Sabtu, 12 Oktober 2013

Camp Pria Sejati Katolik

Peserta Camp Pria Sejati bersama Vikjen KAMS (duduk tengah)
"MENJADI LAKI-LAKI ADALAH SOAL KELAHIRAN, TAPI MENJADI SEORANG PRIA SEJATI ITU SEBUAH PILIHAN". Kalimat tersebut di atas adalah salah satu dasar, mengapa retret/camp untuk para Pria ini terus dikembangkan di Keuskupan Agung Makassar.

Komunitas FIDEI yang merupakan salah satu komunitas awam gereja katolik yang memiliki fokus untuk pembinaan kaum pria/bapak dan wanita/ibu dalam menemukan jati diri dalam hidup kekristenan mereka. Dan ini sesuai dengan misi gereja lokal-KAMS yang dirumuskan dalam Sinode KAMS point 2 yaitu mewujudkan keluarga sebagai gereja rumah tangga (ecclesia domestica) yang berpola keluarga kudus Nazaret, tempat nilai-nilai manusiawi, iman dan tradisi katolik tersemaikan. Camp Pria Sejati Katolik di tahun 2013 ini telah dilaksanakan dua kali, yaitu: angkatan ketujuh, 26-28 April 2013, di Baruga Kare, Makassar, lalu angkatan kedelapan, 6-8 September 2013, di Panti Samadi, Susteran, Malino.

Sedangkan untuk pembinaan kaum wanita/ibu, baru dapat diselenggarakan dua kali yaitu angkatan pertama, 5-7 Juli 2012, di Hotel Cokelat, Makassar dan angkatan kedua, 5-7 April 2013, di Hotel Grand Populer, Makassar.

Di era globalisasi ini, setiap orang harus memperdalam iman dan meningkatkan relasinya dengan Sang Pencipta agar tidak terseret arus kehidupan modern yang makin keras dan penuh godaan, apalagi kaum pria sebagai pemimpin dalam rumah tangga.

Pastor Ignatius Sudaryanto, CICM selaku Moderator/Pembina Komunitas FIDEI pernah mengungkapkan, “Kita melihat dewasa ini, semakin banyak keluarga Kristiani hancur dan mengalami broken home akibat perselingkuhan ataupun berbagai permasalahan keluarga. Hal ini disebabkan karena tidak adanya model kepemimpinan yang ideal yang diperankan kepala keluarga dan hanya melihat Sepuluh Perintah Allah sebagai suatu undangan.”

Kegiatan pembinaan ini dapat terus berjalan berkat dukungan dari para pelayan Tuhan dari Keuskupan Agung Surabaya yang terdiri dari para pemateri yang dipakai Tuhan secara luar biasa dan dibantu oleh para alumni Camp Pria Sejati Katolik dan alumni Camp Wanita Bijak Katolik sebagai panitia pelaksana.

Pada setiap penyelenggaran retret/camp, baik Camp Pria Sejati Katolik maupun Camp Wanita Bijak Katolik, jumlah alumni sekitar 45 orang setiap angkatan. Dan panitia selalu berusaha mengajak para Pastor/Suster untuk ikut serta sebagai pemantau ataupun peserta. Dan Puji Tuhan, hampir semua angkatan selalu ada Pastor/Suster dan atau Frater yang berkesempatan untuk ikut camp Pria Sejati Katolik di Makassar.

Kerinduan kami para alumni yang tergabung dalam Komunitas FIDEI adalah Yang Mulia Bapa Uskup, Mgr. John Liku-Ada’, yang juga adalah Pelindung Komunitas FIDEI-KAMS dapat berkesempatan mengikuti Camp Pria Sejati Sejati Katolik angkatan kesembilan nanti ataupun berikutnya, yang rencananya akan dilaksanakan pada 21-23 Maret 2014. *** Penulis: Edy Charlie, FIDEI KAMS

Tidak ada komentar: