Jumat, 17 September 2010

PROSES PERSIAPAN SINODE DIMULAI DARI BASIS

Sejak dikeluarkannya SK Panitia Persiapan Sinode Diosesan KAMS oleh Bapa Uskup Agung pada 3 Januari 2010, maka gendang kerja panitia mulai ditabuh. Salah satu tugas Panitia Persiapan Sinode Tingkat Keuskupan (PPS KAMS) yakni memfasilitasi Panitia Kevikepan dalam hal merumuskan masalah dengan menggali mulai dari umat basis, sambil memperhatikan Ardas KAMS yang sedang berlaku.


Agar sinode itu sungguh merupakan upaya berjalan bersama (syn’odos) Gereja Partikular KAMS yang melibatkan seluruh umat, maka proses persiapan tersebut harus mulai dari basis. Sekaitan dengan proses ini dan dalam upaya memaksimalkan peran memfasilitasi Panitia Kevikepan, maka PPS KAMS melakukan kerja strategis dengan bersama-sama menyusun metode dan panduan berproses yang diinspirasi dari ToR Sinode KAMS 2012 dalam memfasilitasi Panitia Kevikepan. Untuk mengefektifkan kerja fasilitasi ini, maka PPS KAMS membagi diri dalam 5 Tim (kelompok kerja) berdasarkan Kevikepan yang ada. Dengan bekal ToR serta referensi lainnya, maka Tim/Kelompok Kerja PPS KAMS telah berkunjung ke Kevikepan untuk melakukan pertemuan fasilitasi. Tujuannya yakni menyamakan pemahaman dan gerakan bersama dalam mempersiapkan sinode 2012. Peserta pertemuan di setiap Kevikepan adalah merupakan unsur dari PPS Kevikepan, PPS Paroki serta para fasilitator umat.

Adapun agenda pertemuan di setiap Kevikepan yakni:

A. Sosialisasi Sinode (pengenalan ToR Sinode)

1. APA ITU SINODE?

Sinode Keuskupan ialah sidang/himpunan imam-imam dan orang -orang beriman kristiani yang terpilih dari Gereja Partikular untuk membantu Uskup Diosesan demi kesejahteraan seluruh komunitas diosesan (Kitab Hukum Kanonik Kan.460).

2. KAPAN SINODE GEREJA LOKAL KAMS YANG TERAKHIR DAN HASILNYA APA?

Dilangsungkan dalam bulan Oktober 1999 dan hasilnya berupa Ardas KAMS: menjadi Gereja yang benar-benar dewasa, misioner, memasyarakat, komunikatif dan bersaksi total, menuju PERSAUDARAAN sejati dalam Kristus.

3. APA LATAR BELAKANG DAN MAKSUD/TUJUAN SINODE KAMS 2012?

Gereja Lokal KAMS akan mencapai usia intan (75 tahun) pada tanggal 13 April 2012.

Momentum historis penting tersebut dipandang tepat digunakan oleh Gereja Lokal KAMS untuk merumuskan dan menegaskan kembali jati diri perutusannya secara kontekstual.

4. BAGAIMANA SINODE KAMS 2012 DISIAPKAN?

Agar Sinode sungguh merupakan upaya “berjalan bersama”(syn’odos) dari Gereja Lokal KAMS yang melibatkan seluruh umat maka proses persiapan harus mulai dari umat basis (rukun,stasi,ormas/kelompok internal/sekolah/rumah sakit).

B. Model/metode penjaringan

Membahas bersama model/metode penjaringan tanda-tanda zaman di umat basis dalam bidang keluarga, pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, lingkungan hidup dan sosial budaya (stasi, rukun, kategorial).

C. Merumuskan dan menyusun modul

Modul yang disusun digunakan sebagai pegangan fasilitator dalam memfasilitasi umat basis menggali tanda-tanda zaman dan merefleksikan Ardas KAMS yang sedang berlaku. Berproses berdasarkan modul.

D. Mekanisme pelaporan

» Pembicaraan pada masing-masing pertemuan umat basis harus direkam dan ditulis oleh seorang notulis dan hasilnya disampaikan/dilaporkan kepada Tim PPS Paroki dengan menggunakan format pelaporan umat basis.

» Tim PPS Paroki merekap semua laporan umat basis dengan menggunakan format atau panduan pelaporan PPS Paroki dan menyerahkannya ke PPS Kevikepan

» PPS Kevikepan menyatukan/mengintegrasikan hasil rekap dari semua Paroki juga dengan menggunakan format atau panduan pelaporan hasil penjaringan PPS Kevikepan dan menyerahkannya ke PPS KAMS.

» Dan hasil integrasi dari PSS KAMS selanjutnya akan dsampaikan kepada Tim SC Sinode Diosesan KAMS 2012 untuk menjadi salah satu materi utama dalam Sinode.

E . LAIN – LAIN

» Doa Persiapan Sinode hendaknya selalu didoakan dalam pertemuan-pertemuan dengan umat basis.

» Untuk memfasilitasi kemudahan dalam mendampingi umat basis dalam penjaringan aspirasi dan refekski Ardas KAMS, maka PPS KAMS telah menyusun modul panduan yang dapat digunakan sebagai referensi di umat basis yang sifatnya amat fleksibel.

» Dan begitu pula untuk memudahkan pelaporan berjenjang, rekapitulasi nhasil berjenjang , maka untuk referensi pula, PPS KAMS telah membuat format laporan dari umat basis sampai integrasi PPS KAMS.


Jadwal Kerja

# Sampai akhir Agustus 2010: Kunjungan PPS KAMS ke Kevikepan-Kevikepan

# September 2010:

* Pembentukan PPS Kevikepan dan PPS Paroki

* Pembekalan Fasilitator umat basis di Paroki

# September – Desember 2010: Pertemuan di Basis – Basis

# Januari 2011:

* Rekap hasil umat basis di tingkat Paroki oleh PPS Paroki

* Integrasi hasil Paroki di tingkat Kevikepan oleh PPS Kevikepan

# Februari - Maret 2011: Integrasi di tingkat Keuskupan oleh PPS KAMS untuk diserahkan ke SC Sinode Diosesan 2012. *** Penulis:May Januar, PPS KAMS

Tidak ada komentar: