Senin, 30 Juni 2008

Pemilihan Koordinator Karismatik Katolik KAMS Periode 2008 – 2011


Minggu 27 April 2008 bertempat di hotel Yasmin Makassar, telah dilaksanakan Rapat Pleno Besar Pemilihan Koordinator BPK PKK KAMS untuk masa bakti 2008 – 2011, berhubung masa bakti BPK PKK KAMS 2005-2008 telah berakhir. Rapat Pleno dihadiri oleh seluruh anggota Pleno BPK PKK KAMS, termasuk utusan dari PD PKK Rantepao dan Pare-Pare (tidak hadir PD PKK Makale dan Palopo). Hak suara dalam pemilihan BPK PKK KAMS adalah lima orang masing-masing PD PKK dengan membawa surat tugas yang ditandatangani oleh masing-masing Koordinator PD PKK. Pada kesempatan ini jumlah yang berhak memberikan suaranya sebanyak 47 orang. Calon koordinator untuk dipilih sebagai Koordinator baru diusulkan dari masing-masing PD PKK, dan calon yang masuk adalah: Frida Susanti, Ade Bisono, Fidelis Tandiari, Anton Sedjie dan Hendra Kosman. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon koordinator harus hadir pada saat pelaksanaan pemilihan. Berhubung Bpk. Fidelis Tandiari tidak hadir pada saat pemilihan maka dengan sendirinya tidak berhak untuk dipilih, sehingga calon koordinator yang maju untuk pemilihan adalah Frida Susanti, Ade Bisono, Anton Sedjie dan Hendra Kosman. Pemilihan dilaksanakan dengan cara discernment sesuai anjuran dari International Catholic Charismatik Renewal Services (ICCRS) dengan memohon penegasan dari Roh Kudus, “Karena bukan kamu yang memilih Aku, melainkan Aku yang memilih kamu” (Yoh 15:16). Sebelum pemilihan dilaksanakan P. Fransiskus Pontoh, MSC, moderator BPK PKK KAMS memberi penjelasan tentang pemilihan dengan cara discernment dan memimpin doa. Pemilihan tahap pertama untuk mendapatkan tiga nama calon untuk masuk dalam proses pemilihan selanjutnya, dan yang masuk dalam proses pemilihan selanjutnya adalah Frida Susanti (28 suara), Hendra Kosman (9 suara), sedangkan Anton Sedjie memperoleh 4 suara (tidak masuk dalam proses selanjutnya).

Tahapan kedua adalah tahapan yang menentukan siapa yang terpilih sebagai koordinator BPK PKK KAMS untuk periode 2008 – 2011. Pada tahapan ini ketiga nama calon tersebut dimasukkan kedalam amplop tertutup kemudian diberi kode A, B dan C. Selanjutnya para pemilih dengan suasana doa dan memohon bimbingan Roh Kudus, para pemilih hanya menuliskan pada kertas suaranya kode A, B atau C tanpa mengetahui nama yang ada dalam amplop yang telah diberi kode tersebut.

Hasil pada tahapan kedua ini adalah amplop dengan kode A mendapat 27 suara, kode B mendapat 9 suara dan kode C mendapat 10 suara, satu suara dinyatakan batal karena menuliskan kode lain dari pada yang telah ditentukan. Kertas suara dengan kode tertinggi dinyatakan sebagai yang terpilih sebagai koordinator BPK PKK KAMS untuk periode 2008-2011, dan hasilnya adalah amplop dengan kode A (27 suara) atas nama Hendra Kosman, amplop dengan kode B, (9 suara) atas nama Ade Bisono, dan amplop dengan kode C (10 suara) atas nama Frida Susanti. Dengan hasil tersebut di atas maka yang terpilih sebagai koordinator BPK PKK KAMS untuk periode 2008-2011 adalah Hendra Kosman (Koordinator PD PKK Gotong-Gotong) dengan demikian Hendra Kosman harus dengan rela meletakkan jabatannya sebagai koordinator PD PKK Gotong-Gotong, karena dalam persyaratan koordinator BPK PKK KAMS tidak boleh merangkap sebagai koordinator PD PKK.

Untuk pemilihan ini dibentuk Panitia Pemilihan yang diberi nama Panitia Persiapan Pengurus Badan Pelayanan Keuskupan Agung Makassar (P4BPK PKK KAMS), dengan ketua Julius Yunus Tedja, wakil ketua Ade Bisono, sekretaris umum FX. Hendra Wijaya, sekretaris I Emiline Gosali, sekretaris II Anton Sedjie.*** Penulis: FX. Hendra Wijaya

Tidak ada komentar: