Rabu, 09 Desember 2009

Rangkuman Sidang Dewan Imam KAMS 24–26 November 2009

Dalam upaya menindaklanjuti keputusan Sidang Dewan Imam KAMS tgl 25 – 27 November 2008, Sidang Dewan Imam KAMS yang berlangsung dari tanggal 24 – 26 November 2009 membicarakan Program Pastoral KAMS periode 2009-2012 dengan memfokuskan pada 2 bidang prioritas yaitu Bidang Pendidikan dan Bidang Keluarga (dari 4 bidang prioritas: Pendidikan, Keluarga, Sosial Ekonomi dan Sosial Politik). Sesudah mendapatkan masukan lapangan yang inspiratif dari segenap Vikep dan para Pengurus sejumlah unit/kelompok kategorial (Legio Maria, WKRI, ME, Jeduthum Salvation Ministry – JSM, Pastoral Kepemudaan, Pastoral Anak – Sekami, Komisi Keluarga, Komisi Pendidikan, Unsur Pimpinan Asrama) dan merefleksikan/mendalaminya dalam diskusi maka Sidang Dewan Imam KAMS tgl 24 – 26 November 2008 merekomendasikan sejumlah hal sbb:

Bidang Pendidikan:
1. Komdik KAMS beserta pemangku kepentingan (stakeholders) di bidang pendidikan segera menindaklanjuti kesepakatan pertemuan Provinsi Gerejawi Makassar di Manado, dalam program-program pelaksanaan konkrit di tingkat Keuskupan, Kevikepan dan Paroki untuk:
a. Mengadakan pertemuan antara lembaga pendidikan katolik/yayasan pendidikan Katolik sesegera mungkin.
b. Membenahi lembaga pendidikan Katolik/yayasan pendidikan Katolik: menata pengelolaan karya pendidikan seperti manajemen personalia dan keuangan sehingga mampu menjaga mutu pelayanan sekolah-sekolah Katolik. Manajemen personalia meliputi organ yayasan (pembina, pengawas, pengurus) – termasuk perwakilan-perwakilannya, guru honor, up-grade tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
c. Menciptakan dan mengembangkan hubungan kondusif dengan paroki agar dapat bekerjasama dalam semangat kasih dan persaudaraan dengan membangun jejaring dan job description yang jelas.
2. Mendukung kevikepan, paroki, tarekat, dll, dalam hal inisiatif pengadaan dan penguatan koordinasi karya kerasulan melalui pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, terutama Taman Kanak-Kanak (TK) dan pembinaan iman anak Sekami, serta pembinaan melalui asrama-asrama.

Bidang Keluarga:
1. Paroki hendaknya memaksimalkan keterlibatan organisasi/kelompok kategorial gerejawi (Legio Maria dll) dalam tim pastoral keluarga melalui kegiatan-kegiatan kunjungan keluarga; bagi paroki yang belum ada dihimbau untuk memperkenalkan kelompok-kelompok itu.
2. Mendukung rencana Komisi Keluarga untuk menerbitkan buku panduan Kursus Persiapan Perkawinan Katolik.
3. Mendukung Komisi Keluarga untuk membentuk Tim Pendampingan Keluarga untuk menangani tugas kursus, pendampingan rohani, sosek, psikologis (pengenalan pasangan dan motivasi).
4. Mendukung program tim On Going Formation KAMS untuk terus mengadakan pertemuan penyegaran berkala bagi para imam dalam bidang pastoral keluarga, termasuk dan khususnya penanganan kasus-kasus perkawinan.

Di samping itu, sidang tsb juga membicarakan Persiapan Sinode Diosesan tahun 2012. Berkenaan persiapan sinode tsb, diputuskan beberapa hal sbb:
1. Panitia persiapan Sinode tahun 2012 akan dibentuk dalam dua tingkatan, yaitu: tingkat Keuskupan dan tingkat Kevikepan.
2. Panitia tersebut akan mulai bekerja bulan Januari 2010 sampai dengan Januari 2011 dan akan dipantau dalam sidang Dewan Imam bulan Mei dan bulan November 2010.
3. Komposisi kepanitiaan tingkat Keuskupan akan terdiri atas: kuria, vikep, “ketua komisi”, 4 orang dari tim survei, unsur biarawan/biarawati, dan unsur awam.
4. Adapun tugas panitia persiapan: memfasilitasi panitia kevikepan dalam hal merumuskan masalah dengan menggali mulai dari umat basis, sambil memperhatikan ARDAS KAMS yang sedang berlaku, merangkum dan menyerahkannya kepada OC dan SC Sinode Diosesan 2012.
5. Bulan Februari 2011 akan dibentuk panitia Sinode yang terdiri atas OC dan SC.
6. Pada waktunya akan dibentuk panitia perayaan pesta intan Gereja Lokal KAMS 2012.

Makassar, 26 November 2009

Mgr. John Liku-Ada’
Uskup Agung KAMS

Tidak ada komentar: