Senin, 19 Maret 2012

Kronik KAMS Desember 2011 - Februari 2012


5-6 Desember
Uskup, Vikjen dan Ekonom KAMS mengikuti rapat di Jakarta menyangkut seluk-beluk investasi dari mitra KWI, GCI (Global Common Fund Investment). Sekitar 100 orang peserta dari kaum religius dan imam menghadiri pertemuan tsb. Sore hari tgl 5, manajer Bp. Mulyadi, Bp. Agus Dhama dan Bp. Michael mempresentasikan kondisi ekonomi global terkini. Pagi hari tgl 6, presentasi dari pengurus CFI KWI sebagai bagian dari anggota GCI. Sebagai kesimpulan, perkembangan ekonomi Indonesia tahun 2012 bagus meskipun di belahan Eropa dan Amerika menjadi merosot.

Caritas Indonesia mengadakan pertemuan regional selama 5 hari di Hotel Santika Makassar, dibuka oleh P. Fredy. 21 orang peserta dari Keuskupan Samarinda dan KAMS bergabung dalam pertemuan ini membahas pelayanan korban bencana alam.

6 Desember
Kevikepan Makassar menyelenggarakan pra-sinode yang diprakarsai Panitia SC Sinode 2012. Sekitar 78 peserta, imam dan pemimpin awam, menghadiri pertemuan di aula keuskupan.

7 Desember
P. Marcel Rarun MSC memimpin rekoleksi berkala dari para imam Kevikepan Makassar, dimulai pagi hari dan bertempat di aula keuskupan. Tema rekoleksi Solitude and Commitment. Sekitar 30 orang imam menghadiri rekoleksi tsb.

9-10 Desember
Sekretaris KAMS bersama panitia lain dalam kerjasama dengan Bimas Katolik menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi tenaga sekretaris/calon sekretaris paroki perihal Pastoral Berbasis Data. Salah satu tema yang dibahas yakni pekerjaan statistik paroki. Sekitar 20-an peserta utusan pelbagai paroki menghadiri kegiatan ini.
Sementara itu, Komunitas Fidei mengadakan seminar 2 hari tentang Hidup dalam Roh, dibuat di Baruga Kare untuk para alumni atau anggota; sebanyak 26 orang hadir dan didampingi BPK Karismatik KAMS.
Vikjen P. Ernesto Amigleo CICM memimpin rekoleksi 2 hari komunitas JMJ Biara Rajawali. Tema rekoleksi: Religius dipanggil menjadi mistik dan nabi di Dunia Moderen.
Pengurus UNIO Prov Gerejawi MAM selama 3 hari bertemu di Baruga Kare; dikoordinir oleh l P.Marsel LT, Ketua UNIO KAMS.
P. Theo Wynants CICM, mantan misionaris Indonesia, berada di kota ini selama beberapa waktu. Dia pernah bekerja di Messawa dan di Saluampak. Selamat datang, pastor; selamat menikmati liburan.

11 Desember
Vikjen P. Ernesto Amigleo CICM memimpin misa dan menerimakan Sakramen Krisma kepada 70 orang muda di Paroki Bunda Maria Mandai-Sudiang. Selamat kepada para krismawan, kepada pastor paroki dan depas serta para pendamping.
Mgr. Piet Timang dari Banjarmasin berada di kota ini dalam perjalanan menuju Malakiri, Toraja Utara dalam rangka ziarah makam ibunda. Selamat, Mgr !

12 Desember
Pengurus BP3KAMS (P. Stef Tarigan, P. John da Cunha dan P. Frans Nipa) menuju Toraja untuk rapat dengan depas Paroki Makale untuk membahas pembangunan aula paroki . Aula yang ada sekarang sudah berusia lebih dari 40 tahun dan tidak memadai lagi untuk aneka kegiatan pembinaan umat.

15 Desember
Rapat gabungan Uskup, anggota Kuria dan pengurus BP3KAMS untuk membicarakan sejumlah agenda pembangunan fisik dalam KAMS.
Sore hari Uskup ditemani P. Albert Arina menuju Jakarta untuk perawatan/operasi mata, semoga lekas sembuh Mgr !

16 Desember
Vikjen P. Ernesto CICM bersama anggota  Kelompok Doa JSM menuju Jakarta dan dari sana pada hari berikutnya berangkat ziarah ke Tanah Suci; selamat berziarah semoga Allah memberkati sepanjang hari-hari tour.

19 Desember
Para novis CICM dan postulan berangkat ke Toraja, Messawa dan Lamasi dalam rangka live in natal, selamat.

22 Desember
Hari ini Ultah ke-63 dari Mgr John dan HUT ke-43 imamat Pastor Vikjen. Sebagaimana biasanya, perayaan HUT dibuat di Aula, juga dengan melibatkan para ibu beberapa kelompok kategorial sebab hari ini juga bertepatan Hari Ibu. Ad multos annos!

25 Desember
SELAMAT HARI NATAL! Semoga bahagia dan damai dari Bayi Natal dan IbuNya Maria  memenuhi hati kita semua. Semua gereja dalam kota ini penuh sesak dengan umat yang datang berbondong-bondong merayakan Kelahiran Yesus.

26 Desember
Sudah menjadi tradisi bahwa hari ini Bapa Uskup menyelenggarakan OPEN HOUSE Natal di Aula Keuskupan. Mgr menyambut hangat umat, para pimpinan lintas agama dan pejabat pemerintah yang datang bersilatuhim.

29 Desember
P. Marcel Rarun MSC menuju Manado untuk merayakan pesta imamat dari kakaknya yakni P. Sylvester Rarun MSC yang jatuh pada tgl 30 desember 2011. Selamat Pater Syl ! 

30 Desember
Bertepatan pesta Keluarga Kudus, pelindung JMJ, Uskup memimpin perayaan ekaristi dan memberkati Rumah Lansia JMJ “Sta Monika” , terletak di samping Biara Stella Maris.

31 Desember
Saat-saat menjelang KUNCI TAHUN, saat indah untuk bersyukurkepada Tuhan  atas berkat dan rahmatNya yang kita terima sepanjang tahun. Dan memasuki tahun baru, 2012, kita memohon petunjuk dan perlindunganNya. Tahun 2011, terima kasih dan tahun 2012, selamat datang !

1 Januari 2012
SELAMAT TAHUN BARU kepada semua, semoga tahun baru ini membawa bagi kita berkat melimpah.

6 Januari 2012
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Atma Jaya merayakan Perayaan Natal Kampus. Perayaan ini ditandai dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Pastor Kampus, Pastor Ignatius Sudaryanto, CICM.

8 Januari 2012
Pastor Frans Nipa, Sekretaris KAMS, melantik Pastor Benediktus Pangkey MSC sebagai Pastor Paroki Maria Diangkat ke Surga Mamajang menggantikan Pastor John Rawung MSC yang telah melayani paroki ini selama lebih dari 3 tahun. Terima kasih kepada Pastor John atas pengabdiannya di Keuskupan Agung Makassar dan selamat datang kepada Pastor Benediktus.

Serikat Kepausan Anak Misioner (SEKAMI) merayakan hari SEKAMI yang ke-169. Pastor Viktor Wiro Patinggi, Dirdios SEKAMI KAMS, mengkoordinir acara ini bersama dengan Tim Pelayanan SEKAMI Kevikepan Makassar. Diawali oleh Misa Syukur, perayaan dilaksanakan di Restoran Bambuden. Terima kasih kepada Tim Pelayaanan SEKAMI Makassar. Dirgahayu SEKAMI.

Merriage Encounter (ME) Distrik IX Makassar mengadakan Perayaan Natal di Restoran Himalaya. Bapa Uskup, Mgr. John Liku-Ada’ memimpin perayaan ekaristi dengan didampingi oleh Pastor Marsel lolo Tandung, Pastor Ignas Sudaryanto, Pastor Paulus Tongli, dan Pastor Leo Paliling.

Makassar Catholic Singles (MCS) melaksanakan seminar yang berjudul “Kanker Serviks” dengan pembicara utama  Dr. Meggie Wewengkang yang hadir bersama dengan anaknya yang juga adalah seorang dokter kandungan. Seminar ini dilaksanakan mulai pada pukul 10.00 WITA dan diikuti oleh kurang lebih 70 peserta.

Komunitas Jeduthum Salvation Ministry (JSM) mengadakan Praise and Workship dalam rangka perayaan Natal. Perayaan dilaksanakan di Hotel Valentino Makassar pada pukul 19.00 WITA. Perayaan diawali dengan puji-pujian dan dilanjutkan oleh homili yang dibawakan oleh Pastor Moderator JSM, Pastor Ernesto Amigleo, CICM. Setelah itu diadakan ramah tamah sederhana dan acara tukar kado di antara peserta yang hadir

Berita Duka. Bapak Petrus Kwary (83 tahun), ayahanda P. Rudy Kwary meninggal dunia pada pukul 22.00 WITA. Sebelum meninggal, almarhum masih sempat menerima sakramen minyak suci melalui Pastor Rudy. Jenasah disemayamkan di rumah duka Jl. Bulusalaka, Makassar. Turut berduka cita untuk P. Rudy Kwary dan seluruh keluarga. Semoga almarhum beristirahat dalam damai Tuhan.

9 Januari  2012
Bapa Uskup bersama dengan keluarga berangkat ke Toraja untuk urusan keluarga pada tanggal

10 Januari 2012.
Sekretaris Keuskupan, Pastor Frans Nipa dan Vikjen, Pastor Ernesto Amigleo CICM melayat ke kediaman Pastor Rudy Kwary. Setelah itu, Pastor Frans Nipa dan Pastor Sani Saliwardaya MSC berangkat ke Toraja untuk memonitor pertemuan Pra-Sinode di Kevikepan Toraja. Bersama mereka ikut serta Pastor Ernesto Amigleo CICM yang akan pergi ke Pare Pare untuk mempersembahkan perayaan ekaristi dalam perkawinan salah satu sahabat di hari berikutnya.

Perayaan Natal Ekumene dilaksanakan di Balai Manunggal dan dihadiri oleh ratusan umat. Koordinator perayaan tahun adalah Gereja Protestan. Perayaan ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Bpk. Syahrul Yasin Limpo. Terima kasih atas kerja keras Panitia Penyelenggara.

10 Januari 2012
Hari ini adalah perayaan imamat ke-37 Mgr. John Liku-Ada’. Selamat berpesta, Bapa Uskup. Pada hari yang sama Bapa Uskup mempersembahkan perayaan ekaristi perkawinan salah satu keluarga di Sangalla’.

11 Januari 2012
Perayaan Misa Requiem ayahanda Pastor Rudy Kwary dilaksanakan Paroki St. Yosep Gotong-gotong pada jam 13.00 WITA.  Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Pastor Hendrik Njiolah (Pastor Paroki Gotong-Gotong) dan didampingi Pastor Rudy Kwary dan Vikaris Episkopalis Makassar, Pastor Alex Lethe. Setelah itu, jenasah diberangkatkan ke pemakaman. Selamat Jalan ke Rumah Bapa.

12 Januari 2012
FKUB Propinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan seminar setengah hari yang berjudul “Agama Bagi Perdamaian” di Gedung Graha Pena Makassar.  Pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 200 orang peserta. Kakanwil Departemen Agama, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA menjadi pembicara utama seminar ini. Menurutnya, walaupun ajaran masing-masing agama dan tradisinya berbeda satu sama lain, namun perbedaan itu dihapuskan ketika kita berbicara mengenai nilai kemanusiaan. Nilai ini membongkar sekat-sekat pemisah antar umat beragama. Dalam seminar ini hadir pula wakil gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Agus Arifin Nu’mang. Selain itu, beberapa tokoh pemuka agama diundang dalam pertemuan ini. Pastor Mudji Sutrisna, SJ dari Jakarta hadir sebagai peserta yang mewakili Agama Katolik dan sekaligus menjadi pembicara dalam pertemuan tersebut.

Provinsial CICM Indonesia, Pastor Anton Hestasusilo CICM bersama Pastor Noel Valencia CICM dan Pastor Robert Suykens CICM tiba dari Jakarta dalam rangka Napak Tilas CICM di Sepang, Messawa yang akan diadakan pada tanggal 13 Januari 2012.

13 Januari 2012
Pada pukul 9.30 WITA bertempat di Makassar, napak tilas CICM dalam rangka perayaan 75 tahun gereja lokal KAMS dan karya CICM  dibuka. Napak tilas ini ini dimaksudkan untuk melihat kembali jejak langkah para misionaris CICM. Paroki pertama yang akan dikunjungi dalam bulan ini adalah Paroki Messawa tepatnya Stasi Sepang.

Dipimpin oleh Pastor Provinsial, napak tilas dimulai di Sepang. Acara di di Sepang adalah perayaan ekaristi dan games yang diorganisir oleh pastor paroki dan akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (14 sd 15 Januari 2012). Setibanya di Messawa pada pukul 05.30 WITA, rombongan diterima oleh pastor paroki, Pastor Agus Matasak dan pastor bantu, Pastor Oktovianus serta Fr. TOPer - Fr. Indra, para Suster JMJ - Sr. Agus dan Sr. Agnes. Ada 34 anggota rombongan temasuk para novis dan mereka yang berada di tahun orientasi. Rombongan bermalam di pastoran dan di biara JMJ.

14 Januari 2012
Pastor Noel Valencia CICM yang pernah bertugas di Messawa mempersembahkan misa pagi. Setelah sarapan pagi, rombongan berangkat ke Sepang di bawah pimpinan pastor paroki. Ada begitu banyak umat di Sepang yang menyambut rombongan dengan penuh kehangatan. Anak-anak sekolah menyanyikan lagu ucapan selamat datang. Di depan gereja digantung spanduk yang mengungkapkan tema perayaan: “You May Go, but the Missionary Spirit Goes On” (Anda bisa pergi (meninggalkan kami), tetapi semangat misi tetap berjalan). Ternyata umat masih mengingat para misionaris yang datang membawa kabar gembira kepada umat di Sepang dan Messawa. Malam harinya diadakan acara malam gembira yang dikoodinir oleh para novis CICM. Acara dibuka dengan ucapan selamat datang dan doa pembukaan oleh Fr. Indra, lalu dilanjutkan oleh perwakilan umat di Sepang.  Setelah itu Pastor Provinsial CICM Indonesia memberikan sambutan yang mengingat kembali cerita dan semangat para misionaris CICM yang datang ke Sepang. Acara dilanjutkan dengan makan malam yang telah dipersiapkan oleh umat. Sehabis makan malam, acara dilanjutkan dengan gerak dan lagu oleh anak-anak. Vikaris Jenderal, P. Ernesto Amigleo CICM diminta berbicara mewakili Keuskupan Agung Makassar. Bagi Pastor Ernesto, CICM dan KAMS adalah hal yang tak terpisahkan bagaikan anak kembar. Ketika kita berbicara mengenai CICM di Makassar, kita harus menyebut juga Gereja lokal KAMS; ketika kita berbicara tentang Gereja lokal KAMS, kita tidak bisa melepaskan dari pewartaan kabar gembira para misionaris CICM. Kata sambutan dilanjutkan dengan acara pemberian kenang-kenangan. Ketua OC Sinode dan Jubileum KAMS, Bpk. Julius Tedja, memberikan bingkisan 2 buah gitar dan 2 bola volley dan sebuat net volley bagi umat. Penyerahan bingkisan dilakukan oleh Vikaris Jenderal yang mewakili panitia kepada pastor paroki dan disambut secara meriah oleh umat. Setelah itu sebuah acara drama komedi mengenai kedatangan CICM pertama di Sepang ditampilkan oleh para novis. Drama itu menarik perhatian umat khususnya anak-anak yang menikmati adegan yang membuat mereka tertawa. Akhirnya, pada pukul 21.00 WITA, pemutaran sebuah slide singkat menutup seluruh rangkaian acara.

15 Januari 2012
Sebelum Perayaan Ekaristi dimulai, para pastor dan frater CICM berkumpul di depan gereja di mana terletak kuburan P. Jeff Hauben, CICM. Untuk mengenang jasa para misionaris yang sudah mengorbankan hidupnya demi Injil, Pastor Provinisal dengan didampingi oleh Pastor  Rob Suykens memberkati kuburan Pastor Hauben. Setelah itu, para imam berarak memasuki Gereja untuk memulai Perayaan Ekaristi yang dihadiri oleh sekitar 250 umat. Provinsial CICM Indonesia, Pastor Anton, CICM menjadi selebran utama dengan didampingi oleh 2 orang pastor yang pernah berkarya di Sepang, Pastor Robert Suykens CICM dan Pastor Noel Valencia,CICM, Pastor Agus Matasak (Pastor Paroki Messawa), Pastor Ernesto Amigleo CICM (Vikaris Jenderal KAMS), Pastor Joni Payuk CICM, Pastor Lasber SInaga CICM, Pastor Ignatius Sudaryanto CICM, dan Pastor Daru Pancoro CICM. Dalam khotbahnya, Pastor Provinsial mengingat kembali perjuangan para misionaris CICM di Sepang sembari mengajak umat untuk merenungkan tema perayaan napak tilas. Ia mengajak umat di Sepang untuk melanjutkan semangat misi yang telah dirintis oleh para misionaris CICM. Menjelang akhir Perayaan Ekaristi, Pastor Agus Matasak selaku pastor paroki menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih atas kehadiran para pastor dan frater CICM di tengah-tengah mereka. Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan santap siang bersama dengan umat. Setelah itu para pastor dan frater CICM bersiap-siap meninggalkan Sepang. Umat termasuk anak-anak mengantar kepergian mereka sembari berharap suatu saat para pastor dan frater CICM akan kembali mengunjungi mereka.

Dalam rangka hari ulang tahun ke-7 berdirinya komunitas Jeduthun Salvarion Ministry (JSM) mengadakan upacara penerimaan 4 anggota baru dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Hendrik Njiolah (moderator Karismatik di Makassar) dan didampingi oleh Pastor Victor Patabang (Pastor Paroki) di Paroki Fransiskus Assisi Makassar. Selamat datang kepada para anggota baru. Dengan demikian, hingga saat ini tercatat lebih dari 150 orang anggota komunitas JSM yang terbagi ke dalam 14 kelompok doa sel.

16 Januari 2012
Pastor Stef Tarigan, CICM dan Pastor Joni Payuk CICM berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pertemuan Dewan Provinsi CICM Indonesia.

17 Januari 2012
Masih dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-7, komunitas JSM mengadakan Penyegaran Iman Katolik di Balai Manunggal dengan pembicara utama Bapak Phakis Halim dari Jakarta. Kurang lebih 3000 orang, khususnya orang muda, ikut serta dalam  puji-pujian dan penyembahan yang berlangsung selama 3 jam. Selamat untuk komunitas JSM. Semoga semakin bertumbuh dalam iman dan cinta untuk melayani Allah dan sesama.

Sementara itu, Pastor Frans Nipa setelah menghadiri kegiatan Pra-Sinode di Kevikepan Toraja terus ke Saluampak untuk member kuliah mahasiswa STIKPAR program DMS.

18 Januari 2012
Bapa Uskup dengan ditemani oleh Pastor Albert Arina berangkat ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan lanjutan bagi matanya. Semoga perawatan ini dapat berjalan dengan baik.

Pastor Yulius Malli dan Pastor Sani Saliwardaya MSC berangkat ke Kendari untuk Animasi Aksi Puasa Pembangunan 2012.

19 Januari 2012
Hari ini adalah peringatan 100 hari meninggalnya Pastor Yulianus Liling. Bertempat di aula keuskupan pada pukul 19.00 WITA diadakan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Vikaris Jenderal Pastor Ernesto Amigleo CICM didampingi oleh Pastor Bartho Liling (kakak dari almarhum), Pastor Alex Lethe, Pastor Benediktus Pangkey MSC, Pastor Marsel Rarun MSC, dan Pastor Frans Nipa. Perayaan Ekaristi dihadiri oleh keluarga almarhum, para frater dan suster, serta handai taulan dan sahabat-sahabat almarhum.

23-24 Januari
Gong Xi Fa Cai!!! Selamat Tahun Baru bagi saudara-saudari kita etnis Tionghoa. Beberapa anggota Forum Dialog Antar Umat Ber agama, seperti Pastor Ernesto CICM (Vikaris Jenderal KAMS) dan Pastor Frans Nipa (Sekretaris KAMS) mengunjungi beberapa pemuka agama Budha yang berada di kota Makassar.

Sementara itu, Pastor Bartho Pararak (Rektor Seminari Tahun Rohani KAMS) mendampingi ret-ret 4 hari bagi para seminaris dari Seminari Menengah Santo Petrus Claver. Selamat bermenung, para seminaris.

25-26 Januari 2012
Dewan Konsultor mengadakan pertemuan pertama untuk tahun 2012. Pertemuan ini membicarakan mutasi imam, persiapan Sinode dan Jubileum 75 tahun KAMS, serta beberapa hal pokok lainnya.

27 Januari 2012
Tim Sekretariat KAMS di bawah pimpinan Pastor Frans Nipa, mengadakan workshop 3 hari  tentang Pengumpulan dan Pengisian Data-Data Paroki dengan menggunakan sistem komputerisasi, statistik dengan program yang sudah disiapkan. Tercatat lebih dari 40 orang yang berasal dari 5 kevikepan dalam wilayah KAMS mengikuti workshop ini. Vikaris Jenderal KAMS, Pastor Ernesto Amigleo CICM memimpin perayaan ekaristi penutupan workshop ini.

Hari ini adalah perayaan hari ulang tahun ke-55 Pastor Ignas Sudaryanto CICM. Selamat ulang tahun Pastor. Ad multos annos. Untuk memeriahkan acara ulang tahun ini, diadakan santap siang bersama di Distrik House CICM di Makassar. Ada kurang lebi 50 imam dan frater ikut serta dalam acara ini. Pada malam harinya sekitar 200 orang teman-teman Pastor Ignas dan anggota kelompok kategorial yang didampingi oleh beliau berkumpul bersama untuk perayaan ini.


30 Januari
Pada hari ini, Uskup Agung Keuskupan Semarang Mgr. Pudjasumarta mentahbiskan 5 orang diakon untuk Keuskupan Agung Makassar. Pastor Matheus Bakolu (Vikaris Jenderal Sulawesi Tenggara) hadir dalam perayaan itu sebagai wakil keuskupan.

Para Pastor CICM  di Distrik Makassar mengadakan rekoleksi bulanan di Pakatto, Gowa dengan tema: “Frontier Situation”. Rekoleksi kali ini didampingi olenh Pastor Stef Tarigan CICM.

Bapa Uskup, Pastor Marsel Lolo Tandung dan Pastor Maris Marannu berangkat ke Sangalla, Tana Toraja untuk menghadiri perayaan pesta emas perkawinan orang tua Pastor Joni Kanan. Selamat berpesta kepada Bpk dan Ibu Pasang Kanan.

31 Januari 2012
Organizing Committee (OC) untuk perayaan Jubileum 75 tahun KAMS mengadakan pertemuan pleno di rumah Bapak Januar Pribadi di Bougenville, Panakkukang. Dalam pertemuan itu, panitia membicarakan dan mengevaluasi progress report masing-masing seksi dalam tugas mereka.

6 Februari 2012
Bapa Uskup berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan perawatan mata.

7 Febuari 2012
Selama tiga hari, diadakan sharing imam (muda) dilaksanakan di Novisiat Sang Tunas sebagai bagian dari program on going formation. Dalam pertemuan ini Frans Budi, seorang psikolog di bidang pendidikan dan Artian yang juga adalah seorang psikolog diundang sebagai narasumber. Para imam (muda) menikmati pertemuan ini yang sudah menjadi bagian rutin dari kegiatan mereka setiap enam bulan sekali. Terima kasih atas penerimaan hangat dari Pastor dan Frater di novisiat Sang Tunas.

Di Messawa diadakan pertemuan kelompok tani kevikepan Sulawesi Barat. Selain mengadakan seminar pertemuan ini juga membicarakan Aksi Puasa Pembangunan 2012.

11 Februari 2012
Di wisma uskup, diadakan pertemuan kuria keuskupan Agung Makassar dengan Panitia Inti Organizing Committee (OC) dan Steering Committee (SC) untuk perayaan Jubileum dan Sinode Diosesan 2012. Pertemuan ini bertujuan untuk mengecek progress report kegiatan-kegiatan menyongsong perayaan tersebut. Dalam pertemuan ini juga disepakati untuk mengajak para pastor paroki untuk lebih aktif berpartisipasi di masing-masing paroki dan kevikepan untuk mendukung perayaan Jubileum dan Sinode Diosesan 2012.

12 Februari 2012
Pada pukul 10.30 WITA, Organizing Committee (OC) Perayaan Jubileum dan Sinode Diosesan 2012 mengadakan talk show yang bertajuk “Umat bertanya, Imam Menjawab” di auditorium Paroki Gotong-Gotong. Narasumber acara ini adalah Bapa Uskup, Pastor Alex Lethe, Pastor Sani, Pastor Hendrik Njiolah, dan Pastor Frans Nipa. Bertindak sebagai moderator adalah pastor Stefanus Chandra. Kurang lebih 150 umat ikut serta dalam pertemuan ini. 

Pada hari ini para formator CICM berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Pertemuan Regional Para Formator CICM di kawasan Asia. Petemuan ini akan dimulai tanggal 13 Februari s.d. 15 Februari 2012. Pertemuan yang dihadiri oleh Superior General CICM, Rev. Fr. Tim Atkin CICM membicarakan isu-isu penting menyangkut rencana pemindahan tempat pembinaan para novis dan teologan CICM ke Filipina dan/atau Kinshasa (Kamerun).

16 Februari 2012
Superior General CICM, Rev. Fr. Tim Atkin CICIM tiba di Makassar bersama Pastor Yohanis Laga dan Pastor Derikson Turnip. Sehari sebelumnya,  Pastor Gilbert Keirsbilck CICM, Pastor Joni Payuk CICM, Pastor Lasber Sinaga CICM, dan Pastor FX Daru Pancoro CICM tiba dari Jakarta. Mereka akan bergabung dengan para pastor dan frater CICM di Makassar untuk melanjutkan napak tilas 75 tahun kehadiran CICM di Indonesia dan Makassar. Tempat yang akan dituju kali ini adalah Rante Damai dan Paroki Lamasi Luwu. Sementara itu Pastor Matius Pawai CICM juga tiba dari Banjarmasin untuk mempersembahkan Misa Perkawinan di Paroki Kare pada hari Sabtu, 18 Februari 2012.

17 Februari 2012
Komisi Keluarga KAMS mengadakan seminar bagi para pria yang sudah menikah. Seminar yang dinamakan Pria Sejati Katolik diadakan di Baruga Kare selama 3 hari. Ada 57 orang ikut serta dalam seminar ini.

18 Februari 2012
Sebagai bagian dari napak tilas 75 tahun kehadiran CICM di Indonesia dan Makassar, diadakan perayaan ekaristi di Rante Damai. Perayaan ini dirangkaikan dengan syukuran panen. Perayaan ekaristi dipimpin oleh Rektor Novisiat CICM, Pastor Joni Payuk CICM dengan didampingi Pastor Ernesto Amigleo CICM (Vikaris Jenderal), Pastor Chris Sumarandak MSC (Vikaris Episkopalis LUwu), Pastor Valens Mariang (Pastor Paroki Lamasi), Rev. Fr. Tim Atkin CICM (Superior General CICM), Pastor Gilbert CICM, Pastor Jos van Rooy CICM, Pastor Ignastius Sudaryanto CICM, Pastor  Ritan CICM, Pastor Yohanis Laga CICM, Pastor Derikson CICM, dan Pastor Lasber Sinaga CICM. Perayaan ekaristi dilanjutkan dengan ramah tamah. Sebelum makan siang penanggung jawab perayaan menyampaikan kata sambutan, lalu diikuti oleh Superior General, dan akhirnya koordinator CICM distrik Makassar. Malam harinya umat berkumpul untuk mengadakan sambung rasa dengan para pastor CICM.

19 Februari 2012
Napak tilas dilanjutkan di Gereja Paroki Lamasi dengan perayaan ekaristi. Pastor Jos van Rooy CICM yang pernah melayani di paroki ini di sekitar tahun 80-an menjadi selebran utama dan didampingi oleh beberapa pastor yang mengikuti acara sehari sebelumnya di Rante Damai. Pada saat yang sama Pastor Ignas Sudaryanto CICM merayakan ekaristi di Batu Sitanduk dan Pastor Juvens Jemadi CICM merayakan misa di Rante Damai. Di Lamasi, sebelum perayaan ekaristi ditutup Superior General CICM menyampaikan sambutan singkat. Setelah misa, diadakan makan siang bersama dengan umat yang hadir. Setelah itu, rombong para pastor dan frater CICM bersiap-siap meninggalkan Makassar. Terima kasih banyak atas penerimaan yang luar biasa dari pastor paroki dan seluruh umat di Rante Damai dan Lamasi.

Sebagai bagian dari persiapan Jubileum, di Makassar diadakan seminar tentang ekonomi bagi umat pada pagi hari di aula keuskupan. Dua orang narasumber diundang dari Jakarta untuk memberikan input bagi para peserta.

Sore  harinya, Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) cabang Makassar mengadakan perayaan ekaristi dan pelantikan pengurus yang baru di Aula Keuskupan. Bapa Uskup memimpin perayaan ekaristi dan melantik para pengurus. Pengurus  yang baru terdiri dari Stephanus Suardi Hiong (Ketua), Risdianto Tunandi (Ketua Harian), dan  Tjiko Wihara sebagai sekretaris. Selamat menjalankan kepada pengurus yang baru.

20 Februari 2012
Panitia Jubileum dan Sinode Diosesan 2012 mengadakan jumpa pers dengan mengundang Bapa Uskup untuk  menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan dan perayaan ini.

22 Februari 2012
Perayaan Rabu Abu. Umat berkumpul di Gereja untuk perayaan ekaristi dan menerima Abu. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada seluruh umat untuk menjalani masa tobat dan pantang selama masa prapaskah ini.

27 Februari 2012
Rekoleksi bulanan para pastor CICM dilaksanakan di Panti Asuhan Pangamaseang. Pastor Jos van Rooy CICM yang merayakan hari ulang tahunnya ke-71 pada tanggal 22 Februari 2012 menjadi pendamping rekoleksi kali ini. Selamat Ulang Tahun Pastor.

28 Februari 2012
Pastor Ernesto Amigleo  CICM berangkat ke Jakarta untuk ikut serta dalam pertemuan Regional Se-Asia bagi para provinsial dan wakil provisial dari CICM regio Asia. Pastor Ernesto diundang sebagai moderator dalam pertemuan tersebut.

29 Februari
Bapa Uskup dan Pastor Albert Arina berangkat ke Labasa via Bau-Bau untuk mengunjungi Pastor Isidorus Rumpu di Labasa.

Bang Kronik

Tidak ada komentar: