Senin, 26 September 2011

Kronik KAMS Juni - Agustus 2011


1 Juni
Baru tiba dari Jakarta, Bp. Uskup berangkat ke Luwu untuk kunjungan pastoral tahunan.

2 Juni
Pada hari raya Kenaikan Tuhan kita Yesus Kristus, umat Sto. Yosef Pekerja Gotong-Gotong merayakan pemberkatan gedung baru berlantai 3. Upacara pemberkatan diawali dengan Misa konselebrasi oleh pastor paroki P. Hendrik Njiolah, dibantu Vikjen P. Ernesto Amigleo, cicm, dan pastor bantu P. Agus Tikupasang di gereja. Sesudah Misa, upacara dimulai dengan pemotongan pita oleh Vikjen dan Sekretaris KAMS dan sesudahnya ditutup dengan makan bersama seluruh umat. Lantai dasar akan dipakai sebagai tempat parkir, lantai 2 sebagai tempat kantor-kantor dan lantai 3 aula. Selamat berbahagia!

3-4 Juni
Di paroki Lamasi, Luwu, umat Sto. Yosef ini merayakan pemberkatan gedung gereja baru yang dipimpin Bp. Uskup dan dibantu pastor paroki, P. Philipus. Setelah Misa dan pemberkatan, umat sempat menikmati hidangan yang enak. Selamat berbahagia kepada seluruh umat dan teristimewa kepada Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki!

4 Juni 
Distrik IX Marriage Encounter di Makassar mengadakan week-end di Malino bersama moderatornya P. Paulus Tongli dan P. Marsel Lolo Tandung.

5 Juni
Di paroki Sudiang-Mandai, pastor paroki P. John Turing Datang merayakan ulang tahunnya dengan perayaan Ekaristi bersama umat di tempat di mana gedung gereja sementara dibangun. Pastor paroki mengambil kesempatan ini untuk kumpul dana pembangunan gereja. Hadiah-hadiah tersedia bagi pemenang undian. Selamat ulang tahun, Pastor!

6 Juni
Ibu Karmadji dari Jakarta, isteri dari alm. Kol. Ignatius Karmadji, dan ketua Lumen Indonesia 2000, singgah di rumah Guesthouse CICM, bersama temannya Nyonya Meis. Ibu Karmadji, bersama moderator P. Gino Enriquez, CSSR,  sangat terlibat dalam organisasi ini yang bertujuan memfasilitasi retret para imam se-Indonesia dan membantu kebutuhan-kebutuhan para pastor. Maksud dan tujuannya datang ke Makassar adalah mengunjungi teman-akrabnya Ny. Yusuf, isteri dari alm. Jenderal M. Yusuf.  Jenderal Yusuf sangat dikenal dan dihormati para pastor CICM karena dialah yang berhasil membebaskan P. Harry Versteden, cicm, ketika beliau diculik di Tana Toraja selama 9 tahun di hutan. Pada tahun 1962 Pastor Harry dibebaskan dengan perantaraan Jenderal Yusuf ini.

8 Juni 
P. Frans Nipa ke Toraja dalam rangka ujian skripsi mahasiswa STIKPAR.

9 Juni 
Universitas Atma Jaya –Makassar merayakan Dies Natalis yang ke- 31 dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin pastor kampus, P. Ignatius Sudaryanato, cicm. Misa ini dihadiri oleh pengurus Yayasan, Rektor dan stafnya, para Dekan dan dosen, karyawan dan para mahasiswa. Usai Misa disediakan makanan. Selamat berbahagia!

9 – 12 Juni 
Moderator Pastor Mahasiswa, P. John da Cunha, mengadakan seminar 3 hari bagi mereka yang tertarik akan jurnalisme. Seminar ini diadakan di Pusat Pastoral Kevikepan Makassar. Para nara sumber berasal dari pelbagai surat kabar baik lokal maupun nasional. Kurang lebih 60 mahasiswa diharapkan hadir.

11 Juni
Di Malili, Luwu Timur, umat merayakan Paska bersama. Bp. Uskup bersama ratusan umat hadir dalam acara sykururan ini.

P. Albert Arina, Ekonom KAMS, berangkat ke Mangkutana untuk menghadiri pertemuan tim Laimbo bersama Bp. Uskup yang sementara berada di Luwu.

12 Juni
Di Mangkutana, Luwu Timur, umat mengadakan Misa Krisma bagi para calon Krisma. Bp. Uskup menerimakan Sakramen Kristma bagi 41 anak laki-laki dan perempuan. Selamat berbahagia bagi semua anak yang baru dikrismakan. Semoga Roh Kudus menguatkan iman kalian sementara berziarah di dunia ini menunju Bapa kita di surga.

13 Juni
Di Rantetiku, yang sedang dipersiapkan menjadi paroki, Bp. Uskup menerimakan Sakramen Krisma bagi 98 anak remaja. Selamat berbahagia! Semoga Roh Kudus membimbing dan mengarahkan kalian ke jalan Tuhan.

14 Juni
Di Laimbo, Mangkutana, Luwu Timur, tim yang bertanggung-jawab atas kebun kelapa sawit Keuskupan mengadakan rapat evaluasi bersama Bp. Uskup.

15 Juni 
Setelah bekerja keras berbulan-bulan lamanya, pastor paroki Sto. Paulus, Tello, P. Ritan, CICM dan pembantunya P. Daru, CICM bersama Dewan Pastoral Paroki mendapat rekomendasi untuk membangun gereja baru dari Departemen Agama dan pengurus Forum Umat Beragama. Langkah berikutnya dan yang terakhir adalah izin dari walikota Makassar. Mudah-mudahan langkah terakhir ini berjalan lancar tanpa kesulitan apapun.

18 Juni 
Bp. Uskup menerimakan Sakramen Krisma bagi 74 anak laki-laki dan perempuan dalam Perayaan Ekaristi di Katedral. Pastor Paulus Tongli dan P. Sani Saliwardaya, MSC, membantu Bp. Uskup dalam Misa. Selamat berbahagia bagi 74 anak ini, demikian juga kepada P. Paulus, P. Sani dan para pendamping anak-anak ini.

19 Juni
Umat  di paroki Kristus Raja, Andalas, mengadakan Misa dan Penerimaan Sakramen Krisma bagi 47 anak laki-laki dan perempuan yang dipimpin Bp. Uskup dan dibantu pastor Paroki, P. Maris Marannu dan asisten P. Marsel Lolo Tandung. Selamat berbahagia!

Ketua Komis Liturgi, P. Sani Saliwardaya, MSC, dan timnya mengadakan Sarasehan tentang Liturgi bagi semua pemimpin rukun  dan pro-diakon di kevikepan Makassar. Seratus delapan puluh orang ikut berpartisipasi dalam satu hari sarasehan tsb. Sekretaris Eksekutif Komisi Liturgi KWI, P. Bosco da Cunha, O. Carm. dan P. Petrus Bine sebagai nara sumber. Bahan yang didiskusikan adalah Tata Perayaan Ekaristi. Salah satu usul dari kelompok awam ini adalah kebutuhan mereka mendapat pendampingan dari pastor-parokinya khususnya mengenai tugas mereka sebagai pemimpin liturgi dan prodiakon di parokinya masing-masing.

Sementara itu, di paroki Sto. Yosef Pekerja, Gotong-Gotong, diadakan Misa Syukur atas HUT ke-19 anak-anak SEKAMI pada Hari Raya Tritunggal Mahakudus. Misa dipimpin Vikjen P. Ernesto Amigleo, CICM. Sebelum Misa berakhir, para pendamping SEKAMI ini mendapat berkat khusus dari Vikjen. Seusai Misa, ada resepsi dan acara tari-tarian di aula.

20-21 Juni
Dua hari Sarasehan Liturgi yang sama diadakan bagi para imam seKevikepan Makassar di aula KAMS pada jam 9:30 wita hingga 17:00 wita. P. Bosco da Cunha dan P. Petrus Bine’ sebagai nara sumber. Bahan yang dibahas adalah Perayaan Ekaristi. Sarasehan ini hendak memperbaiki beberapa hal yang dibuat para imam yang tidak sesuai dengan Tata Perayaan Ekaristi, misalnya devosi.

Para Frater HHK yang berkaul sementara mengikuti retret tahunan yang difasilitasi P. Stephanus Chandra di Baruga Kare. Dua puluh sembilan Frater ikut serta.

21 Juni
Sarasehan Liturgi bagi para imam dilanjutkan pada pagi hari ini. Bahan yang dibahas kali ini adalah: Eksorsisme dan Perayaan Misa Perkawinan.

Bp. Uskup memanggil Dewan Konsultor untuk rapat yang dimulai pada jam 17:00 wita dan dilanjutkan besok harinya. Agenda rapat antara lain Kontrak KAMS dengan Para Suster Religius dan mutasi  para imam tahun 2011.

22 Juni
Sekretaris Jenderal Komisi Liturgi KWI, P. Bosco da Cunha, P. Petrus Bine dan P. Sani, MSC berangkat ke Toraja untuk mengadakan sarasehan yang sama bagi para pemimpin awam di paroki-paroki dan para imam sekevikepan Toraja. Sarasehan ini diadakan di Nonongan dan di IKAR.

23 Juni
Ketua Panitia Persiapan Sinode 2012 tingkat KAMS, P. Ernesto Amigleo, CICM, mengundang semua pengurus dan anggota Panitia tsb. untuk rapat guna membicarakan teknis-teknis dalam merangkum laporan-laporan dari kevikepan-kevikepan. Juga rapat diajak mengusul nama-nama orang yang masuk Steering Committee dan Organizing Committe Sinode 2012. Kurang lebih 18 anggota dan pengurus hadir dalam rapat yang dimulai pada jam 19:30 wita. 

24 Juni
Bp. Uskup berangkat ke Toraja di mana beliau diundang memberi masukan atau ceramah bagi para peserta ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) di Keuskupan Agung Makassar ini. ISKA bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader awam sarjana ini demi Gereja dan masyarakat.

Wanita Katolik RI DPD Sulawesi Selatan mengadakan tiga hari “Pelatihan Bagi Kepemimpinan Wanita” di Baruga Kare pada sore hari. Kata sambutan diberikan, antara lain oleh VikJen KAMS, P. Ernesto Amigleo,cicm.

25 Juni
Pastor Lucas Paliling dari KWI tiba di Makassar untuk mengajar satu minggu kepada para mahasiswa di Pusat Pastoral  Kevikepan Makassar di Jl. Serui. Selamat datang, Pastor Lucas!

26 Juni
Hari ini, Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Banyak paroki mengadakan Sambut Baru bagi anak-anak di paroki masing-masing, antara lain, Paroki Gotong-Gotong, Mariso, Andalas, Kare, Tello, Assisi, dll.

27 Juni
Tujuh novis CICM bersama Magisternya P. Joni Payuk CICM berangkat ke Ge’tengan, Tana Toraja, untuk 5 hari retret sebagai persiapan atas kaul pertama mereka yang akan diadakan pada tgl. 15 Juli 2011. Magister Novis sendiri yang memimpin retret.

P. Ernesto Amigleo CICM, P. Maris Marannu, P. Marsel Lolo Tandung dan P. Agus Tikupasang, bersama beberapa umat dari Andalas, menuju   Larantuka via Maumere untuk ikut merayakan 25 Tahun Hidup Membiara P. Franz Liman CICM dan 50 Tahun Perkawinan orang-tuanya, serta 50 Tahun Hidup Membiara dari tantenya. Perayaan ini akan berlangsung pada tgl. 30 Juni 2011 di Larantuka, tempat asal P. Franz.

28 Juni
Badan Pengurus Karismatik Katolik KAMS yang baru, dilantik Bp. Uskup dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Gotong-Gotong. Moderator P. Hendrik Njiolah mendampingi Bp. Uskup. Pengurus Baru adalah sbb: Ketua Umum Bpk. Charles Y.K, Massui, Koordinator Ibu Jane Christie Beda, Sekretaris Marchel Johan Tahir, Bendahara Ibu Evi Waron. Koordinator lainnya adalah: Ibu Elly Turismo, Ibu Fenny Tungadi, Bpk. Ricky Tendra dan Ibu Bionda Pupella. Selamat berbahagia! Selamat bekerja!

Para Frater HHK merayakan Upacara Profesi para novis dalam Ekaristi yang dipimpin moderatornya P. Jos van Rooy CICM. Perayaan ini dibuat di kapel para Frater.
P. Lasber Sinaga CICM berangkat ke Jakarta untuk memimpin retret para mahasiswa CICM tingkat teologi di Rawa Domba. Retretnya akan diadakan di Lampung.

29 Juni
Pada Hari Raya Sto. Petrus dan Paulus, para Frater HHK merayakan Upacara Pengucapan Kaul Kekal bagi anggotanya Frater Laurensius Janu, HHK, dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin Bp. Uskup di kapel HHK pada jam 10.00 wita. Selamat berbahagia, Frater!

Pada hari ini juga adalah Hari Keluarga Nasional dan semua mendapat libur. Komisi Keluarga yang diketuai P. Ignatius Sudaryanto CICM mengambil kesempatan ini untuk merayakan Hari Keluarga ini di Kevikepan bertempat di Gereja Gotong-Gotong. Banyak keluarga katolik ikut berpartisipasi dalam Misa dan kegiatan-kegiatan seperti Jalan Sehat, games dan lain-lain. Acara ini ditutup pada hari siang dengan makan bersama. Bagi mereka yang menang dalam pertandingan, mereka dapat hadiah seperti TV, kulkas, dll.

30 Juni
P. Ignas Sudaryanto CICM berangkat ke Jakarta untuk pemeriksaan kesehatan, khususnya lututnya yang akan dioperasi.

3 Juli
Di Paroki Pare-Pare, Bp. Uskup menerimakan Sakramen Krisma bagi 150 anak laki-laki dan perempuan. Selamat berbahagia kepada anak-anak ini dan kepada pastor paroki P. Wilhelmus Tulak, bersama para pembina dan dewan pastoral paroki!

Kami menerima berita duka bahwa Bpk. Max Kwary, kakak sulung dari P. Rudy Kwary, meninggal secara tiba-tiba di Surabaya  pada umur 59. Jenazahnya dibawa ke Makassar untuk dimakamkan. Kami turut berduka kepada orang-tua, saudara-saudari dan keluarga besar dari P. Rudy Kwary. Semoga arwah dari yang meninggal diterima di sisi Bapa kita di Surga. RIP.

4 Juli
Dewan Konsultor melanjutkan rapat yang dipimpin Bp. Uskup di Baruga Kare.

Pada malam hari Vikjen dan Sekretaris KAMS, termasuk Panitia Persiapan Sinode Diosesan 2012 tingkat Keuskupan, mengadakan rapat dengan P. Paulus Tongli dan Bpk. Julius Tedja – keduanya sebagai Ketua Steering Committee dan Organizing Committee masing-masing, Bp. Uskup dan P. Joni Payuk CICM mewakili CICM. Rapat tsb berlangsung di Baruga Kare. Agenda rapat utuk mengisi nama calon para anggota Steering Committee dan Organizing Committee.
Kemudian, nama para calon itu diteruskan kepada Bp. Uskup untuk disetujui dan dibuat SK.

5 Juli
P. Franz Liman CICM tiba dari Flores untuk memimpin Kebangunan Rohani Katolik (KRK) yang diselenggarakan Makassar Chatolic Singles Community (MCS Com) di Kevikepan Makassar. KRK ini berlangsung di Gereja Gotong-Gotong dihadiri ratusan umat sehingga seluruh gereja penuh. Kegiatan ini berlangsung sampai tengah malam karena banyak umat minta penyembuhan dari Pastor.

5 – 8 Juli
Tim On-Going Formation (OF) mengadakan 3 hari Pertemuan bagi semua pastor di Baruga Kare. Tema Pertemuan adalah: “Katekese dan Budaya Lokal.” Nara sumbernya adalah seorang pastor SVD yang dikenal sebagai ahli misiologi, Romo John Prior, SVD. Lebih dari 50 imam termasuk para imam CICM dan MSC, ikut dalam pertemuan tsb. Pertemuan dibuka dengan Ekaristi dipimpin Bp. Uskup. Dalam kotbahnya Bp. Uskup mengemukakan “mimpi buruknya” tentang ancaman kelompok garis keras di Toraja. Kemudian, beliau menyinggung sejarah singkat Kekristenan di Sulawesi Selatan mulai abad ke-16 akan tetapi karena kekurangan tenaga misionaris maka sesudahnya agama Kristen kurang berkembang. Pada hari berikutnya P. John memulai sesi dengan Analisa Sosial dan mengajak para peserta untuk membuat kelompok kecil guna menyebut masalah-masalah atau isu-isu yang dialami sekarang ini berkaitan dengan budaya lokal. Tgl. 7 Juli para peserta merefleksikan hasil dari diskusi kelompok kecil kemarin.

8 Juli
Untuk menutup kegiatan Hari Studi Imam, para ibu yang tergabung dalam kelompok doa ‘Dominica in Sabbbato’ (salah satu kelompok doa yang berdoa untuk para imam, biarawan dan panggilan pada setiap hari Sabtu di Kapel Uskup) mengundang para imam dan Uskup bersama P. John Prior, SVD untuk rekreasi bersama di Pantai Tanjung Bayang. Beberapa di antara mereka, pada pagi hari mulai jam 6 sudah datang untuk berenang di laut. Pkl. 08.30 sarapan pagi yang disiapkan oleh kelompok doa tsb. dan sesudahnya sang ketua yakni Ibu Mimi, menyampaikan harapan agar ke depan diupayakan regenerasi dari kelompok ini hingga ke pedalaman. Kali ini kelompok doa ini sudah mencapai usia 22 tahun. 

9 Juli
Tribunal Perkawinan KAMS yang dipimpin P. Frans Nipa mengadakan sidang untuk memproses sejumlah kasus anulasi perkawinan.

P. Marsel Lolo Tandung berangkat ke Bandung via Jakarta untuk pertemuan nasional Komisi HAK.

Mgr. berangkat menuju Sulawesi Tenggara dalam rangka kunjungan pastoral ke kevikepan tsb. Paroki pertama yang dikunjungi adalah Kolaka.

11 Juli
Mgr. menerimakan Sakramen Krisma di Paroki Unaaha.

Penutupan Sidang Tribunal Perkawinan.

12 Juli
Dewan Direksi KAMS mengadakan rapat untuk membahas, antara lain, permohonan dari para pegawai Kantor KAMS untuk kenaikan gaji. Dewan mengabulkan permohonan mereka untuk dinaikkan 10%.

Kedua Diakon CICM, Frater Yeremias Laknowa dan Frater Hendrikus Thomas tiba dari Pilipina siap untuk pentahbisan imamat pada hari Kamis mendatang.

13 Juli
Bp. Uskup Banjarmasin, Uskup Piet Timang, tiba dari Banjarmasin dalam rangka pentahbisan imam kedua Diakon CICM. Beliau menggantikan Bp. Uskup Agung John Liku-Ada’ yang sementara mengadakan kunjungan pastoral di Sultra.

14 Juli
Pentahbisan imamat kedua Diakon CICM. Karena Gereja Kare belum selesai, maka Misa Pentahbisan diadakan di lantai dasar gereja pada jam 16.30 wita. Mgr. Piet Timang sebagai selebran utama didampingi oleh Pater Provinsial CICM, Pastor Stef Tarigan CICM, pastor paroki Kare, pastor Alex Lethe, Vikep Makassar, dan Pastor Ernesto Amigleo CICM, Vikaris Jenderal KAMS. Kurang lebih 400 umat terdiri dari para pastor, Frater, Suster, keluarga dari kedua imam baru, dan umat  menghadiri Pentahbisan. Dalam kotbahnya, Mgr. Piet Timang menguraikan ciri-ciri khas seorang imam yang baik, berdasarkan gambaran Tuhan Yesus Kristus, Imam Agung.  Sebelum berkat akhir ada beberapa kata sambutan yang disampaikan pertama dari wakil keluarga, wakil ketua I dewan pastoral Paroki Kare, dari Provinsial CICM dan akhirnya dari imam baru yang diwakili Pastor Yeremias Lakonawa CICM. Selamat berbahagia dan proficiat kepada kedua imam baru, keluarganya dan semua pihak yang telah membantu dan mendukung kedua imam baru ini!

15 Juli
Di Paroki Tello pada jam 17. 30 wita, 7 Novis CICM mengikrarkan kaul pertama di depan Pater Provinsial CICM dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin Pater Provinsial, dan didampingi Magister Novis, Pater Joni Payuk CICM, pastor paroki Pastor Ritan CICM dan Vikaris Jenderal Pastor Ernesto Amigleo CICM. Nama-nama para 7 Novis adalah sbb: Fr. Robertus Bijaksana, Fr. Marianus Gati, Fr. Leoyd Sanggaria, Fr. Yosep Manggau, Fr. Dhaniel Whisnu Bintoro, Fr. Ignasius Bria Nahak, dan Fr. Klaudius Rawildus. Pada upacara yang sama, 7 novis lainnya diterima Pater Provinsial. Masing-masing menerima salib CICM dan Buku Konstitusi. Lima belas imam (projo, MSC dan CICM) ikut berkonselebrasi. Kurang lebih 300 umat menyaksikan profesi para novis. Sesudah Misa dan upacara kaul, resepsi disediakan di Novisiat Sang Tunas di mana para tamu dihibur dengan acara penyanyi dan makanan sedap. Pada pagi hari sebelum Misa diadakan pemberkatan Ruang Rekreasi yang baru di Sang Tunas oleh Pater Provinsial. Selamat berbahagia!!!

Dalam rangka kunjungan di Sultra, Monsignor ketemu Gubernur Sultra di Kendari. Bp. Uskup didampingi Vikep Sultra, Pastor Matheus Bakolu.

16 – 18 Juli
Bp. Uskup berada di Labasa untuk menerimakan Sakramen Krisma dan juga untuk berbicara dengan umat antara lain tentang  masalah tanah gereja. Pastor Albert Arina, Ekonom KAMS, terbang ke Muna untuk mendampingi Bp. Uskup.

17 Juli
Pastor Sani Saliwardaya MSC, Ketua Komisi Liturgi, berangkat ke Surabaya untuk menghadiri rapat nasional Komisi Liturgi.

18 -20 Juli
Monsignor berada di Raha untuk bertemu dengan Dewan Pastoral Paroki dan juga dengan Suster-Suster JMJ.

19 Juli
BP3KAMS mengadakan rapat untuk membahas beberapa proyek yang harus dibawa Bp. Uskup ke Eropa.

20-22 Juli
Bp. Uskup mengakhiri kunjungan pastoral di Bau-Bau. Sementara itu para penghuni Novisiat Sang Tunas ke Bantimurung untuk rekreasi bersama.

21 Juli
Dewan Direksi Kantor KAMS mengadakan rapat.

22 Juli
Kami terima berita duka tentang kepergian Ibu Theresia Puluan Palit tadi pagi. Beliau berumur 81 tahun. Ibu Theresia dan suaminya (alm.) pernah bekerja dengan Pastor Jos van Rooy di Panti Asuhan Pangamaseang, untuk menjadi ibu-bapa bagi para anak-anak yatim. Jenazahnya disemayamkan di Panti Asuhan. Kami turut berduka dengan Pastor Jos dan semua penghuni di Panti Asuhan. RIP.

24 Juli
Di paroki Antang, Bp. Uskup menerimakan Sakramen Krisma bagi anak-anak muda. Selamat bagi mereka yang baru menerima Sakramen Krisma dan juga bagi pastor Paroki dan pastor bantu, bersama dewan serta para pembimbing.

Dalam rangka pertemuan para Sekretariat Keuskupan di tiga provinsi gerejani Makassar – Ambon – Manado (MAM), para peserta dari Ambon dan Manado tiba pagi hari. Bersama dengan para peserta dari Makassar mereka ke Malino di mana mereka akan mengadakan rapat 3 hari. Tujuan dari pertemuan tahunan ini adalah untuk menindak-lanjuti hasil rapat tahun yang lalu, membagi pengalaman, pengolahan data, motivasi dan manajemen kerja.

25 Juli
Di Malino, hari pertama rapat para Sekretariat MAM dimulai dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Koordinator rapat, Sekretaris P. Frans Nipa. Agenda: berbagi pengalaman – suka duka dalam pekerjaan di Sekretariat masing-masing keuskupan. Sore hari Bpk. Artian Dasa Wijaya memberi masukan selama 3 jam dengan mengawalinya dengan psiko-tes kepada semua peserta. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa macam permainan psikologis dan input tentang Motivasi dan Pengelolaan Kerja.

26 Juli
Masih di Malino, hari kedua diisi dengan pariwisata. Para peserta menikmati pemandangan indah di kebun teh yang berada di puncak gunung, dan sesudahnya mereka ke air terjun. Sore hari, Bpk Simon Ro’son bersama stafnya dari Kantor Statistik dan Kependudukan Kota Makassar memberi informasi umum tentang pentingnya memiliki data lengkap dan akurat tentang jumlah umat Katolik di Keuskupan Agung Makassar. Bpk. Toni dari Bimas Katolik Departemen Agama Sulawesi Selatan juga memberi input tentang statistik umat yang dibuat di Kevikepan Makassar. Semua peserta memandang  pentingnya setiap keuskupan mempunyai data statitistik umat yang akurat dalam berpastoral.

27 Juli
Pada hari ketiga dan terakhir, rapat di Malino ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Vikaris Jenderal P. Ernesto Amigleo CICM. Setelah sarapan pagi, semua peserta kembali ke Makassar, senang dengan pengalaman tiga hari di Malino.

28  Juli
Disponsori Bimas Katolik Kementerian Agama Sulawesi Selatan, diadakan dua hari rapat dengan semua Rektor/Ketua  dan Pengurus Yayasan dari  Sekolah Tinggi Kateketik dan Pastoral di seluruh Indonesia. Rapat berlangsung di Hotel Horizon, Makassar. Kurang lebih 40 peserta hadir. Dari Makassar: Bp. Uskup,  P. Frans Nipa, dan P. Stanis Dammen, Ketua STIKPAR. Sebelum rapat, Dirjen baru dari Bimas Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, Bpk. Antonius Duran Semara, beraudiensi kepada Bp. Uskup di keuskupan.

29 -31 Juli
ME Distrik IX Makassar mengadakan pertemuan 3 hari di Baruga Kare. Temanya adalah: “Mengampuni dan Kembali Mencintai.”

30 Juli
Dihadiri semua pegawai dan para pastor di kantor keuskupan, Ibu Maria Tania, mendapat penghargaan atas 20 tahun pengabdiannya sebagai pegawai di Kantor Komisi Pengembangan Sosio-Ekonomi KAMS.  Selamat berbahagia dan terima kasih banyak atas kesetiaannya!

Bp. Uskup berangkat ke Toraja untuk menghadiri kelanjutan rapat para ketua dari Sekolah Tinggi Kateketik dan Pastoral di seluruh Indonesia. Para ketua berangkat juga dari Hotel Horizon Makassar ke Toraja. Rapat berlangsung di Kompleks STIKPAR Toraja Utara.

31 Juli
Hari ini adalah hari yang berbahagia bagi Pastor Jos van Rooy CICM karena merayakan HUT imamatnya yang 45 tahun. Dihadiri oleh 2 temannya dari Belanda, Misa Konselebrasi yang dipimpin Pastor Jos sendiri didampingi Pastor Paroki Gotong-Gotong, P. Hendrik Njiolah, Vikjen KAMS, P. Ernesto Amigleo CICM, pastor paroki Kare, P. Stefanus Tarigan CICM, pastor paroki Tello, P. Ritan CICM, pastor bantu Paroki Gotong-Gotong P. Agus Tikupasang, dan Pastor Rusdyn. Dalam kotbahnya Pastor Jos mensharingkan suka dukanya terutama karena lututnya,  akan tetapi lebih banyak suka daripada duka.  Dia sekarang tinggal bersama para anak-anak yatim di Panti Asuhan yang didirikannya. Sebelum berkat Pastor Hendrik dan Pastor Ernesto sempat memberi kata sambutan. Setelah Misa, resepsi berlangsung di aula paroki. Pastor Jos menjadi pastor paroki Gotong-Gotong selama 11 tahun. Selamat berbahagia dan proficiat, Pastor Jos! Semoga panjang umur dan sehat walafiat!

Sementara itu Bpk. Herman Hermohannknecht dan isteri dan anak-anaknya dari Jerman tiba untuk ikut berbahagia dengan Pastor Jos dan sekaligus untuk menghadiri pentahbisan imamat dari Diakon Octovianus pada tgl. 4 Agustus 2011 di Rantepao. Selamat datang, Bpk. Herman sekeluarga!

1 Agustus
Di STIKPAR hari ini pertemuan nasional para ketua Sekolah Tinggi Kateketik dan Pastoral dibuka.

Sementara itu Pastor Paulus Tongli, Pastor Marsel Lolo Tandung (ketua Unio yang baru), Vikep Toraja Pastor Frans Arring, Pastor Stefanus Chandra, Pastor Edi Kaniu, Pastor Refliandi – semua berangkat ke Sintang untuk menghadiri rapat UNIO seIndonesia.

Pastor Ritan CICM dan Pastor Joni Payuk CICM berangkat ke Toraja untuk menghadiri rapat para imam balita di Nanggala.

2 Agustus
Pertemuan para imam balita KAMS mulai hari ini. Pertemuan 3 hari ini memberi kesempatan kepada imam-imam balita untuk bertemu satu sama lain, mensheringkan pengalaman pastoral dan membuat rencana-rencana pastoral untuk masa depan. Bp. Uskup hadir dalam pertemuan ini dengan merayakan Misa Pembukaan tadi malam (tgl. 1 Agustus)

Pastor Daru CICM berangkat ke Manado untuk menghadiri pertemuan nasional semua direktur dan promotor Panggilan. Ikut juga Pastor Wiro Pattinggi yang adalah ketua Promotor Panggilan di KAMS.

3 Agustus
Vikjen Pastor Ernesto Amigleo CICM dan Sekretaris Pastor Frans Nipa berangkat ke Toraja untuk ikut pentahbisan imamat  di Rantepao. Banyak pastor dari 5 kevikepan berdatangan untuk mengikuti acara tsb.

4 Agustus
Di Rantepao, Toraja Utara, ratusan umat menghadiri Pentahbisan Imamat Diakon Oktovianus Tandilolo dan pelantikan 5 Frater untuk Lektorat dan Akolitat. Mereka adalah: Fr. Antonius Pabendon, Fr. Cornelius Timang, Fr. Mathius Tukan Panggelo, Fr. Yulianus Patiung Liling, dan Fr. Zakharia Indrawijaya. Misa Pentahbisan dipimpin Monsignor John Liku-Ada’ dan didampingi Rektor Anging Mammiri Pastor Willem Tee dan Pastor Stanis Dammen dari STIKPAR. Kurang lebih 60 imam ikut konselebrasi. Selesai Misa, dilanjutkan acara ramah tamah di depan gereja Rantepao yang diisi dengan kata sambutan dari Imam baru, orang-tua dari imam baru, Dirjen Bimas katolik, Bupati Toraja Utara dan Bp. Uskup. Selamat berbahagia kepada Pastor Oktovianus dan keluarga, Panitia, pastor paroki dan pastor bantu, serta dewan pastoral paroki!

Sementara itu, setelah satu bulan dirawat di RS Carolus, Jakarta, Pastor Ignas Sudaryanto CICM tiba di Makassar dengan sehat dan juga boleh berjalan dengan lebih baik lagi daripada sebelum operasi lutut. Dia dikawal ipar perempuan dan keponakannya. Ignas, kami gembira melihat kamu sudah bisa berjalan secara normal lagi. Puji Tuhan!

5 Agustus
Ketua Organizing Committee (OC) Sinode 2012, Bpk. Julius Tedja, memanggil rapat para pengurus dan anggota untuk membahas acara yang yad.

Pastor Joni Payuk CICM hilang keseimbangannya sambil memotong dengan sensor sebuah ranting pohon mangga di Sang Tunas. Dia jatuh sambil sensor yang dia pegang masih berjalan dan mengiris daging dari tangan kirinya. Segera dia dilarikan ke RS Stella Maris oleh Pastor Lasber Sinaga CICM dan dapat perawatan di sana untuk beberapa hari.

9 – 10 Agustus
Monsignor memanggil rapat Dewan Konsultor.

10 Agustus
Pastor Alex Lethe, anggota Dewan Konsultor, harus meninggalkan rapat untuk berangkat ke Jakarta di mana beliau akan menghadiri rapat nasional Komdik KWI.

Pastor Dony MSC dan Toni Sidjaya – keduanya dari KAMS, berangkat ke Madrid, Spanyol untuk menghadiri Hari Orang Muda Sedunia (World Youth Day) yang berlangsung pada tgl. 16-21 Agustus. Selamat jalan dan tolong bawa berkat dari Paus Benediktus XVI.

11 Agustus
Pada malam hari Full Gospel Business Men’s Fellowship East 2 – International, mengadakan 3 hari konvensi regional di Hotel Santika, Makassar dengan Bp. Uskup dan seorang Pendeta Bpk. Daniel Sopamena sebagai tamu agung. Mayor Jenderal Darpito Pudyastungkoro (pensiunan) dari Jakarta diundang untuk membawa kotbah. Beberapa pastor diundang juga. Ada kurang lebih 180 peserta  dari Indonesia Timur (Papua, Ambon) yang ikut.

12 Agustus
Vikjen Pastor Ernesto Amigleo CICM memanggil rapat bagi semua ketua Komisi untuk mengevaluasi program setiap Komisi pada 7 bulan terakhir tahun ini.

13 Agustus
Pimpinan Provinsi Suster SFIC mengadakan pertemuan dengan Uskup dan P. Rudy Kwary menyangkut rencana pengadaan rumah transit di Makassar sambil ambil bagian dalam pengelolaan Baruga Kare. Suster SFIC juga sudah bekerja di Sangalla’ dan di Rantepao Toraja.

14 Agustus
Perayaan Maria Diangkat Ke Surga di Bumi Rajawali Makassar, tahun ini dikoordinir oleh Paroki Katedral. Perayaan dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup, didampingi Pastor Paroki Katedral, P. Paulus Tongli dan P. Marsel L.T. mewakili Parochus Andalas, bersama dengan 14 imam konselebran yang lain. Tema perayaan “Maria Ibu Segala Bangsa”. Sesudah komuni diikuti Doa Rosario yang diselingi lagu-lagu Maria dan prosesi perarakan patung Bunda Maria yang ditempatkan di atas bola bumi dengan latar belakang salib. Sebelum berkat penutup dilangsungkan upacara serah-terima tanggung jawab penyelenggaraan tahun berikut dari Paroki Katedral kepada Paroki Andalas. Sesudahnya disusul acara launching Sinode KAMS 2012 yang dikaitkan dengan usia 75 Tahun Lembaga Gereja Lokal KAMS dan 75 Tahun CICM berkarya di Indonesia. Melalui launching tsb disosialisasikan rangkaian kegiatan demi kegiatan hingga hari sidang sinode yang direncanakan berlangsung tanggal 26-31 Mei 2012 dan Misa Syukur Agung tanggal 2 Juni 2012. Perayaan Ziarah Bunda Maria Diangkat Ke Surga ini dihadiri lebih 5000 umat Katolik di Kota Makassar dan sekitarnya.

Di Seminari Tinggi Anging Mammiri dilangsungkan serah-terima pimpinan dari P. Willem Tee Daia kepada P. Petrus Bine Saramae. Kepada P. Willem dihaturkan banyak terima kasih atas segala pelayanan yang telah diberikan selama menjadi Rektor Seminarium Anging Mammiri dan kepada P. Petrus Bine diucapkan selamat bertugas sebagai Rektor.

15 Agustus
Pengurus Komisi PSE KAMS menuju Ambon dalam rangka pertemuan bersama dengan Pengurus PSE se-Propinsi Gerejawi MAM (Makassar-Ambon-Manado).

17 Agustus
Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-66; sebagaimana di kota lain di Indonesia peringatan ini ditandai dengan upacara bendera yang diadakan di lapangan gubernuran.
Semua pegawai, sipil dan militer, juga pimpinan religius ambil bagian. Uskup hadir mewakili Gereja Katolik. Pada malam hari dilangsungkan syukuran sesudah upacara penurunan bendera.

18 Agustus
Panitia Perayaan Pesta Perak Imamat dari 4 orang imam dan Pesta Emas Hidup Membiara P. Jos van Rooy, CICM mengadakan rapat pada malam hari dalam rangka finalisasi persiapan untuk perayaan 9 September 2011. Rapat ini juga dihadiri Vikjen dan Pastor Sekretaris KAMS.

20 Agustus
Terdengar berita bahwa Panti Asuhan Pangamaseang yang dipimpin P. Jos van Rooy, CICM terbakar. Sesudah dicek kebenarannya ternyata tetangga panti asuhan yang kena musibah kebakaran; panti asuhan aman namun beberapa pintu dan mesin genset yang terletak berdekatan tetangga rusak dan menjadi gosong.

21 Agustus
Dalam misa pkl. 08.30 di Gereja Katedral Uskup melantik Pengurus Tim Peduli Pendidikan KAMS. Ikut mendampingi Uskup, Vikjen selaku Penasehat Tim dan Parochus Katedral, P. Paulus Tongli. Dalam homilinya Mgr. menggarisbawahi pentingnya kerasulan Gereja di bidang pendidikan. Dan dalam rangka itu sekolah-sekolah Katolik dalam KAMS memainkan peranan yang menentukan. Tim dipimpin Bpk. Julius Yunus Tedja. Turut hadir dalam acara pelantikan ini pengurus dari Jakarta yakni Bpk. Budi Santoso dan Bpk. Panji. Selamat kepada para anggota tim!

22 Agustus
Komjen Pol. Drs. Gories Mere (Kepala Badan Narkotika Nasional) memenuhi undangan ISKA dalam rangka sebuah pertemuan dan diskusi di Aula KAMS dimulai pkl. 10.30 hingga makan siang. Ketua IKSA, Bpk. Joseph Jansz menyampaikan sambutan selamat datang. Sesudah makan siang Bpk. Gories Mere mengadakan pertemuan dengan Uskup dan sejumlah pastor.

23 Agustus
Uskup memanggil rapat Dewan Konsultor untuk melihat kembali perkembangan dari apa yang sudah disepakati dalam rapat sebelumnya.

Panitia APP KAMS mengadakan pertemuan 3 hari (hingga tanggal 25) untuk mengevaluasi keseluruhan perjalanan kegiatan APP tahun 2011. Pertemuan dihadiri oleh banyak peserta yang datang dari 5 kevikepan, bertempat di Aula KAMS.

25 Agustus
Panitia Perayaan Pesta Perak Imamat mengadakan pertemuan lanjutan dalam rangka pemantapan persiapan.

Mgr. Piet Timang berkunjung ke keuskupan dalam rangka sebuah acara di Makassar.

26 Agustus
Komisi KKI KAMS mengkoordinir camping anak-anak Sekami se-Kevikepan Makassar selama 3 hari di Kariango Kompleks Militer. Ratusan anak-anak dengan gembira ria menghadiri perkemahan tsb.

29 Agustus
Vikjen dan P. Ignas Sudaryanto, CICM berangkat ke Tomohon Sulut dalam rangka liburan Idul Fitri.

31 Agustus
Hari Raya Idul Fitri sebagaimana dari tahun ke tahun rombongan lintas agama bersama beberapa biarawati dan ibu-ibu Wanita Katolik berziarah ke rumah para pejabat, baik sipil maupun militer, untuk tingkat propinsi dan Kota Makassar. Rombongan juga berziarah ke rumah Bpk. Jusuf Kalla dan tokoh-tokoh Islam. Keuskupan diwakili Uskup bersama Pastor Sekretaris.

Bung Kronik

Tidak ada komentar: