Rabu, 20 Juni 2007

Kursus Evangelisasi Pribadi di Paroki Katedral


Menyongsong pesta ulang tahun paroki Hati Kudus Yesus Katedral, Depas Katedral mengadakan Kursus Evangelisasi Pribadi dengan mengundang pengajar dari Jakarta dan Surabaya. Selebaran dan pengumuman dalam berita Paroki disebarkan ke masing-masing Paroki, dan mendapat tanggapan yang positif dari umat.

Pada pembukaan Kursus tanggal 16 April 2007 jumlah umat yang mendaftar sebanyak 260 orang. Kursus Evangelisasi diadakan setiap Senin, Selasa dan Rabu selama tiga minggu dengan mengambil tempat di Gereja Katedral, yang terdiri dari sepuluh bab pengajaran dan di mulai dari jam 18.00 s/d 21.30.

Tim pengajar terdiri dari Bpk.Joppy Taroreh, Bpk.Mulyo dan Ibu Lenny Mulyo, Bpk.Endie Rahardja, Bpk.Eddy Partadinata, masing-masing dari Jakarta dan Bpk.Ir.Donny Vincent dari Surabaya. Kursus dibuka dengan Misa Pembukaan yang dipimpin oleh Pastor Paroki Katedral P.Piet Timang Pr dan kursus ini diikuti juga oleh tiga Pastor, yaitu P.Maris Marannu, Pr, P.Matheus Bakolu, Pr dan P.Marsel Lolo Tandung, Pr. Selain ketiga pastor tersebut kursus ini diikuti juga oleh tiga orang Suster Biara dan satu orang Frater dari HHK.

Setelah para peserta menyelesaikan pengajaran dari bab satu sampai dengan bab sepuluh, kemudian para peserta diberi tugas untuk mengadakan kunjungan rumah dari tanggal 3 s/d 20 Mei 2007. Masing-masing peserta mencari keluarga Katolik yang mempunyai masalah (tidak ke Gereja lagi atau ada masalah lain yang membuat mereka mau ke Gereja), dan kunjungan rumah ini dilakukan berdua-dua, pria dengan pria, wanita dengan wanita atau pasangan suami istri. Masing-masing pasangan mencari enam orang, sehingga tiap peserta mendapatkan dua belas orang yang mempunyai masalah.

Dari hasil sharing para peserta yang mengadakan kunjungan rumah, ternyata mereka yang dikunjungi merasa sangat senang dan mengharapkan pelayanan ini mereka dapatkan khususnya disaat mereka mengalami masalah dalam kehidupannya.
Ada juga yang tidak ke Gereja karena sibuk dengan usahanya mereka mau bangkit lagi untuk aktif kembali ke Gereja dan kegiatan rukun.

Dari 197 peserta yang mendapat map kunjungan rumah, sebanyak 134 peserta berhasil mengadakan kunjungan rumah dan yang belum berhasil mengadakan kunjungan dengan jumlah yang ditentukan masih diberi kesempatan sampai dengan Sabtu, 26 Mei 2007, kunjungan rumah ini merupakan praktek lapangan yang tidak berhenti setelah kursus ini berakhir, tetapi berkesinambungan dan tetap dilakukan berdua-dua.


Dari 260 peserta yang mendaftar pada pembukaan kursus 16 April 2007, yang bertahan sampai dengan ujian Misi Evangelisasi pada 22 Mei 2007 sebanyak 170 orang.

Kursus ini ditutup pada Sabtu, 26 Mei 2007 dengan Rekoleksi dan Misa Penutupan dan Pengutusan bertempat di Gereja Katedral oleh VikJen P. Ernesto Amigleo Cicm dan dibantu oleh P. Piet Timang.

Kursus ini merupakan gelombang pertama yang diselenggarakan oleh Depas Paroki Hati Kudus Yesus Katedral dan mendapat tanggapan sangat positif dari peserta kursus. Peserta mendapat pengetahuan yang baru dan iman mereka diperbaharui dan lebih mencintai Sang Pewarta Agung.

Paus Paulus VI dalam surat “Evangeli Nuntiandi” menegaskan peranan awam dalam bidang penginjilan: “Para awam dipanggil secara khusus ke tengah-tengah dunia, dalam tanggung jawabnya di pelbagai tugas dunia, maka mereka melaksanakan suatu tugas penginjilan yang sangat khusus bentuknya”.

Setiap anggota Gereja dipanggil oleh Tuhan untuk tugas penginjilan baik secara individu maupun dalam kelompok basis untuk menjadi kepanjangan tangan pastor paroki dalam melayani umat di paroki secara khusus atau dimana saja dibutuhkan sehingga kehadiran Kristus dapat dirasakan melalui kunjungan pelayanan penginjilan ini.

Pelayanan penginjilan bukan berarti menjadi penginjil secara harafiah, tetapi kehadiran kita secara sederhana kepada umat yang mengalami pergumulan hidup dengan mendengarkan keluh kesahnya, membagikan kesaksian hidup kita, meneguhkan dengan Firman Tuhan ataupun mendoakannya sehingga imannya semakin dikuatkan di dalam Yesus Kristus, demikian pula bagi orang-orang yang belum percaya kepada Yesus dapat menjadi percaya sesuai amanat agung Yesus (Mat 28:18-20).

Tuaian memang banyak tapi pekerja sedikit… ***
Iswandi Halim
Panitia Acara

Tidak ada komentar: