Senin, 19 Maret 2012

Week End Choice dan Marriage Encounter di Pusat Pastoral Saluampak

Bulan November dan Desember 2011 menjadi bulan yang padat di Pusat Pastoral (Puspas) Saluampak, berbagai acara diselenggarakan seperti: Rapat Anggota Tahunan Credit Union (CU) pada 3 November 2011, “Leadership Workshop” untuk Orang Muda Katolik (OMK) se-kevikepan Luwu Raya dan Toraja pada 11-13 November 2011 yang diberikan oleh Komisi Kepemudaan (Komkep) Keuskupan Agung Makassar (KAMS) dan juga Pertemuan Pemuda Katolik Kabupaten Luwu Raya pada 25-27 November 2011. Di samping itu, ada 2 program penting juga yang dilaksanakan yaitu: Weekend Choice angkatan 28 pada 4-6 November 2011 dan Weekend Marriage Encounter (ME) angkatan 67 pada 9-12 Desember 2011, di mana 2 program ini adalah hasil kerjasama Puspas dengan Choice dan ME Distrik IX Makassar.

WEEKEND CHOICE ANGKATAN 28: TO KNOW, LOVE AND SERVE YOU
Untuk pertama kalinya Choice Distrik IX Makassar mengadakan Weekend Choice di luar Makassar dengan mengadakannya di Puspas Saluampak untuk wilayah Kevikepan Luwu Raya. Weekend Choice angkatan ke-28 ini diikuti oleh 32 peserta muda-mudi lajang usia 20 tahun ke atas dari Paroki Palopo, Lamasi dan Saluampak. Sedangkan Tim Choice dari Makassar yang memberi pendampingan adalah: Pastor Stefanus Chandra Pr, Pasutri Fiece-Cae dan Elis-Yan serta youth Vanda, Bernard, Maggy dan Selvi.
“Choice” (bukan singkatan) adalah sebuah gerakan dalam Gereja Katolik yang melayani kalangan muda-mudi dewasa dengan tujuan mengetengahkan kembali semangat hidup Kristiani yang berlandaskan kasih dalam relasi dengan sesama. Visi dari Choice adalah tercipta dan tersosialisasinya cinta kasih Injili (cinta tak bersyarat) di dalam keluarga, Gereja dan masyarakat, yang dimulai dan digerakkan secara berkesinambungan oleh muda-mudi dewasa.
Dalam proses weekend dengan sesi-sesi yang padat, para peserta mengalami bagaimana mereka dibawa dalam penyadaran secara bertahap atas nilai diri mereka yang berharga sebagai citra Allah yang memiliki tugas untuk membagikan cinta kasih yang ada dalam diri mereka. Mereka diajak untuk menggali kembali “a strong sense of belonging” atau “rasa keterlibatan” yang mendalam dalam berelasi dengan keluarga ataupun Gereja pada umumnya.
Desi Julita Hasanuddin, salah seorang peserta mengungkapkan, “Sesudah mengikuti weekend Choice ini, saya merasa bisa lebih terbuka terhadap diriku sendiri dan juga lebih terbuka untuk memahami pergumulan orang lain, keluarga dan teman-teman dan saya tidak lagi merasa sendirian, saya menjadi bagian dari orang lain”. Semua peserta weekend Choice tergerak untuk mengajak muda-mudi lain untuk bisa juga mengikuti Choice dan Puspas bersama Choice Makassar bertekad akan menggelar kembali Weekend Choice  ini di tahun 2012. Sesudah Weekend Choice masih akan dibuat proses renewal, untuk renewal pertama sudah berlangsung pada 27 November 2011 didampingi oleh Pastor Joseph Pontoan, MSC lalu akan dilanjutkan renewal berikut yang direncanakan pada 31 Desember 2011 yang disambung dengan acara menyongsong Tahun Baru 2012. Dalam renewal ini Tim Choice Makassar kembali akan datang dengan melibatkan choicer dari angkatan-angkatan yang lebih senior. Dalam renewal yang pertama, para peserta mengungkapkan kembali suka cita mereka akan perubahan yang mereka alami dalam Weekend Choice.

WEEKEND MARRIAGE ENCOUNTER (ME) ANGKATAN 67: AS I HAVE LOVED YOU
Selang sebulan sesudah Weekend Choice yang membawa suka cita itu, Puspas kembali menggelar weekend “orang tua dari Choice” yaitu Weekend Marriage Encounter (ME) yang diadakan pada 9-11 Desember 2011. Weekend ini adalah weekend untuk pasangan suami-istri (pasutri) maka ada tuntutan 1 kamar untuk 1 pasutri, oleh karena Puspas memiliki keterbatasan kamar maka acara ini dialihkan ke Hotel Nusa Indah Palopo (35 km dari lokasi Puspas Saluampak).
Weekend ini diikuti oleh 11 pasang pasutri dari Paroki Palopo dan Saluampak serta 2 imam (P. Christ Sumarandak MSC dan P. Yosef Doni Srisadono MSC). Sedangkan pendampingan diberikan oleh Tim ME Distrik Makassar, yaitu: P. Leo Paliling, Pr, Pasutri Magda-Randy, Tience-Abe serta Silvia-Ferry.
Marriage Encounter ini diperuntukkan bagi pasutri yang ingin meningkatkan kualitas hubungan dalam kehidupan mereka dan ME dirancang sedemikian rupa sehingga pasutri bisa meningkatkan kualitas hidup relasi mereka sebagai pasutri dan juga dengan anak-anak dalam keluarga. Di samping itu, ME juga diperuntukkan bagi imam, biarawan-biarawati yang ingin meningkatkan relasi mereka dengan Tuhan dan umat yang mereka layani, sehingga bisa meneguhkan juga panggilan mereka. 
Dalam weekend ini, para peserta dituntun untuk bisa berkomunikasi dengan pasangan melalui teknik komunikasi atas dasar kasih, masing-masing pasangan diberi kesempatan untuk melihat lebih dalam pribadi sendiri, pasangan, orang lain dan Tuhan. Para peserta diberi motivasi untuk memperbaiki kehidupan mereka sebagai suami istri dan momen weekend menjadi momen yang tepat untuk berbagi perasaan, harapan, kekhawatiran serta keputusan untuk merancang masa depan yang lebih baik. Para peserta banyak disentuh dengan momen-momen yang mengharukan dan membahagiakan dalam weekend ini. Ibu Agustina Matika, salah seorang pasutri mengatakan, “Saya sangat tersentuh dengan sharing yang begitu terbuka dari para pendamping, dan sangat terbantu dengan bercermin dari pengalaman mereka yang usia perkawinannya jauh lebih senior dari saya, saya belajar banyak dalam weekend ini”. Ibu Agustina merasa bersyukur bisa mengikuti weekend ME ini, meskipun pada awalnya harus bergumul untuk meninggalkan pekerjaan dan anak-anak di rumah.
Sukacita para peserta semakin bertambah dengan kehadiran “tim penggembira” yang hadir di akhir acara, yaitu 11 anggota ME lebih senior dari Makassar (termasuk kordis ME Makassar) dan 7 pasang pasutri dari Saluampak dan Palopo, yang hadir untuk memberikan dukungan bagi para ME baru, angkatan 67. Sukses acara weekend ini disepakati untuk ditindaklanjuti dengan rencana Puspas dan ME Distrik Makassar untuk mengadakan kembali weekend ME berikut yang akan dibuat di Paroki Soroako (masih dalam wilayah kevikepan Luwu Raya). *** Penulis: Yosef Sarri

Tidak ada komentar: