Selasa, 21 Desember 2010

Kronik KAMS September - November 2010

1 September 2010
PembukaanTahun Orientasi Novisiat CICM secara resmi diawali dengan misa dan penerimaan para calon. Tiga belas (13) dari keempat belas calon yang secara resmi disetujui dan dan diterima oleh rector program orientasi, P. Lasber Sinaga, CICM. Sesudah misa, dilanjutkan dengan acara makan malam yang ….hmm…sajian babi guling.. selamat untuk ketiga belas orang muda yang meneruskan panggilan perutusan Tuhan.

Sore ini hari ketiga pertemuan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi KAMS (KPSE) ditutup setelah mengadakan evaluasi program karya komisi dan alokasi Dana APP untuk proyek-proyek sosial di paroki – paroki dan beasiswa di sekolah – sekolah. Vikjen P. Ernesto Amigleo menutup pertemuan dengan mengucapkan terima kasih kepada P. Fredy Rantetaruk dan tim beserta seluruh peserta pertemuan.

Kita mengucapkan selamat datang kepada P. Sani, MSC, yang sebelumnya bekerja sebagai misionaris di Jepang dan keuskupan Purwekorto, Jawa Tengah. Ia telah tiba beberapa hari lalu dan diangkat sebagai ketua Komisi Kateketik, Liturgi, dan Kitab Suci, menggantikan P. Leo Sugiono, MSC. Selamat datang P. Sani. Kami berharap Anda betah di keuskupan ini.

Kami juga mengucapkan selamat datang kepada P. Petrus Bine, yang telah menyelesaikan studi doktoral Liturgi di Austria. Proficiat atas pencapaianmu itu! P. Petrus Bine akan ditempatkan di Anging Mammiri Yogyakarta sebagai salah satu staf Seminari Tinggi Anging Mammiri; dan kemungkinan mengajar juga di FTW Kentungan.

2 September
Tim animasi panggilan CICM yang dipimpin P. Daru, CICM berangkat ke Mangkutana, Luwu untuk promosi panggilan kaum muda yang diselenggarakan oleh tim panggilan Kevikepan Luwu. Lima ratus orang muda, pria wanita yang dipimpin oleh pastor paroki mereka dan Vikep, P. Chris Sumarandak, MSC mengadakan kemping selama beberapa hari di Laimbo untuk pertemuan akbar itu. Harapannya banyak dari antara orang muda itu terinspirasi untuk menjadi imam dan hidup membiara.

4 September
Pembukaan tahun akademik baru di kampus Universitas Atmajaya diawali dengan misa yang dirayakan oleh P. Ignas Sudaryanto, CICM di aula Universitas. Empat ratus mahasiswa baru menyatu dalam perayaan ekaristi itu, juga rektor, para wakil rektor, para dekan, para wakil dekan, para dosen, dan segenap karyawan.

5 September
Sekitar jam 1 tengah malam, Mgr. John Liku-Ada’ tiba dari Jakarta, setelah mengikuti retret untuk para uskup se-Indonesia. Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo memimpin retret tersebut.

6 September
Dalam rangka wisuda lulusan STIKPAR pada 7 september; dan pemberkatan gereja pusat Paroki Sangalla, pada keesokannya (8 September), duta besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Leopoldo Girelli, tiba di Makassar pada jam 10.30 wita dari Jakarta. Bersama dengan beliau, ada juga Drs. Natanael Sesa, M.Si, direktur pendidikan Ditjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI untuk acara yang sama.

9 September
Hari ini pesta Santo Petrus Claver, nama pelindung dan ulang tahun ke-57 Seminari Menengah SPC KAMS. Perayaan Ekaristi syukur berlangsung di gereja St. Yakobus Mariso, dan dipimpin oleh Vikjen KAMS, P. Ernesto Amigleo, CICM, yang didampingi oleh rektor SPC P. Willy Welle, staff SPC dan sejumlah alumni - imam. Tema perayaan yang dipilih oleh Seminari adalah “Menjadi Kaya dalam Segala Pengetahuan.” Hadir lebih dari 100 seminaris, para guru pengajar, para pastor paroki; mengambil bagian secara khusus Yayasan Petrus Claver Makassar. Malam hari ada acara malam gembira; Selamat berbahagia buat segenap civitas SPC.

Nuncio, yang tiba pada pagi hari dari perjalanan panjang dari Toraja, berkenan mampir ke SPC. Beliau mengucapkan selamat ULTAH kepada para seminaris dan staff. Dari Seminari, beliau langsung menuju bandara Sultan Hasannudin untuk kembali ke Jakarta.

10–11 September
Dua hari libur nasional, yakni hari raya Idul Fitri (Lebaran). Bergabung dalam Forum Dialog antar Umat Beragama, Mgr. John Liku-Ada, P. Frans Nipa, P. Marsel Lolo Tandung bersama dengan para pemimpin umat dari agama Protestan, Budha, dan Hindu mengadakan silahturami kepada para tokoh umat dan pimpinan agama Islam; serta pejabat pemerintahan di Makassar.

13 September
Dalam sebuah perayaan ekaristi yang meriah, P. Matius Bakolu, vikep Sultra melantik P. Marthinus Solon sebagai pastor paroki St. Clemens Sadohoa menggantikan P. Martinus Pasomba, yang dipilih menjadi vikep Sulbar. Para rekan pastor sekevikepan Sultra ikut dalam misa konselebrasi itu.

16 September
Pertemuan berkala Dewan Konsultor KAMS.

Pada malam hari Panitia On Going Formation yang dipimpin oleh P. Victor Patabang mengadakan rapat dengan para anggota, yang dalam hal ini para vikep dan P. Ignas Sudaryanto, CICM untuk mematangkan rencana retret bagi para imam yang akan dilaksanakan bulan depan.

Legio Maria mengadakan peringatan ULTAH ke-89. Di Kevikepan Makassar, P. Rudy Kwary selaku moderator memimpin perayaan ekaristi untuk para legioner di Baruga Kare. Dua ratus legioner hadir pada perayaan ekaristi tersebut.

P. Juvens, CICM dipindahkan dari Ciledug, Jakarta ke Paroki Kare sebagai pastor bantu sementara. Selamat datang P. Juvens, CICM.

17 September
Tim dari Komisi Keluarga, yang dipimpin oleh P. Ignas Sudaryanto, CICM melaksanakan retret 3 hari untuk pasutri dengan tema: ”Semakin Tua, Semakin Manis”. Satu tim dari Jakarta memfasilitasi retret tersebut, yang diikuti oleh 29 pasutri atau 58 orang dari berbagai paroki di Kevikepan Makassar. Tempat kegiatan di rumah retret Ratna Miriam, Malino.

18 September
Panitia Persiapan Natal Ekumene 2010, yang dipimpin oleh P. Marsel Lolo Tandung mengadakan rapat untuk mendiskusikan lebih lanjut berbagai hal teknis perayaan itu.

20 September
Sebuah pesta syukur akbar dirayakan di kapel biara suster JMJ di Rajawali untuk merayakan 60 tahun hidup membiara Sr. Regina Sassa, JMJ, 50 tahun hidup membiara Sr. Rosalina Massarang, JMJ, 25 tahun hidup membiara Sr. Leoni Taroreh, JMJ, dan kaul kekal hidup membiara Sr. Kristina Abuk, JMJ. Mgr. John Liku-Ada memimpin perayaan ekaristi, dan didampingi oleh P. Willi Welle dan P. Bartho Sire’pen.

21 September
Turut berduka cita atas kematian ibu Martina Rante Taruk, ibunda dari dua orang rekan imam, P. Fredy Rante Taruk dan P. Marsel Rante Taruk, SX. Setelah ia melewati perjuangan panjang menahan sakitnya, akhirnya ibu mengakhiri seluruh perjuangannya di dunia pada usia ke-61.

22 September
Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM mengundang rapat para imam Kevikepan Makassar untuk mengadakan evaluasi perayaan 15 Agustus di bumi Rajawali: pesta Santa Maria diangkat ke surga, dan tindak lanjut persiapan Sinode KAMS 2010.

Tengah hari Mgr. John Liku-Ada bersama dengan kuria dan imam-imam lain serta beberapa karyawan kantor Keuskupan melayat ke rumah duka dan berdoa untuk ketentraman jiwa mendiang ibu Martina Rante Taruk.

Malam hari P. Ignas Sudaryanto, CICM berangkat ke Manado sebagai perwakilan dari KAMS untuk Rapat Nasional Pendidikan Keluarga, yang disponsori oleh Bimas Katolik Kementerian Agama RI.

23 September
P. Willi Welle, rektor Seminari Menengah berangkat ke Papua untuk Rapat Nasional Para Rektor Seminari Menengah se- Indonesia.

24 September
Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM mengundang rapat para anggota Panitia Persiapan Sinode KAMS 2012 tingkat Kevikepan Makassar. Maksud rapat untuk mengevaluasi sejauh mana proses sosialisasi sinode yang terlaksana di paroki–paroki. Beberapa paroki telah siap memulai proses, sementara ada yang lain belum memulainya.

27 September
Mgr. John Liku-Ada berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rapat KWI.

29 September
P. Marinus Tellu, pastor paroki Mangkutana dan Perkebunan Kelapa Sawit Laimbo mengundang Dewan Keuangan untuk mendiskusikan perkebunan ke depan dan masalah-masalah yang muncul terkait dengan perkebunan itu.

Sore itu koordinator kelompok doa karismatik menemani P. John Bunay, moderator karismatik Papua, mengadakan kunjungan ramah tamah kepada vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM. Malam harinya ia merayakan KRK pada kesempatan gabungan Doa Pertemuan Karismatik Kevikepan Makassar di Mamajang.


30 September
Pagi ini para frater novis CICM bergabung dalam barisan yang dikoordinir oleh satu kelompok swasta di kota ini untuk menentang “Kekerasan dalam Agama.” Pada minggu-minggu belakangan ini suatu kelompok fundamentalis menyerang satu kelompok jemaat Protestan.

P. Ignas Sudaryanto, CICM berangkat ke Jakarta untuk Pertemuan Nasional Komisi Keluarga. Sebagai ketua Kom-Kel KAMS, ia mewakili KAMS dalam rapat itu.

1 Oktober
Akademi Perawat Fatima Pare-pare, yang berada di bawah naungan Yayasan Sentosa Ibu, mengadakan wisuda Diploma III di Hotel Sahid Makassar. Seratus empat puluh empat wisudawan menerima kesarjanaannya di bidang keperawatan. Vikjen yang mewakili Keuskupan, hadir pada kesempatan itu, di mana ketua Yayasan bpk Andreas Lumme, SH, M.Hum menyampaikan sambutan. Demikian juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dan Koodinator Kopertis Sulawesi Selatan menyampaikan sambutan-sambutannya.

Ketua Komisi Pendidikan, P. Alex Lethe menyelenggarakan tiga hari pertemuan pendidikan sebagai tindak lanjut kesepakatan di hotel Jasmin; menghadirkan Bruder Heribertus, FIC, sekretaris eksekutif KWI sebagai nara sumber.

3 Oktober
Berkenaan dengan pesta pelindung paroki St. Fransiskus Asisi, Panakukang, paroki mengadakan dua kegiatan akbar, yakni festival dan perayaan ekaristi. Pada perayaan ekaristi diterimakan sakramen krisma kepada 60 krismawan–krismawati oleh Mgr. John Liku-Ada.

FMKI KAMS mengadakan Seminar sehari dengan topik “Pancasila versus Fundamentalisme Agama” di aula Keuskupan, yang dimulai pada jam 10.00 wita. Pembicara utama adalah mantan wakil presiden RI, Jusuf Kalla. Seminar tersebut disponsori oleh Komisi Kerawam, yang diketuai P. Paulus Tongli. Banyak umat, baik dari pemerintahan maupun para tokoh agama hadir.

9 Oktober
Mgr. John Liku-Ada’ bersama dengan beberapa imam menuju Messawa untuk penerimaan sakramen krisma kepada 60 calon krismawan-krismawati; dan pemberkatan gereja baru Paroki St. Fransiskus Xaverius Messawa. Pada kesempatan yang sama, bapa Uskup melantik vikep Sulbar yang baru, P. Martinus Pasomba, yang menggantikan P. Jimmy Sattu. Setelah perayaan di Messawa, bapa Uskup akan melanjutkan perjalanan ke Mamasa untuk ziarah tahunan Bunda Maria di Pena; dan juga penerimaan sakramen krisma. Sejumlah umat dari Makassar ikut pada pemberkatan gereja Messawa dan ziarah Bunda Maria Pena, Mamasa itu.

Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM berangkat ke Timika untuk menghadiri pemberkatan gereja Katedral Timika, Papua. Pemberkatan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober.

6 Oktober
Superior Jendral Kongregasi CICM, P. Eduard Tsimba, CICM tiba di Makassar untuk seminggu kunjungan kanonik kepada para konfrater CICM dan para novisnya.

Di Messawa, bapa Uskup menerimakan sakramen krisma kepada 60 krismawan-krismawati.

7 Oktober
Meskipun cuaca mendung, pemberkatan gereja baru paroki St. Fransiskus Xaverius Messawa terlaksana pagi itu. Bapa Uskup memimpin perayaan ekaristi didampingi para imam konselebran. Pelantikan vikep Sulbar yang baru, P. Martinus Pasomba, dilaksanakan dalam perayaan ekaristi itu. Momen penting tersebut juga dihadiri oleh umat dari paroki Polewali dan Mamasa.

8 Oktober
Dari Messawa, bapa Uskup dan rombongannya menuju Mamasa untuk perayaan tradisional tahunan ziarah Bunda Maria di Pena.

Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM tiba kembali dari Timika, Papua. Singkat cerita, begitu banyak orang hadir pada pemberkatan gereja Katedral Timika dan misa yang dipimpin oleh Nuncio, Mgr. Leopoldo Girelli, dan didampingi oleh Uskup Timika, Mgr. John Philip Saklil serta 8 orang uskup, 3 orang vikjen, dan kurang lebih 30 orang imam. Misa berlangsung selama 6 jam, termasuk prosesi menuju gereja dan sambuatan-sambutan dari wakil gubernur, bupati Mimika, dan Uskup Timika sendiri yang memberikan gambaran selayang pandang sejarah Timika: berpangkal dari para misionaris pertama pada abad ke-19; dan sambutan dari Nuncio juga. Hal yang unik dan menarik dari peristiwa bersejarah ini adalah keseluruhan upacara ini dikemas a la Papua. Inkulturasi…gitu lho…

9 Oktober
SMP Frater yang dikelola oleh Yayasan Taman Tunas merayakan 61 tahun berdirinya dengan berbagai pertandingan dan kegiatan.

Pater Jendral CICM mengunjungi Novisiat Sang Tunas untuk berbicara kepada para formator dan para novisnya.

10 Oktober
Pater Superior Jendral merayakan misa konselebrasi di Kare pada jam 7.30 wita. P. Stef Tarigan, CICM memperkenalkan Pater Jendral kepada umat, yang juga mengharapkan bantuan finansial dari Generalat untuk kelanjutan pembangunan Gereja Kare.

11 Oktober
39 imam mengikuti retret gelombang I yang dilaksanakan di Rumah Retret JMJ – Malino dengan pendamping Romo Y. Haryoto, SCJ, dari Palembang. Semoga retret berlangsung dengan baik dan memberi makna bagi kehidupan mereka.

Sementara itu, para pastor CICM mengadakan rekoleksi di Pakatto. Rekoleksi diawali dengan misa yang dipersembahkan oleh Pastor Ignas Sudaryanto, CICM, pada pukul 10.30. Setelah misa, Pater Superior Jendral (Pimpinan Umum) memberikan bahan refleksi dengan tema “Hidup Komunitas” dengan memberikan tekanan khusus pada pentingnya hidup doa - baik secara pribadi maupun komuniter. Doa merupakan sarana yang mempersatukan sebagai Misionaris religius CICM.

Setelah refleksi, Pater Pimpinan Umum memberikan penjelasan yang melatar-belakangi Dewan Pimpinan Umum mengambil keputusan untuk melaksanakan Re-strukturisasi. Setelah itu, menikmati makan siang yang dipersiapkan oleh Pastor Stephanus Tarigan, CICM. Beliau mempersiapkan hasil produksi lokal Pakatto bagi kami, yakni masakan ikan air tawar, lele, sayuran dan lain-lainnya.

12 Oktober
Setelah selesai pembicaraan pribadi dengan setiap pastor CICM, pagi hari ini Pastor Pimpinan Umum dengan didampingi oleh Pastor Vikjen Ernesto Amigleo, CICM, menemui Bapa Uskup Agung Makassar. Sore harinya Komunitas Novisiat Sang Tunas menyiapkan jamuan makan malam untuk Pater Pimpinan Umum yang akan meninggalkan Makassar keesokan harinya. Makanan yang disipakan sungguh-sungguh memuaskan setiap orang. Teman-teman TOR dan para Novis mempersembahkan beberapa buah lagu untuk acara perpisahan tersebut.

13 Oktober
Didampingi Pastor Stephanus Tarigan, CICM, Pater Pimpinan Umum berangkat menuju Jakarta, dan besoknya akan melanjutkan kunjungan ke Banjarmasin.

15 Oktober
Di Paroki Gotong-Gotong, 25 orang muda menerima Sakramen Permandian dan Krisma dari Pastor Hendrik Njiolah, Pr, pastor Paroki Gotong-Gotong. Upacara ini dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi, di mana para baptisan baru ini menerima komuni suci dalam dua rupa, yakni Tubuh dan Darah Kristus.

Selama 3 hari, komunitas CHOICE mengadakan pertemuan di Baruga Kare. Bapa Uskup Mgr. John Liku-Ada’ membuka pertemuan tersebut dalam Perayaan Ekaristi pada sore hari.

16 Oktober
Kelompok Pasangan Suami-istri mengadakan pertemuan di Aula SMA Rajawali. Pertemuan dan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Romo Y. Haryoto, SCJ.

17 Oktober
Dalam rangka memperingati LUSTRUM VI, Marriage Encounter (ME) District IX Makassar menyelenggarakan pertemuan di Restoran Runtono. Sebelum Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Mgr. John Liku-Ada’, para Imam yang hadir dalam pertemuan ini diberi kesempatan untuk membaharui Janji Imamat, sedangkan pasangan suami-istri membaharui Janji Perkawinan mereka. Setelah itu, makan siang bersama sambil menikmati acara-acara sederhana. Selamat

Sore harinya, dengan dihadiri Bapa Uskup, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) juga mengadakan pertemuan di Markas PMKRI di jalan Dr. Sutomo .

18 Oktober
24 imam mengikuti retret gelombang II di Rumah Retret JMJ di Malino. Retret semestinya akan didampingi oleh Mgr. Piet Timang; tetapi berhubung beliau kurang enak badan dan dokter menganjurkan agar beliau tidak mengadakan perjalanan jauh, maka Romo Haryoto, SCJ, menggantikan beliau, menjadi pendamping retret tersebut. Syukurlah, bahwa Romo Haryoto, SCJ bersedia. Terima kasih, Romo.

Bersama dengan Pastor Petrus Bine, Pastor Sani dari Komisi Liturgi KAMS berangkat ke Manado untuk menghadiri Pertemuan Nasional Komisi Liturgi KWI di Manado.

19 Oktober
Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM berangkat ke Jakarta untuk menuju ke Manila. Beliau akan mengikuti Pertemuan Regional CICM yang akan dilangsungkan pada tgl. 24–29 Oktober 2010. Pertemuan ini merupakan persiapan untuk Pertemuan Umum yang akan dilaksanakan di Roma pada Juni 2011.

20 Oktober
Pastor Ignas Sudaryanto, CICM, berangkat menuju Surabaya untuk menghadiri week-end seminar Pria Sejati Katolik.

28 Oktober
Bapa Uskup berangkat menuju Jakarta dalam rangka menghadiri SAGKI. Beliau berangkat lebih awal agar sebelum SAGKI mulai bisa bertemu lebih dahulu dengan Komunitas Orang Makassar di Jakarta untuk membicarakan tentang pembentukan tim Pemerhati Pendidikan Katolik di Keuskupan Agung Makassar.

1 Nopember
Hari ini mulai dilangsungkan Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) di Jakarta. Bapa Uskup bersama P. Marsel Lolo Tandung menghadiri sidang tersebut yang berlangsung selama 5 hari sebagai utusan peserta resmi dari Keuskupan Agung Makassar.

4 Nopember
Dalam rangka sertifikasi dan akreditasi telah dilangsungkan pertemuan guru-guru agama se-Indonesia Timur selama 3 hari. Dengan mengikuti dan lulus akreditasi para guru agama akan dianggap semakin memiliki kemampuan yang layak untuk mengajar. Pertemuan yang dilangsungkan di Baruga Kare tersebut diikuti oleh lebih dari 60 orang guru agama.

5 Nopember
Pastor Vikjen Ernesto Amigleo, CICM telah tiba kembali di Makassar setelah perjalanannya ke Filipina. Sementara itu, Pastor Joni Payuk berangkat ke Jakarta untuk menghadiri Pertemuan Dewan CICM yang akan dilangsungkan di Bali pada hari Selasa, 9 Nopember.

7 Nopember
Di Pakatto, Tempat Pemakaman KAMS, telah dilangsungkan Misa Arwah yang dipersembahkan Pastor Vikjen didampingi Pastor Stephanus Tarigan, CICM dan Pastor Juventus Jemadi, CICM untuk para anggota CICM, Pastor Diosesan KAMS dan Frater HHK yang dimakamkan di sana. Misa yang dihadiri oleh sekitar 200 umat dari pelbagai Paroki kota Makassar. Paduan Suara Epifani dari Mariso yang begitu mempesona membuat Misa menjadi semakin semarak.

Meskipun mengalami kesulitan perjalanan penerbangan dari Yogyakarta akibat dari letusan vulkanik Gunung Merapi terus menerus yang menebarkan debu ke mana-mana, tim Spiritualitas Awam yang diketuai oleh Pastor I. Warnabinarja, SJ dan Psikolog Ibu Emmy akhirnya tiba juga dengan selamat di Makassar. Mereka akan mengadakan seminar di Makassar selama 5 hari. Seminar ini ditujukan untuk para mahasiswa dan bertujuan untuk mengajak para peserta menjadi rasul-rasul awam. Seminar yang dilangsungkan di Baruga Kare ini dikoordinir oleh Pastor John da Cunha, Pastor Mahasiswa, dan diikuti oleh sekitar 50-an peserta.

8 Nopember
Pastor Vikjen Ernesto Amigleo, CICM mengunjungi tim Spiritualitas Awam, yang diketuai oleh Romo I. Warnabinarja, SJ yang menginap di Beruga Kare. Beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Romo ke Makassar.

10 Nopember
Dewan Keuangan KAMS berkumpul hari ini untuk membicarakan dan mendiskusikan pengembangan aset-aset Keuskupan, seperti Laimbo, Timbuseng, Polewali, Sungguminasa, dsb.

14 Nopember
Setelah selama hampir 2 minggu di Jakarta untuk menghadiri SAGKI dan Rapat Tahunan Konferensi Para Uskup, Bapa Uskup tiba kembali di Makassar pada pukul 15.00.
Kemudian pada pukul 18.30, Bapa Uskup melantik Pastor Alex Lethe sebagai Vikaris Episcopalis (Vikep) Makassar yang baru dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Katedral. Dalam Perayaan Ekaristi tersebut Bapa Uskup didampingi oleh Pastor Vikjen Ernesto Amigleo, CICM, Pastor Ignatius Sudaryanto, CICM, Pastor Willy Welle Pr, Pastor Frans Nipa Pr, Pastor Donny Sande Pr, Pastor Sani MSC. Dalam pelantikan ini, Pastor Alex mengucapkan Syahadat sebelum berjanji untuk setia kepada Uskup. Setelah Misa ada resepsi sederhana yang dilangsungkan di Aula Keuskupan. Hadir pada upacara pelantikan ini beberapa imam yang tidak ikut konselebrasi, para Frater HHK, suster JMJ dan banyak umat.

Sementara itu, sekitar 300an siswa SMUK Cendrawasih, baik Katolik maupun non-Katolik, mengikuti Seminar selama 3 hari tentang Hidup dalam Roh yang difasilitasi oleh komunitas Jeduthun Salvation Ministry (JSM) di Malino. Beberapa sesi yang bercorak umum diikuti oleh peserta non-Katolik, sedangkan sesi khusus diikuti oleh mereka yang Katolik. Outbound juga menjadi salah satu bagian dari program seminar ini.

16-18 Nopember
Rapat Dewan Imam selama 3 hari dimulai sore hari ini di Baruga Kare. Pertemuan diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Bapa Uskup. Semua anggota Dewan Imam hadir; sedangkan agenda pertemuan adalah Pembinaan Seminari SPC, TOR dan Anging Mamiri, Tindak lanjut dari persiapan Sinode Keuskupan tahun 2012.

18-19 Nopember
Setelah rapat Dewan Imam, dilanjutkan dengan Rapat Dewan Konsultor pada sore harinya dan berlangsung sampai hari berikutnya. Sebagian dari agenda pertemuan ini adalah Penetapan tentang Penempatan Personalia dan menindak-lanjuti rekomendasi-rekmendasi yang dihasilkan dalam pertemuan Dewan Imam.

21 Nopember
Hari ini, Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) KAMS mengadakan Misa Pelantikan Pengurus Baru yang dipersembahkan oleh Bapa Uskup di Gereja Katedral pada pukul 08.30. Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan Perkenalan dan Resepsi di Aula Keuskupan. Para Pengurus Baru antara lain: Pastor Paulus Tongli Pr (Moderator), Ishak Ngeljaratan, Philips Tangdilintin, Pastor John Turing Pr, Pastor Marcel Lolo Tandung Pr, dan Ir. Joseph Jansz (Ketua).

Sementara itu, Komunitas Lajang Katolik (Catholic Singles Community) Makasar mengadakan Rekoleksi 1 hari yang dipimpin oleh pastor moderatornya, P. Ignatius Sudaryanto, CICM di Novisiat Sang Tunas.

22-24 Nopember
Tim Program Keluarga Berencana Pemerintah menyelenggarakan Seminar 3 hari tentang Keluarga Berencana di Hotel Istana, Makassar. Ketua Komisi Keluarga KAMS, P. Ignatius Sudaryanto, CICM, diundang untuk memberikan masukan berkaitan dengan Keluarga Berencana dari sudut Pnndang Gereja Katolik. Seminar ini dihadiri sekitar 40 peserta baik dari kalangan Muslim, Hindu, Budha, Protestan dan Katolik. Pada hari terakhir, dibentuk Tim yang akan memantau pelaksanaan program tersebut di tingkat lokal. P. Ignas ditunjuk sebagai salah satu anggota tim tersebut. Perkenalan Tim ini dilaksanakan pada Rabu, 24 Nopember.

23 Nopember
Koordinator Komisi-komisi Keuskupan, Pastor Vikjen Ernesto Amigleo, CICM, mengundang para Ketua/wakil ketua Komisi untuk mengadakan pertemuan bersama di Aula Keuskupan. Pertemuan Antar-komisi yang dilaksanakan pada pukul 08.30, diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan membahas beberapa agenda, yakni: sharing pengalaman semester yang lalu, program dan anggaran untuk tahun 2011.

Siang harinya, Bapa Uskup berangkat ke Jakarta untuk menghadiri rapat.

24 Nopember
Vikep Makassar yang baru, Pastor Alex Lethe Pr, mengorganisir Pertemuan Rutin Kevikepan di Aula Keuskupan pada pukul 10.00. Agenda pertemuan itu, antara lain: mengatur pelayanan asistensi natal di daerah, tindak lanjut persiapan Sinode Keuskupan; informasi tentang hasil-hasil dari Pertemuan Dewan Imam, dsb.

28 Nopember
CICM Provinsi Indonesia merayakan Hari Pesta Kongregasi. Hari Bahagia ini dirayakan dengan Perayaan Ekaristi bersama semua Rekan CICM di Gereja Kare pada pagi hari. Sore harinya, semua rekan CICM berkumpul di Novisiat Sang Tunas untuk mengadakan Perjamuan sederhana bersama para Novis dan Seminaris dan para kerabat CICM.

29 Nopember
CICM mengadakan Rekoleksi Rutin yang dipimpin oleh Pastor Ernesto Amigleo. Rekoleksi ini dilaksanakan di Rumah di Tanjung Bunga, tempat yang tenang dan bernuansa sangat alami, dan berhadapan langsung dengan lautan. ***

Tidak ada komentar: