Senin, 30 Juni 2008

Kronik Keuskupan Agung Makassar Maret - Mei 2008

2 Maret
Sekelompok imam diosesan bersama P. Kamelus Kamus cicm mengunjungi paroki-paroki di kodya Makassar. Mereka bernyanyi pada perayaan Misa Sabtu dan Minggu, dalam rangka pengumpulan dana untuk kegiatan Munas Unio yang akan digelar di Makassar dan Toraja pada Agustus 2008.

3 Maret
Setelah bertahun-tahun menderita diabetes, P. Arie Maitimo (54 tahun) menghembuskan nafas terakhir di RS Stella Maris pkl. 19.00. Mendiang adalah adik P. Alex Maitimo dan Sr. Louise Maitimo YMY. Semoga beristirahat dalam damai.

4 Maret
Pukul 18.00 misa tirakatan diadakan untuk mendiang P. Arie Maitimo, dihadiri Bapa Uskup dan ratusan umat. P. Rudy Kwary memimpin misa konselebrasi dengan mengangkat seruan Ayub: “Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil. Terpujilah namaNya”.

5 Maret
Panitia Munas Unio KAMS bersama Rm. Ferry dan Rm. Wanto (Pengurus Unio Indonesia) mengadakan pertemuan di Katedral dalam rangka persiapan Munas Unio di Makassar, Agustus 2008. Siang hari mereka bertemu Uskup KAMS yang juga salah satu Penasehat Pengurus Unio Indonesia.

Pukul 20.00 misa tirakatan dipimpin oleh P. Victor Patabang bersama 35 imam untuk mendiang P. Arie Maitimo. Dalam misa diadakan sharing pengalaman dari dua mantan murid (P. Bartho Sire’pen dan P. Fredy Rantetaruk), serta 2 dari 4 teman kelas mendiang: P. Stanis Dammen dan P. Lucas Paliling. P. Alex Maitimo mengakhiri sharing dengan refleksi kehidupan mendiang sebagai “pelayan Tuhan”. Pagi hari, Wakil Walikota Makassar Bpk Hery Iskandar datang melayat.

Malamnya, Uskup Agung menghadiri acara “Pengantar Tugas Kapolda Sulsel Lama dan Baru” di MGH.

6 Maret
Pukul 8 pagi disertai hujan deras, umat berkumpul di aula keuskupan di sekeliling jenasah P. Arie Maitimo. Upacara pelepasan dipimpin Vikjen P. Ernesto, kemudian jenasah diantar ke Katedral. Bapak Walikota menyempatkan diri mampir untuk memberikan penghormatan terakhir. Misa requiem dipimpin oleh Bapa Uskup, didampingi 70 imam konselebran. Dalam homilinya, Bapa Uskup mengingat kesetiaan dan kesediaan P. Arie dalam setiap tugas yang diberikan. Setelah misa, jenasah diantar ke Taman Pemakaman Rohaniwan-Rohaniwati Pakatto. Hujan telah reda, sehingga upacara pemakaman yang dipimpin Bapa Uskup dapat berjalan lancar.

8 Maret
Dalam semangat dialog antar-umat beragama, Forum Komunikasi antar Umat Beragama di Makassar mengunjungi pemimpin umat Hindu di kota ini, Bapak Nyoman. Turut serta dalam kunjungan ini: Bapa Uskup, Vikjen P. Ernesto, Sekretaris P. Frans Nipa, Wakil Sekretaris P. Marsel Lolo Tandung dan Bpk. Herman Senggeh.

Sore hari Uskup Agung diwawancarai oleh Herr Christian Selbherr dan Herr Fritz Stark, wartawan dan fotografer majalah Missio München, Jerman. Materi wawancara sekitar budaya Toraja dan Kekristenan. Malam harinya mereka berangkat ke Toraja dan kembali ke Makassar 12 Maret.

9 Maret
Misa malam ke-7 P. Arie Maitimo digabungkan dengan Misa Sabtu malam pkl. 18.30 di gereja Katedral.

10 Maret
P. Fredy Rantetaruk, P. Stef Salenda dan P. Marsel Lolo Tandung berangkat ke Purwokerto untuk mengikuti kegiatan Pelatihan PCM (Project Cycle Management).
Pukul 11.30 diadakan Rapat Kuria KAMS.
Pukul 17.30 Uskup Agung bersama Ekonom KAMS melayat ke rumah mendiang Ibu Belly Linggi di Jl. G. Merapi, Makassar. Beliau meninggal sehari sebelumnya.

13 Maret
Perwakilan Missio mengunjungi Bapa Uskup, diikuti dengan Pertemuan Forum Komunikasi antar Umat Beragama. P. Paulus Tongli mengundang para pemuka agama untuk berdiskusi dengan tamu dari Misio.

15 Maret
P. Frans Nipa berangkat ke Timika, Papua untuk melayani selama Pekan Suci dan Paskah. P. Albert Arina berangkat ke Bone, dan P. Marsel Lolo Tandung melayani di Suppirang, Sulawesi Barat selama Pekan Suci.

Pukul 09.00 Bapa Uskup dikunjungi Fr. Gaby, Vice General CICM dari Roma, diantar oleh Vikjen KAMS. Beliau tiba di Makassar sehari sebelumnya dalam rangka mengunjungi rekan-rekan CICM dan tinggal sampai 18 Maret.

26 Maret
Pukul 08.45 Frater MSC yang selesai menjalankan TOP-nya di Saluampak diantar oleh Vikep Luwu datang berpamitan kepada Bapa Uskup untuk melanjutkan studi menuju imamat.
Pukul 19.30 Bapa Uskup menghadiri acara “Dharma Shanti Tahun Baru Saka 1930 PHDI” di Balai Manunggal Mini—Kodam VII/Wirabuana.

27 Maret
Pukul 11.00 P. Alex Lethe dan Bapak Victor Duma’ dari BP Yayasan Paulus bertemu Bapa Uskup untuk membicarakan beberapa hal.
Pukul 12.30 DPH baru Kongregasi Frater HHK bersilaturahmi dengan Bapa Uskup setelah terpilih dalam Kapitel Umum dan sekaligus membicarakan sejumlah hal.

30 Maret
Kelompok Marriage Encounter (ME) merayakan Paskah dengan Perayaan Ekaristi dan piknik di Pantai Tanjung Bayang. P. Paulus Tongli sebagai moderator ME ikut serta dalam kegiatan ini. Bapa Uskup juga menyempatkan diri hadir pada akhir acara.

31 Maret
Setelah lama terbaring sakit, Sr. Cansia Toar YMY menghembuskan nafas terakhir pada pukul 6.15 pagi di RS Stella Maris. Mendiang berusia 79 tahun. Jenasahnya dibaringkan di Kapel Stella Maris sebelum diberangkatkan ke peristirahatan terakhir.

Pukul 10.00 Uskup Agung bertemu Superior Daerah MSC dan membahas beberapa hal.
Pukul 11.15 Uskup Agung bertemu Pastor Paroki Kare P. Stef Tarigan CICM membicarakan masalah pengurusan IMB gereja Kare.

1 April
Bapa Uskup Mgr. John Liku-Ada’ memimpin Misa Requiem Sr. Cansia Toar YMY di Kapel RS Stella Maris. P. Jaak Catteuw sebagai pastor rumah sakit hadir sebagai konselebran. Setelah Misa, jenasah diberangkatkan ke pemakaman para suster YMY di Malino.

Malamnya Uskup Agung memenuhi undangan menghadiri resepsi pernikahan putera Bpk. H.A. Tjonneng Malombassang, mantan Sekda Propinsi Sulsel.

2 April
Dua bersaudara yang baru ditahbiskan sebagai imam MSC, P. Aris dan P. Edy MSC, merayakan misa pertama di paroki mereka di Labasa, Pulau Muna. Semua imam-imam di Kevikepan Sulawesi Tenggara turut hadir. Sementara ibunda kedua imam bersama kerabat tampak sangat gembira menyaksikan keduanya menjadi imam.

3 April
Dewan Keuangan KAMS yang dipimpin oleh P. Ernesto mengadakan pertemuan.
Uskup Agung menghadiri acara HUT ke-62 Persit Kartika Chandra Kirana di Makodam.

4 April
Acara HUT ke-70 P. Isidorus Rumpu Kaniu dan HUT ke-34 P. Jeri Doki di Seminari Petrus Claver.

5 April
Beberapa anggota PUKAT (Persekutuan Usahawan Katolik) Makassar berangkat mengikuti tour ke China, Vietnam, Kamboja, Macau. Turut mendampingi: Bapa Uskup dan moderator PUKAT, P. Hendrik Njiolah.

Komisi Kepemudaan KAMS yang dipimpin P. Yulius Mali, serta Pastor Mahasiswa P. Leo Sugiyono MSC, mengadakan Perayaan Paskah Kaum Muda sekevikepan Makassar di Celebes Convention Center, Tanjung Bunga, pukul 18.00.

8 April
Hari ini diadakan upacara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan terpilih, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang. Upacara diadakan di lapangan Rumah Jabatan Gubernur dan dihadiri para pejabat pemerintahan, militer, pemuka agama dan masyarakat. Vikjen P. Ernesto mewakili Uskup hadir dalam acara ini. Tamu yang datang melebihi jumlah kapasitas kursi yang disediakan panitia. Di akhir acara, P. Ernesto bersalaman dengan Gubernur dan Wakil Gubernur dan menyampaikan ucapan selamat dari Bapa Uskup.
P. Leo Sugiyono dan P. Carolus Patampang bersama Ledi dari Mariso berangkat ke Surabaya menghadiri pertemuan nasional Komisi Kepemudaan.

11 April
Malam hari di Katedral diadakan Misa 40 hari meninggalnya P. Arie Maitimo. Pastor Paroki, P. Piet Timang bersama Vikjen P. Ernesto dan Sekjen P. Frans Nipa memimpin Perayaan Ekaristi. Umat yang datang antara lain para suster, frater, beberapa imam, juga saudara kandung mendiang, P. Alex Maitimo.
Badan Pembangunan Prasarana Pastoral (BP3) KAMS yang dipimpin P. Stefanus Tarigan mengadakan pertemuan untuk membahas beberapa proposal proyek yang belum terlaksana.

13 April
P. Yulius Mali, Ketua Komisi Kepemudaan KAMS berangkat ke Jakarta menghadiri Pertemuan Persiapan Pekan Pemuda Sedunia (World Youth Day) 2008 di Sydney.

18 April
Ketua Komisi Keluarga KAMS, P. Jos van Rooy berangkat ke Manado menghadiri Pertemuan tentang Keluarga.

20 April
Komunitas Sang Tunas mengadakan jamuan malam perpisahan dengan dosen Islamologi, Bpk. Yusuf dari UIN Makassar. Beliau memperoleh beasiswa untuk kuliah doktorat di luar negeri dan akan meninggalkan Makassar bersama keluarga. Bpk. Yusuf telah mengajar Islamologi kepada novis CICM selama 5 tahun dan dikenal sebagai orang yang bersahabat dan pengajar yang cerdas. Beliau menjalin pertemanan dengan komunitas, khususnya P. Kamelus Kamus dan P. Lasber Sinaga.

24 April
Dewan Konsultor periode 2008-2013 yang terdiri: Uskup, P. Ernesto Amigleo, P. Jos van Rooy, P. Mateus Bakolu, P. Christofel Sumarandak, P. Jimmy Sattu, P. Frans Arring, P. Willy Welle, P. Rudy Kwary, dan P. Frans Nipa (notulis) mengadakan rapat pertama di tahun 2008. Rapat pertama ini dibuka dengan pengambilan sumpah khususnya menyangkut rahasia jabatan. Rapat membahas antara lain program kerja masing-masing kevikepan.
Malam hari, Persekutuan Doa Karismatik Katolik Paroki Andalas merayakan 13 tahun berdirinya kelompok mereka. Pembicara dalam acara ini adalah Ibu Jovita dari Surabaya. Hadir bersamanya sang suami yang membagikan pengalaman Panggilan Kristus dalam hidupnya. Gereja Paroki Andalas dipenuhi sekitar 500 umat dari berbagai paroki.

25 April
Pertemuan Uskup Agung, Sekretaris KAMS dan Vikep Sulbar untuk membicarakan beberapa hal.

27 April
Para pengurus dan anggota Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) KAMS mengadakan pemilihan Koordinator periode 2008-2013 di Hotel Yasmin pukul 10 pagi. Acara dibuka dengan pujian selama 30 menit, kemudian kata sambutan oleh Julius Tedja. Laporan pertanggungjawaban disampaikan Koordinator Pengurus PDKK KAMS Ade Bisono berisi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama 3 tahun. Sesudah makan siang, pemilihan Koordinator baru diadakan dengan Metode Pembedaan Roh. Hasilnya adalah Hendra K dari Paroki Gotong-gotong terpilih sebagai Koordinator Periode 2008-2011. Turut hadir dalam acara ini: Moderator PDKK KAMS P. Fransiskus Pontoh, P. Hendrik Njiolah, P. Agus Tikupasang, dan Vikjen P. Ernesto.
Malam hari kelompok Jeduthun Salvation Ministry, kelompok karismatik kaum muda berkumpul mengadakan Pelayanan bersama drg. Hendi dari Surabaya yang membahas mengenai Kebangkitan Yesus Kristus. Lebih dari 50 anggota sel hadir bersama Moderator P. Ernesto.

29 April
Pagi hari, pertemuan Uskup Agung dan Panitia Pembangunan Rumah Ibadah (Gereja Paroki) Sudiang-Mandai.
Siang hari, Bapa Uskup menghadiri Misa RIP mendiang kakak Sr. Ines YMY di gereja St. Fransiskus Assisi Panakukkang.

30 April
Bapa Uskup menerima Panitia Tahbisan Imam dari Paroki Gotong-gotong (tahbisan direncanakan 2 Agustus 2008).

1 Mei
Setelah mengikuti kuliah Islamologi selama 1 semester, 7 novis CICM memulai kegiatan interaksi langsung bersama keluarga muslim di kota ini.
Bapa Uskup memberikan Sakramen Krisma kepada 44 kaum muda di Paroki Kristus Raja Andalas pada Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga hari ini.
Sore hari pukul 16.30 diadakan Rapat Kuria KAMS.

2-3 Mei
Pagi hari Pengurus Yayasan Sentosa Ibu berangkat ke Pare-pare untuk menghadiri Perayaan 54 tahun berdirinya RS Fatima dan juga mengadakan rapat tengah tahunan. Acara dimulai dengan Perayaan Misa dipimpin oleh Pastor Paroki Pare-pare P. Willem Tulak, dan Pastor Ernesto. Setelah jamuan siang, pengurus Yayasan memulai Rapat selama dua hari membahas anggaran dan rencana pengelolaan RS dan Akademi Perawat, serta mengevaluasi laporan keuangan dan program kerja tahun 2007.

Pertemuan gabungan dengan Panitia Pembangunan tiga gereja pusat paroki (Kare, Tello, dan Sudiang) dengan Pimpinan KAMS.

5 Mei
P. Maris Marannu, P. Marsel Lolo Tandung dan Vikjen P. Ernesto berangkat ke Tumpang, Malang untuk mengikuti Retret Para Imam gelombang kedua selama 5 hari. Retret dibawakan oleh Sr. Briege Mckenna OSC dan P. Kevin Scallon CM dari Amerika Serikat. Retret diadakan di Pertapaan Karmel yang dikelola oleh Suster-suster Puteri Karmel. Sejumlah 141 imam dari seluruh Indonesia mengikuti retret. Retret Imam diikuti oleh imam-imam dari KAMS: P. Piet Timang, P. Eltus Mali, P. Agustinus Sem, P. Yohanes Rante Galla. Sementara P. Samson Bureny, P. Patrick Galla, P. Victor Patabang dan P. Yoseph Padang telah mengikuti retret gelombang pertama pada 26-30 April 2008. Topik retret: Kehidupan Imam sebagai Sakramen Kasih.

Sekretaris P. Frans Nipa ke Toraja dalam rangka pemberkatan rumah baru biara Suster SFIC di Sangalla.

6 Mei
Sekolah Tinggi Teologia Intim mengadakan Semiloka Penanggulangan HIV-AIDS di Hotel Makassar Golden diteruskan dengan Pelatihan Aksi dan Pendampingan di Hotel Grand Wisata. Acara ini diikuti para pemimpin dan aktivis gereja-gereja Protestan dari berbagai wilayah di Indonesia Timur. Dari gereja Katolik hadir 4 peserta termasuk Vikep Makassar P. Jos van Rooy.

9 Mei
Uskup Agung menghadiri acara pengambilan sumpah Bpk. H. Moh. Roem SH, MSi sebagai Ketua DPRD Sulsel Pengganti Antar Waktu Masa Bakti 2004-2009 di gedung DPRD Prop. Sulsel. Untuk pertama kali dalam hidup Bapa Uskup harus pakai peci. Bagaimana rasanya, Mgr?

10 Mei
Uskup Agung bersama P. Stef Tarigan, ketua BP3 KAMS membicarakan beberapa hal al. rencana pemindahan jenasah Mgr. Theodorus Lumanauw dan P. Alex Paat dari Malino ke Taman Pemakaman Rohaniwan/wati Pakatto.

11 Mei
Hari ini Minggu Pentakosta. Sakramen Krisma diberikan oleh Bapa Uskup kepada 60 kaum muda di Paroki Katedral.

12 Mei
Di Paroki Gotong-gotong, Persekutuan Doa Karismatik Katolik mengadakan pemilihan koordinator yang dihadiri sekitar 60 anggota. Setelah berdoa, pemilihan dilakukan. Terpilih sebagai Koordinator Ibu Fony Pondaag.

13 Mei
Ketua Komisi HAK KAMS, P. Paulus Tongli berangkat ke Surabaya untuk mengikuti pertemuan para ketua Komisi HAK. Pertemuan ini diselenggarakan oleh Komisi HAK KWI.
Bersama Sekretaris KAMS, Bapa Uskup menerima Depas Paroki Mamajang membicarakan suatu hal. Setelah itu, Bapa Uskup bertemu dengan Rektor Seminari Petrus Claver.
Siang hari, Bapa Uskup menerima Sekretaris Jaringan Mitra Perempuan KWI yang datang ke Makassar dalam rangka Lokakarya Gender.

14 Mei
Vikep Makassar mengadakan pertemuan dua bulanan di ruangan aula KAMS. Rapat dipimpin oleh Vikep P. van Rooy.
Sore hari, Mgr. John Liku-Ada’ secara resmi membuka Lokakarya dan Animasi Gender di Baruga Kare. Lokakarya diselenggarakan atas kerjasama Jaringan Mitra Perempuan dari KWI dan KPSE bersama Komisi Keadilan dan Perdamaian KAMS. Acara ini diikuti oleh peserta dari lima kevikepan.

16 Mei
Rapat untuk rencana pemindahan jenasah Mgr. Lumanauw dan P. Alex Paat.

17 Mei
Uskup Agung ke Bantaeng dalam rangka kunjungan pastoral. Malam hari diadakan Tatap Muka dengan Pastor Paroki, Depas dan tokoh umat di Bantaeng.

18 Mei
Di Paroki Mamajang, pastor paroki baru P. Johanes Rawung MSC secara resmi dilantik oleh Vikep Makassar P. van Rooy dalam perayaan ekaristi yang dihadiri umat paroki. Pastor paroki ad-interim P. Fransiskus Pontoh MSC mendapa penugasan baru oleh Superior MSC di Manado.

Jeduthun Salvation Ministry mengadakan Seminar Hidup Baru dalam Roh selama tiga hari di sebuah hotel di Malino. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta dan didampingi moderator JSM P. Ernesto.

Di Paroki Bantaeng, Bapa Uskup memberkati Gereja Siti Fatima dan memberikan Sakramen Krisma dan Komuni Pertama.

19-20 Mei
Di Paroki Soppeng diadakan peziarahan tahunan dalam rangka Bulan Maria. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Vikep Makassar P. van Rooy serta Pastor Paroki dan para imam sebagai konselebran.

Bapa Uskup ke Jakarta mengikuti rapat Pembina Karina dan rapat Presidium KWI sampai tanggal 24 Mei.

20 Mei
Perayaan hari raya Waisak bertepatan hari Kebangkitan Nasional diadakan di Balai Prajurit M. Yusuf. Panitia menghadirkan Gede Prama, motivator kondang dari Jakarta sebagai pembawa renungan. Perayaan tersebut dihadiri para suster dari beberapa komunitas dan umat.

23 Mei
Pastor Provinsial CICM, P. Antonius Hestasusilo cicm tiba di Makassar untuk kunjungan selama dua hari.

26 Mei
Para suster YMY di Stella Maris mengadakan jamuan makan siang dalam rangka ulangtahun ke-72 Pastor Rumah Sakit Stella Maris, P. Jaak Catteeuw cicm.

Dalam peringatan satu tahun meninggalnya P. Frank Bahrun, kerangka jenasah Uskup Theodorus Lumanauw yang meninggal tahun 1981, serta mendiang Pastor Alex Paat yang meninggal tahun 2003 dan keduanya dimakamkan di Malino, hari ini dipindahkan ke Pemakaman Para Imam dan Rohaniwan KAMS di Pakatto, Gowa. Pukul 16.30 Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Bapa Uskup bersama konselebran Vikjen P. Ernesto dan Vikep Makassar P. van Rooy di kompleks pemakaman. Sekitar 200 orang yang terdiri imam, biarawan-biarawati dan umat awam menghadiri upacara ini.

27 Mei
Para Imam CICM di Makassar mengadakan rekoleksi yang dibimbing oleh P. Ernesto. Tema rekoleksi “Imam sebagai Sakramen Kasih” diambil dari Retret Para Imam di Malang.

30 Mei
Bertempat di Restoran Himalaya pada pukul 19.00 diadakan acara Bedah Buku “Pembinaan Generasi Muda dengan Proses Manajerial VOSRAM” yang ditulis oleh Drs. Phlips Tangdilintin MM. Sebagai pembedah buku: Ishak Ngeljaratan (kolumnis dan budayawan), P. Yulius Malli (Ketua Komisi Kepemudaan KAMS), dan Drs. Aris Pongpalilu MSi (aktivis GMKI dan KNPI). P. Dr. John Turing memberikan kata pengantar pada awal acara. Vikep P. Jos van Rooy yang turut hadir dalam acara ini menyambut hangat terlaksananya kegiatan ini.
Di akhir acara beberapa peserta memberikan sumbangan dalam upaya penyaluran buku ke daerah-daerah untuk pendampingan Orang Muda Katolik. ***

1 komentar:

agus sale mengatakan...

Siapapun pemilik blog ini, saya salut dengan wujud iman anda mau mengurus hal-hal di KAMS. Pertanyaannya mengapa pihak keuskupan sendiri tidak mempunyai situs sendiri? jangan kalah dong sama keuskupan lain tapi saran saya pakailah yang berbayar, jangan yg gratisan biar lebih ama. Salam damai Kristus, Amin