Selasa, 02 Juli 2013

Kronik KAMS Maret - Mei 2013


1 Maret
Setelah memimpin Rapat Pleno Komkat KWI di Jakarta, Bapa Uskup kembali ke Makassar.

2 Maret
Bapa Uskup mengadakan rapat Kuria bersama Depas Sorowako.

3 Maret
Bersama Bapa Uskup diadakan rapat Panitia Pembangunan Gereja Tanjung Bunga.

4 Maret
Setelah 3 bulan cuti, VikJen P. Ernesto Amigleo CICM kembali dengan kondisi segar siap melanjutkan tugasnya di Keuskupan. Selamat Datang, Vikjen!

5 Maret
Bersama Kuria, Bapa Uskup mengadakan rapat dengan PNA yang diwakili Ibu Maria Hermjohannknecht.

9 Maret
Bapa Uskup menerima para Anggota Umum Suster-Suster CIJ untuk suatu rapat.

12 Maret
Bapa Uskup bersama Kuria, P. Hendrik Njiolah dan Vikep Makassar P. Alex Lethe mengadakan rapat dengan Depas Paroki Fransiskus Assisi untuk membahas masalah yang menimpa paroki tsb. Setelah selesai, Bapa Uskup masih mengadakan rapat khusus dengan Kuria dan Vikep Makassar dan P. Hendrik Njiolah.

16 Maret
Di Tana Toraja hari ini merupakan hari bersejarah bagi jemaat Kristen-Protestan.  Hari ini diadakan Ibadah Raya Seabad Injil Masuk Toraja di Makale. Bapa Uskup hadir dan memberi ceramah.
Dalam rangka mewujudkan Tahun Iman, Komunitas Kerasulan Ilahi di Kevikepan Makassar yang diprakarsai oleh Bpk. Azis dan Ibu Siska beberapa tahun lalu, mengadakan 2 hari Seminar Kerasulan Kerahiman Ilahi  yang difasilitasi oleh ahli Kitab Suci Bpk. Stefan Leks bersama timnya di Ballroom Swiss Belinn International di Panakukang Square. Kurang lebih 200 anggota, termasuk beberapa pastor,  menghadiri 2 hari Seminar tsb. Bapa Vikjen membuka Seminar tsb. dengan kata sambutan. 

19-20 Maret
Untuk kedua kalinya dalam tahun ini Dewan Konsultor mengadakan rapat yang dipimpin Bapa Uskup di Baruga Kare.

20 Maret
Vikjen selaku Ketua Dewan Keuangan KAMS mengadakan rapat bersama Tim Laimbo, P. Marinus Tellu dan Ketuanya Vikep Luwu, P. Willie Welle untuk membahas rencana tambahan  investasi di Kebun Kelapa Sawit Laimbo. Rapat melihat hal ini sebagai kesempatan untuk memperoleh tambahan dana untuk keuskupan. P. Ruvinus sebagai bendahara tidak sempat hadir.

21 Maret
Dalam rangka Pekan Suci, diadakan Rekoleksi bagi para imam sekeuskupan yang dipimpin Pastor Ignatius Sudaryanto CICM di aula Keuskupan. Temanya: Bagaimana Menjadi Pastor Bonus dalam Konteks Keuskupan Agung Makassar. Kurang lebih 70 imam hadir. Sorenya, Misa Krisma yang berlangsung di Katedral  pukul 5.30 sore. Banyak umat hadir dalam Misa ini.

22 Maret
Bapa Uskup didampingi VikJen, Sekretaris dan Bendahara menghadiri rapat bersama Pimpinan Sr. Claretian di ruang rapat Uskup. Hadir pula Vikep Sultra dan Bpk. Sutanto yang mewakili Bpk. Candra, seorang donatur. Dalam rapat tsb. dibahas draf kontrak antara Keuskupan dan para Suster Claretian.

23 Maret
Vikjen mendapat tugas tambahan dengan diangkat oleh Bapa Uskup  sebagai Pjs. Pastor Paroki Fransiskus Assisi hingga ada penggantinya.

24-30 Maret (Pekan Suci)
Sepanjang Pekan Suci ini para pastor sibuk dengan persiapan Pekan Suci mulai Hari Minggu Palem. Hari Kamis Putih hingga Malam Paskah puluhan ribu umat berkumpul di Gereja-gereja mengikuti Misa Perjamuan Terakhir, Upacara Senggsara dan Wafat Yesus, dan Malam Paskah. Di beberapa paroki diadakan Tablo pada hari Jumat Agung.
Di Paroki Makale, umat merayakan Jumat Agung secara inkulturatif dengan perarakan di kota.

31 Maret
Selamat Hari Raya Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus! Alleluia, alleluia, alleluia. Mari kita bergembira ria karena Tuhan Yesus telah bangkit mulia! Semoga KebangkitanNya  menjadi kesempatan bagi umat Allah untuk membangkitkan semangatnya dalam hidup menggereja dan menjadi saksi-saksi Kebangkitan Kristus di tengah-tengah masyarakat!

4  April
Ulang tahun P. Isidorus Rumpu Kaniu yang ke-76 tahun. Proficiat! Bapa Uskup bersama para imam sekevikepan Makassar, termasuk para Suster YMY dan umat datang ke SPC mengucapkan selamat kepada P. Isidorus.

6 April
Di Tana Toraja, khususnya di Paroki Makale, Bapa Uskup melantik Vikep baru, Pastor Natan Runtung  menggantikan mantan Vikep P. Frans Arring yang pindah ke Yogya. Sekaligus P. Albert Arina, mantan Bendahara KAMS, dilantik sebagai Pastor Paroki baru Paroki Makale menggantikan P. Nathan Runtung. Ratusan umat menyaksikan pelantikan tsb. Selamat berbahagia kepada kedua  Pastor! Selamat bertugas.

6-8 April
Empat puluh dua kaum ibu mengikuti Weekend Seminar Wanita Bijak dari tgl. 6 April hingga 8 April. Seminar dibuka P. Ignas Sudaryanto CICM, ketua Komisi Keluarga KAMS di Hotel Popular di Makassar. Tim dari Surabaya bersama tim pendamping dari Makassar memfasilitasi Seminar tsb. Minggu pagi, Misa Penutup oleh P. Ignas. Selamat berbahagia para peserta Wanita Bijak! Semoga Seminar bermanfaat demi kepentingan keluarga khususnya hubungan antara isteri dan suami, serta isteri dan anak-anak.

8 April
Hari ini adalah hari Pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan, Bpk. Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Gubernur, Bpk. Agus Arifin Nu’mang untuk periode 2013-2018 di halaman Rumah Dinas Gubernur di Jl. Sudirman. Mereka memenangkan Pilkada demokrasi bulan Januari lalu atas pesaing mereka Bpk. Ilham dan Bpk. Azis.  Bpk. Menteri Dalam Negeri melantik mereka. Masyarakat SulSel sangat mengharapkan bahwa amanat yang diberikan kepada kedua pemenang akan tercapai dalam periode kedua ini. Sekalipun hujan sepanjang malam sebelumnya hingga pagi ini, banyak tamu khususnya beberapa duta besar dari pelbagai negara datang selain para pejabat pemerintah dan menteri dari Jakarta, daerah-daerah lainnya dan Provinsi Sulawesi Selatan sendiri dan para pemimpin agama. Bapa Uskup mewakili umat Katolik di SulSel.  Banyak jalan menuju kota ditutup.

Dalam rangka kunjungan Pater Provinsial MSC, semua pastor MSC di KAMS berkumpul di Saluampak untuk suatu pertemuan. Selamat datang Pater Provinsial MSC! Karena kedua pastor dari paroki Mamajang mengikuti rapat tsb. maka Pastor Ignas Sudaryanto CICM diminta membantu Paroki Mamajang selama kedua pastor tidak ada di tempat.

9 April
Dalam rangka Pesta 60 Tahun Seminari Menengah Sto. Petrus Claver, Bapa Uskup membuka Novena Pesta Intan SPC dengan Perayaan Ekaristi di SPC dengan tema “SPC Keluargaku”.

11 April
Salah satu anggota Dewan Pimpinan Umum CICM, Pater Luc Colla CICM, dalam rangka Latihan Kepemimpinan Para Dewan Provinsi Asia dan Provinsi Filipina, datang ke Indonesia untuk memfasilitasi Latihan tsb. Habis rapat di Puncak, beliau datang ke Makassar untuk mengunjungi para konfrater CICM dan juga Bapa Uskup.

12 April
Pater Luc Colla bersama Frater Diakon Lamma dan Frater John Mark berangkat ke Toraja untuk beberapa hari. Selamat menikmati keindahan Toraja!
Komunitas Jedutuhun Salvation Ministry (JSM)  mengadakan 3 hari Latihan Evangelisasi yang dipimpin Bapak Vitalis Achsen Gumelar dari Bogor. Bpk. Achsen adalah seorang aktivis gereja di Keuskupan Bogor. Latihan tsb. diawali dengan Persekutuan Doa JSM di aula Gotong-Gotong. Selamat datang, Bpk. Achsen!

 14 April
Setelah mengadakan rapat bersama para misionaris MSC di Keuskupan, Provinsial MSC, bersama Pastor Joseph MSC, pastor paroki Mamajang,  mengunjungi Bapa Uskup di kantornya.

15 April
Setelah 3 hari mengunjungi Toraja, Pater Luc Colla, bersama Pastor Ritan CICM dan Bruder Misa Ada’ CICM, rektor Rumah Jenderalat CICM di Roma, yang sedang cuti di tanah airnya,   bersilaturahmi dengan Bapa Uskup di kantornya. Pater Luc dijadwalkan untuk mengunjungi para konfrater di Makassar di tempatnya masing-masing hingga hari Rabu.

16 Apr
Untuk membawa novena ke-2 di SPC, para guru, alumni dan simpatisan SPC diundang untuk menghadiri seminar yang  dibawakan P. Ignas Sudaryanto tentang “Keluarga Berbahagia, Keluarga Misioner” di aula seminari.

21 April
Hari Minggu Panggilan. Kegiatan untuk hal ini dipusatkan di Seminari Menengah Sto. Petrus Claver dalam rangka 60 Tahun SPC yang akan diselenggerakan pada tgl. 9 September 2013.

22 April
Bpk. Uskup memanggil rapat Kuria untuk membicarakan sejumlah hal penting berhubung dengan persiapan Dewan Imam dan Pelatihan Nasional Kombas Gerejani yang akan diadakan di Makassar bulan depan.

22 April
Komunitas CICM  mengadakan rekoleksi bulanan di Jl. Pelanduk. Frater Diakon Lamma Sihombing CICM memimpin rekoleksi dengan tema “Kemurahan Hati”. Sesudah artikel dibacakan secara bergilir, masing-masing peserta mensharingkan pengalamannya tentang kemurahan hati. Setelah sharing rekoleksi ditutup dengan doa, pengumuman dan makan siang bersama.

23 April
Pater Rektor SPC mengundang para guru, alumni dan simpatisan SPC untuk novena ke-3 yang dibawakan Pastor Paulus Tongli.

26-27 April
Bersama P. Yulius dan P. Frans, semua karyawan di kantor KAMS mengikuti rekoleksi dua hari yang dipimpin Bpk. Ronald Runtuwene, seorang motivator dari Smart FM Makassar, di Pakatto. Rekoleksi ditutup dengan Perayaan Ekaristi oleh Vikjen.

26-28 April
Sebagai kegiatan Komisi Keluarga KAMS, 45 pria dewasa mengikuti Camp Pria Sejati selama 3 hari yang dipimpin Tim di Baruga Kare.

27 April
P. Frans Nipa selaku Vikaris Yudisial dan P. Simon Gausu sebagai sekretaris dari Kantor Tribunal KAMS berangkat ke Kupang untuk mengikuti Lokakarya para ahli Hukum Gereja Indonesia Bagian Timur. Lokakarya tsb. diadakan dua kali setahun untuk mensharingkan masalah-masalah dan mencari jalan keluarnya tentang kasus-kasus perkawinan di keuskupan masing-masing.

 30 April
Kedua formator di TOR, P. Bartho Pararak dan P. Cornelis, berangkat ke Atambua untuk mengikuti rapat para formator TOR se-Indonesia.

3 Mei
P. Frans dan P. Simon Gausu tiba di Makassar jam 1.00 pagi. Mereka mengalami kendala dengan pesawat dari Denpasar ke Makassar.

4 Mei
Bapa Uskup bersama P. Paulus Tongli, Bpk. Herman Sentosa dan arsitek berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Maria Pangestu pada hari Minggu tgl. 5 Mei dengan maksud meminta izin untuk merenovasi gedung Gereja Katedral. Karena gedung Gereja Katedral  mempunyai nilai historis, maka sebetulnya tidak boleh membuat renovasi pada gedung sesuai  peraturan pemerintah.
Vikjen memanggil rapat Dewan Keuangan KAMS untuk membahas sejumlah hal menyangkut keuangan, antara lain: kebijakan Sumbangan Solidaritas, dan kebijakan  54% wajib penyetoran dana dari paroki-paroki  ke Keuskupan,  dll.
Tim Komisi PSE-KAMS mengadakan Seminar berjudul “Menggagas Pastoral Buruh” yang difasilitasi Romo Ignas Parmo CM dari Keuskupan Surabaya. Kurang lebih 50 pemerhati hadir sepanjang hari di aula Keuskupan. Dalam sharing antara peserta tentang keadaan buruh di Makassar,  dimunculkan masalah pastoral mis. Banyak buruh Katolik tidak ke gereja, dll.

6 Mei
Di Stasi Tampo, Paroki Makale, Tana Toraja, dalam rangka Gereja Katolik Masuk Toraja,  umat memperingati dan merayakan   pembaptisan anak-anak Toraja pertama  di Tampo dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Pastor Paroki, Pastor Albert Arina.  Ke-4 anak kecil yang dibaptis di Tampo oleh Pastor Charles Dekkers CICM,  dibantu oleh katekis Bpk. Petrus Pemba,  seorang Tampo sendiri  adalah: Antonius Tambing (3 tahun), Nathaniel Tarukallo (2 tahun), Theresia Minggu (3 tahun) dan Maria Tibe (1 tahun).  Wali baptis mereka adalah Bpk. Petrus Pemba sendiri bersama isterinya. Di bawah  pimpinan P. Lukas Paliling, umat di Tampo membangun sebuah monumen untuk memperingati peristiwa bersejarah itu.
Pastor Frans Nipa  bersama  tim dari sekretariat KAMS berangkat ke Baubau untuk kegiatan pelatihan pendataan umat kevikepan Sultra.

7 Mei
Pastor Hendrik Njiolah diundang untuk mengadakan seminar kecil di SPC. Temanya adalah: “Beriman dengan berakar pada budaya setempat.”

8 Mei
Dewan Keuangan KAMS mengadakan Rapat untuk mempersiapkan bahan Dewan Imam menyangkut Dana Solidaritas KAMS, dll. Vikjen memimpin rapat.

14 Mei
P. Ritan, pastor paroki Sto. Paulus Tello, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Rapat Koordinator CICM se-Asia.

15 Mei
Pastor I Made Markus berangkat ke Filipina via Jakarta. Pastor Markus ditugaskan untuk studi lanjut di di bidang Hukum Gereja  di Universitas Santo Tomas (UST), Manila,  yang dikelola Ordo Dominikan. Untuk sementara Pastor Markus akan tinggal di Provinsialat CICM di Quezon City.  Selamat Jalan, Pastor. Sukses dalam studi.
Tim On-Going Formation dari 3 provinsi gerejani yang terdiri dari Keuskupan Agung Makassar – Keuskupan Ambon dan Keuskupan Manado mengadakan  3 hari seminar on going formation bagi para imam projo di Baruga Kare.

16 Mei
Di Seminari St. Petrus Claver, para seminaris mengadakan “Pergelaran Budaya Lokal KAMS” yang diisi dengan nyanyian-nyanyian dan tari-tarian lokal di Jl. Gagak. Peserta kegiatan yang berasal dari 3 Provinsi Gerejani:  Makassar – Ambon – Manado (MAM) hadir dalam kegiatan ini.
Salah satu anggota Dewan Pimpinan Umum MSC, Pater Chris McPhee, MSC, berkunjung di Makassar untuk mengunjungi para imam MSC di keuskupan ini. Selamat datang, Pater Chris!

17 Mei
Setelah  2 tahun  berjuang dan berdiskusi dan mengumpulkan dana  untuk  pembangunan sebuah Rumah untuk masa depan para Imam yang lanjut usia, akhirnya  harapan dan impian tsb. terealisasi dengan pemberkatan dan peresmian rumah “Pastoran Sto Yohanes Maria Vianney” (St. Yohanes Maria Vianney adalah pelindung para imam). Sejumlah Pastor, Frater, Suster dan Umat berkumpul di Pastoran Santo Yohanes Vianney di Jl. Baji Gau untuk mengikuti Upacara Pemberkatan dan Peresmian Pastoran tsb. Bapa Uskup memimpin Perayaan Ekaristi dan upacara pemberkatan pada jam 10.00 wita.  Sesudah Upacara diadakan ramah tamah.

18 Mei
Komisi Liturgi KAMS yang ketuanya adalah P. Sani MSC,  mengadakan seminar  bagi semua prodiakon dan pemerhati dalam bidang liturgi di kevikepan Makassar  dalam suatu latihan yang dipimpin Pastor Dr. Petrus Bine, rektor Seminari Anging Mammiri.  Kurang lebih 700 peserta ikut seminar tsb. untuk memperdalam iman dan pengertian mereka tentang liturgi Gereja.
Ketua Dewan Keuangan KAMS memanggil rapat dewan keuangan untuk membicarakan beberapa hal, khususnya tentang PT. Timbuseng.

19 Mei
Selamat Hari Raya Pentakosta!  Di Gereja Katedral diadakan Misa Krisma bagi 65 anak-anak  yang belum menerima Sakramen Krisma.  Bapa Uskup, didampingi Pastor Paulus Tongli,  memimpin Perayaan Ekaristi dan Krisma. Kepada mereka yang baru menerima Sakramen Krisma, kami ucapkan Selamat dan semoga Roh Kudus senantiasa menyertai dan menguatkan mereka dalam iman.

20 Mei
Komisi Katekese tingkat KWI  mengadakan 3 hari pelatihan Komunitas Basis Gerejani (KBG) bagi 15 keuskupan di seluruh Indonesia.  Bapa Uskup John Liku-Ada’ adalah ketuanya dan Pastor Leo Sugiono MSC  sebagai Sekretaris, dan P. Adi, SJ, anggota Staf .  Pelatihan tsb  diadakan di Baruga Kare. Kurang lebih 45 peserta, termasuk Staf KWI, mengikuti kegiatan ini. Dari Keuskupan Agung Makassar 5 peserta, sedangkan keuskupan-keuskupan lain hanya 2 peserta.

21-23 Mei
Rapat Dewan Imam berlangsung mulai sore tgl. 21 Mei dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Bapa Uskup John Liku-Ada’ di Baruga Kare.  Kurang lebih 20 imam yang mewakili seluruh Keuskupan hadir.  Agenda antara lain adalah Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Sinode II dan Sistem Keuangan Baru yang akan diperkenalkan oleh Tim Keuangan KAMS.  Selamat berapat!
Bapa Uskup Banjarmasin, Mgr. Piet Timang, datang ke Makassar khusus untuk memberi seminar kepada para seminaris SPC dan pemerhatinya pada sore hari ini. Tema adalah: “Berbagi kekayaan iman, berbagi kelimpahan hidup.”

23 Mei
Pada hari ini Keuskupan menerima kabar duka. Ayah Pastor Bartho Liling meninggal dunia pagi hari ini. Jenazahnya sementara disemayamkan di Rumah Duka di Stella Maris. Sesudah Misa, jenazahnya akan diberangkatkan ke Toraja Utara untuk dikubur di sana. Pastor Bartho dan seluruh keluarga, kami dari Keuskupan turut berduka. Kami berdoa semoga Tuhan memberi istirahat kekal kepada ayahanda.

23 -24 Mei
Selesai Dewan Imam  dilangsungkan rapat Dewan Konsultor di Baruga Kare.  Bapa Uskup memimpin rapat tsb. Agendanya antara lain Mutasi Personalia, Kontrak dengan Tarekat MSC, dll.
Di Keikepan Luwu khususnya di Pastoran Laimbo, 69 pengantar dari 6 paroki mengikuti lokakarya Liturgi yang dipimpin P. Petrus Bine dan P. Sany, MSC, ketua Komisi Liturgi KAMS.

24 Mei
Pastor Ignas Sudaryanto CICM bersama beberapa dosen dan karyawan Universitas Atma Jaya-Makassar berangkat ke Soppeng untuk berziarah. Demikian pula banyak umat dari pelbagai paroki di keuskupan ikut berziarah.
Di Baruga Kare, diadakan retret Adorasi Ekaristis untuk 3 hari dipimpin P. Willem Tee Daia.  Kurang lebih 69 peserta ikut kegiatan rohani ini.

24 -26 Mei
Di Paroki Gotong-gotong, berlangsung Fancy Fair untuk wilayah kevikepan Makassar dalam rangka Ulang Tahun Pelindung Paroki Sto. Yoseph Pekerja  tgl. 1 Mei 2013 yang lalu.

25 Mei
Seperti setiap tahun Paroki Soppeng mengundang seluruh umat di keuskupan untuk  berziarah ke Soppeng. Banyak umat dari pelbagai daerah, khususnya dari kota Makassar, mulai berdatangan di Soppeng.  Malam hari, diadakan rosario dan perarakan ke Gua Maria. Bapa Uskup secara khusus memimpin ziarah ini.

26 Mei
Di Soppeng, ratusan umat dari pelbagai daerah berkumpul untuk perayaan Ekaristi yang dipimpin Bapa Uskup pada jam 8.00 wita.
Sementara di Paroki Kare, Makassar,  ratusan umat menyaksikan pembaharuan kaul dari kedua Frater CICM, Frt. John Mark dan Frt. Mervin, dalam Perayaan Ekaristi yang meriah pada jam 7. 30 wita. Di hadapan Pater Provinsial dan para konfrater lain yang ikut berkonselebrasi, kedua Frater mengucapkan kaulnya. Selamat, Frater, semoga  senantiasa berbahagia!

28 Mei
Marriage Encounter Distik IX Makassar mengadakan Misa di Paroki Assisi dalam rangka merayakan ulang tahun para anggota ME pada bulan Mei. Selamat ulang tahun bagi mereka yang berulang tahun bulan Mei ini! Semoga hidup rukun damai di keluarga masing-masing.
Bapa Uskup ke Toraja dalam rangka 75 Tahun Gereja Katolik Masuk Toraja. Pestanya akan diadakan pada tgl. 31 Mei 2013.

31 Mei
Puncak dari peristiwa bersejarah Gereja Katolik Masuk Toraja, di Tana Toraja, kurang lebih 5000 umat Katolik berkumpul  di Makale untuk Misa meriah inkulturatif yang dipimpin langsung Bapa Uskup dan didampingi banyak pastor,  antara lain Vikep Toraja, Vikep Luwu,  Vikep Sulbar, Vikep Makassar, Pastor Paroki Makale, P. Albert Arina, Rektor TOR, Rektor Anging Mammiri, dan pastor-pastor lainnya .  Selamat berbahagia kepada seluruh umat dan kepada para pastor, frater, dan Suster. Selesai Misa, umat ikut berpartisipasi dalam resepsi pesta. Selamat kepada seluruh umat di Toraja!
Sementara itu, di Makassar, khususnya di  Paroki St. Fransiskus Assisi, Vikjen P. Ernesto Amigleo CICM merayakan 50 Tahun Kaulnya sebagai anggota Tarekat Hati Maria Tak Bernoda (CICM) bersama kurang lebih 300 umat  dari pelbagai paroki di Kevikepan Makassar.  Pastor Ernesto sendiri memimpin Konselebrasi  bersama  Pater Provinsial CICM Asia, Pastor Sylvester Asa CICM yang datang untuk membawa kotbah, P. Frans Nipa, Sekretaris KAMS, P. Agus Tikupasang, Pastor bantu di Paroki Assisi dan P. Ritan, pastor paroki Tello dan Koordinator CICM di Makassar.  Para rekan CICM hadir semua . Juga hadir adalah beberapa pastor projo dan pastor MSC.  Kantor Keuskupan bersama Depas Paroki mengkoordinir kegiatan ini. Sebelum Misa ditutup, P. Ernesto memberi sharing pengalamannya selama 50 tahun kaul (sharingnya dapat dibaca pada edisi ini). Selesai Misa, Panitia mengundang semua umat dan tamu untuk ramah tamah. Proficiat, Bapa Vikjen!
Hari ini adalah penutupan bulan Maria. Di paroki-paroki diadakan Misa Penutupan Bulan Maria.
Bung Kronik

Tidak ada komentar: