Sabtu, 03 Oktober 2009

Kronik Juni-Agustus 2009

2 Juni
Koordinator komisi-komisi KAMS, Vikjen P. Ernesto Amigleo cicm mengadakan rapat dengan semua ketua komisi untuk membahas al. Rancangan Panduan Kerja Komisi-Komisi: Visi, Misi dan Program Kerja tahun 2009-2013. Rapat diadakan sehari penuh di Baruga Kare. Bapa Uskup turut hadir dalam rapat ini.

3 Juni
Perayaan ekaristi dalam rangka pelantikan dan serah terima jabatan rektor Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM) dipimpin oleh Bapa Uskup, Pastor Kampus dan mantan Pastor Kampus UAJM. Tema perayaan: “Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, tetapi melayani”. Setelah misa, diadakan pelantikan dan serah terima jabatan. Ketua Yayasan John Chandra Syarif melantik rektor baru P. Felix Layadi, Lic.Th. Juga dilakukan serah terima jabatan Pastor Kampus dari P. Ernesto ke P. Ignatius Sudaryanto cicm selaku Pastor Kampus baru.

4 Juni
Pertemuan rutin Dewan Konsultor KAMS diadakan di Ruang Rapat Keuskupan. Pembahasan al. penugasan para imam. Bapa Uskup memimpin rapat ini.

5 Juni
Parochus dan Depas Paroki Mariso beraudiensi ke Bapa Uskup berkenaan pesta pelindung paroki 26 Juli 2009.

Seorang imam SCJ bersama tim pasutri dari Jakarta tiba di Makasar dalam rangka retret selama 3 hari untuk 42 pasutri dari Makassar. Retret diadakan di Panti Samadi Malino. Ketua Komisi Keluarga yang baru, P. Ignatius Sudaryanto ikut serta dalam kegiatan ini. P. Marsel Lolo Tandung hadir sebagai peninjau.

7 Juni
Bapa Uskup menerimakan Sakramen Krisma kepada 108 krismawan-ti di Paroki Sungguminasa.

8 Juni
Bapa Uskup mengadakan kunjungan pastoral ke Kevikepan Luwu.

9 Juni
Perayaan 29 tahun berdirinya UAJM dirayakan dalam ekaristi yang dipimpin Pastor Kampus P. Ignatius Sudaryanto cicm, dihadiri rektor baru P. Felix Layadi, para pembantu rektor, dosen, karyawan dan mahasiswa.

10 Juni
Setelah dirawat karena sakit kronis, Fr. Herman Ratuanak CMM (52) berpulang di RS Stella Maris pukul 2 pagi. Fr. Herman berkarya di komunitas CMM Tana Toraja sebagai perawat. Ibadat Sabda diadakan dan ungkapan dukacita disampaikan pemimpin komunitas CMM, keluarga mendiang dan Vikjen P. Ernesto. Jenasah kemudian dibawa ke Manado untuk dimakamkan. Semoga beristirahat dalam damai...

Pada hari yang sama, Fr. Petrus Pua’padang HHK terkena serangan jantung dan berpulang di Mamasa, Toraja Barat, tempat tugas mendiang. Jenasah disemayamkan dan dimakamkan di Mamasa.

11 Juni
Hari ini tepat setahun lalu P. Patrick Galla berpulang. Perayaan misa arwah dipimpin oleh Vikjen P. Ernesto Amigleo di aula KAMS. P. Paskalis La Oda membagikan pengalamannya bersama mendiang ketika tinggal bersama selama 2 tahun di Makale, Tana Toraja. Dalam misa juga didoakan kedua frater yang berpulang kemarin.

14 Juni
Perayaan Sekami dipimpin P. Victor Pattinggi di Paroki St. Yosef Gotong-gotong dan dihadiri para pendamping dan anak-anak Sekami.

16 Juni
Vikep Makassar P. Jos van Rooy cicm mengundang semua pastor paroki di kota Makassar untuk mendengarkan tim Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) menjelaskan statuta KTM. Kegiatan mereka al. berdoa dalam semangat Karmel dan karismatik. KTM didirikan oleh P. Yohanes Indrakusuma O.Carm.

Persekutuan Doa Karismatik Paroki St. Yosef Gotong-gotong merayakan ultah ke-9 dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin pastor paroki P. Hendrik Njiolah. Sebagai konselebran: Moderator PD Karismatik Gotong-gotong P. Agus Tikupasang, P. Ernesto Amigleo, P. Daru Pancoro. PD Karismatik lain di kota Makassar ikut serta dalam perayaan ini.

21 Juni
Pastor paroki Katedral P. Paulus Tongli dalam rangka Pesta Pelindung Paroki Hati Kudus Yesus, melantik Pengurus Dewan Pastoral Paroki Katedral periode 2009-2013 dalam misa Minggu pagi pukul 8.30.

24 Juni
Di Tana Toraja, Kongregasi HHK melantik 8 novis baru. Pembimbing rohani HHK, memimpin ekaristi dan upacara pelantikan.

P. Leo Sugiyono MSC membimbing retret tiga frater TOPer, calon imam praja. Setelah menjalani setahun karya pastoral di berbagai paroki, mereka kembali ke Seminarium Anging Mammiri, Yogyakarta untuk melanjutkan studi teologi.

Sementara itu, P. Lasber Sinaga cicm membimbing retret Frater HHK gelombang pertama di Baruga Kare.

26 Juni
Rektor Seminari Menengah Petrus Claver P. Willi Welle dan P. Rusdyn berangkat ke Jakarta untuk selanjutnya terbang ke Jerman. P. Willi berada di sana selama 3 bulan untuk membantu paroki, sementara P. Rusdyn belajar bahasa Jerman untuk studi lanjut.

28 Juni
Lebih dari 80 umat menerima Sakramen Krisma dari Vikjen P. Ernesto dalam Perayaan Ekaristi di Paroki Kare.

Bapa Uskup bertemu dengan kelima frater TOPer 2009-2010.

29 Juni
Dalam perayaan ekaristi di kapel Frater HHK, Fr. Yosep Lenamah mengucapkan kaul kekal dan diterima oleh Pemimpin Umum HHK Fr. Cornelis, bersamaan dengan 10 Frater yang mengucapkan Kaul Sementara. Misa dipimpin Bapa Uskup didampingi Pembimbing Rohani HHK P. Jos van Rooy, serta P. John da Cunha. Setelah itu dilanjutkan ucapan terimakasih serta resepsi yang dihadiri sekitar 200 umat.

1 Juli
Bapa Uskup diundang dalam pertemuan yang diadakan oleh Departemen Agama di hotel Yasmin Makassar untuk membahas Sertifikasi Guru Agama Katolik.

Vikep Luwu, bersama Koordinator Sekami P. Victor Patinggi mengadakan Camping Rohani untuk anak-anak bertempat di Laimbo, Luwu. Camping berlangsung hingga 4 Juli 2009.

3 Juli
Tiga suster CIJ dalam rangka perayaan 40 tahun kaul membiara mengadakan retret di Wisma Emaus Malino dan dibimbing P. Ernesto. Ketiga suster tersebut: Pemimpin Umum Sr. Katrin, Sr. Yudith, Sr. Yerona.

4 Juli
Rapat Kuria KAMS, materi: Rencana kegiatan Forum Konsultasi Umat Katolik Provinsi Gerejawi Makassar-Ambon-Manado yang difasilitasi Bimas Katolik Pusat.

5 Juli
Bapa Uskup menerimakan Sakramen Krisma kepada umat di Paroki Kare (gelombang kedua) dalam perayaan ekaristi.

P. Ignas Sudaryanto cicm membimbing retret para frater HHK di Malino.

8 Juli
Pesta Demokrasi digelar untuk pemilihan Presiden RI. Rakyat Indonesia memenuhi bilik-bilik pemungutan suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden periode 2009-2014. Tiga pasang kandidat: Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, Jusuf Kalla-Wiranto, Megawati Soekarnoputri-Prabowo.

Pukul 19.00 pesta perpisahan sederhana diadakan untuk Pastor Asisten Paroki Mamajang P. Ariston Mbahi MSC. Sejumlah imam, dewan pastoral dan dewan keuangan paroki turut hadir. P. Ariston mendapat tugas baru di daerah Banggai, Sulawesi Tengah, dan berangkat besok.

9 Juli
Hasil sementara Penghitungan Suara Cepat (Quick Count) menunjukkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono unggul dengan 61% suara, Megawati-Prabowo 26%, Jusuf Kalla-Wiranto 13% dari 173 juta suara pemilih. Perlu beberapa pekan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan dan mengumumkan Hasil Penghitungan Suara resmi. Meskipun demikian, dari beberapa lembaga survei menunjukkan SBY unggul dalam Pemilihan Presiden 2009.

Bapa Uskup berangkat dengan kapal laut ke Sulawesi Tenggara untuk kunjungan pastoral di Kevikepan Sultra.

Dalam rangka Pesta Paroki St. Yakobus Mariso diselenggarakan beberapa kegiatan antara lain: Seminar di aula keuskupan pagi ini, dan Kebangunan Rohani Katolik pada malam hari.

Ottolius Tandepadang, salah satu sopir di kantor KAMS, mengikatkan janji pernikahan dengan Agnes dalam Misa di Sangalla’, Tana Toraja. P. Albert Arina mewakili Kuria hadir dalam Pernikahan Otto-Agnes.

12 Juli
Vikjen P. Ernesto melantik 35 Pelayan Komuni dalam perayaan ekaristi di Paroki St. Joseph Gotong-gotong pukul 8 pagi. Vikjen didampingi Pastor Paroki P. Hendrik Njiolah dan Pastor Bantu P. Agus Tikupasang.

Pukul 7.30 di Kare, 6 novis CICM mengucapkan kaul sementara di hadapan Provinsial P. Antonius Hestasusilo, didampingi imam-imam CICM.

13 Juli
P. Marsel Lolo Tandung selaku Sekretaris Tim OF Para Imam berangkat ke Sulawesi Tenggara untuk Pendampingan Lanjutan bagi imam-imam di Kevikepan Sultra.

14 Juli
Pagi hari, Tim Direksi Kantor Keuskupan berkumpul untuk pertemuan rutin untuk membahas beberapa hal.

Pukul 2 siang, tim proyek pemakaman Timbuseng mengadakan pertemuan di Gedung Bank Mandiri Jl. Slamet Ryadi. Vikjen P. Ernesto menghadiri pertemuan ini. Beberapa langkah konkret diambil dalam rapat ini, semoga beberapa aksi segera menyusul.

Ketua Yayasan PT Atma Jaya melantik Pembantu Rektor I dan II UAJM dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin Pastor Kampus P. Ignas Sudaryanto. Pembantu Rektor I: Ir. Jerry. Pembantu Rektor II: Wahyu Jontah.

Sejumlah 15 imam muda yang ditahbiskan dalam masa 5 tahun lalu mengadakan kegiatan selama 3 hari di Pantai Tanjung Bayang. Panitianya: P. Edy Kaniu, P. Carolus Patampang. Turut hadir: P. Leo Sugiyono dan Vikjen P. Ernesto yang memberikan renungan dan membagikan pengalaman pastoralnya kepada kelompok ini.

Tiga lembaga di bawah Yayasan Sentosa Ibu mengadakan pertemuan rutin di ruang rapat KAMS untuk membahas beberapa hal penting dalam rangka pengembangan RS Fatima Parepare.

Malam hari, alumni SMA Katolik Rajawali mengadakan Reuni ke-55. Acara reuni dibuka di Hotel Sahid dengan Santap Malam bersama. Turut hadir Bapak Gubernur Prov. Sulsel yang memberikan Kata Sambutan yang berisi pujian, Vikjen P. Ernesto yang diminta untuk membuka kegiatan dengan Doa Syukur. Kegiatan reuni berlangsung hingga 20 Juli 2009.

18 Juli
Dewan Keuangan KAMS mengadakan rapat rutin di ruang rapat KAMS. Vikjen P. Ernesto memimpin rapat.

Di guesthouse Susteran Rajawali, tim Marriage Encounter distrik IX berkumpul untuk pengarahan yang diberikan Koordinator ME P. Paulus Tongli. P. Ignas Sudaryanto turut hadir.

24 Juli
Rektor UAJM P. Felix Layadi memberikan pengarahan kepada para dosen mengenai Kewirausahaan dan Univesitas.

25 Juli
Komisi Pemilihan Umum mengumumkan Hasil Penghitungan Suara Pilpres secara resmi: Pasangan SBY-Boediono 61%, Megawati-Prabowo 26%, dan Jusuf Kalla-Wiranto 12%.

P. Ignas Sudaryanto ketua Komisi Keluarga KAMS mengadakan workshop “Bagaimana Mengungkapkan Perasaan” bertempat di Toko Mursalim Jl. Sunu 158.

26 Juli
Bapa Uskup memimpin Perayaan Ekaristi dalam Pesta Pelindung Paroki St. Yakobus Mariso. Paroki mengadakan beberapa kegiatan al. Seminar, Jalan Sehat.

27 Juli
P. Frans Nipa dan P. van Rooy berangkat ke Ende, Flores untuk mengikuti rapat para imam yang berkaitan dengan Tribunal Perkawinan.

Bapa Uskup berangkat ke Jakarta mengikuti rapat Presidium KWI.

29 Juli
Tiga provinsi JMJ di Indonesia (Jakarta, Manado dan Makassar) merayakan Kaul Kekal 6 suster dan Pesta Perak Hidup Membiara 5 suster dalam Misa Konselebrasi yang dipimpin Vikjen P. Ernesto di Gereja Paroki St. Yoseph Gotong-gotong pukul 10 pagi. Enam suster mengucapkan Kaul Kekal di hadapan Superior General Sr. Theresia Supriati, yakni: Sr. Maria Marie Poli (dari Provinsi Jakarta), Sr. Hilaria Rumping dan Sr. Yuliana Ima Semba (Provinsi Manado), Sr. Christiania Yolasb dan Sr. Emerenciana Nahak (Provinsi Makassar).
Kelima suster yang berpesta perak: Sr. Lucia Tolok (Jakarta), Sr. Josepha Karamoy dan Sr. Fransiska Djenaung (Manado), Sr. Dorothea Pliwa dan Sr. Margaretha Poluan (Makassar). Hadir dalam perayaan ini: Pemimpin Umum JMJ Sr. Theresia Supriyati dan Anggota Dewan Sr. Fabiola dari Belanda, Tiga Suster Provinsial dan anggota dewan provinsial. Setelah homili disampaikan selebran utama bertema: “Tinggallah dalam Aku, seperti Aku tinggal dalam engkau” (Yoh. 15:4b). Sr. Dorothea membagikan pengalaman panggilan hidup membiara di JMJ. Acara ini dihadiri para imam, orangtua dan keluarga para selebran, para suster, frater, dan beberapa tamu undangan. Siswa-siswa SLTP turut
menampilkan Paduan Suara.

1 Agustus
Aksema (akademi dan Sekretari) Atma Jaya mengadakan upacara wisuda di Ballroom Diamond, Panakukkang. Sekitar 25 lulusan menerima diploma. Ketua Komisi Kepemudaan KAMS P. Julius Malli hadir mewakili KAMS.

3 Agustus
Tim OF para imam mengadakan Kegiatan Renewal selama 4 hari di Baruga Kare, dimulai malam ini. Sejumlah 42 imam khususnya yang ditahbiskan lebih 15 tahun lalu hadir dalam kegiatan ini. Para pembicara: P. Martasudjita yang membahas mengenal Liturgi dan Sakramen, P. Pieter Aman OFM membahas teologi moral aktual, dan P. Y. Winaryanto tentang Eklesiologi berkaitan Aset dan Keuangan Gereja.

6 Agustus
Kegiatan Renewal berakhir hari ini dengan tanggapan antusias peserta yakni para imam. Mereka meminta agar kegiatan seperti ini menjadi kegiatan tahunan di KAMS. Tim OF terdiri dari: P. Kamelus Kamus, P. Victor Patabang, P. Marsel Lolo Tandung serta kelima Vikep (Makassar, Toraja, Luwu, Sulbar, dan Sultra).

Dua diakon CICM ditahbiskan sebagai imam: Diakon Fransiskus Gella dan Diakon Matius Pawai. Upacara tahbisan imamat diadakan di gereja Kare dan dipimpin oleh Bapa Uskup Mgr. John Liku-Ada’.

7 Agustus
Dewan KOnsultor KAMS mengadakan rapat dua bulanan untuk membahas penugasan para imam dan hal penting lain.

Setelah rapat sore hari, P. Frans Nipa dan P. Alex Lethe berangkat ke Tana Toraja untuk Upacara Wisuda STIKPAR.

8 Agustus
Upacara wisuda sarjana STIKPAR 2008-2009 diadakan dalam Perayaan Misa yang dipimpin Sekretaris KAMS P. Frans Nipa. Lebih dari 50 wisudawan menerima ijasah kelulusan.

9 Agustus
Di Simbuang, Sangalla’, imam yang baru ditahbiskan P. Matias Pawai cicm memimpin Misa Pertama bersama keluarga dan kerabat serta umat di stasi Simbuang.

Bapa Uskup berangkat ke Jakarta, selanjutnya ke Manila, Filipina untuk mengikuti pertemuan FABC (Federation of Asian Bishop’s Conference) di Manila. Beliau salah satu dari empat uskup dari Indonesia yang hadir di FABC dan berada di sana hingga 21 Agustus 2009.

11 Agustus
Kabar duka dari Jakarta menyebutkan bahwa P. Jos Cobbe cicm telah berpulang setelah dirawat sebulan di RS Medistra. Beliau tutup usia pada umur 67 tahun. Jenasah disemayamkan di Provinsial CICM, Slipi, Jakarta. P. Jos telah menjadi misionaris selama beberapa tahun di Indonesia, khususnya di KAMS. P. Jos, mantan Provinsial CICM, pernah bertugas di Rembon, Deri, Nanggala, IKAR, di Tana Toraja dan pernah menjadi Moderator Kongregasi HHK dan aktif di Marriage Encounter Makassar. Selamat beristirahat dalam damai Tuhan, P. Jos.

13 Agustus
Pagi hari, P. Frans Nipa dan P. Frans Arring mewakili KAMS berangkat ke Jakarta untuk menghadiri misa requiem P. Jos Cobbe yang akan dilaksanakan besok. Demikian juga, P. Jaak Cateeuw dan P. Noel Valencia berangkat dengan pesawat lain ke Jakarta untuk tujuan yang sama.

Ekonom KAMS P. Albert Arina berangkat ke Mangkutana untuk meninjau langsung Perkebunan Sawit Laimbo.

Moderator Jeduthun Salvation Ministry (JSM) P. Ernesto mendampingi kelompok JSM mengikuti retret yang diadakan oleh Heman Salvation Ministry (HSM) di Surabaya. Tema retret: Kembali ke Sion.

15 Agustus
Ziarah di bumi Rajawali diadakan untuk merayakan Pesta Bunda Maria yang Diangkat ke Surga. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Vikep Makassar P. Jos van Rooy, didampingi Pastor Paroki Gotong-gotong P. Hendrik Njiolah dan Pastor Paroki Mariso P. Leo Paliling. Sekitar 6000 umat memenuhi lapangan bumi Rajawali untuk mengikuti perayaan meriah ini.

16 Agustus
Tima Aksi Panggilan KAMS yang dipimpin P. Victor Wiro menggelar Minggu Panggilan di Paroki Bantaeng. Sekitar 20 peserta dari Makassar ikut serta, termasuk anggota tim P. Daru Pancoro dan P. Joni Payuk cicm.

17 Agustus
Merdeka! Hari ini menandai usia ke-64 tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai. Upacara bendera dilaksanakan di halaman rumah jabatan Gubernur. Sekretaris KAMS P. Frans Nipa mewakili KAMS menghadiri upacara bendera tersebut, bersama dengan para pejabat pemerintahan, sipil, militer, pemuka agama, dan para siswa.

18 Agustus
Komunitas frater HHK mengadakan Misa Requiem dalam mengenang 7 hari kepergian mantan Moderator HHK P. Jos Cobbe. Para imam bersama umat awam serta frater HHK hadir dalam perayaan misa yang dipimpin P. Jos van Rooy.

19 Agustus
Ida Alex dan Kris Maria Lumiling, staf sekretariat KAMS berangkat ke Mamuju, Sulbar untuk mendampingi pegawai sekretariat paroki di Kevikepan Sulbar, menata administrasi dan arsip paroki/Kevikepan. Mereka mengunjungi 5 paroki selama dua pekan.

Tiga orang tamu dari ‘Kirche in Not’ Swiss tiba di Makassar. Mereka menginap di Wisma Keuskupan. P. Frans Nipa dan P. Marsel Lolo Tandung mendampingi mereka berkeliling. Besok mereka berangkat ke Ambon, kemudian kembali lagi ke Makassar untuk bertemu Bapa Uskup.

Sementara itu, P. Ernesto bersama beberapa anggota JSM yang mengikuti Festival Rohani Kaum Muda di Surabaya kembali ke Makassar setelah mengikuti retret yang diikuti sekitar 400 kaum muda. Sangat menarik dan menginspirasi bagaimana komunitas HSM yang terdiri mayoritas kaum muda dapat bekerja kompak menggelar acara sebesar ini.

22 Agustus
Setelah berada selama sepekan di Manila, Filipina, untuk pertemuan FABC dan dilanjutkan dengan sidang presidium, Bapa Uskup kembali ke Makassar.

Tiga tamu dari Swiss dari Kirche in Not tiba dari Ambon dan bertemu dengan Bapa Uskup dan besok mereka menuju ke Surabaya.

24 Agustus
Pertemuan Bapa Uskup dengan Mr. Lammert Rabberts dan Mr. Stevy Thioritz diantar Bpk. Frans Dengen. Materi, tawaran pendampingan untuk SPP di Palapala.

26 Agustus
Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) P. Fredy Rante Taruk mengadakan Lokakarya Pastoral selama 4 hari di Baruga Kare dengan mengundang Kuria, para Vikep, tim PSE Kevikepan untuk mengevaluasi karya PSE dan menyusun program aksi untuk 3 tahun ke depan. Kegiatan ini diikuti sekitar 40 peserta dan dibuka dengan perayaan misa yang dipimpin Vikjen yang sekaligus Koordinator Komisi-Komisi KAMS P. Ernesto. Setelah itu, kata sambutan dan laporan disampaikan oleh Ketua KPSE.

27 Agustus
Bapa Uskup memberikan penjelasan mengenai Ajaran Sosial Gereja kepada para peserta Lokakarya Pastoral PSE, kemudian beliau memberikan petunjuk arah ke mana arah program kerja KPSE.

Malam hari, Tim Timbuseng yang diketuai Ronny Japasal mengadakan rapat di ruang rapat KAMS bersama dengan Tim Pengembang Ciputra dari Jakarta yang mau menawarkan bantuan berkaitan dengan pembangunan pemakaman di Timbuseng.

28 Agustus
P. Hendrik Njiolah memberikan pandangan mengenai pengembangan sosial ekonomi menurut Kitab Suci. Topik bahasan: Dari Option for The Poor ke Action for The Poor.

August 29
Lokakarya Pastoral KPSE selama 4 hari berakhir siang ini setelah melewati proses dinamika penyusunan rencana aksi dan program kerja untuk masa 3 tahun mendatang.

Sementara itu, JSM mengadakan kegiatan KKR di Baruga Kare selama 2 hari untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Unhas. Tim HSM dari Surabaya yang dipimpin Bpk. Hanjaya tiba kemarin untuk mendampingi mereka.

Tidak ada komentar: