Rabu, 09 Desember 2009

FMKI Lahir di Bumi Batara Guru

Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) merupakan forum komunikasi, informasi, pemberdayaan, advokasi dan jaringan kerja yang plurisentris.
FMKI dideklarasikan pendiriannya di Jakarta, Agustus 1998 oleh sejumlah tokoh umat Katolik melalui “Deklarasi Umat Katolik Indonesia” yang bertitik tolak dari: “Semangat reformasi dan transformasi menantang bangsa Indonesia untuk mewujudkan negara Indonesia Masa Depan yang benar-benar demokratis dalam semua sisi kehidupan masyarakat yang pluralistik, serta menjunjung tinggi nilai Kemanusiaan dan Keadilan. Sebagai perwujudan iman, umat Katolik Indonesia merasa terpanggil untuk berperan menyelenggarakan tata kehidupan politik yang demokratis berdasarkan Pancasila”.
FMKI Keuskupan Agung Makassar yang merupakan FMKI bersama umat Katolik di Keuskupan terus berjuang dan mengembangkan sayap sehingga FMKI berada lebih dekat dengan umat di kevikepan ataupun wilayah masing-masing.
Tanggal 8 November merupakan hari kelahiran FMKI Luwu Timur atau lebih dikenal dengan Bumi Batara Guru. Dengan semangat dari Pastor Cornell yang merupakan Pastor Paroki Maria Immaculata-Sorowako mengundang Pengurus FMKI KAMS untuk hadir dan mensosialisasikan keberadaan FMKI di Kevikepan Luwu Raya.
Pengurus FMKI KAMS dengan semangat pelayanannya berangkat ke Sorowako, mereka adalah P. Paulus Tongli, Pr (Moderator FMKI KAMS) – Julius Yunus Tedja (Ketua FMKI KAMS) dan Risdianto Tunandi (Sekretaris FMKI KAMS) untuk menjawab undangan dari umat kevikepan Luwu Raya.
Luar biasa, mungkin itu kata yang pas dan cocok buat semangat umat Kevikepan Luwu Raya karena begitu antusias mengikuti pemaparan dan perkenalan keberadaan FMKI; peserta yang hadir 65 orang. Mereka dikawal langsung oleh Vikep Luwu Raya, P. Cristofel S, MSC dan dihadiri oleh wakil-wakil umat dari wilayah kevikepan.
Dalam pengantar yang dibawakan oleh Pastor Cornell menyinggung soal kerinduan yang cukup lama atas ‘keprihatinan’ berada di tengah masyarakat Luwu Timur. Umat di Kevikepan Luwu Raya terus mencari wadah untuk menyalurkan aspirasi, cita-cita dan jadi diri di tengah-tengah masyarakat sehingga jelas kehadirannya di tengah masyarakat yang majemuk.
Pada saat itu terbentuk langsung Pengurus FMKI Luwu Timur yang di nakhodai oleh Bpk. M. Ta’dung dan dalam waktu dekat akan melengkapi pengurus dan dilantik oleh Vikep Luwu Raya.
Dengan terbentuknya FMKI Luwu Timur berarti sudah ada 3 (tiga) FMKI di Keuskupan Agung Makassar yaitu : FMKI KAMS – FMKI Tana Toraja – FMKI Luwu Timur.
Kevikepan mana lagi yang akan menyusul membentuk FMKI??***

REKOMENDASI PERTEMUAN FMKI LUWU TIMUR
Sorowako, 8 November 2009

1. Menyadari perlunya membentuk sebuah forum sebagai saluran aspirasi Umat Katolik.
2. Membentuk Pengurus FMKI Luwu Timur Periode 2009-2012:
Ketua : M. Ta’dung
Sekretaris: Rimba Andi Lolo
Bendahara: Viktor Wunas
3. Mempersiapkan Program Jangka Pendek-Menengah-Panjang.
4. Sepakat untuk tidak melibatkan diri dalam kegiatan Gereja Denominasi.
5. Membuat Database Umat katolik Luwu Timur.
6. Mempersiapkan Natal dan Paskah Umat Katolik Lutim.
7. Berpartisipasi aktif dalam Pesta Demokrasi.
8. Memperjuangkan kepentingan umat katolik di Kab. Luwu Timur.

Atas nama Peserta Rapat,

P. Christofel S., MSC
Vikep Luwu Raya

P. Cornell, Pr
Pastor Paroki Sorowako

P. Paulus Tongli, Pr
Ketua Komisi Kerawam KAMS

Julius Y. Tedja
Ketua FMKI KAMS

M. Ta’dung
Ketua Terpilih FMKI Sorowako

Rimba Andi Lolo
Sekretaris Terpilih FMKI Sorowako

Anton Sudarisman
Umat
(Penulis: Risdianto Tunandi, Sekretaris FMKI KAMS)

Tidak ada komentar: