Selasa, 18 Maret 2008

Kronik Keuskupan Agung Makassar Desember 2007 - Februari 2008

13 Desember
Rapat penyusunan Bahan APP-KAMS 2008, peserta yang hadir 22 orang yang merupakan utusan dari komisi-komisi dan team APP/PSE kevikepan-kevikepan. Rapat dipimpin oleh ketua komisi APP-KAMS, P. Fredy Rante Taruk. Pokok pembahasan adalah kegiatan Animasi APP di paroki-paroki.

14 Desember
Rapat koordinasi PSE – HPS – CARITAS KAMS yang dihadiri oleh 22 orang dan dipimpin oleh P. Fredy. Materi pembahasan adalah evaluasi visi-misi karya PSE – HPS – CARITAS Makassar yang ada selama ini. Bagi CARITAS Makassar yang adalah bagian dari KARINA (Caritas Indonesia) rapat ini adalah yang pertama kalinya. Pada perayaan HPS 2008 ini mengambil tema: ”Pemberdayaan Lingkungan”.

20 Desember
Lima orang pemuda gagah dari Konggregasi CICM dengan mantap maju ke depan altar untuk menerima tahbisan Diakon (Fr. Marselius Manggau, Fr. Bennie, Fr. Sumaryani) dan Imamat (Diakon Jemadi Yufensius, Diakon Ritan Yoakim) di Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Katedral Makassar. Pentahbisan ini dipimpin oleh Uskup Agung Makassar, Mgr. John Liku-Ada’ Pr. Hadir dalam Pentahbisan ini adalah sejumlah imam Projo KAMS, imam dari Kongregasi MSC, dan imam dari Kongregasi CICM diantaranya: P. Antonius Hestasusilo CICM (Provinsial CICM), P. Clemens Schreurs CICM, P. Gilbert Keirsbick CICM, dan P. Sylvester Asa CICM.

22 Desember
Ulang Tahun Kelahiran Mgr. John Liku-Ada’ Pr. Hari ini beliau berusia 59 tahun. Para pastor dan suster, para staf dan pegawai kantor KAMS, serta sejumlah ibu dari organisasi WKRI memberi salam sekalian bersantap siang bersama di ruang aula keuskupan. Doa kami semua, semoga uskup kita sehat dan bahagia selalu agar beliau boleh menggembalakan seluruh umat KAMS dengan baik. “Ad multos annos”.

24 Desember
Perayaan Meriah malam Natal. Pada pkl. 18.30 Mgr. John Liku-Ada’ Pr didampingi P. Andreas Rusdyn Pr, memimpin Misa malam Natal di paroki Katedral.

26 Desember
“Open House Natal” di aula keuskupan. Setiap tahun pada tanggal yang sama Uskup menerima sekaligus menjamu makan siang para tamu yang mau mengucapkan selamat Natal. Tampak hadir pada kesempatan ini Bpk Amin Syam (Gubernur Sulsel), Bpk Syahrul Yasin Limpo (Wakil Gubernur), Bpk Ilham Arif Sirajuddin (Walikota Makassar), para pemuka agama Islam, Hindu, Budha, Protestan dan Katolik, serta para tokoh masyarakat.

28-29 Desember
Uskup bersama P. Kamelus CICM, dan seorang wakil orang muda dari golongan Muslim menghadiri pertemuan FKUB dan pemda Luwu Timur di Sorowako.

29 Desember
Natal Oikumene umat Kristiani kota Makassar dan sekitarnya dilaksanakan di Balai Prajurit M. Jusuf, Makassar. Natal kali ini mengambil tema ”Hiduplah dengan Bijaksana, Adil dan Beribadah” (Tit 2:12). Natal ini dimeriahkan dengan acara sendratari yang mengangkat kisah Nabi Amos sang Pejuang Keadilan.

31 Desember
Perayaan Tutup Tahun kaum muda katolik kota Makassar yang dipusatkan di paroki St. Fransiskus Assisi Makassar dan diprakarsai oleh P. Yulius Malli Pr (Ketua Komisi Kepemudaan).

Pada hari yg sama P. Edy Kaniu Pr memimpin perayaan Tutup tahun di paroki Siti Fatima Bantaeng. Acara ini mengambil bentuk Perayaan Ekaristi ala Taize (suasana doa hening yang diterangi oleh cahaya lilin).

6 Januari
”Herzlich willkommen”. Tamu dari Jerman sebanyak 5 orang tiba di Makassar. Mereka adalah pasutri Maria – Hermann Hermjohannknecht, Frau Marianne Strauch, Frau Gisela, dan Frau Ingrid. Tujuan utama kedatangan mereka adalah untuk menghadiri pesta perak imamat P. Hendrik Njiolah Pr, dan P. John Turing Pr yang jatuh pada tgl 23 Januari. Selama berada di Makassar tamu kita ini menginap di rumah keuskupan. Selain di kota Makassar, mereka berkunjung juga ke beberapa kota untuk melihat sejumlah gereja di Tana Toraja, Pare-Pare dan Bantaeng.

8-11 Januari
Retret para seminaris Petrus Claver yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Baruga Kare, Makassar dan Panti Semadi Ratna Miriam, Malino. Untuk seminaris KPB didampingi oleh P. Frans Arring, KLS I didampingi oleh P. Carolus Patampang, KLS II didampingi oleh P. Marsel Lolo Tandung, dan KLS III – PA didampingi oleh P. Bartho Pararak.

15 Januari
Angin puting beliung melintas keras melalui halaman SMP Frater Jl. Thamrin; 2 pohon raksasa di pinggir lapangan tumbang terbanting, separuh dari atap TK Frater diangkat dan dilempar jauh, bagian tertentu dari atap kantor KAMS dan bubungan Gereja Katedral juga dibongkar; demikian halnya atap genteng sekolah Athirah berserakan.

16 Januari
Pemerintah Kota Makassar menyelenggarakan Natal Ekumene, bertempat di Balai Prajurit M. Yusuf (Balai Manunggal) dan dihadiri Bapak Wali dan ibu. Dalam sambutannya, Bpk. Wali berkomentar “Tahun ini panitia bekerja keras dan sukses gara-gara tahun kemarin Bapak Wali marah-marah”. Rupanya tahun lalu, lingkungan Pemda Kota Makassar tidak menyelenggarakan Perayaan Natal sehingga kenyataan tsb membuat Bpk. Wali marah-marah kepada segenap pegawai kantor yang beragama kristiani.

17 Januari
Dewan Konsultor KAMS bertemu untuk membicarakan beberapa hal antara lain personalia imam, penempatan TOPer dan pemberdayaan masing-masing kevikepan dalam rangka menerjemahkan Ardas KAMS.

19 Januari
Suasana Kota Anging Mammiri cukup mencekam, sebagian pusat perbelanjaan dan pertokoan memilih tutup. Hari ini demo dari massa pilkada pendukung Sayang mencapai puncaknya; puluhan ribu rakyat dari luar Kota Makassar “menduduki” Rumah Jabatan Gubernur.

20 Januari
Pk. 20.30 Rapat Panitia Munas IX Unio di Pastoran Unio al. membahas upaya-upaya pencarian dan penggalangan dana.

21 Januari
Perayaan Syukur 40 tahun hidup membiara Sr. Paula Wa Suli JMJ dan 50 tahun Kapel Stella Maris. Misa Syukur dipimpin P. Piet Timang didampingi beberapa orang pastor sebagai konselebran.

23 Januari
Perayaan Pesta Perak Imamat P. Hendrik Njiolah dan P. John Turing. Segenap umat paroki St. Joseph Pekerja, Gotong-Gotong dan sejumlah umat dari berbagai paroki dalam dan luar kota Makassar turut bersukacita dengan menghadiri perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Mgr. John Liku dan didampingi oleh Jubilaris P. Hendrik dan P. John, serta P. Anton Sarunggaga (juga merayakan pesta perak imamatnya pada 26 Januari 2008).

25 Januari
”Auf wiedersehen....“ Hari ini tamu kita dari Jerman meneruskan perjalanan mereka ke Bali, Jogyakarta dan Jakarta untuk beristirahat beberapa hari di sana lalu terbang kembali ke kampung halaman mereka. ”... gute reise nach Ihre Heimat.”

Pembukaan Kapitel Umum III Kongregasi Frater HHK di Baruga Kare; Misa Kudus dipimpin oleh Romo J. Darminta SJ, hadir pula P. Jos van Rooy CICM (Bapa Rohani Kongregasi) dan Sekretaris KAMS.

26 Januari
Perayaan Pesta Perak Imamat P. Markus Paretta, P. Bartho Liling, dan P. Anton Sarunggaga. Bapak Uskup Agung Makassar, sejumlah imam dan umat paroki Rantepao serta umat dari paroki lain merayakan pesta ini dalam Perayaan Ekaristi Kudus. Dalam sambutannya, Mgr. John mengajak segenap imam dan umat untuk berlaku sederhana dalam setiap pesta; maksudnya agar kita tidak terlalu berlebihan atau memboroskan dana dalam menyelenggarakan suatu pesta.

27-30 Januari
Setiap enam bulan imam-imam muda KAMS berkumpul bersama di salah satu paroki untuk menjalin keakraban dan persaudaraan. Ada sejumlah kegiatan yang mereka lakukan seperti berdoa bersama, sharing karya, olahraga bersama, dan pembinaan atau pelatihan bersama. Pertemuan terakhir dilaksanakan di Saluampak yang dihadiri 30 imam. Fokus utama pertemuan ini adalah sharing karya pelayanan sesuai bidang tugas masing-masing (parokial atau kategorial). Di samping itu mereka mencoba menggali dan merenungkan pokok-pokok pergumulan seorang imam di tengah masyarakat:
”Citra imam menurut Yesus Kristus, Imam Agung Sejati” lewat pendampingan P. Stef Salenda’.
”Umat Katolik Indonesia di tengah masyarakat mayoritas Muslim”. Didampingi P. Paulus Tongli dan P. Marsel LT.
“Sosialisasi visi, misi, dan strategi pembinaan kaum muda katolik”. Didampingi P. Yulius Malli.
”Animasi APP 2008, dengan tema Kesejatian Hidup dalam Pemberdayaan Lingkungan”. Didampingi oleh P. Fredy Rante Taruk.

30 Januari
Penutupan Kapitel Umum III Kongregasi Frater HHK; peneguhan DPU Kongregasi (PU yang baru: Fr. Cornelis Banin) periode 2008-2013 dilaksanakan dalam Misa Kudus yang dipimpin langsung Uskup KAMS.

31 Januari
Jubileum 20 tahun imamat P. Robby Lamba, P. Albert Rua’, P. Joseph Padang, P. Linus Oge dan P. Piet Majina. Kelima imam kita ini merayakan secara bersama ulang tahun imamat mereka dalam Ekaristi Kudus dengan mengambil tema ”... Ini aku, utuslah aku ...” (Yes.6,8), sesuai dengan motto yang mereka pilih ketika ditahbiskan sebagai imam pada 1988. Dalam homili singkat P. Robby mengungkap pengalaman imamatnya ditugaskan di berbagai tempat, dan salah satunya yang sangat berkesan baginya adalah tugas pelayanannya di keuskupan Jayapura, selama pelayanannya sebagai misionaris domestik di sana ia berulangkali diserang penyakit malaria namun tidak menyurutkan semangatnya untuk siap ditugaskan di mana saja, sesuai dengan motto panggilannya. ....Selamat berkarya pastor ....

1 Februari
Dua pemuda kakak-adik asal paroki St. Mikael, Labasa, Diakon Ariston Mbahi MSC dan Diakon La Edi Teodorus MSC, menerima tahbisan imamat di Paroki St. Perawan Maria Diangkat Ke Surga, Mamajang. Upacara pentahbisan dipimpin oleh Uskup Agung Makassar, Mgr. John Liku-Ada’ Pr, didampingi oleh Pastor Rolly Untu MSC (wakil Provinsial MSC) dan Pastor Benny Pangkey (Superior MSC untuk daerah Sulawesi dan Kalimantan Timur). Kedua imam baru ini adalah alumni Seminari Petrus Claver Makassar. Hadir dalam upacara suci ini adalah sejumlah imam projo KAMS, imam-imam CICM, dan sejumlah imam tarekat MSC dari berbagai keuskupan.

2 Februari
Sosialisasi Bahan Pendalaman Iman yang disusun oleh Komisi Kateketik - Komisi Kitab Suci – Komisi Liturgi KAMS. Peserta yang hadir 52 orang yaitu utusan dari paroki-paroki se-kevikepan Makassar. P. Bartho Sire’pen dan Petrus Matutu (sebagai anggota team APP Kevikepan Mks.) memfasilitasi kegiatan ini dan dibantu oleh ketua komisi PSE/APP KAMS, dan P. Leo Sugiyono, MSC.

Pertemuan Kuria KAMS (Uskup, P. Frans Nipa, P. Albert A, dan P. Marsel LT) dengan P. Benny Pangkey MSC (Superior MSC untuk daerah Sulawesi dan Kalimantan Timur), P. John Mengko MSC (wakil pimpinan daerah), P. John Rawung. Materi pokok pembicaraan mengenai tenaga pelayan imam untuk paroki SP. Maria Diangkat ke Surga, Mamajang.

Team OF (On going Formation) KAMS berkumpul bersama setelah beberapa lama “tertidur”, beberapa hal yang disepakati, diantaranya agar di tingkat kevikepan, para imam mencari bentuk-bentuk kegiatan OF sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setempat juga agar team OF berupaya mengakomodir rekan-rekan imam yang membutuhkan pembinaan-pembinaan (up-grading) secara pribadi.

4 Februari
Pertemuan Berkala Kevikepan Makassar. Salah satu pokok pembicaraan adalah pembagian tugas asistensi perayaan pekan suci.

5 Februari
Mgr Julius Sunarko SJ, Uskup Purwokerto mampir sejenak di kota Makassar (sejak pagi hingga malam hari di rumah keuskupan), dalam rangka perjalanan ke Sorong. Beliau diundang sebagai salah satu pembicara dalam rapat Kapitel para imam Kongregasi MSC. Selamat melanjutkan perjalanan Mgr, semoga tiba dengan selamat...

6 Februari
Rabu Abu. Segenap umat katolik di manapun berada mengawali masa pantang – puasa atau masa prapaskah dengan mengenakan abu pada dahi.

7 Februari
„Gong Xi Fa Cai...“ Hari ini saudara-i kita dari keluarga Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek. FAUB Propinsi Sulsel mengadakan ziarah Imlek ke sejumlah pimpinan dan tokoh Walubi. Semoga semangat kesederhanaan Imlek mendorong kita untuk semakin berbelarasa pada saudara-saudari kita yang „kurang beruntung“ dan semoga dalam keberagaman, semangat kerukunan-persaudaraan tetap terjalin.

13 Februari
Uskup berangkat ke Jakarta dalam rangka Rapat Presidium KWI dan Rapat Terbatas Komisi Teologi KWI.

19 Februari
“Welcome back to our archdiocese, father ....” Selama tiga bulan Vikjen kita, P. Ernesto CICM menjalani cuti di negeri Paman Sam dan Filipina. Kini beliau kembali ke tengah-tengah kita dalam keadaan sehat waalfiat, dengan kesegaran dan semangat yang baru. Selamat berkarya di ladangNya, pastor.

27-29 Februari
Setiap malam sejumlah imam muda dalam kota Makassar berlatih bernyanyi bersama di Pastoran Unio Jl. Serui 18. Mereka mempersiapkan diri untuk tampil di paroki-paroki dalam kota Makassar dalam rangka mencari dana agar Munas Unio IX di Makassar-Toraja yang akan datang (tgl. 4 s/d 10 Agustus 2008) dapat terselenggara. Selamat berlatih, semoga sukses! „Bene cantare bis orat...“ (bernyanyi dengan baik sama dengan berdoa dua kali). ***

Tidak ada komentar: