Minggu, 24 Juli 2016

Kronik Keuskupan Agung Makassar, Juni - Agustus 2016


2-6-2016
Komunitas Rumah Uskup dengan senang hati   menyambut kunjungan tamu dari Jerman, Ptr. Ulrich Esser. Beliau ditemani oleh pastor Paulus Tongli ke  Tana Toraja. Sempat dikunjungi asrama putra Makale, dimana asrama ini pernah dibantu oleh keluarga dari pastor Ulrich.

5-6-2016
Bapak Uskup memimpin misa Krisma di paroki Mariso dengan 100 orang peserta krismawan-krismawati. Acara tersebut dihadiri oleh tamu: Teresa Kim dan Christina dari WARP-HWPL dari Korea. Pada akhir misa, bapak Uskup memberikan sedikit penjelasan tentang gerakan perrdamaian ini/HWPL.

7-6-2016
Rapat kevikepan Makassar dengan agenda: Renovasi Gereja Katedral, dihadiri oleh 20 imam. Pada prinsipnya, rencana renovasi Katedral sangat didukung oleh para pastor yg hadir dan diminta supaya segera dibentuk panitia.

9-6-2016
Pertemuan Tim Pembanguna Katedral di ruang rapat Uskup, yang dihadiri oleh Bpk Uskup, Julius Tedja, Ptr. Frans Nipa, Rudy Moha, Ptr Alex Lethe, Ptr. Wilhelmus Tulak, John Theodore, Ptr. Yulius Malli, Randy K. dan Bpk Koen. Dalam rapat disimpulkan bahwa akan diadakan renovasi besar pada lokasi yang sama dengan mengindahkan aturan cagar budaya/tidak bertentangan dengan aturan cagar budaya.

Pada pkl 14,30 – 21,30: diadakan Dialog Lintas Agama Anti Radikalisme di aula keuskupan untuk Indonesia damai di Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan dibuka oleh bapak Uskup, kemudian nara sumber memberikan pemaparan tentang: mencegah paham radikalisme di Indonesia dengan kearifan local, secara khusus di Provinsi Sulawesi Selatan.

12-6-2016
Bapak Uskup memimpin misa Krisma di Tandung, Nanggala, dengan  112 krismawan-krismawati. Acara tersebut dirangkaian dengan pengucapan syukur atas selesainya renovasi gereja stasi     Tandung, dengan pemberkatan salib utama dalam gereja, patung Kristus dan gua Maria.

13-6-2016
Bapak Uskup dalam perjalanan menuju Makassar, singgah melihat lokasi bandara yang baru di Mengkendek.

14-6-2016
Tim Koordinasi pembangunan bandara Buntu Kuni Kabupaten Tator bertemu dengan Menteri Perhubungan Bpk Ignatius Jonan di kantor Kemenhub, Jakarta, ditemani oleh Bapak Kompol (Pur) Goris Mere. Topik pembicaraan tentang pembangunan Bandara di Toraja. Disampaikan dalam pertemuan bahwa Wapres mengambil sikap: untuk sementara di stop karena anggarannya terlalu besar. Direncanakan akan bertemu dengan Presiden RI pada kesempatan pertama.

18-6-2016
Dimulai pkl 08.00, rangkaian acara pemberkatan dan peresmian gedung baru Rumah Sakit Stella Maris, Makassar. Misa pemberkatan dipimpin oleh Uskup Mgr. John Liku-Ada’ dan peresmian oleh Walikota Makassar. Dihadiri oleh banyak imam, karyawan/i rumah sakit dan umat beriman.

Pkl 18.30, bapak Uskup, para pastor ikut menghadiri pesta HUT Perkawinan ke-35 Bpk Julius Yunus Tedja-Ibu E. Lili Santosa di Upper Hills. Rangkaian acara berjalan lancar dan meriah dan dihadiri oleh banyak sahabat dari keluarga bpk Julius. Selamat berbahagia.

21-6-2016
Bapak Uskup memimpin rekoleksi dan tatap muka di aula SD Katolik, Paku, Makale. Dihadiri oleh para pastor, Frater, Biarawan biarawati dan Depas Inti dari paroki paroki se kevikepan Toraja. Acara berjalan baik dan lancar, dengan Tema: Tahun Suci Kerahiman Ilahi.

22-6-2016
Bapak Uskup memimpin misa Krisma di Paroki Makale, dengan 121 peserta. Acara berjalan lancar dan diakhiri dengan resepsi bersama.

23-6-2016
Bapak Uskup bersama dengan Bartho Tandiayu berangkat ke Jakarta untuk bergabung dengan Tim Koordinasi Pembangunan Bandara Buntu Kuni. Tim tersebut bertemu dengan Wakil Presiden RI Bpk Jusuf Kalla di kediaman Wapres.  Wapres memberikan dukungan untuk ikut membantu dalam     kelanjutan pembangunan bandara baru di Toraja.

25-6-2016
Bapak Uskup memimpin misa Krisma di Rantetayo, Toraja. Ada 70 orang Krismawan-Krismawati. Tema perayaan:”Kamu akan Kuberi hati yang baru.” Sesudah misa ada resepsi bersama.

26-6-2016
Pkl 09.00, Bapak Uskup memimpin misa Krisma di Paroki Deri, dengan peserta 156 orang, dengan tema renungan: ”Ikutlah Aku.” Sesudahnya dilanjutkan  dengan tatap muka dengan umat dan diakhiri dengan resepsi.

Pkl 17.00, bapak Uskup mengadakan tatap muka dengan Depas dan tokoh umat di Paroki Pangli.

27-6-2016
Pkl 09.30, dimulai Misa Krisma di Pangli, dipimpin oleh Bapak Uskup. Dengan peserta 95 orang. Sesudah misa, dilanjutkan dengan resepsi, sambutan sambutan.

Sore hari, kita dikagetkan dengan berita duka bahwa pastor Ipong (Rofinus romanus Rasa, CICM), pastor paroki Tello, meninggal dunia di rumah sakit Grestelina Makassar. Almarhum sempat beberapa hari dirawat di rumah sakit. Semoga ia beristirahat dalam damai Tuhan.

28-6-2016
Bapak Uskup memimpin misa Krisma di paroki Minanga, dengan peserta 95 orang. Sesudah misa dilanjutkan dengan resepsi dan  sambutan sambutan.

29-6-2016
Pada pkl 09.00 dimulai misa Krisma di paroki   Ge’tengan dengan peserta 85 orang, digabungkan dengan Misa Syukur pesta perak Imamat Pastor Niko Tangke (pastor paroki Ge’tengan) dan Pastor Octavianus Samson Bureni (Vikep Sulbar). Dihadiri sekitar 30-an imam dan banyak umat termasuk keluarga dari kedua Jubilaris. Setelah misa ada sambutan dari Vikep Toraja, kedua Jubilaris dan dari Bapak Uskup, kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

1-7-2016
Pkl 08.00, diadakan misa Requiem untuk pastor Rofinus Romanus Rasa CICM di Gereja Katedral, Makassar.  Dipimpin oleh Bapak Uskup, dihadiri   banyak imam dan umat. Beliau meninggal pada hari Senin, 27 Juni 2016, dalam usia 45 tahun. Sesudah misa, Almarhum dimakamkan di Taman Kenangan Rohaniwan-Rohaniwati, Pakatto. Kepergiannya yang tiba-tiba menjadi pukulan berat bagi kita semua yang  ditinggalkan. Semoga ia beristirahat dalam damai Tuhan.


6-7-2016
Sebagaimana dibuat tiap tahun pada hari Idul Fitri,  Bapak Uskup, beberapa Imam dan umat,  bersama dengan perwakilan dari lintas agama, berkeliling bersilaturahmi ke Gubernur, walikota, ketua DPRD, Wagub Sulsel, Wawali Makassar, dll.

10-7-2016
Bapak Uskup memimpin misa Missio Canonica alumni STIKPAR Toraja di Gereja Paroki Ge’tengan. Ada 23 alumni. Dihadiri banyak umat. Tema     renungan: ”Diutus untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik/revolusi mental/pertobatan.” Sesudahnya, dilanjutkan dengan acara resepsi dan sambutan-sambutan.

12-7-2016
Bapak Uskup memimpin misa pemberkatan Gereja Stasi Sto. Josef Tumale, Paroki St. Petrus, Padangsappa. Acara tersebut dirangkaikan dengan 50 thn kehadiran umat Katolik di wilayah tersebut dan 10 tahun Paroki Padangsappa dan sekaligus syukur panen. Sesudah misa, dilanjutkan dengan rangkaian acara ramah tamah, prosesi Lettoan dan dimeriahkan oleh drumband SMP-SMA Frater Palopo, tarian sekami-OMK. Setelah sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan makan siang bersama. Petang hari: rombongan pengiring salib IYD diterima di depan Gereja, dilanjutkan dengan novena di depan Gua Maria, malamnya ada kesenian tradisional Ma’bugi’.

24-7-2016
Bapak Uskup memimpin misa Syukur HUT ke-66 dan Pelindung Paroki Mariso, Makassar. Sesudah misa, dilanjutkan dengan acara ramah tamah di lapangan SPC.
27-7-2016
Pada pkl 17.00, Bapak Uskup memimpin misa Krisma di paroki Parepare, dengan peserta 120 orang. Tema renungan: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya” (Luk4:21), ramalan Yesaya terpenuhi dalam diri Yesus dari Nazareth.

28-7-2016
“Bait Allah adalah Kudus dan bait Allah adalah kamu” (1 Kor 3:17b), adalah tema misa pemberkatan Gereja Paroki Sto. Petrus Rasul Parepare.  Setelah misa, dilanjutkan dengan acara peresmian oleh Walikota Parepare dan resepsi dengan sambutan-sambutan, laporan panitia pembangunan, pelepasan burung merpati, peninjauan gedung. Acara dihadiri 25 imam, pejabat pemerintah setempat dan banyak umat.

29-7-2016
Pkl 09.30, Bapak Uskup menerima kunjungan dari Provinsial CICM Asia, Ptr. Silvester Asa, CICM dan sekaligus memperkenalkan dua calon tahbisan imam CICM: daikon Leoyd Ongki Sanggaria dan diakon Robertus Kherubim Aprianto Bijaksana.

Pkl 12.00: Bapak Uskup menerima kunjungan dari pengurus FKHB KAMS (Forum Komunikasi Hidup Bakti KAMS).

30-7-2016
Pkl 07.30:Bapak Uskup memimpin misa pemberkatan Gereja Paroki St. Paulus Tello, dilanjutkan dengan peresmian oleh Walikota Makassar. Dihadiri oleh  banyak imam dan umat.

Pkl 17.00: Bapak Uskup menahbiskan dua diakon CICM: Leoyd dan Robertus di Gereja Paroki Maria Ratu Rosari-Kare. Dihadiri oleh banyak imam, umat setempat dan kenalan dari kedua daikon. Acara berjalan khidmat dan diakhiri dengan sambutan singkat dan ramah tamah di basement gereja.

31-7-2016
Pkl 07.00, bapak  Uskup memimpin misa     pemberkatan Gereja Stasi Sto. Petrus Rasul, Antang. Gereja yang mungil tapi sangat bagus. Secara bertahap dibenahi. Setelah pemberkatan, dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah kepada juara lomba,  sambutan-sambutan dan diakhiri dengan makan siang bersama.

1-8-2016
Di ruang rapat Uskup, terlaksana rapat gabungan: Kuria KAMS dan para formator Seminari KAMS, dari SPC-TOR dan AM. Diawali dengan penyampaian harapan Uskup. Kemudian ada sharing dari tiap jenjang Seminari, berfokus pada program pembinaan di tiap jenjang: SPC-Rhetorica-TOR-SAM.
3-8-2016
Pemberkatan Gereja Paroki St. Clemens Kolaka oleh Bpk Uskup Mgr.  John Liku-Ada’ dan peresmian oleh Bupati Kolaka. Acara dimeriahkan oleh Drumband dari SMP Rex Mundi Pomalaa, sambutan tari tarian traditional Kolaka, pemukulan gong dan penandatanganan prasasti. Pkl 19.00,Uskup,  para pastor dan tokoh umat diundang untuk makan malam di Rujab Bupati.

4-8-2016
Dimulai pkl 09.00, tahbisan Imam: Fransiskus Woga Pati di Gereja Paroki Kolaka. Sangat menggembirakan dimana acara tahbisan berjalan sangat lancar dan dihadiri oleh 73 imam dan banyak umat. Dalam sambutannya, Bapak Uskup meminta kepada semua imam yang hadir: ”Terimalah rekan imam baru dalam semangat persaudaraan dan saling mendukung, bukan saling menjatuhkan”.

Pkl 18.00: Bapak Uskup memimpin misa RIP Almarhumah Laksda Christina Maria di Katedral Makassar. Begitu banyak pelayat, sampai banyak yang berdiri di halaman Gereja. Dari biodata Almarhumah diketahui bahwa ia sudah berbuat banyak Kasih untuk Gereja Katolik dan Negara RI. Semoga ia beristirahat dalam damai Tuhan.

29-8-2016
Pkl 17.00, Bapak Uskup memimpin misa pembukaan PKKI ke-11 di Gereja Katedral Makassar.      Didampingi oleh Mgr. Paskalis, Uskup Bogor/Ketua Komkat KWI. Sesudah misa dilanjutkan dengan beberapa acara di aula KAMS: sambutan Uskup KAMS, Dirjen Bimas katolik, Ketua Komkat KWI,dan dihibur dengan persembahan tarian dan lagu dari SMA Rajawali.




Bung Kronik


Tidak ada komentar: