Sabtu, 17 Desember 2011

Kronik KAMS September - November 2011

1 September
Perayaan Ekaristi penerimaan 14 postulan di Novisiat CICM Sang Tunas. Sesungguhnya diterima 18 orang tetapi hanya 14 orang memenuhi panggilan. Perayaan Ekaristi dipimpin Rektor Program tersebut, P. Lasber Sinaga, CICM. Sesudah misa dilanjutkan parade musik dan nyanyian. Selamat dan sukses kepada 14 orang postulan.

2 orang Suster SFIC bersama Suster Provinsial, Sr. Irene, SFIC tiba dari Pontianak untuk datang ambil bagian dalam karya kerasulan di Baruga Kare. Kedua suster tersebut: Sr. Yohanila dan Sr. Carolina. Selamat datang kepada para suster. Sebagai informasi para suster SFIC sudah bekerja di Sangalla’ dan di Rantepao, Toraja.

P. Sani, MSC, Ketua Komisi Kateketik, Liturgi dan Kitab Suci berangkat ke Ambon mengikuti pertemuan Provinsi Gerejawi MAM untuk membicarakan perkembangan terakhir kerasulan katekese di provinsi ini.

2  September
Para suster SFIC yang akan bekerja di Baruga Kare datang beraudiensi kepada Uskup.

3 September
HUT Pesta Perak Imamat P. Victor Patabang dan P. Herman Panggalo. P. Herman Panggalo merayakannya di lapangan sekolah Bumi Rajawali. Ratusan tamu datang menghadiri perayaan tersebut. Selamat kepada P. Victor dan P. Herman.

5 September
Sanak keluarga P. van Rooy, CICM tiba dari Belanda dalam rangka mengunjungi P. van Rooy yang akan merayakan Pesta Emas Hidup Membiara. Selamat datang di Makassar!

7 September
Mgr. memanggil anggota Dewan Konsultor untuk rapat berkenaan beberapa agenda keuskupan yang penting dan mendesak.

P. Jimmy Sattu, Pastor Paroki Bone-Bone, Luwu Utara, juga merayakan Pesta Perak Imamat, di parokinya. Selamat kepada P. Jimmy.

8 September
Hari ini Perayaan 50 Tahun Hidup Membiara P. van Rooy, CICM. Misa Kudus dilangsungkan di Kapel Frater HHK, di Jalan Kumala.  Diundang semua klerus, khususnya imam CICM, dan juga para biarawan-biarawati. Sesudah misa dilanjutkan resepsi. Selamat kepada P. van Rooy. Bersamaan dengan itu di Jakarta dilangsungkan juga perayaan serupa untuk para Konfrater CICM khususnya P. Gilbert Keirsbilck, CICM dan juga merayakan 50 Tahun Hidup Membiara.

Legio Maria merayakan HUT ke-90 sedunia. Di Makassar perayaan diadakan di Gereja St. Joseph Pekerja Gotong-Gotong. Misa Konselebrasi dipimpin Pastor Paroki, P. Hendrik Njiolah, didampingi Moderator Legio Maria KAMS, P. Rudy Kwary dan Moderator Legio Paroki Gotong-Gotong, P. Agus Tikupasang. Selamat kepada segenap Legioner KAMS.

9 September
Hari ini adalah puncak Perayaan Pesta Perak Imamat keempat imam diosesan (P. Alex Lethe, P. Herman Panggalo, P. Victor Patabang dan P. Jimmy Sattu). Perayaan Pesta Perak ini dirangkaikan dengan sejumlah wujud lainnya yakni Pesta Emas Hidup Membiara P. van Rooy, CICM, HUT Seminari Jl. Gagak dan Pesta Pelindung SPC yakni St. Petrus Claver. Perayaan Ekaristi dipimpin langsung Uskup Agung Makassar, Mgr. John Liku-Ada’, didampingi kelima yubilaris dan pimpinan SPC; berlangsung di Gereja Paroki Mariso. Sesudah misa disambung resepsi yang diadakan di halaman Seminari. Ratusan tamu, termasuk sanak keluarga para yubilaris dan 120 orang seminaris menghadiri acara tersebut Perayaan yang sakral dan agung untuk dikenang oleh para yubilaris!

10 September
Misa Pembukaan Tahun Kuliah 2011/2012 dipersembahkan P. Ignas Sudaryanto, CICM (Pastor Kampus) di Univ. Atma Jaya. Hadir 350 orang;  selamat kepada para mahasiswa baru.

Sore hari di Kapel Stella Maris dirayakan perayaan Ekaristi berkenaan Pesta Perak Hidup Membiara Sr. Patricia Ngala, JMJ, Sr. Consalata Mangkey, JMJ. Perayaan dipimpin Vikjen P. Ernesto didampingi P. Marcel Rarun, MSC. Dalam homili P. Ernesto mengajak merenungkan spiritualitas dan makna hidup religius dalam Gereja dan hidup modern. Lebih 100 orang ambil bagian dalam perayaan ini yang sesudahnya dilanjutkan dengan resepsi di refter biara. Diucapkan selamat kepada Sr. Patricia dan Sr. Consalata.

P. van Rooy, CICM bersama saudaranya dan kawan-kawannya berangkat ke Jakarta untuk menggabungkan diri dengan P. Gilbert Keirsbilck, CICM merayakan Pesta Emas Hidup Membiara yang akan dilangsungkan di Bojong pada hari Minggu, 11 September 2011.

12 September
Dewan Keuangan KAMS mengadakan rapat dengan Tim Kelapa Sawit Laimbo untuk mengevaluasi perkembangan terakhir dari pekerjaan di sana. Rapat digelar di aula KAMS.

P. Ignas Sudaryanto, CICM berangkat ke Jakarta untuk menghadiri rapat para Ketua Komisi Keluarga yang difasilitasi KWI.

P. Rudy Kwary, Ketua Komsos KAMS berangkat ke Bali untuk pertemuan Signis. Signis adalah donatur sponsor Vatikan yang membiayai penginjilan melalui televisi dan radio.

13 September
Pertemuan rutin Kevikepan Makassar, dibuat di Aula KAMS dan dimulai pkl. 10.00 pagi. Beberapa agenda dibicarakan a.l. usulan rekoleksi para imam, informasi persiapan sinode KAMS 2012, evaluasi acara tahunan di Bumi Rajawali berkenaan perayaan Bunda Maria Diangkat ke Surga. Pertemuan kevikepan dihadiri 25 imam.

14-16 September
Situasi mencekam meliputi kota Makassar dan sekitarnya berkenaan peristiwa pembunuhan oleh seorang oknum yang terjadi di depan Makassar Town Square di Tello. Akibatnya ribuan masyarakat Flores diungsikan segera di kompleks tentara dan asrama polisi.  Para relawan termasuk Caritas Makassar turun tangan membantu para pengungsi. Untunglah Pemda setempat dan aparat bersama tokoh masyarakat segera mengambil langkah-langkah untuk mengembalikan situasi kondusif.               

17 September
Situasi kota Makassar kembali kondusif. Kita berterima kasih kepada petugas dan aparat yang sudah mengambil langkah-langkah pengamanan. Para pengungsi sudah kembali ke rumah sekalipun masih ada rasa ketakutan.

19 September
Hari ini Sr. Benedicta Bororing, JMJ merayakan Pesta Perak Hidup Membiara. Misa Kudus dipimpin oleh Vikjen, P. Ernesto Amigleo, CICM; mengambil tempat di Kapel Biara Rajawali. Dalam homilinya ditekankan motto dari yubilaris “Tuhanlah gembalaku”. Sesudah misa dilangsungkan resepsi sederhana; selamat kepada Sr. Benedicta.

Sore hari diadakan pertemuan Panitia Persiapan Sinode KAMS 2012 di Aula KAMS. Begitu juga Tim Perangkum yang diketuai P. Paulus Tongli memulai tugasnya yang berat yakni merangkum laporan-laporan yang diterima dari kelima kevikepan.

21 September
Pagi ini Bapa Uskup mengadakan dua rapat. Pertama rapat dengan Panitia Pengadaan Gereja di Tanjung Bunga. Materi menyangkut langkah-langkah strategis untuk mengurus IMB. Rapat dihadiri juga anggota BP3KAMS. Pertemuan kedua, pertemuan dengan tukang gambar dari rencana pembangunan pusat animasi di Kendari. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan master-plan pekerjaan sekaligus meletakkan pembangunan Biara Claretian dalam kompleks tersebut yang nantinya akan mengelola pusat animasi.

Pada sore hari diadakan rapat pleno Panitia Sinode KAMS 2012 (baik OC maupun SC) untuk mendiskusikan sejumlah hal; pertemuan ini juga dihadiri Uskup.

22 September
Ibu Aqualina Payung (sering dipanggil Lina), staf ekonomat, memasuki masa pensiun dan untuk itu diadakan Misa Kudus dan pemberian penghargaan (berupa liontin); Misa Kudus dipimpin langsung oleh Mgr. John Liku-Ada’ dan bertempat di Kapel Uskup. Sesudah Misa, pada saat snack bersama, diumumkan juga pegawai KAMS yang mempunyai kinerja yang baik selama periode Januari-Juni 2011 yakni Patricia Silitonga (alias Butet), pegawai resepsionis. Selamat kepada Lina dan Butet.

23 – 25 September
Komunitas Fidei, yang dimulai P. Ignas Sudaryanto, CICM, beranggotakan para suami dan ambil bagian dalam kerasulan Komisi Keluarga. Mereka mengorganisir kegiatan selama 3 hari, hanya bagi para suami, mengambil tempat di Baruga Kare Makassar. Para narasumber dari Surabaya: Bp. Mikael Jatmiko, Bp. Tjendana, Bp. Henrikus Theodores dan Bp. Benny Lolang; semuanya men-sharingkan pengalaman mereka yang matang dan pertobatan dalam menghidupi sakramen perkawinan. 34 suami yang datang dari berbagai tempat dalam keuskupan ini, salah satunya datang dari Bali, ikut berpartisipasi. Misa Pembukaan dipimpin oleh P. Sani, MSC dan Ekaristi Penutup dipimpin oleh P. Ernesto Amigleo, CICM, yang sekaligus bertindak sebagai salah seorang fasilitator.




23 September
P. Sani, MSC bersama Sekretaris Eksekutif Komisi Liturgi KWI berangkat ke Bau-Bau, Labasa dan Raha untuk Seminar Liturgi.

24 September
Depas Paroki Andalas dipimpin pastor parokinya, P. Maris Marannu mengadakan pertemuan dengan Uskup dan BP3KAMS untuk membicarakan rencana pembangunan dan relokasi gereja.

25 September
Bapa Uskup menerimakan sakramen krisma kepada 150 orang muda di gereja paroki Gotong-gotong; didampingi Pastor Paroki, P. Hendrik Njiolah dan Pastor Bantu, P. Agus Tikupasang. Diucapkan selamat kepada para krismawan baru juga para Pembina yang telah mendampingi selama beberapa bulan.

Di Minanga, Tana Toraja, dilaksanakan inaugurasi paroki baru “Paroki Sto. Yohanes Rasul” Minanga. Inaugurasi dan perayaan Ekaristi Konselebrasi dipimpin oleh Pastor Vikep Toraja, P. Frans Arring didampingi para pastor yang hadir. Sekaligus perayaan ini merupakan ucapan selamat datang kepada P. Fhilipus Kala’ selaku Pastor Paroki dari paroki yang baru ini. Kepada P. Fhilipus diucapkan selamat menggembalakan domba-dombaNya.

26 September
Rekoleksi bulanan para pastor CICM Distrik Makassar dibuat di Novisiat Sang Tunas; difasilitasi P. Lasber, CICM.

P. Sani, MSC bersama Sekretaris Eksekutif Komisi Liturgi KWI, Rm. Bosco da Cunha, O.Carm berangkat menuju Mamuju untuk seminar Liturgi bagi para Pengantar Stasi di sana. Sesudahnya mereka melanjutkan perjalanan ke Messawa untuk agenda kegiatan yang sama.

27 September
Dalam rangka kunjungan Ad Limina kepada Sri Paus di Vatikan, Mgr. John Liku-Ada’ berangkat meninggalkan Makassar menuju Jakarta untuk bergabung dengan para Uskup Indonesia lainnya menuju ke Roma. Pastor Vikjen dan Pastor Ekonom mengantar Bapa Uskup ke Bandara. Selamat jalan Monsignor, salam hangat dari kami semua di Makassar kepada Santo Bapa.

29 September
Dalam rangka Pesta Perak Paroki St. Fransiskus Assisi tanggal 9 Oktober 2011 Pastor Paroki mengundang Pastor Vikjen dan Pastor Sekretaris menjadi pembicara dalam seminar di Paroki Assisi dengan materi eklesiologi paroki dan pengelolaan harta benda gerejawi. Hadir dalam seminar tersebut 35 orang pengurus depas, wilayah  dan rukun dari paroki tersebut.

30 September
Tim Peduli Pendidikan (TPP) KAMS yang diketuai Bp. Julius Yunus Tedja mengadakan rapat di kantor Vikjen untuk mematangkan rencana mendatangkan seorang ahli pendidikan untuk sebuah workshop dengan kelompok sasaran para guru Katolik di KAMS. Workshop diselenggarakan pada 16 Oktober 2011 di Aula KAMS.

1 Oktober
AKPER Fatima Parepare menyelenggarakan Wisuda ke-8 di Hotel Clarion Makassar. Hadir di antaranya Pengurus Yayasan Sentosa Ibu. Selamat kepada para lulusan, kepada Direktur AKPER, senat, orangtua dari para lulusan dan juga kepada pengurus yayasan.

P. Lasber Sinaga, CICM berangkat menuju Singapura untuk menggantikan P. Sarwi, CICM melayani paroki selama 2 minggu. P. Sarwi bertugas mengantar umat parokinya dalam sebuah tour ke tanah suci dan Eropa.

Sementara itu P. Sani, MSC dan Rm. Bosco da Cunha, O.Carm tiba dengan baik di Makassar sesudah beberapa hari berada di Mamuju dan Messawa, Sulbar.

2 Oktober
Di Palopo, Vikep Luwu, P. Chris Sumarandak, MSC melantik pastor paroki yang baru, P. Willi Welle menggantikan P. Frans Tandipau, dalam sebuah perayaan Ekaristi yang dihadiri banyak umat. Kepada P. Frans kita mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang diberikan selama ini dan kepada P. Willi diucapkan selamat dan sukses melayani umat di Palopo.

Sementara itu di Gereja Paroki Kare, Pastor Vikjen didampingi Pastor Paroki, P. Stef Tarigan, CICM menerimakan Sakramen Krisma kepada 148 orang muda. Selamat kepada para krismawan yang baru, orang tua mereka, pastor paroki dan depas serta para pendamping yang mendampingi mereka selama beberapa minggu. Semoga anda menghasilkan buah yang melimpah sebagaimana diharapkan Yesus dalam bacaan-bacaan liturgi hari ini.

03 Oktober
Tim penyusun Draft yang ditugaskan oleh Tim Persiapan Sinode KAMS 2012 melanjutkan kerja keras mereka merangkum semua laporan/data yang dikumpulkan dari 5 (lima) kevikepan. Mereka mengadakan 2 hari pertemuan di Baruga Kare.

Sementara itu, P. Ignas Sudaryanto, CICM  berangkat ke Jakarta untuk menyelenggarakan/melayani misa perkawinan  dari seorang sahabatnya. Pada waktu yang sama beliau akan melanjutkan pemeriksaan atas operasi lutut yang dialaminya sebulan yang lalu.

04 Oktober
Pastor Frans Nipa berangkat ke Tana Toraja. Beliau akan memberikan kuliah di Stikpar-Rantepao hingga hari Kamis.

05 Oktober
Karena Bapa Uskup sedang berada di luar negeri, Vikjen P. Ernesto Emigleo, CICM mewakili beliau dan keuskupan dalam perayaan HUT TNI ke-66 yang diselenggarakan di kompleks Angkatan Laut Makassar. Di samping parade militer ditampilkan juga beberapa atraksi; di antaranya simulasi bagaimana tentara meringkus seorang terroris dan atraksi mengagumkan dari para penerjun payung yang terjun dari ketinggian 20.000 kaki dan mendarat dengan selamat diiringi oleh tepukan tangan meriah dari para penonton.

Tim Perangkum Sinode KAMS 2012 menyelesaikan tanggungjawab mereka merangkumkan laporan-laporan dari kevikepan-kevikepan. Rangkuman tersebut segera dikirimkan kembali  ke kevikepan-kevikepan untuk dikoreksi; ditambahkan atau disisipkan beberapa catatan penting dan spesifik. Setelahnya, Tim akan menyelesaikan rangkuman tersebut sebelum diserahkan ke SC (Steering Committee).

06 Oktober
Sebagai persiapan perayaan 25 tahun paroki Sto. Fransiskus Asisi di Panakukang, panitia mengadakan Fancy Fair selama 4 (empat) hari, yang dibuka secara resmi oleh Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM didampingi oleh Pastor Paroki, P. Viktor Patabang  dengan pemotongan pita dan pelepasan 2 (dua) burung merpati ke udara. Acara dimulai dengan tarian barongsai. Setelah itu disampaikan sambutan oleh pastor Vikjen.

Sekitar 40 stand yang menjual berbagai barang kebutuhan dan makanan didirikan sekitar lokasi geraja. Puncak perayaan diadakan pada hari Minggu dalam sebuah Perayaan Ekaristi yang dirangkaikan dengan penerimaan Sakremen Krisma.

8 Oktober
Dalam rangka perayaan 75 tahun keberadaan Gereja Lokal KAMS dan kehadiran Misionaris CICM di Makassar yang akan digelar pada tahun 2012, Tim Pemerhati Pendidikan KAMS (TPP KAMS) bertemu untuk mendiskusikan teknik pelaksanaan sebuah workshop. Bentuk kegiatan adalah Neuro Linguistic yang dibawakan oleh Frans Budi dari Jakarta yang diadakan pada 16 Oktober 2012 dan dihadiri oleh guru-guru katolik dari Toraja dan Makassar. Rapat ini  difasilitasi oleh Bpk Julius Tedja selaku Ketua TPP KAMS.

9 Oktober
Paroki St. Fransiskus Asisi merayakan pesta perak pelindung paroki dengan perayaan ekaristi dan dirangkaikan dengan penerimaan Krisma kepada 70 anak. Perayaan ini dipimpin Vikjen KAMS P. Ernesto dan didampingi oleh P. Victor Patabang, Pr.  Selamat kepada krismawan yang baru beserta dengan keluarga. Fancy Fair yang diadakan di halaman gereja berlangsung hingga pukul 10 malam.

P. Sani MSC berada di Paroki Parepare untuk memberikan seminar Liturgi kepada para pengurus paroki.

10 Oktober
Para Imam menginguti retret gelombang kedua di Malino. Retret ini diberikan oleh Ibu Linda Wahyudi. Ada sekitar 38 imam yang menghadiri retret ini.

P. Yulianus Liling Pr setelah menjalani transfusi darah sekitar seminggu menerima sakramen minyak suci. Vikjen, Sekretaris KAMS bersama P. John da Cunha dan staf dari kantor keuskupan mengunjungi beliau di ICU Stella Maris.

11 Oktober
P. Yulianus Liling akhirnya menghadap Bapa dalam usia ke-46 di Rumah Sakit Stella Maris pada pukul 3.10 pagi.  Berita duka kepergian pastor segera diteruskan kepada para imam, para  frater dan suster serta segenap umat. Selanjutnya jenasah beliau disemayamkan di aula Keuskupan. Malam hari sekitar pkl. 19.00 ayah terkasih dan keluarga almarhum tiba dari Toraja bersama dengan sanak keluarga termasuk kakak almarhum, P. Bartho Liling, Pr. Malam diadakan misa konselebrasi yang dipimpin oleh P. Willhelmus Tulak Pr dan dihadiri segenap umat.

12 Oktober
Sejak pagi ratusan umat datang untuk melayat dan berdoa bagi P. Yulianus Liling Pr. Vikjen bersama dewan konsultor dan beberapa imam mengadakan rapat untuk rencana pemakaman beliau. Malam hari diadakan misa konselebrasi yang dipersembahkan oleh 3 rekan seangkatan beliau yaitu P. Wilhelmus Tulak, P. John da Cunha dan dan P. Samson Bureny serta para imam yang hadir.

13 Oktober
Vikjen bersama dewan  konsultor mangadakan rapat bersama dengan keluarga almarhum yang dihadiri orang tua dan saudara almarhum yaitu P. Bartho dan Sr. Rosa JMJ. Dalam pertemuan ini disampaikan rencana pemakaman beliau seperti yang telah dihasilkan pada rapat sebelumnya. Keluarga dengan lapang dada menerima hasil dari rapat tersebut dan diputuskan bahwa pemakaman akan diadakan pada Jumat, 14 oktober 2011, yang dimulai dengan ibadat pelepasan di aula keuskupan pkl 08.00 dan selanjutnya akan diantar ke Katedral untuk misa requiem dan selanjutnya akan diantar ke tempat peristirahatan yaitu tempat makam imam dan birawana-biarawati di Pakatto, Gowa.

Para imam yang telah mengikuti retret tiba di aula Kams untuk melayat dan  berdoa untuk saudara mereka yang telah dipanggil Tuhan dan dilanjutkan dengan Misa yang dipersembahkan oleh P. Jos Van Rooy CICM. Dalam renungan pastor mengungkapkan pengalaman selama 10 bulan terakhir bersama beliau di Panti Asuhan Pangamaseang. Sempat pula anak-anak panti asuhan menyampaikan ucapan selamat jalan yang dibawakan dengan lagu duka yang sederhana dan indah.

 14 Oktober
Ibadat pelepasan jenasah dipimpin oleh Vikep Makassar, yang selanjutnya dibawa oleh para imam menuju Katedral untuk misa requiem. Misa requiem dipimpin Vikjen KAMS didampingi kakak almarhum P. Bartho dan Pastor Paroki Katedral P. Paulus Tongli, Pr serta sekitar 70 imam yang ikut konselebrasi. Vikjen KAMS meyampaikan ucapan belasungkawa  berupa  SMS dari Bapa Uskup Agung KAMS yang sementara berada di Belgia setelah mengadakan pertemuan Ad Limina dengan Sri Paus.  Vikjen KAMS juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga yang telah memberikan satu puteranya untuk menjadi imam di KAMS. Vikjen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Suster JMJ, Pastor Rumah Rakit P. Marsel Rarun MSC, para dokter, perawat yang telah melayani dan merawat beliau selama sakit. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada  semua pihak yang telah mengirimkan ungkapan duka khususnya kepada Walikota Makassar, Keuskupan Jayapura (tempat terakhir beliau melayani umat), P. van Rooy bersama panti asuhan, para pastor, donatur dan semua pihak yang telah menyatakan ungkapan dukanya dengan berbagai cara.

Selanjutnya jenasah almarhum diantar ke tempat pemakaman di Pakatto dengan iring-iringan sekitar 75 mobil. Selanjutnya upacara pemberkatan makam dan penguburan jenasah dilaksanakan oleh Vikjen KAMS. Ratusan umat hadir untuk mengantar beliau. Selamat jalan ke rumah Bapa!
Pada hari yang sama, P. Alex Lethe, Pr selaku Ketua Komdik KAMS menuju Ambon untuk menghadiri rapat regio MAM (Makassar-Amboina-Manado) untuk bidang  pendidikan.

15 Oktober
Julius Tedja selaku ketua OC Sinode KAMS mengundang rapat gabungan antara OC dan SC untuk Sinode KAMS.  Pertemuan diadakan di rumah salah satu anggota panitia di Tanjung Bunga. Inti dari pertemuan ini adalah membahas bagaimana dinamika dan teknik pelaksanakan Sinode mendatang.

Pada hari sama Dewan Pimpinan Yayasan Sentosa Ibu mengadakan rapat  bersama di Pastoran Gotong-gotong yang dihadiri direktur dan staf Akademi Keperawatan Fatima Parepare. Materi rapat adalah evaluasi selama satu semester sebelumnya. Demi semakin meningkatkan kualitas dari Akademi Keperawatan banyak usulan dan rekomendasi yang diberikan.

16 Oktober
Bertempat di aula Keuskupan pada pkl. 09.00 sekitar 140 guru Katolik dari Toraja dan Makassar  mengikuti Workshop yang dibawakan oleh Frans Budi dari Jakarta sebagai Pakar Program Neuro-Linguistic (NLP). Program ini dilaksanakan dalam rangka membekali para peserta untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih baik. Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan dari OC untuk tahun Yubelium 2012 yang dilaksanakan oleh Tim Peduli Pendidikan KAMS yang ketuai oleh Julius Tedja.

17 Oktober
Ketua Komisi Kepemudaan KAMS, P. Yulius Malli, Pr berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rapat  Pleno Komkep KWI.

18 Oktober
Dewan Keuangan KAMS mengadakan pertemuan khusus dengan Pengurus Kebun Laimbo. Dalam pertemuan ini dihadirkan Bpk. Fredy dari Jakarta selaku pemilik pengelolaan kelapa sawit di Luwu Timur.  Bpk. Fredy memberikan presentasi pengelolaan aset dengan investasi di bidang kelapa sawit. Beberapa tawaran yang diberikan adalah penyediaan mobil tangki untuk mengangkut buah sawit dan tawaran perluasan untuk investasi sawit di lahan yang segera akan dibuka  di Luwu Timur.
Sore harinya Ekonom CICM mengadakan pertemuan dengan Vikjen KAMS bersama P. Ignas Sudaryanto CICM untuk membahas anggaran tahun 2012. Pertemuan ini diadakan di rumah tinggal Distrik CICM di Makassar.

Semua imam MSC di Keuskupan berangkat ke Manado untuk mengikuti pertemuan kongregasi selama 4 hari. Selamat berapat.

19 Oktober
Vikjen dan Sekretaris KAMS atas nama Keuskupan hadir untuk mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Prof. John Manga (70 tahun) yang meninggal dalam kecelakan lalulintas sesudah pulang dari gereja pada 16 Oktober 2011. Beliau adalah mantan anggota BP Yayasan Paulus KAMS. Beliau juga adalah dosen di Universitas Hasanuddin dan Universitas Atma Jaya Makassar. Beliau meninggalkan seorang istri dan 4 orang anak. Misa requiem diadakan pada sore hari yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya yang dipimpin pastor kampus Pastor Ignas Sudaryanto CICM. Setelah perayaan, jenasah diantar ke Toraja untuk dimakamkan.

22 Oktober
Tiga organ dari Yayasan Sentosa Ibu melanjutkan rapat yang sebelumnya telah diadakan. Rapat ini diadakan di Pastoran Gotong-gotong dengan topik bahasan evaluasi terhadap Rumah Sakit Fatima Parepare.

23 Oktober
Pastor paroki katedral menerimakan komuni pertama kepada 62 anak. Selamat kepada anak anak komuni pertama bersama dengan keluarga mereka!

24 Oktober
CICM distrik Makassar mengadakan rekoleksi bulanan yang dibawakan oleh P. Ernesto CICM.

25 Oktober
Setelah mengadakan kunjungan sekitar 3 minggu ke Eropa dalam rangka Ad Limina, Bapa Uskup Mgr. John Liku-Ada’, Pr tiba kembali di Keuskupan Agung Makassar. Selamat datang kembali, Bapa Uskup!

Sore harinya ME distrik IX Makassar menyelenggarakan misa perkawinan bagi pasangan suami-istri yang merayakan HUT Perkawinan dalam bulan ini dan juga para imam yang merayakan tahbisan imamat serta biarawan-biarawati yang merayakan ulang tahun. Perayaan ini dilaksanakan di Geraja Katedral.

26 Oktober
Selamat datang kepada dua Imam Misionaris CICM yang berasal dari KAMS yaitu P. Ananias Dundu CICM dan P. Marsel Manggau CICM yang tiba dari tanah misi untuk cuti reguler. Selamat menikmati liburan bersama rekan dan keluarga.

Kelompok Doa Karismatik Paroki Mamajang menyelenggarakan sebuah seminar penyadaran spiritual bagi segenap anggota karismatik di kota Makassar. Pembawa materi adalah Uskup Amboina Mgr. Mandagi MSC. Temanya adalah: “Pergilah dan hasilkanlah buah”. Seminar ini dihadiri oleh ratusan umat sekaligus mereka mengadakan puji-pujian.

28 Oktober
Ketua Komisi Keluarga KAMS, P. Ignas Sudaryanto, CICM  menuju Jakarta untuk mengikuti rapat para ketua Komisi Keluarga. Kegiatan ini diadakan oleh Departemen  Agama RI dengan materi bahasan: Aturan dan Undang-Undang Perkawinan.

Sementara itu Vikjen KAMS selaku moderator berangkat ke Malino untuk mendamping retret Komunitas Jeduthun Salvation Ministry (JSM) selama 3 hari yang diperuntukkan bagi SMA Katolik  Cendrawasih. Narasumber lain adalah Bpk Pakis Salim dari Jakarta.

Pada hari sama Bapa Uskup berangkat ke Pena, Paroki Mamasa untuk memimpin Ziarah Bunda Maria di Tempat Ziarah Pena yang diikuti oleh sejumlah imam dan umat dari Keuskupan Agung Makassar.

29 Oktober
Perayaan ziarah dimulai di Pena diawali dengan pawai lilin menuju Gua Maria.  Ziarah yang berlangsung dari sore sampai malam ini diikuti sekitar 1000 umat katolik yang berasal dari Paroki Mamasa dan paroki sekitarnya, serta umat dari wilayah Keuskupan Agung Makassar. Pawai lilin berpuncak pada perayaan ekaristi yang dipimpin Uskup Agung dan damping Pastor Paroki Mamasa P. Vius Octovianus, Pr serta  para pastor yang datang berzairah.

Sekretaris KAMS bersama dengan P. Simon Gausu terbang menuju Maumere untuk melakukan pertemuan tahunan dengan para para Vikaris Judisialis se-Indonesia Timur, mencakup wilayah Keuskupan antara lain: Makassar, Amboina, Manado, Jayapura, dan Flores. Dalam pertemuan ini diadakan sharing untuk membahas kasus-kasus perwakinan yang muncul dan mencari solusi bagi  masalah itu.

30 Oktober
Puncak ziarah Maria di Pena dilaksanakan dalam perayaan yang didahului dengan jalan salib.  Selamat kepada Pastor Paroki Mamasa beserta Depas yang telah mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan ziarah ini, serta segenap umat yang telah berparitisipasi dengan penuh semangat.

2 Nopember
Perayaan Misa Arwah diadakan di tempat makam imam dan biarawan biarwati di Pakatto, Gowa.  Misa ini dipimpin oleh Pastor Marsel Rarun selaku Pastor Rumah Sakit Stella Maris yang didampingi oleh P. Tarigan CICM selaku koordinator dan penanggung jawab kompleks pemakaman. Misa ini dihadiri oleh ratusan umat. Selesai misa diadakan penaburan bunga di atas makam.

Pada hari yang sama Ibunda P. Paulus Tongli telah dipanggil Tuhan dengan tenang di rumah kediamannya di Perumahan Sudiang, Makassar. Ibu Laurentia Manggape meninggal dalam usia 84 tahun. Doa dan ungkapan belasungkawa diucapkan oleh para pelayat termasuk Bapa Uskup dan para imam serta segenap umat yang hadir. Setelah disemayamkan di Makasar, jenasahnya diantar ke Toraja untuk dimakamkan di sana. Selamat beristirahat dalam rumah Bapa.

3 Nopember
Bapa Uskup, Vikjen dan para pegawai dari Kantor KAMS pergi melayat ke rumah duka keluarga P. Paulus Tongli di mana almarhumah disemayamkan.

Sementara itu Pengurus Tribunal KAMS (P. Frans Nipa dan P. Simon Gausu) kembali dari Maumere setelah mengadakan rapat beberapa hari di sana.

Petang hari perwakilan Panitia OC dan SC Sinode KAMS 2012 mengadakan pertemuan dengan anggota Kuria KAMS di ruang kelas Pastoran Katedral. Dibicarakan kemungkinan pemantapan Sinode dengan mengadakan kegiatan pra-sinode di masing-masing kevikepan dengan melibatkan para pastor, 2 orang utusan masing-masing paroki dan perwakilan kelompok kategorial; kegiatan tersebut difasilitasi Tim SC. Juga dalam pertemuan tersebut Uskup menganjurkan supaya pada kesempatan pertama mematangkan proposal Sinode khususnya yang akan diajukan kepada donatur (baik pemerintah maupun pribadi).

4 Nopember
Setelah bertahun-tahun mencari sebidang tanah dan berbulan-bulan memperjuangkan IMB untuk Gereja, akhirnya Pastor Paroki Santo Paulus Tello, Pastor Ritan, cicm, mendapat IMB dari pemerintah Kota Makassar, setelah menapaki jalan yang berliku-liku dan terjal, yang menguras bukan saja tenaga tetapi juga rupiah/kantong. Selamat untuk paroki Tello.

5 Nopember
Bapa Uskup Mgr. John Liku-Ada’ memanggil rapat khusus dengan BP3KAMS, yang dihadiri oleh Pastor Stephanus Tarigan, P. Frans Nipa, P. Albert Arina dan P. Ernesto Amigleo. Bapa Uskup menyampaikan hasil pertemuan di Roma dan kunjungan ke Jerman berkaitan dengan proyek-proyek dari KAMS.

6 Nopember
Setelah memimpin misa pernikahan di Gotong-gotong, Bapa Uskup berangkat ke Jakarta  untuk mengikuti rapat para uskup di KWI.

8 Nopember
Sr. Maria Lourdes Santos, SFIC, Superior General dari SFIC di Belanda, bersama dengan seorang anggota dewan mengunjungi anggotanya yang berkarya di Toraja dan Makassar.

OC Sinode mengadakan pertemuan dengan dewan pastoral paroki Andalas, yang juga dihadiri oleh P. Ernesto Amigleo dan ketua Jubileum 2012, Julius Tedja serta anggotanya.

Di Tana Toraja, Misa Arwah untuk ibu Laurentina Mangape dipimpin oleh P. Frans Arring, Vikep Toraja dan ikut konseblasi sekitar 20 imam. Setelah misa, jenasah dibawa ke pemakaman keluarga.

9 Nopember
Mewakil Kuria, P. Ernesto Amigleo dan P. Frans Nipa berangkat menuju Toraja untuk rapat dengan BP Yayasan Palisupadang dan guru/karyawan SPP di Palapala.

10 Nopember
Pengurus Yayasan Palisupadang dan Staf dari Sekolah Pertanian mengadakan pertemuan dengan VikJen, Sekretaris dan seorang dewan penasehat untuk membahas perkembangan terakhir dari sekolah dan yayasan. Dalam rapat diuraikan bahwa banyak telah dilaksanakan oleh sekolah dan yayasan, walaupun masih banyak pekerjaan yang masih harus dikerjakan terutama bagaimana meningkatkan nilai asset.

11 Nopember
Di Saluampak, Kevikepan Luwu diadakan 3 hari berkemah bersama kaum muda dari Kevikepan Toraja dan Luwu, yang berlangsung hingga hari Minggu.


12 Nopember
OC dan SC Sinode mengadakan rapat pleno untuk mendiskusikan lebih lanjut hal-hal teknis pelaksanaan perayaan Jubileum dan Sinode 2012. Sementara itu, komisi PSE yang diketuai oleh P.Fredy Rante Taruk mengadakan seminar satu hari untuk WKRI di aula Keuskupan, dalam rangka Hari Pangan Sedunia.

13 Nopember
VikJen KAMS, P. Ernesto Amigleo memimpin upacara pemberkatan dan peletakan batu pertama untuk Gereja baru St. Paulus Tello. Setelah kurang lebih 3 tahun lamanya mencari lokasi, akhirnya dibeli sebidang tanah (walaupun agak kecil), dengan ukuran 1000 meter persegi di kampung Rama. Di atas tanah ini akan dibangun gereja baru, dilengkapi dengan lantai dasar untuk parkir. Selamat untuk Pastor Ritan dan Pastor Daru atas IMB Gereja, sebagai buah perjuangan yang menguras tenaga.

14 Nopember
Sekitar 15 imam dan 6 orang awam berangkat ke Puncak untuk mengikuti  pelatihan Doa dan Meditasi selama satu Minggu.

15 Nopember
Komunitas Pria Sejati Katolik mengadakan perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Pastor Ernesto Amigleo, cicm dan didampingi oleh Pastor Victor Patabang, pastor paroki St. Fransiskus Asisi pukul 19.30. Perayaan dihadiri oleh 40 pasang, bersama dengan anak-anak mereka.

16 Nopember
Pengurus Yayasan Sentosa Ibu berangkat ke Parepare untuk menghadiri pelantikan Direktur dan Wakil Direktur yang baru untuk Akademi Keperawatan dan Rumah Sakit Fatima. Direktur baru Akper Fatima adalah Yenny Djeni Randa, sedangkan direktur Rumah Sakit Fatima masih tetap sama yaitu drg. Merli Gosal. Selamat bekerja, sukses selalu.

Vikep Makassar P. Alex Lethe mengadakan pertemuan bersama para pastor kevikepan Makassar untuk membicarakan beberapa hal penting seperti perkembangan Sinode 2012, persiapan masa adven dan rekoleksi, serta asistensi perayaan Natal.

17 Nopember
Pastor Paulus Tongli, bendahara UNIO dan Pastor Marsel Lolo Tandung, ketua UNIO KAMS berangkat  ke Jakarta untuk menghadiri rapat UNIO selama 3 hari.

Pada hari yang sama, satu tim Kelompok Doa Karismatik yang dipandu oleh Pastor Hendrik Njiolah sebagai kordinator dan Charles Masui, kordinator umum berangkat ke Baubau untuk meninjau perkembangan kelompok doa karismatik.

18 Nopember
Tim dari ekonomat KAMS mengadakan rapat untuk merampungkan bahan-bahan yang akan dipresentasikan dalam rapat Dewan Imam di Baruga Kare. Suatu sistem keuangan yang baru akan diperkenalkan.

21 Nopember
Bapa Uskup Mgr. John Liku-Ada’ mengadakan rapat dengan dewan Konsultor untuk mendiskusikan beberapa hal penting seperti penugasan para imam dan kontrak dengan kongregasi suster.

22 Nopember
Rapat dewan imam yang berlangsung selama 3 hari dibuka dengan Ekaristi Kudus dipimpin oleh Mgr. John Liku-Ada’. Dalam kotbahnya peserta diajak supaya waspada dan siap siaga sesuai dengan isi bacaan Injil pada hari itu. Disampaikan bahwa ketika membicarakan soal dana, kita harus sadari bahwa uang bukanlah segalanya. Kita membutuhkan uang untuk kegiatan pastoral kita, namun uang adalah sarana, bukan tujuan. Untuk persiapan Sinode 2012, harus disadari bahwa usaha kita sendiri tidak akan menghasilkan sinode sukses, kita harus bersandar pada kekuatan Allah. Ada dua agenda: memperkenalkan sistem keuangan yang baru dan sharing  tentang perkembangan persiapan Sinode dan perayaan Yubileum.

Di Malino berlangsung kegiatan CU selama 4 hari bagi pengurus dan anggota CU Mekar Kasih.

23 Nopember
Pastor Hendrik Njiolah, moderator Karismatik di Makassar, bersama dengan Charles Masui, berangkat ke kota Kinabalu, Malaysia untuk menghadiri rapat regional karismatik untuk wilayah Asia.

Pastor Marsel Lolo Tandung berangkat ke Semarang untuk menghadiri rapat moderator ME.

24 Nopember
Rapat dewan imam ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Frans Arring.

Sementara Bpk. Irwan dan Bpk. Stef bersama istri berangkat menuju Manado untuk mewakili Komisi Keluarga KAMS untuk rapat regional wilayah Makassar-Manado-Ambon.

25 Nopember
Dewan Keuangan KAMS mengadakan rapat untuk membahas beberapa kebutuhan mendesak.

26 Nopember
Di Rantepao, Toraja Utara, STIKPAR mengadakan upacara wisuda yang ke-6. Diawali dengan misa yang dipimpin oleh Sekretaris KAMS P. Frans Nipa dan didampingi oleh Vikep Toraja dan Vikep Makassar. Selamat kepada lulusan angkatan ke-6, kepada ketua STIKPAR, P. Stanis Dammen dan seluruh staf.

Bapa Uskup mengadakan rapat dengan BP3 KAMS untuk membicarakan persiapan pertemuan bersama dengan Suster Claretian dan Bpk. Chandra mengenai rencana membangun pusat pastoral di Kendari.

27 Nopember
Para suster Claretian, yang dipimpin oleh Superior: Sr. Teresa Hashimoto, bersama dengan Sr. Inocensia Rodrigo dan Sr. Theresia Alfonsa Almida tiba dengan maksud untuk mengadakan pertemuan dengan Bapa Uskup membicarakan rencana mereka untuk bekerja di Kendari dan Pusat Pastoral yang akan dibangun di atas sebidang tanah yang diberikan oleh Bpk. Chandra Tendian dan keluarga. Selamat datang, suster!

28 Nopember
Hari jadi CICM yang ke-149 dirayakan di biara Sang Tunas dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Ignatius Sudaryanto dan dihadiri oleh frater TOR, sahabat CICM dan staf pengajar di Sang Tunas. Dalam kotbahnya, pastor Ignas mengingatkan pentingnya hidup berkomunitas. Renungan diperkaya dengan sharing dari Pastor Marsel Manggau, Pastor Ananias Dundu tentang pengalaman mereka di tanah misi Kongo, dan diakhiri dengan sharing P. Jos van Rooy ketika dia masih mahasiswa di Belgia, misionaris di Toraja dan Palopo.

Bpk. Chandra Tendian dan ibu tiba untuk menghadiri rapat dengan Bapa Uskup dan Dewan Kuria, Pastor Matius Bakolu, P. Samson Bureny, P. Stephanus Tarigan, para suster Claretian, Bpk. dan Ibu Viktor. Disambut dengan makan siang bersama di kediaman Uskup. Setelah itu dilanjutkan dengan pertemuan membahas rencana pembangunan rumah biara suster dan rumah retret di Kendari di atas tanah yang dihibahkan oleh Bpk. Chandra dan keluarga. Para suster mengharapkan rumah biara yang lebih sederhana dan menunjang hidup komunitas.

29 Nopember
Para suster Claretian  menuju Kendari untuk melihat lokasi tempat biara dan rumah retret yang akan dibangun.

Bang Kronik

Tidak ada komentar: