Rabu, 20 Juni 2007

Kronik KAMS Maret-Mei 2007

1 Maret
Asosiasi Para Dokter dan Medis se-Asia (AMDA) cabang Indonesia mengundang para pemimpin enam agama (Islam, Hindu, Budha, Protestan, Katolik, dan Tenrikyo) yang mewakili masing-masing agama dalam Upacara mengenang para korban Perang Dunia II dan bencana alam yang terjadi beberapa tahun ini. Bertempat di RS Wahidin, upacara ini dihadiri juga Budhis Zen yang datang dari Jepang. Vikjen P. Ernesto hadir mewakili KAMS.

4 Maret
Kabar duka berpulangnya Bpk. Viktor Tunreng Malatta (70 tahun) ayah dari P. Simon Tunreng Malatta yang meninggal pukul 4.30 sore ini di Soppeng. Kita menyampaikan turut belasungkawa. Semoga mendiang beristirahat dalam damai Tuhan.

Perayaan Capgomeh sebagai penutup perayaan Tahun Baru Imlek diadakan oleh masyarakat Tionghoa di Makassar. Ribuan masyarakat memenuhi jalan untuk menyaksikan acara ini.

P. Fransiskus Pontoh MSC, moderator Karismatik berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pertemuan para moderator karismatik se-Indonesia.

6 Maret
Dipimpin oleh Vikep P. Jos van Rooy cicm, beberapa staf kantor KAMS dan Seminari Menengah berangkat ke Soppeng untuk menghadiri pemakaman Bpk. Viktor Tunreng Malatta.

9-10 Maret
Pastor Kampus Universitas Atma Jaya Makassar, P. Ernesto Amigleo cicm, mengadakan kegiatan Dialog antar-Mahasiswa Beda Agama (DAMBA). Turut serta selain mahasiswa Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM), juga dari Universitas Kristen Indonesia Paulus dan Universitas Hasanuddin. DAMBA dilakukan 23 peserta di kampus UAJM, selain itu mereka mengunjungi tempat-tempat ibadat, seperti: pura Hindu, mesjid Al-Markaz, gereja Protestan, wihara Budha, dan gereja Katolik.

13 Maret
P. Maris Marannu dan P. Paulus Tongli memulai retret empat hari bagi para guru dan pegawai Sekolah Katolik Rajawali sebagai persiapan perayaan ulangtahun Yayasan Yoseph pada 19 Maret. Sekitar 200 peserta berangkat ke Malino untuk merefleksikan hidupnya.

14 Maret
Kevikepan Makassar mengadakan pertemuan reguler di aula keuskupan. Salah satu agenda adalah penempatan imam untuk melayani Perayaan Pekan Suci.

15 Maret
Uskup Agung memanggil Dewan Konsultor untuk membahas antara lain: personalia dan masalah-masalah lain.

16 Maret
Setelah mengadakan Seminar Hidup Baru dalam Roh di Paroki Sungguminasa, kelompok Pelayanan Karismatik berangkat ke Tana Toraja untuk mengadakan kegiatan yang sama di Rantepao dan Makale untuk kedua kalinya. Pertama kali diadakan beberapa bulan lalu. Umat di sana menyambut dengan penuh semangat.

19 Maret
Sementara saudara-saudara beragama Hindu merayakan Nyepi, Mgr. John Liku-Ada’ merayakan pelantikannya sebagai Uskup Agung. Beliau diundang untuk memimpin perayaan ekaristi Pesta Pelindung Yayasan Yoseph dan sekaligus pelindung para suster YMY. Turut mendampingi dalam perayaan ekaristi P. Piet Timang dan P. Maris Marannu.

Sementara itu, Vikjen P. Ernesto merayakan ekaristi bersama Kelompok Jedhutun Salvation Ministry dan melantik beberapa anggota baru komunitas. Perayaan diadakan di katedral.

Malam hari, P. Willem Tee, Rektor Seminari Tinggi Anging Mammiri Yogyakarta mengadakan Kebangunan Rohani Katolik dan Penyembuhan untuk umat sekevikepan Makassar di Paroki Gotong-gotong. Pada kesempatan yang sama, Jeduthun mengadakan kegiatan Pujian, Penyembahan dan Penyembuhan di Katedral. Bapak Hanjaya dari Surabaya membawakan kotbah.

20 Maret
Bapa Uskup Agung berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rapat KWI, sehingga Vikjen mewakili Bapa Uskup membuka Pertemuan empat hari Bimas Katolik se-Indonesia. Dirjen Bimas Katolik, Stef Agus, memimpin acara yang diikuti 100 utusan dari seluruh Indonesia. Dalam kata sambutannya, Vikjen mengundang Dirjen dan seluruh peserta untuk melihat perkembangan umat Katolik di KAMS. Pertemuan digelar di hotel Yasmin.

21 Maret
Ekonom KAMS berangkat ke Mangkutana, Luwu, bersama tim Laimbo untuk membahas beberapa hal penting.

24 Maret
Uskup Agung mengadakan rapat bersama Kuria, beberapa ketua Komisi, pemimpin biara dan pemimpin umat untuk membahas beberapa hal sosial keagamaan. Acara ini dihadiri Stef Agus, Dirjen Bimas Agama Katolik dan Mgr. Martin Situmorang OFMCap, ketua KWI. Setelah tiga jam sharing, diadakan makan siang bersama di kediaman Uskup.

29 Maret
Dewan Keuangan dan Kuria mengadakan rapat membahas laporan keuangan Ekonom KAMS tahun 2006. Turut hadir dalam rapat ini Bapa Uskup.

30-31 Maret
UAJM mengadakan rekoleksi tiga hari dalam Masa Prapaskah di rumah retret suster-suster YMY di Malino. Hadir dalam acara ini 28 dosen, termasuk rektor, para pembantu rektor, karyawan. Pembimbing rekoleksi adalah P. Kamelus Kamus dan P. Ernesto Amigleo. Tema rekoleksi: Saat yang tepat untuk mencari dan menemukan kesejatian hidup dalam Kristus.

5-7 April
Umat kristiani mengenangkan sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus dalam perayaan Trihari Suci. Pekan Suci tahun ini dirayakan di Indonesia tanpa gangguan keamanan. Aparat keamanan hampir tidak lagi terlihat berjaga-jaga di gereja.

13 April
Hari ini KAMS merayakan ulang tahun ke-70 sebagai gereja lokal. Semalam perayaan misa sederhana diadakan di kapel uskup. Sebagai informasi, tahun 1937 misionaris CICM tiba di Indonesia, di kota Makassar. Mgr. Martens cicm adalah Prefek Apostolik pertama waktu itu. Kemudian Mgr Schneiders ditahbiskan sebagai uskup pada 1948. Beliau melayani hingga 1972 dan kembali ke Belanda untuk pensiun. Sejak itulah gereja lokal berkembang hingga saat ini menjadi keuskupan agung. Jamuan siang diadakan di kediaman uskup.

14 April
Mgr. Ignatius Suharyo menahbiskan 38 diakon dari berbagai Kongregasi dan Keuskupan di Kentungan, Yogyakarta. Di antaranya terdapat dua frater dari KAMS, yakni: Fr. Salvinus Salamba dan Fr. Yohanes Rante Galla’.

Kelompok Doa Domenica in Sabato yang senantiasa mendoakan para imam dan rohaniwan merayakan ulang tahun ke-17 berdirinya dalam perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. John Liku Ada’. Bapa Uskup juga menjelaskan mengenai 70 tahun berdirinya gereja lokal di Makassar. Setelah misa, santap siang disediakan bagi peserta yang hadir: anggota kelompok doa, para imam, bruder, suster.

15 April
Di paroki Maria Bunda Kita, Mandai, P. Samson Bureny selaku pastor paroki melantik para pengurus Dewan Pastoral masa bakti 2006-2010.

Marriage Encounter Distrik IX mengadakan Rekreasi Paskah di pantai dan diikuti sekitar 300 peserta.

16 April
Komunitas suster YMY di Rajawali merayakan 80 tahun berdirinya komunitas dalam misa kudus yang dipimpin Vikjen P. Ernesto di kapel Rajawali. Hadir dalam perayaan ini: Komunitas YMY di Makassar dan Malino, Bapa Uskup, para imam, rohaniwan dan umat awam.

Dewan Pastoral Katedral mengadakan kegiatan kursus Evangelisasi Pribadi di paroki Katedral. Kursus diadakan setiap tiga malam berturut-turut dalam sebulan. Diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh pastor paroki, P. Piet Timang. Narasumber datang dari Jakarta sebagai fasilitator kursus.

Rekoleksi bagi pasangan suami-isteri diadakan di Paroki St. Yoseph, Gotong-gotong, difasilitasi tim Komisi Keluarga yang dipimpin oleh P. Jos van Rooy cicm. Pada saat yang sama, Komisi Kateketik yang dipimpin P. Martin Solon dan tim melatih sekelompok petugas liturgi untuk menjadi lektor yang baik.

18 April
Bapa Uskup mengadakan rapat bersama tim untuk menyiapkan perubahan dan pengembangan Pusat Kateketik ke Sentrum Pastoral di masing-masing Kevikepan/Regio. Bapa Uskup memberikan arahan mengenai latar belakang rencana perubahan tersebut. Tim terdiri atas: P. Ernesto, P. Frans Nipa, P. Marcel Lolotandung; P. Paulus Tongli, P. Albert Arina, P. Martin Solon, P. Fredy Rantetaruk, dan P. Leo Sugiyono, MSC

25 April
Vikjen P. Ernesto mengadakan pertemuan dengan tim yang ditunjuk oleh Bapa Uskup untuk mempelajari rencana perubahan Pusat Kateketik menjadi Sentrum Pastoral dalam persiapan Rapat Dewan Imam pada bulan Mei. Tim telah menyiapkan rancangan yang dapat diperbaiki kemudian dalam pertemuan dan diskusi dengan para ketua Pusat Kateketik masing-masing Kevikepan/Regio..

26-28 April
Yayasan Sentosa Ibu mengadakan rapat tengah tahunan selama tiga hari di kediaman CICM untuk mengevaluasi Laporan Keuangan 2006 dan rencana kegiatan RS Fatima dan Akademi Keperawatan Fatima di Pare-pare tahun 2007. Kedua lembaga berada di bawah naungan KAMS.

29 April
Sejumlah 50 remaja menerima Sakramen Krisma di paroki Katedral dalam perayaan ekaristi yang dipimpin Bapa Uskup didampingi pastor paroki, P. Piet Timang.

8 Mei
Dewan Imam yang dipimpin oleh Bapa Uskup mengadakan pertemuan selama tiga hari di Wisma Kare. Agenda utama membicarakan pembentukan Sentrum Pastoral di masing-masing Kevikepan/Regio. Pusat Kateketik yang ada selama ini akan menjadi Sentrum Pastoral dengan bidang tugas yang lebih luas.

13 Mei
Bapa Uskup menerimakan Sakramen Krisma kepada 112 remaja di Bone yang merupakan bagian dari Paroki Soppeng.

Pada hari yang sama, para pengurus dan koordinator Karismatik Kevikepan Makassar mengadakan retret tiga hari dengan tema: Karunia-karunia Roh Kudus. Ada 84 peserta yang mengikuti acara ini di rumah retret di Malino. Tiga suster Puteri Karmel yakni: Sr. Petra, Sr. Laurensia, Sr. Rita, yang membimbing retret. P. Fransiskus Pontoh, moderator karismatik dan P. Ernesto ikut serta dalam kegiatan ini.

14 Mei
Hari ini dimulai kegiatan kebangunan rohani selama tiga hari oleh para suster Puteri Karmel di Paroki Katedral jam 7 malam. Tema renungan: Penyembuhan Luka-luka Batin. Sekitar 700 umat memenuhi katedral.

15 Mei
Kevikepan Makassar mengadakan pertemuan rutin. Agenda rapat antara lain: rancangan peraturan perayaan ekaristi di rumah-rumah umat. Vikep, P. Jos van Rooy cicm memimpin rapat.

16 Mei
P. Ernesto berangkat ke Jakarta dalam rangka upacara penahbisan imam para novis CICM. Mereka adalah: Diakon Robertus Khalifah, Diakon Cornelis La Tabo, Diakon Hieronimus Jemantur, Diakon Hendrikus Hardum. Kedua nama yang pertama berasal dari Muna, Sulawesi Tenggara. Sementara kedua yang terakhir berasal dari Manggarai, Flores. Proficiat, selamat melayani!

18 Mei
Bapa Uskup berangkat ke Sibolga, Sumatera Utara dalam rangka menghadiri penahbisan uskup P. Ludovikus Simanulang, OFMCap pada Minggu, 20 Mei 2007.

21 Mei
Umat paroki St. Yoseph Gotong-gotong memulai kegiatan doa dan diskusi selama dua hari mengenai Bunda Maria. Pembicara adalah P. Petrus Maria del Piero OMI, seorang misionaris Italia dari Kalimantan. Gereja tampak dipenuhi umat yang ingin mendengarkan renungan P. Piero.

25 Mei
Salah seorang imam CICM yang baru ditahbiskan dan berasal dari Muna, P. Cornelis La Tabo merayakan misa pertama di kampung halamannya. P. Silvester Asa cicm, rektor teologi cicm dan wakil Dewan Provinsial cicm, serta P. Mateus Bakolu mendampingi dalam misa. Ratusan umat hadir dalam acara ini.

26 Mei
Vikjen P. Ernesto merayakan ekaristi penutupan kegiatan kursus Evangelisasi Pribadi yang diadakan Paroki Katedral. Kursus dibawakan oleh tim dari Jakarta dan Surabaya. Selamat bagi semua peserta kursus evangelisasi!

Sabtu sore pukul 18.30 P. Frank Bahrun kembali ke rumah Bapa dalam usia 58 tahun di RS Stella Maris. Setelah berbulan-bulan menderita sakit, beliau beristirahat dalam damai, didampingi oleh ibunda dan saudari di sampingnya. Jenasah disemayamkan di aula keuskupan.

27 Mei
Pada Pesta Pentakosta hari ini, ratusan umat katolik datang melayat dan mendoakan mendiang P. Frank di aula keuskupan.

Pukul 6 sore diadakan misa requiem bagi P. Frank Bahrun. Vikjen P. Ernesto bersama 8 konselebran memimpin perayaan ekaristi. Dalam renungannya, P. Ernesto menggambarkan mendiang sebagai orang murah hati, mau melayani dan penuh keramahan bagi siapa saja.

28 Mei
Pukul 1 pagi hari, bapa Uskup tiba dari perjalanan panjang ke Sibolga dan Jakarta dalam rangka penahbisan uskup Mgr Ludovicus di Sibolga dan perayaan 200 tahun Keuskupan Agung Jakarta.

Umat masih memenuhi aula keuskupan untuk melayat jenasah P. Frank. Pada pukul 6 sore diadakan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh P. Paulus Tongli, P. Stanis Dammen, P. Victor Patabang, bersama sekitar 30 imam lainnya.

29 Mei
Pukul 7.30 pagi, ibadat singkat diadakan di aula keuskupan sebelum jenasah P. Frank dibawa ke katedral. Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan sempat hadir dalam upacara ini. Pukul 8 pagi, misa konselebrasi diadakan di katedral yang dipimpin Bapa Uskup, didampingi Vikep P. Jos van Rooy dan P. Maris Marannu bersama 50 imam dan dihadiri sekitar 500 umat. Dalam homilinya, Bapa Uskup menyebut P. Frank sebagai berkat dari Bapa. Mendiang telah memberikan dirinya sebagai berkat bagi banyak orang di keuskupan ini. Beliau juga menyampaikan rasa terimakasih kepada orangtua dan saudara-saudara mendiang. Setelah misa, arakan 50 kendaraan mengantar sampai ke pemakaman para rohaniwan di Pakatto’, Gowa. Upacara pemakaman dipimpin oleh Bapa Uskup. Uskup menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam saat-saat kedukaan ini.

31 Mei
Di seluruh keuskupan, gereja-gereja mengadakan perayaan ekaristi yang menandai akhir bulan Maria.

Tidak ada komentar: