Senin, 27 Juni 2011

Tim Peduli Pendidikan (TPP) KAMS Hadir untuk Melayani Umat

PELOPOR TPP KAMS

Atas dasar surat Yayasan Umat Peduli Pendidikan (YUPP) Jakarta No.68/YUPP/IX/2010 tertanggal 8 September 2010 kepada Bapa Uskup Agung Makassar Mgr.John Liku Ada’ Pr, tentang harapan dan saran agar TPP dapat dibentuk di Keuskupan Agung Makassar.

Pada Januari 2011 melalui kelompok umat Katolik asal Keuskupan Agung Makassar yang berdomisili di Jakarta mengadakan pertemuan dengan Mgr John Liku Ada’ Pr Uskup Agung Makassar sehingga terbentuknya Panitia Tetap Peduli Pendidikan (PTPP KAMS) di Jakarta.

Atas dasar komitmen yang sangat besar pengurus PTTP KAMS bersama rombongan Yayasan Umat Peduli Pendidikan (YUPP) dan TPP KAS melakukan sosialisasi dengan umat KAMS di Hotel Yasmin pada Sabtu, 26 Maret 2011, dan atas dasar kesadaran dan perhatian dari umat diputuskan untuk segera menindak lanjuti persiapan pembentukan TPP KAMS.

PERTEMUAN PERDANA TPP KAMS pada Hari Sabtu tanggal 2 April 2011 dilaksanakan di Aula KAMS Jl.Thamrin no.5-7 Makassar.

Hadir: Vikjen KAMS P Ernesto Agmelio CICM, P Alex Lethe Pr, P Victor Patabang (Paroki Assisi), P Paulus Tongli Pr (Paroki Katedral), Suster Bernadeth Suryali, dan wakil umat dari Paroki Kristus Raja, St Joseph, Mamajang, Tello, Kare, Assisi, Mamajang, sebanyak 40 orang.

Pendamping: PTTP KAMS JAKARTA Bapak Paul Toar dan Johanes Karyadi.

Sambutan Vikjen P Ernesto Amigleo CICM menyampaikan latar belakang kesadaran Gereja melalui pertemuan Pastoral para Uskup tahun 2008 atas keprihatinan hirarki terhadap dunia pendidikan katolik saat ini yang kian merosot.

Bapak Paul Toar memberikan kesaksian sekaligus sharing iman atas keterlibatan beliau di PTPP sangat mendukung dan memberikan semangat kepada para undangan yang hadir.

Dalam sesi tanya jawab yang diwakili 3 orang umat cukup memberikan pencerahan tentang situasi dan kondisi pendidikan yang saat ini sedang terjadi di Keuskupan Agung Makassar.

Melalui kuesioner yang dibahas dalam 3 kelompok diskusi yang melibatkan seluruh undangan menghasilkan inspirasi dan gagasan yang timbul dari umat sendiri yang mengusulkan TPP KAMS perlu dan segera dibentuk.

Pertemuan Perdana tersebut telah berhasil memilih dan menetapkan sebagai Koordinator Julius Yunus Tedja dan Wakil Koordinator Stevy Thioritz untuk melengkapi susunan Pengurus TPP KAMS periode masa bakti 2011 – 2013.

VISI
Berperan secara aktif dalam pembaruan komitmen atas panggilan dan perutusan Gereja demi tercapainya generasi muda yang cerdas, dewasa dan beriman melalui lembaga Pendidikan Katolik.

MISI
Menjadi agen perubahan sosial dengan ciri khas Katolik dalam dunia pendidikan.

1. Membantu sekolah-sekolah yang kurang berkembang menjadi sekolah yang mandiri dan berkualitas.

2. Bekerja sama dengan semua pihak dan elemen di Keuskupan Agung Makassar untuk memajukan pendidikan Katolik.

LATAR BELAKANG
Yayasan Umat Peduli Pendidikan (YUPP) yang dibentuk di Jakarta memiliki misi membantu Sekolah Katolik di Indonesia menjadi mandiri, diminati, berdaya tahan dan missioner.

Dalam upaya tersebut, YUPP juga ingin berkiprah sebagai mediator yang mempertemukan kebutuhan masyarakat, khususnya dunia usaha, dengan dunia pendidikan.

Memperhatikan demikian luasnya wilayah Indonesia dengan berbagai ragam permasalahan serta kondisi di setiap keuskupan, maka menjadi sebuah keniscayaan apabila YUPP akan menyelenggarakan seluruh kegiatan sendiri. Oleh sebab itu dalam mewujudkan misinya, YUPP mengambil peran sebagai “mitra strategis” bagi keuskupan-keuskupan di Indonesia dan membangun “mitra kerja” dengan umat yang peduli pada pendidikan dan para Usahawan Katolik dari Keuskupan setempat. Mitra kerja yang akan dibangun, berupa sebuah lembaga yang diberi sebutan Tim Peduli Pendidikan Keuskupan setempat (TPP Keuskupan).

TPP Keuskupan perlu dibentuk dengan dasar pemikiran :
1. Yang paling mengetahui mengenai kondisi dan situasi yang terkait dengan pendidikan katolik di sebuah keuskupan adalah mereka yang tinggal di keuskupan yang bersangkutan.

2. TPP merupakan wujud nyata kesadaran dan perhatian kaum awam/umat Katolik di keuskupan tersebut mengenai masalah pendidikan katolik.

TIM PEDULI PENDIDIKAN (TPP) Keuskupan yang akan mengelola persiapan, perencanaan, pelaksanaan serta kegiatan berkaitan dengan pengembangan Sekolah Katolik di Keuskupan setempat dengan kerja sama dengan PANITIA TETAP PEDULI PENDIDIKAN (PTPP) Keuskupan dan YAYASAN UMAT PEDULI PENDIDIKAN (YUPP).

TUJUAN
1. Tim Peduli Pendidikan (TPP) Keuskupan adalah lembaga non-struktural Keuskupan yang dibentuk di suatu Keuskupan dengan tujuan membantu perkembangan Sekolah Katolik di Keuskupan yang bersangkutan, terutama yang berada adalam kondisi sangat memprihatinkan.

2. TPP dapat dibentuk sesuai dengan Kevikepan dalam wilayah Keuskupan setempat.

3. TPP Keuskupan adalah “ mitra kerja “ Keuskupan yang bersangkutan dan Yayasan Umat Peduli Pendidikan (YUPP).

4. TPP hendaknya berkembang menjadi lembaga mandiri, yang menelaah kebutuhan Keuskupan setempat dalam upaya menyelamatkan, membangun dan mengembangkan Sekolah Katolik di wilayah setempat, melalui progam kerja jangka pendek, menengah sampai jangka panjang yang berkesinambungan dengan menghimpun serta mengusahakan dana yang terus bergulir dan berkembang dengan penerapan progam, monitoring dan evaluasi.

5. Karena tuntutan kemandirian, maka TPP harus dibangun pada landasan yang kokoh selaras dengan misi dan visi Keuskupan setempat serta YUPP dan didukung oleh umat yang peduli pendidikan serta Usahawan Katolik di Keuskupan setempat.

PRINSIP KERJA TPP
1. TPP bertugas menyelamatkan dan mengembangkan Sekolah Katolik di Keuskupan setempat yang berarti bergerak dalam bidang pendidikan yang berjangka panjang.

2. TPP memiliki kepengurusan yang berdomisili di Keuskupan setempat, yang berarti didirikan, dibangun dan dikembangkan serta dilaksanakan oleh Umat dari Keuskupan setempat.

3. TPP dibentuk bukan sebagai bagian organik struktural keuskupan, untuk menegaskan semangat dasarnya yaitu “kesadaran umat (bukan atas inisiatif hirarki) akan pendidikan Katolik di keuskupan yang bersangkutan”.

4. TPP akan menjadi “mitra kerja” Keuskupan setempat, memiliki hubungan koordinatif dengan Keuskupan setempat yang bersifat inter-dependent, yang terbuka dan saling menghormati dengan wujud dalam rapat koordinasi yang terjadwal secara tetap sesuai kesepakatan.

5. TPP menjadi “mitra kerja” YUPP dalam mewujud-nyatakan misi dan visi YUPP di Keuskupan setempat. Di sisi lain YUPP menjadi mitra strategis TPP yang akan berkolaborasi dalam mencari peluang-peluang strategis dalam upaya pengembangan Sekolah Katolik, penggalangan dana jangka panjang serta mengembangkan jejaring dengan berbagai pihak baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

6. TPP dalam berkoordinasi dengan YUPP serta pihak-pihak lain di luar Keuskupannya akan dibantu oleh Panitia Tetap Peduli Pendidikan (PTPP) Keuskupan, yang berdomisili di Jabotabek.

STRATEGI TPP
1. Mengembangkan survei dan analisa kebutuhan Sekolah Katolik di wilayah masing-masing Keuskupan (atau kevikepan) yang paling mendasar, khas stempat serta paling efektif dan efisien. Hasil survei senantiasa dinyatakan dalam bentuk feasibility study yang ringkas namun berdasar pada data aktual di lapangan.

2. Mengembangkan pola usaha untuk menghimpun dana bagi pengembangan Sekolah Katolik di Keuskupan setempat yang berkesinambungan, berjangka panjang dan dikelola oleh Umat Keuskupan sendiri.

3. Membahas dan mengkoordinasikan setiap feasibility study dan pola pengembangan usaha yang direncanakan dengan pihak Keuskupan, untuk mendapat pertimbangan, arahan, dukungan, kerjasama dan failitas yang sinergis.

4. Mengkomunikasikan hasil pembahasan feasibility study, pola pengembangan usaha serta berbagai kebutuhan strategis lain kepada PTTP untuk dibahas dengan YUPP.

5. PTTP Keuskupan bersama dengan YUPP membuka peluang kerjasama strategis baik berupa dukungan dari pihak ketiga bagi progam-progam TPP, maupun peluang pasar untuk pengembangan hasil produksi atau usaha TPP.

6. TPP mengembangkan kader-kader dari Keuskupan setempat menjadi “Penggerak TPP” di setiap pelosok daerah, dimana Sekolah Katolik berada.


Keberadaan TPP KAMS
Dari hasil beberapa pertemuan umat yang tergerak dengan Vikjen Pastor Ernesto telah dirancang dan dipersiapkan susunan pengurus TPP KAMS yang mayoritas pemerhati dari kelompok profesional, lembaga pendidikan dan Usahawan Katolik yang diharapkan memiliki komitmen misi yang mulia ini.

Segala persiapan yang berkaitan pengukuhan pengurus periode 2011- 2013 sementara dirampungkan, diharapkan bulan Juni ini sudah dapat dikukuhkan melalui misa Kudus oleh Bapa Uskup Agung Makassar Mgr John Liku-Ada’ Pr.

Harapan kita bersama untuk mewujudkan semua itu tentunya kerja sama dengan semua pihak semakin terbuka dan erat, saling mendukung melalui seluruh umat untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembaruan komitmen atas panggilan dan perutusan Gerja untuk menjadi agen perubahan sosial dengan ciri khas Katolik dalam dunia pendidikan di Keuskupan Agung Makassar. *** Penulis: Julius Yunus Tedja

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Maju TPP, majukan kams dengan Pendidikan

Anonim mengatakan...

Semoga banyak orang yg terpanggil dan terlibat bersama TPP demi kemajuan pendidikan untuk umat d KAMS