Sabtu, 12 Oktober 2013

Kronik KAMS Juni - Agustus 2013

2 Juni
Berkenaan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, ada surat edaran dari  Ketua Panitia “Tahun Iman” dari Roma yang isinya “ sebagai ungkapan kebersamaan, Gereja semesta dalam iman pada kesempatan emas “Tahun Iman” maka pada hari ini diminta mengadakan Adorasi Ekaristi selama sejam pada waktu yang bersamaan di seluruh dunia, yakni pukul 17.00 waktu Roma (pk. 23.00 wita di bagian Indonesia Tengah).  Adorasi Ekaristi akan dipimpin langsung oleh Bapa Suci. Diharapkan Adorasi di Katedral setiap Keuskupan di seluruh dunia dipimpin Uskup diosesan setempat dan diharapkan pula di sebanyak mungkin gereja paroki. Di Keuskupan Agung Makassar, berhubung Bapa Uskup ada di Tana Toraja, maka Vikaris Jenderal memimpin Adorasi Ekaristi di Katedral pukul 23.00 wita. Gereja Katedral penuh dengan umat. 
Berhubung hari ini adalah Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, maka di beberapa paroki seperti di Paroki St. Fransiskus Assisi, berlangsung Sambut Baru bagi kurang lebih 70 anak SD dan SMP.  Pastor Ernesto Amigleo CICM dan Pastor Agus Tikupasang memimpin Ekaristi yang dihadiri kurang lebih 1000 umat.  Dalam kotbahnya Pastor Ernesto menjelaskan kepada anak-anak makna  yang mereka terima dalam Komuni Kudus – yakni Tuhan Yesus Kristus yang mengasihi mereka. Karena Tuhan mengasihi  mereka, maka mereka juga harus mengasihi Yesus. Kepada orang-tua, ditekankannya peran penting dan tangung-jawab mereka dalam mendidik anaknya dalam iman akan Tuhan Yesus. Selamat berbahagia kepada anak-anak, orang-tua, para pembina, dan para pastor!

3 Juni
Pastor Ignas  Sudaryanto CICM, selaku ketua Komisi Keluarga KAMS, berangkat ke Jakarta untuk menghadiri Rapat Komisi Keluarga KWI.  Sedangkan Frater John Mark CICM, setelah menjalani tugas pastoralnya di Paroki Kare sebagai bagian dari internshipnya, berangkat ke Keuskupan Banjarmasin di mana dia akan melanjutkan tugas pastoralnya bersama kedua konfrater  P. Frans Liman dan P. Marsel Manggau.

9 Juni
Paroki Katedral merayakan  pesta pelindungnya, Hati Kudus Yesus,  dengan Perayan Ekaristi dan bermacam-macam kegiatan dan lomba yang memberi hadiah bagi para pemenangnya. Selamat berpesta!

10 Juni
Di kampus Universitas Atma Jaya-Makassar, diadakan Misa Syukur atas Dies Natalis yang ke-33 dan dirangkaikan dengan Pelantikan Rektor Pastor Felix Layadi, Lic. Th. untuk masa bakti 2013 -2017. Perayaan Ekaristi dipimpin Pastor kampus, P. Ignas Sudaryanto CICM. Hadir dalam Perayaan Ekaristi ini adalah Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Atma Jaya-Makassar, para dosen, karyawan/wati dan para mahasiswa. Sesudah Misa, ada pemberkatan ruang baru. Dalam upacara Pelantikan, Ketua Pengurus PT Atma Jaya-Makassar, John Tjandra, melantik P. Felix Layadi, Lic. Th., yang didampingi Pastor Ignas Sudaryanto CICM, dan disaksikan oleh Ketua Kopertis. Kata-kata sambutan diberikan oleh P. Felix, Tjandra, Bapa Uskup Agung KAMS, dan Ketua Kopertis. Sesudah upacara diadakan makan siang bersama. Proficiat kepada Civitas Akademika UAJ-M atas Dies Natalisnya yang ke- 33 dan kepada P. Felix Layadi!

14 -16 Juni
Komunitas Jeduthun Salvation Ministry (JSM) mengadakan 3 hari Seminar “Basic Christian Maturity” yang dibawakan oleh Bpk. Leonardi dan Bpk. Vincent dari “Sekolah Evangelisasi” di Jakarta. Ada 20 anggota yang ikut pelatihan ini untuk belajar bagaimana memimpin komunitas basis.

15 Juni
Diadakan rapat antara Kuria dan Pengurus Yayasan Palisupadang dan Staf SPP Pala-Pala – Makale, Tana Toraja,  di ruang rapat Uskup. Agendanya adalah pembenahan Sekolah dan koordinasi antara Yayasan dan Staf SPP Pala-Pala.

21 Juni
Selaku Ketua Lintas Komisi KAMS, Vikaris Jenderal mengadakan rapat dengan para ketua Komisi KAMS di Baruga Kare untuk menindaklanjuti penyusunan Strategi dan Program Kerja para Komisi masing-masing. Hal ini dalam rangka tindak lanjut Sinode II tahun yang lalu.

21 Juni
Koordinator Lintas Komisi, Vikaris Jenderal P. Ernesto Amigleo CICM memanggil rapat para Ketua Komisi KAMS untuk menindaklanjuti pertemuan bulan Februari yang lalu. Agenda rapat adalah memaparkan Program Kerja masing-masing Komisi sebagai tindak lanjut hasil Sinode II.  Rapat diadakan di Baruga Kare.

22 Juni
Yayasan Pangamaseang  mengadakan rapat di ruang rapat Bapa Uskup. Sedangkan Vikep Makassar, P. Alex Lethe, memanggil rapat para pastor paroki dan bendahara paroki untuk membahas sejumlah hal mengenai kebijakan-kebijakan pastoral di kevikepan.

23 Juni
Di Sangalla, Tana Toraja, khususnya di Tahun Orientasi Rohani (TOR),  diadakan Syukuran  atas 8 Frater yang menyelesaikan satu tahun pembinaan  (2012-2013). Dalam Perayaan Ekaristi yang berlangsung di Gereja Katolik KIAA Sangalla’ mereka menerima jubah dari Vikep Toraja, P. Nathan Runtung. Nama mereka adalah: Adolfus Tedi Kadola’, Agustinus Habel, Alexander Simbong, Antonius Sebastian Roja M., Eliud Edward Tandi G., Krisogonus Roy van G. B., Lavery Prabu, dan Ricky Aprianto.  Sekaligus, ada 15 siswa dari SPC yang masuk untuk TOR untuk  tahun ajaran baru  ini (2013-2014). Selesai Misa Kudus, ada ramah tamah di Seminari TOR.  Proficiat kami ucapkan kepada 8 Frater yang baru saja menerima jubah!  Dan kepada 15 siswa, kami ucapkan Selamat Berjuang. Tuhan memberkati.

Berita duka kami terima bahwa Bpk. Wens Panggalo, adik dari Pastor Herman Panggalo, meninggal dunia secara tiba-tiba di pagi hari di Jakarta. Jenasahnya akan di bawa ke Toraja besok. Kepada keluarga dan sanak saudara  Bpk. Wens, kami turut berduka. RIP.

26 Juni
Marriage Encounter Distrik IX Makassar mengadakan Misa Hari Ulang Tahun Perkawinan, Imamat dan Kaul di Paroki Hati Kudus Yesus (Katedral) pukul 19.30 wita. Semua Pasutri, Pastor, Biarawan/Biarawati ME hadir untuk peristiwa tsb. 

29 Juni
Di Kapel Taman Tunas ada 5 Frater Hamba-Hamba Kristus yang mengikrarkan Triprasetya Seumur Hidup dan Profesi Pertama dalam Misa Kudus yang dipimpin Vikaris Jenderal P. Ernesto Amigleo, CICM pada pukul 09.30 wita  di Jl. Kumala, Makassar. Mereka yang berkaul kekal: Fr. Yemfilmis Edi W, Fr. Daniel Bala, Fr. Frans Ndareng, Fr. Alberto Poto Kota, dan Fr. Rui Da Costa C. Sedangkan mereka yang berkaul pertama:  Fr. Frederikus Bai, dan Fr. Siprianus Rea.  Orangtua, para pastor, Frater dan Suster serta umat menghiri dan menyaksikan peristiwa yang menggembirakan itu. Proficiat para Frater dan seluruh Keluarga Besar Kongregasi HHK!
Pada hari ini juga Bapa Uskup berangkat ke Parepare untuk peletakkan batu pertama dalam rangka pembangunan gereja. Dari Pare-Pare, beliau akan ke Toraja dan dari situ ke Luwu, khususnya ke Rantetiku untuk acara pada 3 Juli 2013.

30 Juni
Di Parepare, Bapa Uskup menerimakan Sakramen Krisma kepada lebih dari 100 umat; hadir juga Vikep Makassar, P. Alex Lethe. Selamat bahagia kepada semua krismawan/wati serta seluruh keluarganya. Selamat juga kami haturkan kepada Pastor Paroki, Pastor Wilhelminus Tulak dan para pembimbing anak-anak tsb. Sesudah Krisma diadakan peletakkan batu pertama Gereja di Parepare.

1 Juli
Dari Parepare, Bapa Uskup ke Tana Toraja untuk merayakan Pesta Perak dan Pemberkatan Kantor  KSP Marendeng, Makale. Semoga maju terus dalam melayani sesama dalam bidang keuangan dan kesejahteraan keluarga!

Pada pukul 8:30 malam Pastor Vikjen mengalami musibah di halaman Gereja Assisi. Beliau tersandung dan jatuh sampai retak tulang pinggulnya bagian kiri. Setelah mendapat pertolongan, Pastor dilarikan dengan ambulans ke RS Grestelina di mana beliau dioperasi. Untuk beberapa waktu Pastor dirawat di Rumah Sakit dan menjalani proses pemulihan.

2 Juli
Dari Toraja Bapa Uskup bertolak  ke Rantetiku, Lutim.

3 Juli
Setelah beberapa waktu perjuangan pembangunan pastoran Rantetiku, akhirnya tiba saatnya Bapa Uskup memberkati Pastoran Rantetiku yang dihadiri seluruh umat. Selamat berbahagia kepada Pastor Paroki Pastor Ruvinus dan seluruh umat serta para penderma. Terima kasih juga kepada Pastor Stefanus Tarigan, CICM, sebagai ketua BP3KAMS, yang tanpa kenal lelah memonitor pembangunan tsb.

5 Juli
Sekretaris Keuskupan, Pastor Frans Nipa, berangkat ke Roma dalam rangka cuti termin. Selamat jalan, Pastor. Salam kepada Sri Paus dan pejabat-pejabat tinggi Gereja lainnya!

6 Juli
Pastor Jos van Rooy, CICM dan P. FX Daru Pancoro, CICM, berangkat ke Jakarta. P.Jos dalam rangka cuti di kampung halamannya, Belanda; sedangkan P. Daru ke Amerika Seritkat dalam rangka Mission Appeal di beberapa paroki di bagian Timur Amerika Serikat. Diharapkan bahwa P. Jos akan kembali ke Indonesia. Selamat jalan!

7 Juli
Di Paroki Sungguminasa, di bawah pastor paroki baru, Pastor Eltus, diadakan Penerimaan Sakramen Krisma yang dipimpin Bapa Uskup. Selamat kepada seluruh krismawan/wati, juga kepada keluarganya. Selamat juga kepada Pastor Paroki dan pembina anak-anak tsb.

7 – 9 Juli
Dalam rangka HUT ke-25 Kelompok Doa Domenica in Sabato, para pengurus dan anggota mengadakan “Nonton Bareng” film LAURA, sebuah film rohani, di aula KAMS, dihadiri Bapa Uskup dan umat dalam kota Makassar dan sekitarnya. Pengadaan Film ini dikooridinir oleh KD Domenica in Sabato untuk menggalang dana membantu pembangunan gereja St. Paulus Tello. Proficiat dan terima kasih atas prakarsa para ibu KD Dominica in Sabato.

11 – 22 Juli
Bapa Uskup berangkat ke Luwu dalam rangka kunjungan pastoral ke Kevikepan Luwu.

17 – 20 Juli
Komisi Keluarga, yang diketuai P. Ignas Sudaryanto, berangkat bersama timnya ke Mamuju, Kevikepan Sulbar, untuk mengadakan 3 hari Seminar “Pendampingan Keluarga” yang dihadiri 30 peserta dari 5 paroki dari Kevikepan. Vikep Sulbar turut ikut. Seminar diadakan di sebuah hotel. Seluruh biaya ditanggung Bimas Katolik Departemen Agama Provinsi Sulawesi Barat.

17 -21 Juli
Di Kevikepan Sultra, Tim Caritas Makassar bekerja sama dengan Paroki Sadohoa dan Mandonga melakukan assessment dan memberikan bantuan tanggap darurat di sekitar kota Kendari yang terkena bencana banjir bandang, yang dipimpin oleh P. Linus Oge.

20 Juli
Seminar Kesehatan di aula KAMS yang diselenggarakan oleh Kevikepan Makassar (P. Alex Lethe) bekerja-sama dengan Kantor Waligereja Indonesia. Tim para dokter medis dari Malaysia datang untuk membahas tentang penyakit Kanker. Banyak umat menghadiri seminar satu hari ini. Terima kasih kepada Tim Medis dari Malaysia.

21 Juli
Pelantikan Dewan Pastoral dan Dewan Keuangan Paroki Maria Immaculata Sorowako-Malili, bertempat di Gereja Stasi Fransiskus Assisi Wawondula. Depas baru menggantikan Depas lama dan Dewan Keuangan Paroki ( DKP) untuk pertama kalinya dibentuk di paroki ini. Dalam pelantikan tsb, baik Dewan Pastoral maupun DKP mengucapkan Janji Pelayanan, dan DKP mengucapkan sumpah untuk mengurus harta benda gerejawi dengan baik, jujur dan bertanggung-jawab. Diucapkan selamat bekerja dan selamat melayani.

26 Juli
Di Kevikepan Sultra, Tim Caritas Makassar bekerjasama dengan umat Paroki Unaaha melakukan assessment hingga 5 Agustus 2013, dan memerikan bantuan tanggap darurat di Kec. Wonggeduku Kab. Konawe, yang dipimpin oleh P. Linus Oge.

30 Juli
Dewan Keuangan KAMS yang dipimpin Bapa Uskup, bersama para pengurus Tim Timbuseng, mengadakan rapat di ruang rapat Direktur RS Grestelina, untuk membahas salah satu aset KAMS, yaitu tanah Timbuseng. Hadir dalam rapat adalah Bapa Uskup, P. Vikjen (yang waktu itu dirawat di RSG) dan Ekonom KAMS. Sedangkan dari Tim Timbuseng: Bpk. Ronny Japasal, P. Stefanus Tarigan CICM, Bpk. John Theodore, Bpk. Jinhard Kouwagam, Bpk. Julius Yunus Tedja, Bpk. Wikarsa dan Bpk. Hendrik Limbunan. Turut hadir juga dr. Hans Wewengkang.

1 Agustus
HUT ke-71 Vikjen KAMS, P. Ernesto, CICM diadakan secara sederhana di RSG dan dipimpin Bapa Uskup. Para Suster JMJ turut hadir juga bersama beberapa pastor. Malamnya, umat dari Paroki Assisi, Katedral dan JSM berdatangan untuk makan bersama. Selamat HUT dan semoga cepat sembuh!

Pastor Agus Tikupasang, pastor bantu di Paroki Assisi, mendapat pengangkatan dari Bapa Uskup sebagai Pastor Paroki St. Fransiskus Assisi, menggantikan Pjs. Pastor Vikjen yang sedang dirawat di RS.

3 Agustus
Vikep Makassar, P. Alex Lethe, mengundang para pastor sekevikepan untuk menghadiri rapat di aula KAMS guna membahas agenda: Sosialisasi GERBU (gerakan Seribu), Monitoring Program Penyusunan Buku Persiapan Perkawinan untuk KAMS. Penyusunan buku ini dipercayakan kepada Komisi Keluarga.

7 – 10 Agustus
Retret Pendamping Sekami KAMS di Ge’tengan Tana Toraja yang diikuti 78 peserta, terdiri dari peserta dari Kevikepan Makassar 48 orang dan Paroki Ge’tengan 30 orang. Narasumber P. Stanis Dammen dan Ibu Ratna dari Surabaya.

8 – 9 Agustus
Selamat Idul Fitri 1434 H, mohon maaf lahir dan batin! Hari ini juga merupakan kesempatan untuk bersilaturahmi antar-umat Islam dan juga antar umat non-Muslim dan umat Islam.

12 Agustus
Panitia Beasiswa APP mengadakan Rapat Pembahasan Rencana Anggaran dan Evaluasi APP Beasiswa Tahun 2013 yang dipimpin oleh P. Fredy Rante Taruk.

12 – 25 Agustus
Selama beberapa hari ini, Bapa Uskup berangkat ke Sultra dalam rangka kunjungan pastoral.

15 Agustus
Sudah menjadi tradisi di Makassar bahwa pada hari ini, Sta. Perawan Maria Diangkat ke Surga, diadakan Ziarah di bumi Rajawali. Panitia Penyelenggara Ziarah ke Rajawali Paroki Mamajang mengundang seluruh umat untuk berziarah ke Rajawali. Kali ini Panitia mengubah bentuk perayaan  sesuai tradisi semula (tahun ‘60-an) yaitu, sebagai devosi kepada Bunda Maria. Maka, Tahun ini Panitia memutuskan tidak ada Perayaan Ekaristi, hanya Ibadat Sabda yang dipimpin Pastor Paroki Mamajang. Sebelum penutupan, Vikep Makassar melantik para pengurus dan anggota Gerakan Seribu (Gerbu) yang diketuai  Bpk. Julius Yunus Tedja. Gerakan Seribu ini adalah suatu gerakan di Keuskupan untuk mengajak setiap umat menyumbang Rp 1000,-  guna menambah dana dalam rangka Tindak Lanjut Sinode KAMS 2012 yang lalu.  Ribuan umat hadir. Selamat kepada Pastor Paroki, Pastor Benny Mangkey MSC dan Pastor Bantu, Pastor Ronny Dahua MSC, dan Panitia yang diketuai arsitek, Bpk Adri atas suksesnya perayaan ini!

Di Kevikepan Sultra, Bapa Uskup memberkati rumah para Suster Klaret yang akan berkarya di kevikepan. Atas beberapa hektar tanah yang dihibahkan ke KAMS oleh seorang donatur, tanah tsb. akan menjadi Pusat Animasi untuk seluruh kevikepan. 

Ada berita duka yang kami terima dari Tana Toraja. Ibu Yulia Seba, ibunda Pastor Leo Matius Arruan, meninggal dunia dengan tenang di Stasi Buntu Lamba’. Kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan, kami turut berduka dan berdoa semoga arwah dari Ibu Yulia diterima oleh Bapa kita di Surga. RIP.

16 Agustus
Pesta Emas Kaul Pastor Marsel Rarun MSC, Pastor Rumah Sakit Stella Maris. Yubileumnya diselenggarakan di Paroki Mamajang dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpinnya bersama para rekan MSC, CICM dan beberapa pastor Projo. Perayaan ini dihadiri banyak umat, khususnya para Suster dan Frater. Sesudah Misa, Panitia mengadakan resepsi di Pastoran. Proficiat, Pastor Marsel! Semoga Tuhan senantiasa memberkati dan mendampingi Pastor.

Di Seminari Menengah, dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang ke-68 dan rangkaian kegiatan  HUT Seminari yang ke-60 diadakan Tirakatan Kebangsaan pada hari ini pukul 18:00 wita di aula Seminari. Tema: “Pendidikan yang Mencerdaskan Manusia  dan Kemanusiaan.” Pembicara: Prof. Dr. OC. Kaligis. Turut hadir sebagai tamu: Irjen Pol. Gories Mere dan juga unsur pemerintah setempat. 
Wisuda Sarjana XXVI Universitas Atma Jaya Makassar yang diikuti 247 wisudawan yang berlangsung di Clarion Convention Hall. Hadir pada kesempatan ini adalah Senat Universitas Atma Jaya yang dipimpin oleh Rektor, P. Alex Lethe sebagai Vikep Makassar mewakili Keuskupan, ketiga organ yayasan, rapat senat universitas, Kopertis Wilayah IX Sulawesi, dan orangtua wisudawan. Acara diawali dengan doa yang dibawakan oleh pastor kampus.

17 Agustus
Selamat Merdeka! Hari ini seluruh bangsa merayakan Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68. Di Sulawesi Selatan, Upacara Kenaikan Bendera Merah Putih dan Upacara Penurunan  Bendera diselenggarakan seperti setiap tahun di Istana Gubernur di Jl. Sudirman, Makassar.  Para  pejabat  tinggi pemerintah di Provinsi turut hadir, bersama para pegawai pemerintah, para pemimpin Agama, dan para undangan. Sesudahnya ada resepsi di tempat yang sama. Di banyak kantor pemerintah juga diadakan Upacara Bendera.  

Pada hari Kemerdekaan ini, P. Vikjen memerdekakan diri dengan meninggalkan RSG untuk pulang ke rumah CICM di Jl. Pelanduk untuk pemulihan.

20 Agustus
Kami menerima berita duka. Ayah dari P. Frans Tandipau telah menghembuskan nafas terakhir  pada jam 15:45 wita hari ini. Kami turut berduka dengan keluarga yang ditinggalkan. RIP.

22 Agustus
Pada Pesta Sta. Maria Ratu, di kalangan para pastor CICM, Frater Diakon Lammarudut Sihombing, CICM, yang selama TOPnya bertugas di Paroki Kare dan pernah di paroki Messawa,  ditahbiskan imam bersama 9 orang projo dari Jakarta yang dipimpin Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta, di Jakarta. Semua pastor CICM di Jakarta dan Banjarmasin turut hadir, sedangkan dari Makassar Pastor Ignas dan Pastor Juvens mewakili.  Proficiat, Pastor Lamma dan semoga Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati Pastor dalam hidup dan pelayanannya. Kepada orangtua dan keluarganya, keluarga CICM dan Keuskupan Agung Makassar mengucapkan “Selamat Berbahagia!”

28 Agustus
Hari ini  adalah hari penuh rahmat dan penuh kebahagiaan! Pada Pesta Sto. Agustinus ini 4 orang projo dari Keuskupan Agung Makassar bersama seorang MSC, ditahbiskan imam oleh Mgr. John Liku-Ada’ di Gedung Olah Raga (GOR) di Palopo, pukul 09:00 wita. Ada sejumlah 87 pastor, di antaranya kl. 20 MSC, 1 CICM dan yang lain imam projo dari  pelbagai kevikepan, Suster dan umat menghadiri pesta ini. Sesudah Misa Penahbisan yang berjalan kurang lebih 3 jam, diadakan resepsi yang dihadiri para pejabat pemerintah setempat dan umat. Keempat imam projo baru ini adalah:  P. Hendrik Sumbung, P. Yohanis Salama’, P. Frans Fandy Palinoan dan P. Anthonius Michael. Sedangkan, seorang MSC adalah P. Bastian Adhi Dwiyanto Sa’pang, anak dari mantan katekis KAMS dan sekarang Sekretaris Yayasan Paulus dan anggota Tim STIKPAR,  Bpk. Victor Duma’.  Proficiat dan selamat berhagia!

29 Agustus
Sungguh mengejutkan!  Sehari sesudah menyaksikan penahbisan imam anaknya (P. Bastian, MSC),  Bpk. Victor Duma secara tiba-tiba meninggal dunia di bus dalam perjalanan pulang ke Makassar pada pagi hari ini. Kami mengucapkan turut berduka kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan   dan berdoa semoga Bpk. Victor, yang telah mempersembahkan anaknya kepada Tuhan,  diterima dengan gembira di sisi Bapa kita di surga. Malam ini diadakan Konselebrasi Misa Requiem di rumah keluarga. RIP.

Setelah segala urusan/tugas pastoral di Sultra selesai, Bapa Uskup kembali ke Makassar.

30 Agustus
Bapa Uskup menghadiri resepsi perkawinan Kemal Bedindo Syahrul Putra,  anak dari Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, di Celebes Covention Center (CCC), Tanjung Bunga. Ribuan tamu turut berbahagia dengan perkawinan yang besar dan luar biasa ini.

31 Agustus
Tengah hari ini setelah diadakan pelepasan dan Misa Requiem yang dipimpin Bapa Uskup di Gereja Mariso, jenasah mendiang Bpk. Victor Duma’ diantar ke pekuburan di kota Makassar. Banyak Pastor, Suster dan Frater serta umat, khususnya dari Yayasan Paulus dan STIKPAR ikut berduka dan berdoa demi keselamatan almarhum. RIP.
Bung Kronik

Tidak ada komentar: