Selasa, 20 Maret 2007

Animasi APP 2007 di Kevikepan Makassar


Komisi APP KAMS mempersiapkan bahan-bahan animasi APP jauh hari sebelum masa Prapaskah 2007. Bulan November 2006 yang lalu, Komisi APP KAMS mengundang beberapa Komisi KAMS yakni Komisi Kateketik, Komisi Kepemudaan, Komisi MPK dan Utusan-Utusan dari Panitia APP Regio/Kevikepan serta Sentrum IKAR dan Sentrum Saluampak. Tim ini sekaligus menjadi Tim Animasi APP KAMS 2007.

Selama tiga hari di Wisma Kare Makassar, tim ini mendalami tema APP Nasional 2007 yaitu: “Pemberdayaan Kesejatian Hidup dalam Hubungan Sosial“. Tim Animasi APP KAMS menghasilkan kerangka dasar dan draf sementara bahan Animasi APP dalam bentuk Pendalaman Iman. Bahan–bahan tersebut dibagi dalam empat bagian, yakni Pendalaman Iman Umat di Paroki, Wilayah dan Rukun-rukun, Pendalaman Iman Kaum Muda, Pendalaman Iman Bina Iman Anak (Sekami) dan untuk Kelompok Karismatik.

Selanjutnya, kegiatan animasi APP diselenggarakan secara bertahap. Tahap pertama, kegiatan animasi berupa pembekalan para animator dari paroki-paroki dan sekolah di tingkat regio dan kevikepan. Tahap kedua, kegiatan animasi diharapkan adanya pembekalan APP di tingkat Paroki untuk animator di tingkat wilayah, stasi, rukun atau kelompok. Tahap ketiga, kegiatan animasi APP berupa pendalaman iman atau ibadat sabda di tingkat wilayah, stasi, rukun atau kelompok.

Kegiatan Pembekalan bagi animator dari paroki-paroki yang diselenggarakan di tingkat regio atau kevikepan difasilitasi langsung oleh Ketua Komisi APP KAMS, P. Fredy Rante Taruk pr bekerjasama dengan tim APP regio/kevikepan. Kegiatan semacam ini diselenggarakan di Sentrum IKAR tanggal 29-30 Januari 2007, di Sentrum Saluampak tanggal 2-4 Februari, di Messawa tanggal 25-26 Januari 2007 dan Mamuju tanggal 6-8 Februari 2007. Kevikepan Sultra difasilitasi oleh P. Albert Maria Rua’ pr untuk Paroki Mandonga dan Paroki Sadohoa.

Sementara itu kegiatan pembekalan animator APP di Kevikepan Makassar diadakan tanggal 10 Februari 2007. Komisi APP/PSE KAMS mengundang utusan-utusan dari Paroki dan guru-guru agama katolik khususnya di Kevikepan Makassar mulai dari tingkat TK sampai dengan SMU. Hadir pada kegiatan tersebut adalah Bapa Uskup Agung KAMS, Tim Animasi APP, beberapa pastor dan para peserta utusan dari masing–masing paroki/guru-guru sebanyak 137 orang, bertempat di Aula KAMS. Hadir juga 5 orang utusan dari Paroki Soppeng yang letaknya paling jauh dari Makassar.

Pada kesempatan ini Bapa Uskup Agung KAMS menyampaikan Hasil dari Sidang Agung KWI antara lain Nota Pastoral Sidang Agung KWI tahun 2006 “Habitus Baru: Ekonomi yang Berkeadilan bagi Semua: Pendekatan Sosio-Ekonomi”.

Beliau juga kembali mengingatkan mengapa kegiatan Puasa dan Pantang diselenggarakan dalam Gereja Katolik. Makna Puasa dan Pantang ditekankan kembali supaya umat Katolik menempatkannya dalam kerangka usaha pertobatan selama masa prapaskah. Kemudian Ketua Komisi APP KAMS menjelaskan tema APP Nasional 2007 dan kerangka dasar tema APP untuk lima tahun (2007-2011) tentang “Pemberdayaan Kesejatian Hidup”. Gerakan pemberdayaan lewat pendidikan dan pelatihan menjadi penekanan dalam pembahasan ini.

Ketua Komisi Kitab Suci P. Martinus Solon pr selanjutnya menjelaskan bagaimana Kitab Suci berbicara tentang “pemberdayaan kesejatian hidup”. Beberapa contoh teks dijelaskan untuk menekankan betapa Allah menghendaki agar umatNya memberdayakan segala potensi yang dimilikinya guna mewujudkan keselamatan dan pelayanan yang baik di antara sesama manusia. Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman bahan-bahan APP. Pada bagian akhir diadakan tanya-jawab.

Akhirnya pertemuan ini ditutup dengan penegasan dari Ketua Komisi APP KAMS tentang “gerakan pemberdayaan” yang harus segera ditindaklanjuti pada semua tingkat, baik di kalangan hirarki dan biarawan-biarawati, maupun di tingkat umat beriman (paroki-wilayah-rukun-kelompok). Pertemuan ini ditutup pada jam 16.30 dengan doa penutup oleh Bapak Frans Tio. ***
Maria & Delphi
Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi KAMS

Tidak ada komentar: