkit kembali dari kebangkrutan. Sekitar 100 umat turut hadir termasuk para suster YMY, imam, keluarga dan kerabat usahawan katolik.

Pada saat yang sama, di aula keuskupan diadakan seminar mengenai Musik Gereja dan dihadiri oleh para pecinta musik dan ingin mendalami musik gereja.

29 Desember
Perayaan Natal Ekumene diadakan di Balai Prajurit M. Jusuf dan dihadiri sekitar 3000 umat. Bapak Gubernur dan isteri, Walikota, kalangan militer dan parlemen, Bapa Uskup, para imam dan pendeta serta rohaniwan juga hadir di sana. Tema perayaan: Bangkit dan Bergeraklah! Suasana perayaan dihidupkan oleh paduan suara ekumenis yang dipimpin oleh P. Leo Paliling serta beberapa vokal grup dari kelompok Protestan, Pentakosta dan komunitas Katolik. Bapa Uskup membacakan Pesan Natal 2006 yang disusun oleh PGI dan KWI. Gubernur Amin Syam menyampaikan pujian kepada umat kristiani atas kontribusinya kepada negeri ini dan secara khusus bagi Sulawesi Selatan. Saat diminta untuk bernyanyi, Bapak Gubernur bersama rekan-rekan menyanyikan dua lagu yang mendapat sambutan hangat hadirin. Ibu Apiaty Syam juga turut mempersembahkan lagu nostalgia. Selain itu, penyanyi Adi AFI dan Sandro Tobing menyanyikan lagu pujian dan menghidupkan suasana. Dalam kegiatan ini, sumbangan diserahkan kepada beberapa panti asuhan dan panti jompo. Seluruh persembahan yang dikumpulkan dari umat yang hadir malam itu akan diserahkan untuk pembangunan Panti Jompo Pangamaseang.
Sebelum perayaan berakhir, diadakan pemutaran film dokumenter yang memperlihatkan para korban antara lain tsunami Aceh 2004 dan beberapa bencana alam di Indonesia. Tujuan pemutaran film untuk menyadarkan umat akan penderitaan sesama anak negeri.

1 Januari
Selamat Tahun Baru 2007! Meskipun awal tahun diwarnai hujan yang turun deras namun umat katolik di Makassar tetap memenuhi gereja-gereja untuk mengikuti misa Tahun Baru.

Vikep P. Jos van Rooy cicm sibuk melayani misa di dua tempat di Paroki Mandai: Maros dan Kariango. Dia membawa serta anak-anak dari panti asuhan Pangamaseang untuk bernyanyi.

Masih dalam semangat Natal, sekelompok umat paroki Kristus Raja Andalas mengadakan perayaan Natal di Restoran Bambuden. Dalam renungannya, P. Ernesto mengantar umat pada refleksi Kehidupan Keluarga serta Nilai-nilainya. Sementara pastor paroki, P. Maris Marannu menyampaikan pesan Natal.

Setelah lima hari beristirahat di Sangalla, Tana Toraja, Bapa Uskup kembali ke Makassar.

5 Januari
Universitas Atma Jaya Makasar mengadakan perayaan Natal dan Tahun Baru di kampus. Perayaaan ekaristi dipimpin oleh pastor kampus dan dihadiri sekitar 80 umat, termasuk rektor, pembantu rektor, para dekan, beberapa dosen, pegawai dan mahasiswa. Memang tidak terlalu banyak yang hadir karena mungkin belum pulang dari liburan.

Panitia Perayaan Natal Ekumene bersama Bapa Uskup mengadakan evaluasi terhadap Perayaan Natal Ekumene yang diselenggarakan sepekan lalu di Balai Prajurit.

6 Januari
Pesta Emas pernikahan Prof. Dr. Cornelus Salombe dan Lucia B. Pati’langi’ diadakan di katedral dan dipimpin oleh Bapa Uskup. Di tempat yang sama tepat 50 tahun lalu keduanya menerima sakramen perkawinan. Malam hari diadakan resepsi di sebuah restoran dan dihadiri sekitar 600 undangan. Prof. Dr. Salombe dikenal sebagai antropolog dan mendedikasikan hidupnya di dunia pendidikan, politik dan urusan Gereja. Beliau salah satu pendiri Universitas Atma Jaya Makassar.

9 Januari
Para pengurus Persekutuan Doa Karismatik Katolik merayakan Natal di paroki St. Yoseph Gotong-gotong. Misa dipimpin oleh moderator karismatik P. Fransiskus Pontoh, didampingi P. Ernesto dan P. Martinus Mattani. Pada saat yang sama Jeduthun Salvation Ministry, sebuah cabang karismatik untuk kaum muda, juga merayakan ulangtahun pertamana. Sekitar 200 umat ikut dalam perayaan syukur ini.

13 Januari
Setelah tiga bulan liburan di Filipina, P. Noel Valencia cicm kembali ke Makassar dan melayani umat Paroki St. Paulus Tello.

15 Januari
Setelah hampir dua bulan dipersiapkan, hari ini diadakan pertemuan para dosen kuliah agama katolik di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di aula keuskupan. Vikjen turut memfasilitasi pertemuan ini. Beberapa hal yang dibahas: pengumpulan data statistik jumlah mahasiswa katolik di kampus masing-masing, perlunya kordinator untuk mengkoordinir para dosen kuliah agama katolik, serta kurikulum/silabus.

18 Januari
Dewan Konsultor mengadakan pertemuan dan membicarakan antara lain mengenai personalia.

20 Januari
Selamat kepada Yacobus Nipa dan Yohana M. Angka, orangtua P. Frans Nipa, yang hari ini merayakan pesta emas pernikahan di Mariali, Makale, Tana Toraja.

Dewan Keuangan mengadakan pertemuan dengan pengurus Timbuseng di ruang rapat kediaman uskup. Sementara Komisi PSE mengadakan seminar mengenai Credit Union (CU) di aula keuskupan. Seminar sehari diikuti 30 peserta dari berbagai paroki sekevikepan Makasar.

24 Januari
Dewan Keuangan dan anggota Kuria mengadakan pertemuan dengan Timbuseng untuk membahas perkembangan proyek lebih lanjut dan pembentukan sebuah Perseroan Terbatas (PT). Turut hadir notaris publik Hendrika yang juga anggota Dewan Keuangan.

25 Januari
Timbuseng mengundang Dewan Keuangan serta Sekretaris KAMS untuk meninjau tempat yang telah dibeli untuk area pemakaman publik di Gowa. Wilayahnya cukup luas dengan pepohonan di atas bukit.

27 Januari
Pengurus Yayasan Sentosa Ibu mengadakan perjalanan ke Pare-pare untuk mengunjungi RS Fatima dan Akademi Keperawatan Fatima.


29 Januari
Mgr. John Liku Ada’ tiba dari Jakarta setelah mengikuti Rapat Komisi Teologi KWI.

31 Januari
Mgr. John berangkat ke Malino untuk mengadakan retret pribadi selama 8 hari.

2 Februari
Komisi Keluarga bersama Institut Konseling Keluarga dan Karir mengadakan seminar selama 3 hari (9-11 Februari) bagi para pasangan nikah dan pencari kerja di Makassar.

4 Februari
Jedhutun Salvation Ministry (JSM) mengadakan kegiatan “fellowship” selama sehari di Wisma Kare. JSM adalah suatu komunitas basis yang terdiri kaum muda yang ingin mendalami iman melalui studi dan sharing Kitab Suci. Mereka terbagi dalam beberapa sel (kelompok kecil), masing-masing memiliki kordinator pasutri. Moderator JSM adalah P. Ernesto.

5 Februari
P. Marcel Lolotandung dan P. Paulus Tongli berangkat ke Malino untuk membimbing rekoleksi sehari bagi siswa SMU Rajawali.

6 Februari
Untuk memperingati pelindung para Frater HHK, yakni Bunda Maria dari Lourdes, yang peringatannya jatuh pada 11 Februari, para frater HHK mengadakan rekoleksi yang dibimbing oleh P. Ernesto.

10 Februari
Komisi PSE dan Komisi APP, bekerjasama dengan Komisi Kateketik-Liturgi-Kitab Suci serta Komisi Pendidikan, mengadakan animasi APP 2007. tema APP2007: Menuju Kesejatian Hidup dalam Hubungan dengan Sesama. Sekitar 100 peserta dari pelbagai paroki, sekolah dan organisasi turut hadir. Bapa Uskup membuka acara ini dengan menjelaskan latar belakang sejarah mengapa Gereja terlibat dalam pengembangan sosial-ekonomi masyarakat. Setelah itu, P. Martin Solon memberikan refleksi biblis tentang makna APP. Fasilitator kegiatan ini adalah P. Fredy Rante Taruk, ketua Komisi PSE dan APP.

Kordinator Karismatik Katolik Ade Bisono bersama Kordinator Karismatik Regional Julius Tedja mengadakan rapat dua hari bersama semua kordinator dan pengurus kelompok doa untuk membicarakan beberapa hal sehubungan kedatangan ketua Badan Pelayanan Nasional Karismatik Joseph Tedjaindra bersama tim dari Jakarta. Pada hari pertama, Mgr. John Liku Ada’ memberikan sambutan. Pada hari kedua, Joseph memberikan gambaran aktivitas Pembaharuan Karismatik Katolik di Jakarta. Pertemuan ini diadakan di hotel Yasmin dan dihadiri 60 peserta serta difasilitasi oleh moderator karismatik, P. Fransiskus Pontoh.

Malam hari, tim Komisi Kateketik-Liturgi-KS berangkat ke Tana Toraja dengan bus dalam rangka animasi umat, setelah itu dilanjutkan ke Bantaeng yang jaraknya sekitar 200 km dari Makassar untuk kegiatan yang sama.

12 Februari
Seminari Menengah St. Petrus Claver merayakan 40 tahun pengabdian salah seorang gurunya, Bpk. Yan Kedang. Perayaan diawali dengan misa yang dipimpin P. Willy Welle, dihadiri oleh para staf pengajar, Bapa Uskup, para imam, suster, guru, siswa seminari menengah, dan para undangan. Acara diisi dengan nyanyian, drama, dan kata sambutan dari pengajar, Bapa Uskup, dan Bpk. Yan Kedang. Setelah itu, santap siang bersama disajikan.

14 Februari
Salah seorang calon dalam pemilihan gubernur, Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Bapa Uskup pada sore hari. Didampingi teman-temannya, Syahrul diterima oleh Uskup Agung bersama anggota Kuria dan P. Paulus Tongli, Ketua Komisi HAK. Syahrul memperkenalkan diri dan membagikan visi-misinya bagi negara dan provinsi ini apabila kelak ia terpilih. Sebelum meninggalkan tempat, ia mengharapkan dukungan doa.

Malam hari, Marriage Encounter distrik IX merayakan Valentine Day di sebuah restoran bersama moderatornya, P. Paulus Tongli. Setelah itu diadakan jamuan malam dan pembagian hadiah. Acara ini diikuti 50 pasangan, sejumlah suster dan imam, termasuk Bapa Uskup. Sebelum acara berakhir, para pasangan menunjukkan kebolehannya menari dengan iringan musik country, cha-cha, dan waltz.

16 Februari
P. Leo Paliling, Ekonom KAMS, berangkat ke Tana Toraja sehubungan dengan kepulangan Martina Sampe, nenek terkasih yang meninggal pada 14 Februari pada usia sekitar 100 tahun.

18 Februari
Gong xi fa cai! Hari ini Tahun Baru Imlek, saat untuk berbagi dengan keluarga. Ini juga menandai awal Tahun Babi. Menurut keyakinan China, orang yang dilahirkan di tahun babi dikatakan memiliki kejujuran, ketulusan dan optimisme. Mereka tampak tenang, berhati teguh, namun sering kurang sabar dan bebas. Kepada saudara yang merayakan Imlek, kami ucapkan: Selamat! Semoga berkat Tuhan melimpah, rejeki menjulang dan musibah menjauh di tahun ini...
Para pengurus Forum Komunikasi antar-Umat Beragama mengunjungi para pemimpin umat Budha di kota Makassar. Di antara mereka dari umat Katolik adalah Bapa Uskup, Sekretaris KAMS, dan Fr. Paulino HHK.

19 Februari
Hari ini para staf keuskupan berangkat ke Tana Toraja sehubungan dengan wafatnya Antonia Tandungan, ibunda Rita, salah seorang staf keuskupan, yang meninggal kemarin.

22 Februari
P. van Rooy dan P. Folata Laia cicm merayakan hari ulangtahun hari ini dengan makan siang bersama. Tamu spesial yang hadir adalah Bapa Uskup dan P. Tim Atkins cicm.

Malam hari, acara ultah P. van Rooy diadakan oleh tim Choice di Panti Asuhan Pangamaseang.

24 Februari
Setelah sebulan diperbaiki, sebuah kantor baru Yayasan Paulus diberkati oleh Mgr. John Liku Ada’ dan dihadiri oleh Ketua Yayasan, P. Piet Timang dan Sekretaris KAMS.

25 Februari
Kasus tanah tempat gereja Paroki St. Paulus Tello berdiri hari ini diputuskan. Pihak keuskupan dikalahkan oleh pengadilan. Kasus ini dimenangkan oleh 9 keluarga yang mengklaim tanah tersebut dan memberi pilihan kepada Gereja: membeli tanah tersebut atau meninggalkannya. Dewan Pastoral Paroki Tello dalam rapat minggu lalu memutuskan untuk keluar. Jika membeli tanah tersebut akan menimbulkan persoalan baru karena dokumen kepemilikan tanah yang belum jelas.
Sejak hari ini pelayanan Gereja di tempat itu dihentikan. Umat paroki Tello diminta untuk pindah ke paroki terdekat: Kare atau stasi Antang. Umat paroki Tello, kami turut bersimpati dengan kalian…

Tidak ada komentar: