Kamis, 18 Maret 2010

Kronik KAMS Desember 2009 - Februari 2010

Desember 1
Pengurus WKRI Provinsi Sulawesi Selatan yang baru terpilih untuk tahun 2009 - 2014 dilantik sore ini dalam sebuah perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. John Liku-Ada' di Katedral pada pukul 16.30. Turut hadir moderator WKRI, P.Hendrik Njiolah.


Desember 2
Mgr. John Liku-Ada' mengadakan perjalanan ke Ternate, Ambon untuk menghadiri perayaan misi katolik di Keuskupan Ambon besok (3/12), Pesta St Fransiskus Xaverius. Menurut sejarah, Santo Fransiskus Xaverius memang tinggal di sana selama beberapa waktu untuk mewartakan Injil. Namun, kemudian Ternate menjadi wilayah Kesultanan.


Desember 3
Kuria KAMS bertemu untuk membahas beberapa hal penting berkaitan dengan personil kantor KAMS dan lain-lain.


5 Desember
Koordinator komisi-komisi KAMS mengadakan pertemuan rutin dengan semua ketua komisi untuk menindaklanjuti mengenai hal-hal yang tertunda selama pertemuan terakhir di bulan September. Vikaris Jendral P.Ernesto Amigleo, CICM, memfasilitasi pertemuan.


Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM) hari ini bersemangat "go green". Seminar satu hari diadakan dengan pembicara utama adalah Andi Iskandar, Kepala Departemen "Ketertiban dan Kebersihan" di kantor walikota. Setelah ceramah, para peserta yang umumnya mahasiswa dan dosen dari Atma Jaya mengikuti pelatihan praktis tentang bagaimana membuat lingkungan bersih.


6 Desember
Pada kesempatan pergantian Pastor Pembimbing di rumah sakit mereka, Suster-suster dari komunitas Stella Maris mengadakan pesta perpisahan sederhana dengan P.Jaak Catteeuw, CICM sekaligus sebagai tanda syukur.

Desember 7
Bapa Uskup kembali dari perjalanannya di Ternate. Sementara Vikaris Jendral berangkat ke Manila via Jakarta untuk menghadiri reuni sekolah katolik Paco di mana ia lulus 50 tahun yang lalu. Kelasnya angkatan '59 merayakan Pesta Emas di mana ia diundang untuk merayakan Misa dan menyampaikan kotbah bagi seluruh alumni.


Desember 8

Pada hari Raya Bunda Maria Dikandung tanpa noda dosa, P.Maris Marannu merayakan ulang tahun ke-40 tahbisan Imamat Kudus. Mgr. John Liku-Ada' memimpin perayaan Ekaristi bersama dengan P.Maris Marannu dan P. Marsel Lolo Tandung sebagai konselebran di gereja Paroki Kristus Raja. Bapa Uskup juga memberikan homili, berbagi pengalaman tentang P.Maris. Banyak imam, religius dan ratusan orang menghadiri Misa dan resepsi diselenggarakan di restoran Runtono. Selama makan malam, Fr. Maris berbagi pengalaman pribadinya sebagai imam selama 40 tahun.

Desember 10
Setelah beberapa tahun pelayanan sebagai pastor rumah sakit Stella Maris, P. Jaak Catteeuw, CICM, berangkat ke Jakarta karena alasan kesehatan. Seorang teman baik P. Jaak, Ibu Rika dari Jakarta, datang untuk membantunya mengepak barang-barangnya dan menemaninya ke Jakarta. Beliau dipindahkan ke Rumah Provinsialat.

Desember 15
STIKPAR di Tana Toraja mengadakan pertemuan tiga hari untuk membahas koordinasi lembaga ini dalam sebuah tim yang dipilih yang tujuan utamanya adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan lembaga.


Desember 18
Kami menerima berita sedih tentang kematian seorang novis HHK, Fr. Octavianus Hale, HHK, dari Timor (23). Dia tenggelam di pantai ketika mencoba untuk berenang di Tanjung Bayang dengan rekan-rekan novis pukul 6.30. Rekan-rekan novis mencoba untuk menyelamatkannya, tetapi tidak berhasil. Sebuah Misa requiem yang dipimpin oleh P. Karol Patampang,dan dibantu oleh P. FX Daru, CICM, dan P. Leo Sugiono, MSC, diadakan untuk korban. Jenasah dikebumikan di pemakaman Pannara.


Desember 22
Para imam, religius dan pemimpin awam paroki di kota berkunjung ke kediaman Uskup untuk merayakan ulang tahun ke-61 Bapa Uskup. Selamat ulang tahun, Monsignor!

Sementara itu, Vikaris Jendral Merayakan ulang tahun ke-41 tahbisan Imamat, dengan teman sekelas di rumah Provinsial CICM di Quezon City, Filipina.


Sementara itu di Tana Toraja, P. Victor Patinggi, dengan tim dari Tana Toraja, menyelenggarakan acara camping 3 hari (dari hari ini sampai Hari Natal) dengan anggota SEKAMI di paroki Boking. Paroki sekitarnya ikut bergabung dalam kegiatan ini.


Desember 25
Selamat Hari Raya Natal! Semoga Kristus dan Bunda-Nya melimpahkan pada kita semua berkat-berkat berlimpah damai, sukacita, dan cinta.


Desember 26
Sebagaimana tahun sebelumnya, Bapa Uskup mengadakan kegiatan Open House di kediamannya. Tidak hanya para imam, religius, dan pemimpin awam mengambil kesempatan ini, tetapi juga para pemimpin agama Protestan, Islam, Budha, dan Hindu dalam menunjukkan solidaritas dengan pemimpin Katolik di KAMS. Mereka datang dan menyampaikan Selamat Natal kepada Bapa Uskup.


Desember 27
Bapa Uskup berangkat ke kota kelahirannya Sangalla, Tana Toraja, untuk kegiatan keluarga.


Desember 31
Untuk menandai akhir tahun 2009, Misa diadakan di mana-mana di malam hari untuk berterima kasih kepada Tuhan atas semua berkat yang diterima dalam satu tahun terakhir. Sementara itu, beberapa menit sebelum menutup tahun yang lama, pesta kembang api di pantai dan Tanjung Bunga menarik puluhan ribu orang di kota untuk melihat atraksi kembang api. Selamat Tahun Baru untuk semua!

1 Januari 2010
Selamat Tahun Baru 2010! Semoga Tuhan mengaruniakan berkat berlimpah kepada kita semua di sepanjang tahun baru ini.


Januari 3
SEKAMI Keuskupan Agung Makassar menyelenggarakan sebuah perayaan Natal dan Tahun Baru dengan perayaan Ekaristi dipimpin oleh ketuanya, P. Victor Patinggi di aula keuskupan. Anak-anak dan orangtua mereka berpartisipasi dalam pertemuan ini.


Januari 4
P. Kamil Kamus, CICM, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kursus Islamologi di Universitas Paramadina selama 3 bulan.


6 Januari
UAJM merayakan Natal dan Tahun Baru dengan perayaan Ekaristi dipimpin oleh pastor kampus P. Ignas Sudaryanto, CICM, dan diikuti oleh Rektor, staf dan karyawan universitas.


Januari 8
Marriage Encounter Distrik IX di Makassar merayakan Natal dan Tahun Baru di restoran Runtono. Acara dimulai dengan perayaan Ekaristi dipimpin oleh P. Paulus Tongli. Bapa Uskup dan sejumlah imam turut hadir.

Januari 9
P. Daru Pancoro, CICM, pindah kediamannya dari wisma CICM ke paroki Tello karena disana ia bertugas dengan pastor paroki P. Ritan, CICM.


Kami mendengar berita sedih bahwa mantan karyawan KAMS, Bapak Paulus Parinding, meninggal dunia malam ini di rumahnya di Tello. Bapak Paulus telah menderita stroke dua tahun lalu yang membuatnya tidak mampu untuk bekerja penuh. Pada pensiun tahun lalu, KAMS memberikan penghargaan cincin emas. Kami menyatakan turut berduka cita dengan keluarga - istri dan 4 anak-anak, yang ditinggalkan. Semoga ia beristirahat dalam damai.


Januari 11
Pengurus Yayasan Paulus Makassar milik KAMS mengadakan pertemuan dipimpin oleh Bapa Uskup di kantor KAMS pukul 8.30.


Departemen Sosial mengadakan sebuah seminar tentang Anak Jalanan dan mengundang perwakilan dari KAMS untuk hadir. P. Ignas Sudaryanto, Sr. Josephine Palit, YMY, Sr Bernadeth, YMY dan dua dari kelompok ME turut hadir.


Pada tengah hari seluruh staf kantor KAMS, dipimpin oleh Bapa Uskup dan didampingi oleh Vikaris Jendral, Asisten Sekretaris, P. Fredy, dan P. Alex Lethe dengan staf Yayasan Sekolah KAMS, pergi untuk mengunjungi rumah mendiang Bapak Paulus. Doa dipimpin oleh Bapa Uskup. Di malam hari, Misa Requiem diadakan di rumah, dipimpin oleh Sekretaris KAMS P. Frans Nipa. Setelah itu jenasah dibawa ke Toraja Barat untuk penguburan. RIP.


Januari 14
Uskup mengadakan pertemuan dengan dewan konsultor untuk mendiskusikan beberapa masalah terkait, khususnya penugasan beberapa imam.


Januari 15
Vikaris Jendral menyelenggarakan pertemuan dengan lima Vikep bersama-sama dengan ketua komisi untuk pertemuan pertama. Bapa Uskup memberikan sambutan pembukaan. Diskusi seputar kerja sama antara Vikep dan komisi-komisi. Hal-hal lain dalam agenda adalah berbagi informasi mengenai berbagai program tahun 2010 dan anggaran.


Januari 16
Kuria bertemu untuk membahas beberapa masalah mendesak.


Januari 18
Para staf STIKPAR Rantepao mengadakan tindak lanjut rapat bulan lalu dan mendiskusikan masalah-masalah penting.


Januari 19
Mewakili KAMS, Bapa Uskup menghadiri upacara pelantikan Pangdam Mayor Jenderal Hari Krismono menggantikan Mayjend Djoko Susilo Utomo di markas Kodam Wirabuana di Makassar.


Januari 22
Tim dari toko buku KAMS “Lux Aeterna” diundang oleh Vikjen sekaligus ketua Dewan Keuangan KAMS, P. Ernesto Amigleo, CICM untuk pertemuan di pagi hari di ruang rapat keuskupan. Pertemuan mencoba untuk mengevaluasi hasil kerja tim dengan menggunakan metode SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman). Ini juga dilakukan untuk memperbaharui perjanjian yang dibuat pada tahun 2005.


Januari 23
Dewan Keuangan KAMS berkumpul untuk pertemuan reguler pada pagi hari di ruang rapat keuskupan. Pertemuan ini dihadiri oleh Mgr. John Liku-Ada'. Ketua Dewan Keuangan P. Ernesto Amigleo, CICM, memfasilitasi pertemuan yang menangani beberapa masalah penting seperti mempersiapkan sebuah tim yang tugasnya pergi ke paroki-paroki dan unit-unit lain untuk berbicara tentang keuangan dan bagaimana membuat laporan keuangan.


Pada sore hari, Pengurus CU Mekar Kasih dan anggota-anggotanya berkumpul untuk pertemuan tahunan mereka di restoran Bambooden. Ini adalah rapat evaluasi untuk tahun buku 2009.


Januari 25
Sekelompok imam muda (5 tahun ditahbiskan dan kurang) membuat perjalanan ke Mamuju, 500 kilometer dari Makassar, untuk kegiatan on-going formation.


Januari 26
Dua puluh enam imam muda berkumpul di pastoran Paroki Mamuju untuk kegiatan on-going formation selama tiga hari mereka saling berbagi dan menguatkan.


Januari 31
Komunitas Jeduthun Salvation Ministry (JSM) merayakan ulangtahun ke-5 dengan perayaan Ekaristi dan pelantikan 10 anggota baru komunitas dan pembaruan janji oleh pengurus dari komunitas. Misa dipimpin oleh moderator P. Ernesto Amigleo, CICM, dan dibantu oleh moderator Gerakan Karismatik KAMS, P. Hendrik Njiolah dan pastor paroki Mariso, P. Leo Paliling dan diadakan di Gereja Santo Yakobus di Mariso. Sekitar 150 anggota yang hadir, termasuk Mgr. John-Liku-Ada', komunitas Heman Salvation Ministry (Surabaya), didampingi oleh pendiri mereka, Bpk. Hanjaya dan istrinya. Dalam homili, P. Ernesto Amigleo, CICM, mengingatkan tema Misa hari Minggu, "Jangan cemas, Yeremia. Aku menyertai kamu senantiasa." Untuk anggota baru yang dilantik, beliau mendesak mereka untuk setia dalam berlatih spiritualitas JSM.


Sementara itu, di paroki St. Paulus - Tello, pastor paroki P. Ritan, CICM, melantik dewan pastoral paroki baru.


1 Februari
Sekitar 2000 umat Katolik di kota Makassar berkumpul di Balai Prajurit M. Jusuf pada pukul 6 malam untuk mengikuti "Kebangkitan Rohani" yang digelar oleh komunitas Jeduthun Salvation Ministry (JSM) Makassar. Tema: "Jangan Takut, Percayalah ... Aku akan menolongmu" (Yes. 41: 13b). Acara dimulai dengan Pujian dan Penyembahan oleh para anggota Heman Salvation Ministry (HSM) disertai dengan aktris dan penyanyi terkenal Ervina yang dengan suara emasnya memuliakan Tuhan. Injil didramatisasi oleh gabungan anggota HSM dan JSM, yang berpusat di sekitar Yesus yang membangkitkan kembali putri Yairus dan penyembuhan seorang wanita yang menderita perdarahan. Kemudian Bpk. Hanjaya mengembangkan tema dengan kotbah berapi-api. Setelah Perayaan Sabda, diadakan sesi penyembuhan dan diakhiri dengan doa dan berkat dari P. Ernesto Amigleo, CICM, P. Frans Nipa, dan P. Ignas Sudaryanto, CICM.


Februari 2
Hari ini Uskup Agung John Liku-Ada' merayakan 18 tahun Pentahbisan Uskup. Tidak ada pesta besar, hanya makan siang sederhana disiapkan oleh pasangan tertentu untuk anggota komunitas wisma Uskup. Selamat kepada Monsignor!


Sore ini, Sekretaris P. Frans Nipa berangkat ke Jakarta untuk mengatur dokumen keberangkatan ke Italia dalam dua minggu depan.

4 Februari
Tiga dari karyawan tetap Kantor KAMS menerima penghargaan dan sertifikat penghargaan untuk masa bakti mereka dalam sebuah upacara sederhana di kantor Vikaris Jendral, dan disaksikan oleh Bapa Uskup dan karyawan lain pada pukul 11.30. Mereka adalah: Delvie Anastasia Pondaag yang telah bekerja selama 20 tahun dan tiga bulan; Mieke Tongli, juga 20 tahun dan tiga bulan; dan Robert Belarminus, selama 10 tahun dan 3 bulan. Acara dipandu oleh Frans Tio, upacara dimulai dengan doa oleh Sekretaris P. Frans Nipa diikuti dengan pengantar singkat oleh Vikaris Jendral P. Ernesto Amigleo, CICM, yang mengingatkan mereka yang hadir bahwa upacara pemberian ini sejalan dengan peraturan bagi karyawan yang bekerja di Kantor KAMS. Kemudian Bapa Uskup menyerahkan sertifikat dan penghargaan kepada masing-masing diikuti dengan sambutan singkat oleh Bapa Uskup yang menjelaskan kepada para karyawan alasan di balik pemberian penghargaan ini, yaitu sebagai insentif bagi mereka untuk bekerja lebih baik dan lebih antusias. Beliau mendorong mereka untuk bekerja untuk kemajuan Gereja lokal.


8 Februari
Ketua Komisi Komunikasi Sosial KAMS, P. Rudy Kwary, menjadi tuan rumah bagi pertemuan nasional dari berbagai ketua Komisi Komunikasi Sosial di seluruh Indonesia. Mgr. John Liku-Ada' membuka Pertemuan Signis Indonesia ke-36 dengan perayaan Ekaristi di Aula Baruga Kare pukul 5 sore. Beliau juga memberikan pidato pembukaan. Turut hadir Uskup Turang.


Komisi Pembangunan KAMS yang dipimpin oleh P. Stefanus Tarigan, CICM, mengadakan pertemuan rutin anggota untuk membahas masalah-masalah penting di kantor KAMS.


Sementara itu, pada sore hari Komisi Program Aksi Puasa Pembangunan dan Komisi Keluarga mengadakan pertemuan dengan 70 pemimpin awam dalam Kevikepan Makassar sebagai persiapan untuk Masa Prapaskah dan Program Aksi Puasa Pembangunan dengan tema untuk tahun ini yaitu "Membangun Kesejatian Hidup dalam Keluarga".

Pertemuan difasilitasi oleh P. Fredy Rante Taruk dan P. Ignas Sudaryanto, CICM, dan diadakan di Aula keuskupan.


P. Yulius Malli berangkat ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan nasional semua ketua-ketua Komisi Kepemudaan. Sementara itu, Fr. Fredy Rante Taruk, ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi, juga berangkat ke Jakarta untuk pertemuan di KWI.


Kami menerima berita sedih tentang kematian Frater Henrik Kodolame, HHK, (34 tahun) dari Ngada, Flores, malam ini pada pukul 20.00 di Rumah Sakit Stella Maris.


Februari 10
Pada pukul 11 siang sebuah Misa Requiem untuk mendiang Fr. Henrik diadakan dan dipimpin oleh Mgr. John Liku-Ada' dan dibantu oleh pembimbing rohani frater HHK, P. Jos van Rooy, CICM, dan P. John da Cunha di Kapel Frateran HHK. Misa ini dihadiri oleh para imam, religius dan umat awam. Setelah Misa, jenasah Fr. Henrik dimakamkan di pemakaman di Keuskupan Agung Pakatto, Gowa. P. John da Cunha memimpin upacara pemakaman. RIP.


Februari 12
Ketua Komisi Pembangunan P. Stef Tarigan, CICM, Ekonom KAMS P. Albert Arina, Vikjen dan Ketua Dewan Keuangan KAMS, P. Ernesto Amigleo, CICM, dan Ketua Komisi Keluarga P. Ignas Sudaryanto, CICM, berangkat ke Bantaeng, 120 km selatan Makassar, untuk mengunjungi Pastor Paroki P. Paskalis Oda. Saat makan siang dengan pastor paroki dan kelompok inti dewan pastoral terjadi pembicaraan informal mengenai situasi sosial di sana.


Februari 14
Hari ini, Tahun Baru Cina: Gong Xi Fa Chai! Sebagaimana setiap tahun, dalam semangat dialog antar-agama anggota Forum antar Umat Beragama di tingkat Propinsi datang mengunjungi para pemimpin Buddhis di kota. Mewakili umat Katolik adalah Bapa Uskup, Vikjen dan Sekretaris KAMS.


Sementara itu, P. Paulus Tongli, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pertemuan 5 hari Komisi Komunikasi Sosial.


Februari 15
Ekonom P. Albert Arina, berangkat ke Laimbo, Mangkutana, Luwu untuk kunjungan rutin dan meninjau perkebunan kelapa sawit.

Februari 16
Ketua Komisi Keluarga, P. Ignas Sudaryanto, CICM, sibuk beberapa hari terakhir ini dalam rangka sosialisasi tema APP 2010 Membangun Kesejatian Hidup dalam Keluarga di paroki-paroki. Kali ini beliau ke paroki Mamajang. Kemudian, pada Jumat, 19 Februari, ia akan pergi ke paroki Sungguminasa.


Februari 17
Dipimpin oleh P. Frans Nipa, para pegawai Sekretariat – Ida Alex, Kris, Rita dan Alex - naik pesawat ke Ambon untuk mengikuti selama beberapa hari pelatihan tentang bagaimana mengelola Sekretariat Keuskupan yang baik. Peserta juga datang dari Manado dan Ambon.

Februari 19
P. Yulius Malli, ketua Komisi Kepemudaan, berangkat ke Mamuju, 500 km sebelah utara Makassar, untuk mensosialisasikan tema APP Keluarga ke komunitas Katolik di sana.


Februari 21
Sore ini Bapa Uskup berangkat ke Kendari untuk menghadiri ulang tahun ke-10 berdirinya Paroki St. Clemens di Mandonga besok.

Sementara itu, di Paroki St. Fransiskus Assisi, P. Ignas Sudaryanto, CICM, memimpin Misa Valentine dan Imlek di antara komunitas lajang Katolik Makassar (Makassar Catholic Singles). P. Ignas memulai komunitas ini belum lama. Sekitar 30 lajang bergabung dalam kegiatan komunitas ini.

Februari 23
Dewan Keuangan KAMS bersama dengan Ekonom mengadakan pertemuan untuk membahas langkah yang harus diambil untuk merencanakan pertemuan dengan unsur pimpinan Rumah Sakit Stella Maris. Vikjen memfasilitasi pertemuan ini.


Februari 24
Dua pengusaha dari Jakarta, Fredie Maturbongs dan Andre, datang dari Jakarta untuk membicarakan dengan Uskup, Ekonom, Vikjen, seorang anggota Dewan Keuangan Keuskupan John Theodore, P. Marinus pastor paroki Mangkutana dan Fr. Rufinus pastor asisten, mengenai perkebunan kelapa sawit di Laimbo, Luwu.


Februari 25
Ekonom berangkat ke Manado untuk suatu urusan.


Februari 26
Tim dari Komisi Keluarga, yang dipimpin oleh P. Ignatius Sudaryanto, CICM, menyelenggarakan sebuah seminar akhir pekan untuk keluarga dengan tema "Power Personality". Narasumber datang dari Jakarta untuk membimbing para peserta. Seminar ini diadakan di Baruga Kare dan berlangsung sampai Minggu (28/2).


Pada saat yang sama, Marriage Encounter Distrik IX dari Makassar juga berkumpul di bumi Rajawali untuk sebuah pertemuan akhir minggu yang disebut "Pass On" - yang berarti menyampaikan kebijakan dan informasi dari Marriage Encounter Distrik Pusat KWI di Jakarta untuk para anggota. Selain itu, tongkat kepemimpinan di Makassar sekarang diteruskan dari koordinator Distrik lama: Pasutri Selvy-Ferry dan P. Paulus Tongli ke koordinator Distrik baru: Pasutri Conny-Vincent Paliling dan P. Marsel Lolo Tandung.


Sementara itu, ketua Komisi Katekese, P. Leo Sugiono, MSC, mengadakan pertemuan dengan semua dosen agama katolik yang mengajar di universitas negeri dan perguruan tinggi swasta. Pembahasan antara lain mengenai harapan KAMS terhadap dosen agama Katolik, disampaikan oleh Vikaris Jendral, P. Ernesto Amigleo, CICM. Mengenai kurikulum disampaikan oleh Bapak Untung dari Kementerian Agama, Makassar. Situasi mahasiswa Katolik di Makassar disampaikan oleh P. John da Cunha, serta harapan untuk masa mendatang. Pertemuan diadakan di gedung Kevikepan Makassar di Jl. Serui.***
Bung Kronik

Tidak ada komentar: