Rabu, 18 Maret 2009

Animasi APP 2009: Gerakan Pemberdayaan Kesejatian Hidup Bersama Umat Beragama Lain

Aksi Puasa Pembangunan (APP) tahun 2009 Keuskupan Agung Makassar mengambil tema: “Pemberdayaan kesejatian hidup melalui kebersamaan dengan umat beragama lain dalam perhatian terhadap orang-orang miskin, tak berdaya dan perhatian pada lingkungan hidup untuk kesejahteraan bersama”. Tema APP ini dirumuskan bersama team APP Pleno KAMS yang berintikan Komisi PSE, Komisi Katekese/Liturgi/Kitab Suci, Komisi Pendidikan, Komisi KKI, Komisi Kepemudaan dan utusan-utusan dari Kevikepan. Proses perumusan tema dan bahan animasi APP 2009 dimulai pada bulan Agustus tahun 2008 lewat rapat-rapat. Sesuai dengan kesepakatan di bentuk 4 team untuk mempersiapkan bahan animasi APP 2009, yakni team untuk bahan animasi di Paroki, bahan untuk Bina Iman Anak/Semika, bahan untuk pertemuan Orang Muda Katolik (OMK) dan bahan untuk pendalaman iman di Sekolah-Sekolah.

Setelah melewati beberapat tahap akhirnya bahan-bahan tersebut tersedia pada pertengahan Desember 2009. Komisi PSE/APP kemudian mengandakan bahan tersebut kemudian didistribusikan ke Paroki-Paroki, Kelompok dan Sekolah-Sekolah pada bulan Januari 2009. Bahan-bahan yang dikirim ke paroki-paroki adalah, Bahan Untuk Pertemuan Komunitas Basis, bahan untuk Pertemuan OMK, bahan untuk pertemuan Bina Iman Anak dan bahan untuk Pendalaman Iman di Sekolah-Sekolah serta poster-poster APP 2009. Selain ini Komisi KKI menyediakan satu VCD untuk Bina Iman Anak.

Komisi APP Pleno memandang perlu untuk mensosialisasikan bahan tersebut. Komisi APP kemudian berkoordinasi dengan kevikepan-kevikepan untuk pelaksanaan pembekalan animator APP di tingkat paroki-paroki. Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan di 4 kevikepan yakni Makassar, Luwu, Sulawesi Barat, Toraja. Sementara Kevikepan Sultra sudah mengadakan sosialisasi pada bulan Oktober 2008.

Sesuai dengan rekomendasi dari rapat evaluasi APP tahun 2008, khusus untuk kevikepan Makassar diusulkan agar pembekalan animator APP ini diadakan untuk 2 atau 3 paroki berdekatan. Tujuannya adalah supaya utusan-utusan paroki lebih banyak sehingga dapat terjun langsung ke rukun-rukun atau wilayah. Kegiatan pembekalan di Kevikepan Makassar dimulai tanggal 19 Januari 2009 di Aula Katedral untuk Paroki Katedral dan Gotong-Gotong. Kegiatan ini diikuti oleh 65 orang. Selanjutnya kegiatan yang sama dilakukan pada tanggal 21 Januari untuk Paroki Mamajang dan Andalas di aula Paroki Mamajang. Peserta kegiatan ini berjumlah 32 orang. Kemudian pada tanggal 22 Januari 2009 kegiatan pembekalan animator APP diadakan untuk Paroki Kare, Tello dan Mandai di Baruga Kare. Kegiatan ini dihadiri 92 orang dengan peserta terbanyak dari Paroki Kare. Kegiatan animasi di tiga tempat ini difasilitasi bersama oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr selaku Ketua Komisi PSE/APP dan P. Leo Sugiyono, MSC selaku Ketua Komisi Kateketik/Kitab Suci/Liturgi.

Pembekalan untuk Paroki Sungguminasa diadakan pada tanggal 16 Februari 2009 diikuti 36 orang. Kegiatan di Sugguminasa ini difasilitasi oleh P. Leo Sugiyono, MSC. Paroki Mariso dan Parok Asisi mengadakan kegiatan pembekalan sendiri. Sementara itu Paroki Pare-Pare dan beberapa stasi Paroki Soppeng berkumpul di Pare-Pare pada tanggal 18 Februari 2009. Pembekalan dihadiri sekitar 100 orang dan difasilitasi oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr.

Kevikepan Luwu secara khusus mengadakan kegiatan pembekalan Animator APP dan aktivis PSE selama 2 hari, tanggal 6-7 Februari 2009. Kegiatan ini dihadiri oleh 102 orang yang berasal dari Paroki Padang Sappa, Palopo, Lamasi, Saluampak, Bone-Bone dan Mangkutana. Kegiatan ini juga difasilitasi oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr dan P. Leo Sugiyono, MSC.

Sementara itu, Team APP Kevikepan Toraja yang dikoordinir P. Bartholomeus Pararak, Pr dan P. Mateus Patton, Pr mengadakan pembekalan untuk animator APP dari paroki-paroki di Kevikepan Toraja pada tanggal 17 Februari 2009. Fasilitator utamanya adalah P. Stef Salenda Lebang, Pr bersama dengan anggoat team APP Kevikepan Toraja.

Pembekalan untuk Kevikepan Sulawesi Barat diadakan di Mamuju pada tanggal 20-21 Februari 2009. Kegiatan ini dihadiri Paroki Mamuju, Messawa dan Baras. Selain membahas materi APP 2009, dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai Perayaan Hari Pangan Sedunia dan Caritas Makassar. Kegiatan ini dipandu oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr.

Selain pembekalan untuk Paroki-paroki, Komisi APP juga mengadakan pembekalan untuk Guru-Guru Agama tingkat SD-SMP di wilayah Kevikepan Makassar. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 17 Februari 2009, yang difasilitasi oleh Fr. Bonifasius, HHK dan Bapak Pablius Jurung.

Demikianlah serangkaian kegiatan Animasi APP tahun 2009 yang diselenggarakan oleh Komisi APP Pleno. Komisi APP menghaturkan terima kasih kepada semua komisi terkait yang telah terlibat dalam kegiatan Animasi ini mulai dari persiapan bahan sampai pada kegiatan animasi. Juga kepada semua kevikepan dan paroki yang berkenan memberikan kesempatan dan tempat untuk kegiatan APP tahun 2009 ini. *** Penulis: P. Fredy Rante Taruk Pr, Komisi PSE/APP KAMS

Tidak ada komentar: