Senin, 18 Maret 2013

Rapat Anggota Tahunan Credit Union Mekar Kasih Tahun Buku 2012

Misa Syukur mengawali RAT CU Mekar Kasih dipimpin Bapa Uskup KAMS

Credit Union Mekar Kasih kembali melangsungkan forum tertinggi dalam struktur keorganisasiannya, RAT (Rapat Anggota Tahunan) Tahun Buku 2012. RAT yang diadakan untuk kelima kalinya ini diselenggarakan di Aula Paroki St. Joseph Pekerja Gotong-gotong dan dihadiri 211 orang anggota representatif dari anggota-anggota yang berada disejumlah wilayah pengembangan yang meliputi kota Makassar dan sekitarnya, Kendari, Labasa, Unaaha, Pomalaa dan Baras, Tobadak dan Messawa.

Kegiatan RAT diawali dengan Misa pembukaan yang dirayakan secara konselebrasi. Uskup Agung KAMS (Keuskupan Agung Makassar), Mgr. John Liku-Ada’, memimpin langsung Misa Pembukaan didampingi oleh tujuh orang pastor yaitu Vikep Sulawesi Barat, Ketua PSE KAMS, Pastor Paroki Tello, Pastor Paroki Mamajang, Pastor Paroki Mariso, Koordinator PSE Sulawesi Tenggara, dan Pastor Paroki Unaaha. Bapa Uskup dalam homilinya mengharapkan agar segenap insan CUMK dalam mengembangkan gerakan Credit Union sebagai gerakan ekonomi tetap berpegang pada spiritualitas dari gerakan tersebut yaitu meningkatkan kesejahteraan manusia sebagai ciptaan Tuhan yang utuh.  Hal ini penting agar Credit Union tidak kehilangan orientasinya sebagai gerakan solidaritas dan jatuh menjadi lembaga keuangan belaka.

Turut hadir dalam acara RAT kali Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar yang diwakili oleh Bapak Alderi SE, MM. Dalam kata-kata sambutannya, beliau memberikan apresiasi atas prestasi-prestasi CUMK dan berharap pengurus CUMK tidak segan memberikan sharing kepada koperasi-koperasi lain mengenai tatakelola Credit Union. Beliau juga menghimbau agar segenap anggota yang hadir memanfaatkan momentum RAT ini sebaik-baiknya untuk mengetahui perkembangan CUMK.  Kata sambutan lainnya disampaikan oleh Ketua Pengurus CUMK – Dominikus Renaldi Tanes; Ketua PSE KAMS – P. Fredy Rante Taruk, Pr, dan Uskup Agung KAMS sekaligus membuka acara RAT secara resmi.

Menyimak Laporan Pengurus dan Pengawas yang dipresentasikan di depan anggota, terlihat pencapaian-pencapaian yang cukup menggembirakan dari sejumlah aspek kerja pada Tahun Buku 2012. Dari aspek Keorganisasian misalnya, terjadi Peningkatan Jumlah anggota sebesar 29,12% dari akhir Tahun Buku 2011 lalu yang berjumlah 6.979 orang menjadi  9.011 orang pada akhir Tahun Buku 2012.

Sementara dari aspek keuangan terjadi peningkatan aset sebesar 42,43% dari aset akhir Tahun Buku 2011 sebesar Rp 70.019.478.178,- menjadi Rp 99.727.050.308,-. Peningkatan aset ini berjalan seiring sejalan dengan penambahan anggota dan pemanfaatan produk simpanan, baik simpanan saham dan simpanan non-saham.

Dari aspek kredit, total pencairan Kredit sepanjang Tahun Buku 2012 sebesar Rp 72.419.572.400,-. Dari total angka tersebut, distribusi pemanfaatannya untuk pinjaman wirausaha sebesar 27,72%, pinjaman usaha mikro sebesar 2,41%, pinjaman konsumtif 34,86%, pinjaman ziarah rohani 0,04%, Pinjaman Kepemilikan Tanah dan Rumah 15,31%, Pinjaman Kendaraan bermotor 6,15% dan Pinjaman modal Tabungan 13,52%. Jadi, bila diakumulasikan, persentase pemanfaatan pinjaman untuk pinjaman produktif (Wirausaha dan Usaha Mikro) dan pinjaman untuk meningkatkan kesejahteraan (Kepemilikan Tanah dan Rumah, serta Pinjaman Modal Tabungan) mencapai 58,96% dari total pencairan kredit. Hal ini cukup menggembirakan karena menjadi indikasi tingginya minat anggota untuk mengembangkan potensi ekonomi dan kualitas hidupnya.

Sebagai lembaga pemberdayaan yang berbasis komunitas, CU Mekar Kasih secara intens melakukan pendidikan kepada anggota-anggotanya. Pendidikan anggota yang telah dilaksanakan antara lain Pendidikan Dasar yang diikuti oleh 2.152 orang, Sosialisasi dan Motivasi yang diikuti oleh 2.607 orang dan Pendidikan Wirausaha yang diikuti oleh 136 orang. Jadi selama Tahun Buku 2012, CU Mekar Kasih telah mendidik tidak kurang dari 4.895 orang anggota maupun calon anggota. Melalui gerakan Pendidikan ini, diharapkan segenap anggota mengalami perubahan pola pikir khususnya mengenai masalah keuangan, sehingga anggota semakin menyadari segenap potensi dirinya, memahami pengelolaan keuangan keluarga dan menyadari pentingnya mempersiapkan diri menghadapi masa depan dalam bingkai kebersamaan/komunitas.
Peserta RAT CU Mekar Kasih 2012
Selain pendidikan dan pelatihan yang ditujukan kepada anggota, CU Mekar Kasih juga aktif menyelenggarakan maupun mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan jaringan/mitra untuk pengembangan kapasitas Pengurus, Pengawas, Komite, Manajemen maupun Kelompok Inti/aktivis CU Mekar Kasih. Tujuannya agar orang-orang yang mengawal langsung gerakan ini memiliki wawasan, spiritualitas maupun keterampilan yang memadai dalam menjalankan tatakelola dan mengarahkan organisasi Credit Union mencapai visinya sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat. Pendidikan tersebut antara lain: TOT (Training of Trainers) Kelompok Inti, TOT Financial Literacy, TOT Fasilitator, Etos Kerja, Pengembangan SDM,  Pembukuan Dasar, Manajemen Kredit, Audit, Leadership Proffesional Ethos, Media dan Jurnalistik, dan sejumlah diklat lainnya.

Prestasi Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen dalam mengelola CUMK, tentu tidak lepas dari partisipasi aktif segenap anggota. Sebagai pemilik dan pengguna jasa lembaga, anggota memiliki peranan yang besar dalam mengontrol dan mengembangkan organisasi. Diharapkan anggota semakin menjadikan Credit Union sebagai tempat memberdayakan diri dan mengembangkan potensinya. Hal ini ditegaskan kembali oleh P. Fredy Rante Taruk, Pr pada sambutan penutupnya. Dengan semakin menghayati peranan ini, CUMK sebagai organisasi dapat semakin berdiri kokoh sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi sesuai dengan visi dan misinya. ***

Tidak ada komentar: