Jumat, 24 Juni 2016

Kronik KAMS Maret - Mei 2016


10-3-2016
Di ruang rapat Uskup, terlaksana rapat           gabungan Kuria, Pengurus dan Pengawas kebun Laimbo. Setelah diberikan arahan oleh Bapak Uskup, pastor Fredy memberikan pengantar berkaitan dengan pedoman kerja pengurus dan pengawas.

Pkl 18.30, bapak Uskup memimpin Misa pembukaan Simbolis Tahun Suci "Kerahiman Ilahi" di Sudiang. Sehabis misa di Gereja, dilanjutkan dengan acara simbolis buka "Pintu Suci" di kapel Kolping, dilanjutkan dengan Doa Tahun Kerahiman dan Adorasi di kapel Kolping.

17-3-2016
Pembukaan simbolis Tahun Suci "Kerahiman Ilahi" di Gereja Katedral Makassar; dimulai di pintu Utama Gereja (pintu dalam keadaan tertutup) dan umat berada di halaman Gereja. Bapak Uskup memberikan pengantar: bahwa Gereja Katedral ini aslinya adalah Gereja Stasi, maka tidak ada pintu Suci sebagaimana seharusnya sebuah Gereja Katedral, sebagai Gereja Induk dalam Keuskupan. Sudah saatnya dimulai renovasi bangunan Gereja Katedral.
Setelah selesai doa, pintu dibuka, umat masuk Gereja dan dilanjutkan dengan misa. Sesudah Misa, dilanjutkan dengan Salve, kemudian Sakramen  Mahakudus dipindahkan ke Sakristi dan dimulai adorasi 24 jam secara berkelompok.

15-3-2016
Diadakan rapat gabungan Pembina-Pengurus- Pengawas Yayasan Paulus, dalam rangka pembaharuan pengurus dan pengawas.

16-3-2016
Rekoleksi para Imam di Baruga Kare dengan thema: Tahun Kerahiman Ilahi, dipimpin oleh pastor Hendrik Njiolah dan dihadiri 72 Imam. Selain konferensi, diadakan juga adorasi sepanjang malam dan saling menerimakan Sakramen Tobat.

17-3-2016
Lanjutan rekoleksi imam dengan sharing per Kevikepan. Kevikepan Makassar sepakati 4 gereja ziarah di Tahun Suci yaitu: Katedral, Kare, Assisi dan Soppeng. Diharapkan supaya diadakan rekoleksi umat di setiap paroki dengan tema Kerahiman Ilahi dan juga memberikan pelayanan sakramen tobat. Diharapkan supaya setiap kevikepan menentukan paroki yang menjadi tempat ziarah selama Tahun Suci Kerahiman Ilahi.

Pkl 18.00: Misa pemberkatan minyak dan pembaharuan janji imamat para iman di gereja     Katedral. Bapak Uskup dalam homilinya menekankan perlunya gerakan pembaharuan hidup keluarga. Sesudah misa, ada makan malam bersama di aula KAMS.

19-3-2016
Bapak Uskup memimpin misa pelindung Yayasan YEEMYE dan misa syukur 25 tahun pengabdian 4 pegawai yayasan. Ikut dirayakan adalah HUT ke-21 pelantikan Mgr John Liku-Ada' sebagai Uskup diosesan KAMS. Sesudah misa dilanjutkan dengan acara resepsi dan hiburan lainnya seperti lomba poco-poco. Perayaan cukup ramai dan dihadiri banyak tamu undangan.

20-3-2016
Perayaan Minggu Palma. Jumlah umat yang hadir di paroki paroki di Kevikepan Makassar sangat banyak dan membeludak. Gereja penuh sesak.

27-3-2016
Perayaan Paskah di wilayah Keuskupan Agung Makassar berjalan lancar dan aman. Di setiap paroki dihadiri oleh banyak umat.

29-3-2016
Diadakan third WARP (World Alliance of Religions' Peace Dialogue) di Klenteng Xian MA, jalan Sulawesi. Dihadiri oleh perwakilan dari Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Pkl 18.30: Bapak Uskup memimpin misa arwah 100 hari alm. Pastor Rudy Kwary di Gereja Kare, yang disponsori oleh Legio Maria. Dihadiri oleh banyak umat, termasuk keluarga dari mendiang.

31-3-2016
Tenaga pendataan umat dari paroki-paroki se -kevikepan Makassar berkumpul di aula KAMS dibawah pendampingan Romo Purwanto SCJ. Pertemuan tersebut adalah untuk Pembekalan bagi para tenaga pendata. Masih dibutuhkan perbaikan terhadap hasil pendataan umat dan masih ada beberapa paroki yang belum sempat menyelesaikan pendataan tersebut. Diharapkan supaya yang belum merampungkan pendataan, segera ditindaklanjuti….

10-4-2016
Bapak Uskup Mgr. John Liku-Ada' menyampaikan makalah "Spiritualitas Keluarga Katolik" pada "Pembinaan Keluarga Bahagia" angkatan I, yang diadakan oleh  Bimas Katolik Depag Prop Sulawesi Selatan di Hotel Grand Celino, Makassar.

12-4-2016
Bapak Uskup menerima kunjungan dari Suster Provincial MC dan wakilnya, yang ditemani oleh Sr. Fransisca, MC, anggota komunitas Mamuju. Para Suster MC di Mamuju Berkarya di bidang pendidikan: PAUD dan TK serta pastoral paroki a.l. Music dan koor untuk anak anak, pendampingan OMK dan kunjungan ke stasi.

16-4-2016
Pkl 09.00: Rapat BP3 KAMS dan panitia  pembangunan gereja Paroki Andalas  dihadiri oleh 15 peserta. Setelah mendengarkan pemaparan rencana pembangunan Gereja dan Pastoran dari panitia, diberikan beberapa masukan, dlm rangka melengkapi  dan menyempurnakan rencana  konkrit untuk unit karya, unit doa dan unit huni.

Pkl 11.30: Rapat BP3 KAMS - Panitia             pembangunan Gereja Soppeng - Vikep Makassar,  yang dihadiri 20 peserta. Ditekankan pentingnya mengembalikan kekhasan ziarah Soppeng pada Pieta. Bapak Uskup menggarisbawahi "Spiritualitas Pieta" sebagai dasar pengembangan kompleks ziarah Soppeng. Disepakati supaya dibuat master plan yang lebih lengkap, dengan detail yang jelas.

17-4-2016
Bapak Uskup menghadiri dan memberikan makalah dalam Seminar Keluarga Katolik Sejahtera yang kedua, yang diselenggarakan oleh Depag Provinsi Sulsel di Hotel Grand Celino, Makassar.

Acara Sekami Kevikepan Makassar yang dipusatkan di Gereja Asisi dihadiri oleh ratusan anak anak Sekami. Acara tersebut dihadiri juga oleh Bapak Uskup, para pastor dan biarawan biarawati dari Kevikepan Makassar.


23-4-2016
Sr. Josephine Solon JMJ, ditemani beberapa Suster JMJ bertemu Bapak Uskup. Para Suster meminta kesedian Bapak Uskup untuk memimpin misa dalam rangka Pesta Perak, Emas / Intan hidup membiara para Suster JMJ pada tanggal 16 September  2016 di Makale.

25-4-2016
Pastor Paulus Tongli menemani Tuan Herman dalam kunjungan ke beberapa tempat di KAMS, antara lain: Ujung Batu, Mangkutana, Rantetiku, Toraja dan Messawa.

27-4-2016
Diadakan dialog HWPL-WARP di Pura Giri Natha, jln Perintis Kemerdekaan km 12, Makassar.

1-5-2016
Pemberkatan Gereja Paroki St. Joseph Pekerja Gotong Gotong, dirangkaikan dengan penerimaan Krisma untuk 115 orang. Hari ini juga adalah hari pesta pelindung paroki. Dihadiri  banyak umat.

2-5-2016
Pertemuan HWPL-WARP untuk memantapkan persiapan dialog kelima. Pertemuan dihadiri oleh Bpk Uskup, pastor Marsel Lolotandung, Edward Kwal dan Teresa Kim. Disepakati bahwa dialog akan dilaksanakan pada tanggal 28-5-2016 di aula KAMS.


8-5-2016
Perayaan penerimaan sakramen Krisma bagi 60 orang di Paroki Mamajang, sekaligus perayaan Hari Komunikasi Sedunia dengan tema: Komunikasi dan Kerahiman: perjumpaan yang memerdekakan.

9-5-2016
Panitia Pelaksana Lomba Paduan Suara Paroki se-KAMS bertemu dengan Bpk Uskup. Lomba ini adalah inisiatif dari Paroki Mariso. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kehidupan liturgi di paroki. Bapak Uskup memberikan apresiasi dan dukungan penuh.

10-5-2016
Rapat Kuria KAMS dengan pengurus UNIO KAMS. Dibahas beberapa hal berkaitan dengan tugas UNIO dan juga rencana merenovasi rumah UNIO di jalan Sutomo.

15-5-2016
Hari raya Pentakosta. Bapak Uskup memimpin misa Krisma di Andalas, 98 orang menerima sakramen Krisma. Para Krismawan-Krismawati diminta supaya menjadi umat Katolik yang dewasa yaitu orang yang berani menjadi saksi Kristus.

17-5-2016
Bapak Uskup hadir dalam pertemuan dengan panitia tempat ziarah Sapak Bayobayo - Toraja di wisma KWI, Jakarta.


18-5-2016
Bapak Uskup menghadiri Rapat Presidium KWI.

22-5-2016
Misa syukur PUKAT Jabodetabek di Gereja Paroki Hati Kudus jln Kramat Raya 134, Jakarta. Dihadiri 550 anggota, termasuk perwakilan dari luar Jakarta. Turut hadir adalah Bapak Komjenpol Goris Mere beserta Ibu; dan Bapak Marsekal Muda Jan Manggesa beserta Ibu.

28-5-2016
Dialogue V,  HWPL-WARP di aula KAMS. Peserta dari masing masing Agama 10 orang,     kecuali dari Katolik sebagai tuan rumah sebanyak 50 orang. Acara dimulai hampir tepat waktu dan berjalan dengan baik.

Ziarah Bunda Maria Pieta Soppeng dimulai pkl 21.00.- dengan acara pembukaan, ibadat singkat dan Salve – pawai lilin. Sempat ada kekhawatiran karena cuaca pada siang sampai sore tidak mendukung, diguyur hujan deras. Para peziarah juga mulai cemas karena hujan lebat selama dalam perjalanan. Sekitar sore, hujan berhenti dan semua peziarah sangat bersyukur atas cuaca yang mulai bersahabat.

29-5-2016
Pkl 08.00, Ziarah Bunda Maria Soppeng dilanjutkan dengan devosi jalan salib. Sekitar pkl 10.00, dimulai misa Kudus yang dipimpin oleh Vikjen KAMS dan didampingi oleh 10 imam dari KAMS. Setelah misa, dilanjutkan dengan peletakan batu pertama untuk gereja baru yang segera akan dibangun. Rangkaian acara berjalan dengan hikmat dan sangat mulus. Para peziarah bertambah dalam jumlah, karena kehadiran umat lebih dari 1.600 orang yang datang dari kevikepan-kevikepan di KAMS. ***



Bung Kronik


Tidak ada komentar: