Senin, 26 September 2011

Pengukuhan Panitia Penyelenggara Sinode 2012


Menyambut Yubileum 75 tahun Gereja Katolik di Sulawesi Selatan, Pengukuhan Panitia Penyelenggara Sinode 2012 dilangsungkan bersamaan dengan perayaan Bunda Maria Diangkat Ke Surga pada 14 Agustus 2011. Bertempat di halaman sekolah SMA Katolik Rajawali, sekitar lebih dari 5000 umat memadati dan menjadi saksi akan pengukuhan tersebut yang dilakukan oleh Uskup Agung KAMS Mgr. John Liku-Ada’, Pr. 


Momen 75 tahun keberadaan Katolik di Sulawesi Selatan sepatutnya diperingati secara istimewa.  Sejak  13 April 1937 wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara dijadikan Prefektur Apostolik Makassar oleh Sri Paus di Roma sampai dengan didirikannya Gereja Katedral Ujung Pandang yang nama resminya adalah Gereja Hati Kudus Yesus sebagai gedung gereja tertua di kota Makassar dan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara. Dengan segala tantangannya, kita berupaya menegaskan kembali perutusan kita ke depan, kita belajar dari masa lampau demi memantapkan perjalanan kita ke depan, Gereja lokal ini harus berani bertolak dari tempat yang dalam, mengarungi samudera zaman dengan berpegang pada kesaksian Kitab Suci yang menjadikan segala-galanya baik.

Usia 75 tahun tidaklah muda namun juga tidaklah tua bila kita masih memiliki kemauan untuk masa depan iman kita. Maka bersamaan dengan Sinode Diosesan yang kedua nantinya di tahun 2012 diharapkan umat untuk turut serta merayakannya dengan istimewa. Sidang Sinode Diosesan yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 27-31 Mei 2012 dengan tema: “Dia Menjadikan Segala-galanya Baik (Mrk 7:37)”  mengajak kita untuk sadar akan panggilan dan perutusan kita mengukir sejarah paguyuban atas dasar iman, kasih dan kebenaran yang terdapat dalam Sabda Allah dan Tradisi Gereja Katolik. Juga menawarkan tantangan agar kita semakin sehati dan sejiwa mengembangkan paguyuban iman kita menjadi berkat bagi sesama.   

Sinode Diosesan adalah sidang/himpunan imam-imam dan orang-orang beriman kristiani yang terpilih dari Gereja partikular untuk membantu Uskup Diosesan demi kesejahteraan seluruh komunitas diosesan. (KHK 1983 Kan. 460). Sidang Sinode Diosesan diharapkan menjadi perayaan kebersamaan dan penemuan arah/strategi baru hidup menggereja KAMS ke depan.
Merupakan suatu kebanggaan bahwa umat Katolik sekota Makassar dapat berkumpul setiap tahun di Bumi Rajawali untuk merayakan Hari Raya Bunda Maria Diangkat ke Surga bersama dengan Uskup Mgr. John Liku Ada’ Pr.  memimpin perayaan Ekaristi secara langsung yang sekaligus melangsungkan acara pengukuhan Panitia Yubileum 75 tahun dan Sinode Diosesan 2012 KAMS.  

Sebelum peresmian pengukuhan tersebut, umat disuguhkan sepintas pemutaran video Sinode dan kemudian dilanjutkan upacara pemakaian rompi kerja dari Uskup kepada seluruh Panitia Penyelenggara Sinode Diosesan 2012. Sebagai pelengkap informasi dan ajakan untuk turut menyukseskan, umat telah dibagikan leaflet bersamaan dengan buku panduan perayaan  Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga dan baliho di pintu masuk utama. 
Setelah acara pengukuhan tersebut akan dilanjutkan serangkaian kegiatan terpadu sampai tahun depan dan berpuncak dengan Misa Agung yang direncanakan hari Sabtu, 02 Juni 2012. Kegiatan tersebut antara lain: pembuatan buku Sejarah 75 tahun Gereja lokal KAMS, kunjungan panitia ke paroki-paroki, seminar kerohanian, kegiatan kategorial dan kegiatan menyambut natal dan paskah serta sidang Sinode Diosesan.

Tentunya peran serta dan dukungan aktif dari umat dalam menyemarakkan seluruh rangkaian kegiatan Sinode yang mulia ini (Syn’odos: berjalan bersama) perlu dijalin dengan harmonis baik lewat dukungan materi maupun non-materi.  Sungguh sangat baik bahwa dengan cara apa pun, keterlibatan kita merupakan wujud bakti kita kepada Allah yang telah memberikan kita pengharapan besar bahwa segala-galanya baik dalam nama-Nya. *** Penulis: Arian Dasa Wijaya

Tidak ada komentar: