Senin, 19 Maret 2012

Aneka Kegiatan Persiapan Sinode Diosesan KAMS 2012


Talk Show “Umat Bertanya, Imam Menjawab”
Pada kesempatan yang berbahagia ini, patut kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang mahakuasa oleh karena beberapa Program kegiatan sudah terlaksana dengan baik oleh Panitia Yubileum 75 tahun KAMS, sejak pengukuhan panitia, 14 Agustus 2011, dengan penuh semangat  senantiasa berusaha untuk merayakan HUT ke 75 tahun gereja lokal dan melaksanakan Sidang Sinode ini dapat berlangsung dengan baik sesuai harapan kita semua.
Momentum usia intan Gereja Lokal kita yang sekaligus memperingati  75 tahun karya CICM ini diwarnai kegiatan napak tilas Pastor Ernesto Amigleo, CICM bersama rombongan melakukan kunjungan/Misi ke beberapa Paroki di wilayah Keuskupan Agung Makassar.
Bapa Uskup, para Pastor, suster dan frater secara terus menerus memberikan perhatian dan dukungan kepada seluruh umat untuk bersama-sama bergandengan tangan untuk menghayati, berbuat dan berdoa agar momentum Perayaan Yubileum 75 tahun KAMS dan Sidang Sinode menjadi persembahan kita secara bersama-sama.

Pembinaan Iman
Ada beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan mulai dari kerja sama kegiatan kelompok anak-anak SEKAMI se-KAMS pada 8 Januari 2012 yang dihadiri sekitar 1.500 orang anak di Restauran Bambuden Makassar.
Acara Talk Show dengan Tema “Umat Bertanya Imam Menjawab” adalah satu program kegiatan yang memberikan kesempatan kepada umat untuk bertanya ketika ada sesuatu yang tidak dipahami menyangkut tata perayaan ekaristi oleh Pastor Sani, hukum gereja katolik oleh Pastor Frans Nipa, lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Keuskupan oleh Pastor Alex Lethe dan Kitab Suci oleh Pastor Hendrik Njiolah. Ini merupakan momen yang cukup bagus untuk meningkatkan pengetahuan kita akan gereja katolik. Kegiatan ini berlangsung di aula Gereja Sto. Yoseph Pekerja Gotong Gotong pada 12 Februari 2012 dan diikuti oleh 121 peserta dari seluruh wilayah Kevikepan Makassar.
Melalui Seksi Liturgi Panitia dilaksanakan Lomba Paduan Suara khusus lagu Ordinarium pada 23 Maret 2012 di paroki St. Yakobus – Mariso, yang sekaligus diharapkan dapat digunakan masa Pekan Suci.
Seminar Sehari Pembangunan Ekonomi Jemaat
Pemberdayaan Ekonomi/ Kesejahteraan Umat
Romo Sapto bersama Budi Sutedjo dari Yogyakarta datang membawakan materi seminar Pembangunan Ekonomi Jemaat pada 18 Februari 2012 di Aula Keuskupan yang diikuti oleh 67 orang. “Materi dan pemateri sangat bagus untuk pengembangan ekonomi, tetapi sayang peserta yang datang sangat sedikit”, demikian kata seorang peserta seminar.

Program Kerasulan Keluarga
Panitia bekerjasama dengan Komisi Keluarga melaksanakan Seminar mengenai kehidupan Keluarga Katolik pada Minggu, 4 Maret 2012 di Aula KAMS bertema: “Perkawinan dalam Masyarakat Modern” dibawakan oleh Prof. Dr. Yuliana Murniati, MPA dari Unika Atma Jaya Jakarta dengan topik Pengaruh Pornografi dan Teknologi dalam Keluarga, yang diselenggarakan pada 4 Maret 2012 di Aula Keuskupan.

Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
Malam Peduli Yubileum 75 tahun yang dikelola oleh Tim Seksi Dana dilaksanakan pada Selasa, 20 Maret 2012 di Hotel Clarion untuk memberikan kesempatan kepada umat yang ingin saling berbagi. Kegiatan ini dipandu oleh Nico Siahaan dan diramaikan dengan kehadiran artis Ronny Sianturi dari Jakarta. Bapa Uskup akan membawakan renungan singkat dan sharing iman  dibawakan oleh Bapak Agus Suherman dari PUKAT KAJ .
Menyadari bahwa kita sebagai umat Katolik adalah bagian integral dari masyarakat, kelompok Orang Muda Katolik terpanggil untuk mengambil bagian dari kegiatan yang melibatkan banyak umat bersama masyarakat dalam acara JALAN SEHAT KELUARGA pada hari Jumat, 23 Maret 2012. Tempat Start dan Finish di SMAK Rajawali, Jl.Lamadukelleng. Jalan sehat tersebut diharapkan dapat diikuti oleh 5.000 orang umat bersama para pemimpin Gereja, masyarakat umum dan kepala Pemerintahan. Disediakan hadiah 1 unit rumah dan berbagai hadiah lainnya yang akan diundi langsung pada panggung hiburan yang dimeriahkan oleh artis Cecil Indonesian Idol.
Atas partisipasi sponsor Sepeda Polygon, acara sepeda santai akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Mei 2012 yang dirangkaikan dengan  penanaman pohon untuk menunjang lingkungan hidup sekaligus di tempat finish dilaksanakan penarikan kupon berhadiah di halaman Gereja Paroki St. Fransiskus Assisi Panakukang.

KAMS Fair
Salah satu inspirasi yang didapatkan panitia dari Bapa Uskup  agar dapat melaksanakan sebuah kegiatan yang memberikan informasi kepada seluruh umat atas kegiatan pelayanan dan karya dalam gereja serta dalam kehidupan bermasyarakat. KAMS FAIR adalah kegiatan yang akan menampung semua itu dan diharapkan seluruh komponen Gereja kita dapat mengambil bagian mulai dari seluruh tarekat yang ada di wilayah Keuskupan Agung Makassar, Paroki, Organisasi Masyarakat, Kategorial dan Yayasan Katolik, dll. Kegiatan KAMS FAIR akan dilaksanakan pada 5-7 Mei 2012 yang dirangkaikan dengan penarikan hadiah Kupon Undian di Paroki Santo Fransiskus Assisi – Panakukang.

SIDANG SINODE DIOSESAN II
Dari keseluruhan rangkaian kegiatan Perayaan Yubileum 75 tahun KAMS, yang akan menjadi fokus agenda utama adalah Sidang Sinode II KAMS rencananya diadakan pada 27-31 Mei 2012 di Hotel Singgasana. Sidang pertama diadakan pada tahun 1999 di Malino telah menghasilkan ARAH DASAR KAMS yang digunakan sampai saat ini .
Sidang tersebut akan diikuti oleh kurang lebih 300 orang utusan dari seluruh perwakilan 45 paroki, 10 Komisi di KAMS, wakil tarekat, Ormas Katolik dan kelompok Kategorial serta Yayasan-Yayasan yang berada di wilayah KAMS. Harapan kita semua, Sidang Sinode akan berlangsung lancar dan menghasilkan suatu Rencana Strategis  KAMS 2012 – 2017.

Perayaan Syukur
Sebagai ungkapan rasa syukur kita dalam usia 75 tahun KAMS akan diwujudkan dalam  MISA SYUKUR AGUNG dan dilanjutkan acara ramah tamah bersama umat dan pemimpin pemerintahan.
Perayaan Puncak Syukur rencana akan dilaksanakan pada Sabtu, 2 Juni 2012 di CCC-Tanjung Bunga yang akan dipimpin langsung oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia dan juga akan dihadiri oleh para misionaris yang pernah berkarya di keuskupan ini. Rangkaian perjalanan Sejarah Gereja Lokal kita akan ditampilkan melalui pemutaran Film/Gerak dan lagu dengan harapan kita mendapat kesan dan pemahaman karya Pastoral Gereja selama ini.
Semua program ini dapat terlaksana dengan baik ketika kita semua mau peduli dan perhatian  untuk membawa perubahan di lingkup KAMS. Tema: “DIA MENJADIKAN SEGALA-GALANYA BAIK” semoga menginspirasi kita untuk semakin peduli dan terlibat untuk kemajuan dan perkembangan Gereja Lokal Keuskupan Agung Makassar yang kita cintai. *** Penulis: Risdianto Tunandi, Sekretaris Umum Panitia Yubileum 75 tahun KAMS

Tidak ada komentar: