Minggu, 13 Desember 2009

Kesepakatan Bersama Pertemuan Forum Konsultasi Tokoh Masyarakat Katolik Provinsi Gerejawi Makassar

Dalam penyelenggaraan Allah yang Maha Kasih, telah dilaksanakan pertemuan Forum Konsultasi Tokoh Masyarakat Katolik Provinsi Gerejawi Makassar dengan tema “Pemberdayaan Lembaga Pendidikan Katolik di Bidang Pendidikan”, dan subtema: “Menanggapi Keprihatinan Sosial Gereja – Nota Pastoral KWI 2008” yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Oktober 2009, di Swiss-Belhotel Maleosan, Manado, Sulawesi Utara, dihadiri oleh para Uskup, Pastor, Bruder, Suster dan tokoh Masyarakat Katolik perwakilan dari Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Manado, dan Keuskupan Amboina, serta para narasumber.

Pertemuan ini diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Departemen Agama RI dengan Provinsi Gerejawi Makassar, bertujuan untuk memahami bersama realitas pendidikan di wilayah Provinsi Gerejawi Makassar dan merumuskan kerangka strategi pemberdayaan lembaga pendidikan Katolik sebagai upaya menanggapi keprihatinan sosial Gereja di bidang pendidikan dalam Nota Pastoral KWI 2008.

Dalam upaya menanggapi keprihatinan sosial Gereja di bidang pendidikan, para peserta Forum Konsultasi Tokoh Masyarakat Katolik Provinsi Gerejawi Makassar, telah membahas masukan inspiratif meliputi:
Sambutan Gubernur Sulawesi Utara.
Sambutan Uskup Agung Makassar.
Keynote Speech yang disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Departemen Agama Republik Indonesia.
Realitas penyelenggaraan pendidikan sebagai wujud keprihatinan sosial Gereja yang disampaikan oleh Mgr. John Liku-Ada’ Pr Uskup Agung Makassar; Mgr. Josef Suwatan, Uskup Manado; Pastor Yonas Atjas, Pr Vikjen Keuskupan Amboina.
Lembaga Pendidikan Katolik Mensikapi Permasalahan Pendidikan Dalam Rangka Mempersiapkan Insan Katolik Yang Berkualitas oleh Prof. Dr. Philoteus E. A. Tuerah, M.Si., DEA
Strategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Katolik: Peranan Wakil Rakyat, oleh Mayjen TNI (Purn) Ferry Tinggogoy.
Strategi Pemberdayaan Lembaga Pendidikan Katolik Dalam Menegakkan NKRI: Perspektif Politik dan Pendidikan, oleh Dr. Cosmas Batubara; Strategi Pemberdayaan Lembaga Pendidikan Katolik: Perspektif Birokrasi – Pelayanan Publik, oleh Mayjen TNI (Purn) Herman Musakabe; Strategi Pemberdayaan Lembaga Pendidikan Katolik Dalam Menegakkan NKRI: Pendidikan Karakter Membangun Ciri Khas Katolik, oleh Dr. J. Riberu; dan Strategi Pemberdayaan Lembaga Pendidikan Katolik Dalam Menegakkan NKRI: Perspektif Teknologi Informasi dan Media Massa, oleh Drs. Frans Meak Parera

Setelah menyimak dengan seksama dan membahas masukan inspiratif, para peserta Pertemuan Forum Konsultatif Tokoh Masyarakat Katolik Provinsi Gerejawi Makassar bersepakat menegaskan komitmen bersama sebagai wujud panggilan untuk bertindak menanggapi keprihatinan sosial Gereja di bidang pendidikan, sebagai berikut:
Mengupayakan revitalisasi visi dan misi lembaga pendidikan Katolik di Provinsi Gerejawi Makassar.
Mendorong terbentuknya jejaring atau forum komunikasi di Provinsi Gerejawi Makassar sebagai wadah untuk mengkaji permasalahan-permasalahan antara lain dalam bidang pendidikan (regulasi, perkembangan iptek dan situasi internal Gereja Katolik).
Mengupayakan pengadaan dan peningkatan profesionalisme pendidikan dan tenaga kependidikan Katolik tingkat dasar sampai perguruan tinggi untuk mengakarkan spiritualitas Katolik.
Meningkatkan komunikasi dengan para pemangku kepentingan baik internal Gereja Katolik, pemerintah dan mitra kerja lainnya.
Mengupayakan peningkatan kerja sama dan solidaritas sekolah-sekolah Katolik di Provinsi Gerejawi Makassar.
Meningkatkan pastoral keluarga dalam rangka melaksanakan pendidikan nilai menjadi insan Katolik yang militan, tangguh, dan berbudi pekerti luhur.
Mengupayakan dengan serius pengadaan dan pengembangan pendidikan kewirausahaan pada lembaga pendidikan Katolik.
Mengupayakan dengan sungguh-sungguh peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka pelayanan dan pengabdian lembaga pendidikan Katolik yang bermutu.
Mendorong terselenggaranya pendidikan sosial politik pada lembaga pendidikan Katolik.
Melaksanakan dengan serius pendidikan karakter di lembaga pendidikan Katolik melalui langkah-langkah pendidikan nilai yang efisien dan efektif.

Demikianlah Kesepakatan Bersama Forum Konsultasi Tokoh Masyarakat Katolik Provinsi Gerejawi Makassar, yang dengan kesungguhan hati akan kami laksanakan sebagai upaya menanggapi keprihatinan sosial Gereja di bidang pendidikan dalam Nota Pastoral KWI 2008.

Manado, 25 Oktober 2009
Kami yang bersehati mengemban amanat pastoral
Atas Nama Peserta
Pertemuan Forum Konsultasi Tokoh Masyarakat Katolik
Provinsi Gerejawi Makassar

Mgr. John Liku-Ada’
Uskup Agung Makassar

Mgr. Josef Suwatan, MSC
Uskup Manado

P. Alex Lethe, Pr
Komisi Pendidikan KAMS

P. Frederikus S. Tawaluyan, Pr
Komisi Pendidikan Keuskupan Manado

Stevy Thioritz
Peserta Awam Laki-Laki

Henny Praktiknyo
Peserta Awam Perempuan

P. Yonas Atjas, Pr
Vikjen/Komdik Keuskupan Amboina

Sr. Margarethis K. TMM
Peserta Biarawati

Tidak ada komentar: