Jumat, 26 September 2008

Kunjungan Duta Besar Vatikan di RS Stella Maris


Di tengah padatnya acara Munas UNIO, Yang Mulia Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Leopoldo Girelli, menyempatkan diri mengunjungi para suster komunitas Stella Maris di Makassar. Tepatnya 2 Agustus 2008 pukul 16.45, Nuncio bersama rombongan pemerintah dan gereja tiba di Komunitas Stella Maris. Beliau bersama rombongannya disambut oleh para suster dari komunitas Stella Maris, Rajawali, Siti Miriam dan Dewan Pimpinan Provinsi Societas JMJ di Makassar. Kemudian Nuncio bersama rombongannya menuju RS Stella Maris diiringi suster-suster, dokter dan karyawan-karyawati RS Stella Maris. Rumah sakit ini merupakan salah satu karya pelayanan kesehatan suster-suster JMJ di kota Makassar. Societas JMJ berkarya dalam bidang kesehatan, pendidikan dan sosial pastoral.

Dokter Victor Trigno sebagai direktur RS, memperkenalkan sekilas sejarah RS Stella Maris, jumlah karyawan-karyawati, unit-unit pelayanannya serta kepercayaan dari masyarakat sekitar. Selanjutnya Nuncio berkenan berkunjung ke beberapa bagian rumah sakit, termasuk bangunan yang baru diresmikan. Kemudian menuju Kapel Biara Stella Maris untuk ibadat sore bersama.

Pada pukul 18.00, beliau bersama rombongan menuju Paroki Andalas untuk mengikuti acara yang telah diagendakan oleh panitia. Pukul 20.00 kembali ke Biara Stella Maris untuk santap kasih bersama. Suasana sungguh akrab dan meriah. Mgr. Leopoldo Girelli memuji masakan para suster “Restoran Stella Maris” demikian beliau menyebut secara bergurau. Dalam santap kasih ini, Mgr. Leopoldo Girelli didampingi oleh Mgr. John Liku-ada’, Pr. Hadir pula para Pastor dari Keuskupan. Mgr. John Liku-Ada’ tidak sempat mendampingi Nuncio saat mengunjungi rumah sakit. Untuk memeriahkan santap malam ini para suster mempersembahkan lagu sebagai ungkapan terima kasih dan rasa syukur karena mendapat kunjungan yang mulia Mgr. Leopaldo Girelli.

Sr. Agneta Ngala JMJ, Provinsial Societas JMJ di Makassar dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas perhatian dan kasih dari Yang Mulia yang berkenaan mengunjungi para suster di tengah padatnya acara di Keuskupan.

Dalam sambutannya, Mgr. Leopaldo Girelli juga berterima kasih, dapat bertatap muka dengan para suster. Beliau sudah mendapat informasi tentang Komunitas Stella Maris dari Sr. Fransinetti Manua JMJ. Beliau merasa bangga dengan karya pelayanan para suster JMJ di tengah masyarakat yang sangat membutuhkan perhatian. Dengan demikian turut membantu Gereja dalam mewartakan kerajaan Allah di dunia. Beliau juga menyaksikan keberadaandan kemajuan Societas. Kata beliau pemekaran Societas JMJ di Indonesia menjadi tiga Provinsi, merupakan suatu karunia Roh. Dalam kesatuannya, JMJ dimekarkan menjadi 3 Provinsi seperti Allah yang esa memiliki Tiga Pribadi, itulah Allah Tritunggal. Di akhir sambutannya, Mgr. Leopoldo Girelli mengingatkan bahwa tempat lain masih membutuhkan tenaga biarawan-biarawati, seperti Papua dan Kalimantan. Agar para suster siap diutus bila dibutuhkan seperti semangat kesiap-sediaan yang menjadi semangat mereka serta semangat Keluarga Kudus di Nazaret yang menjadi pelindung kongregasi.

Kunjungan Nuncio menjadi kenangan indah yang patut disyukuri. *** Penulis: Sr. Agneta Ngala YMY

Tidak ada komentar: